Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
269
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b10ea709a095123198b4568/apakah-hewan-merasakan-seperti-manusia
Hai, balik lagi sama ane si TS absurd. Gan udah baca judulnya? Jangan salah paham ya, ini bukan tentang rasa yang ada di hati, apalagi rasa yang tertinggal (haha). Ini tentang rasa yang bisa kita rasakan di lidah alias indera pengecap. Berawal dari ane abis ngeliatin kucing liar yang lagi ane kasih makan, terus tiba-tiba ane kepikiran sesuatu
Lapor Hansip
01-06-2018 13:40

Apakah Hewan Merasakan Seperti Manusia?

Past Hot Thread
icon-verified-thread
ALOHA GANSIS


WELCOME TO MY THREAD


emoticon-Selamatemoticon-Ultah


Hai, balik lagi sama ane si TS absurd. Gan udah baca judulnya? Jangan salah paham ya, ini bukan tentang rasa yang ada di hati, apalagi rasa yang tertinggal (haha). Ini tentang rasa yang bisa kita rasakan di lidah alias indera pengecap.


Berawal dari ane abis ngeliatin kucing liar yang lagi ane kasih makan, terus tiba-tiba ane kepikiran sesuatu. Apakah yang ane pikirkan? Yang jelas bukan pikiran jorok ya. Ane kepikiran kira-kira si kucing ini lidahnya bisa ngerasain kaya lidah ane gak ya? Lidah manusia kan bisa merasakan manis, asam, asin, gurih dan pahit. Kalau lidah hewan gimana ya?

Apakah Hewan Merasakan Seperti Manusia?



Dari kekepoan itu, ane akhirnya cari-cari info soal indera pengecap hewan dan berikut ini adalah fakta-fakta yang berhasil ane rangkum dari berbagai sumber. Penasaran? Cekidot …



Quote:
1.   Jumlah Kuncup Pengecap Berbeda-beda


Kuncup pengecap adalah sel-sel yang terdapat pada lidah. Jumlahnya ternyata berbeda-beda di tiap makhluk. Misalnya saja manusia, kita termasuk ke dalam makhluk pengecap moderat. Artinya apa? Artinya manusia masih berada dipertengahan. Sel pengecap yang kita miliki tak terlalu banyak dan tak terlalu sedikit. Kalau menurut info yang ane baca, manusia memiliki 3000 kuncup pengecap.

 

Kalau jumlah segitu agan pikir banyak, mungkin agan akan terkesima karena faktanya banyak hewan yang memiliki kuncup pengecap jauh melebihi manusia. Itu artinya mereka bisa merasakan beragam cita rasa yang tidak dapat kita rasakan. Misalnya saja Lele memiliki 100.000 kuncup pengecap, Sapi 25.000 sampai 35.000 kuncup pengecap, Kelinci 17.000 kuncup pengecap, gurita 10.000 kuncup pengecap dan babi 7.000 kuncup pengecap. Waaw gak nyangka ya?


Usut punya usut, ternyata kuncup pengecap ini bukan hanya digunakan untuk membedakan cita rasa oleh para hewan ini. Mereka juga memanfaatkannya sebagai pengganti indera lain yang kurang sensitive seperti yang dilakukan ikan lele. Kuncup pengecap ini sekaligus menjadi pembantu indera penglihatannya dalam lumpur loh.

Apakah Hewan Merasakan Seperti Manusia?
sumber



 

Quote:
2.   Tak Hanya Lidah Yang Bisa Mengecap Rasa


Kalau manusia atau jenis primata jelas hanya lidah yang dijadikan sebagai indera pengecap. Nah kalau binatang lain ternyata punya bagian tubuh lain yang bisa mengecap rasa loh gan. Kebanyakan yang bisa merasakan dengan indera lain selain mulut adalah jenis ikan dan serangga.


Bingung ya? Jadi gini, misalnya pada ikan dan makhluk laut, mereka ternyata bisa mengecap dengan seluruh bagian tubuhnya terutama sirip dan ekor. Mereka biasanya mengecap air laut dengan tujuan mengetahui keberadaan mereka dan keberadaan mangsanya.


Kemudian dari kalangan serangga ada kupu-kupu dan lalat yang dapat mengecap rasa dari kakinya. Gak heran ya kalau lalat sering hinggap diatas makanan. Ternyata itu mereka lagi merasakan makanan yang diinjaknya. Begitu juga dengan kupu-kupu. Tapi uniknya saat si kupu-kupu mengecap rasa manis, otomatis moncongnya memanjang dan siap menghisap sari bunga, keren ya.

Apakah Hewan Merasakan Seperti Manusia?
sumber



 
Sekian info yang bisa ane sampaikan kali ini. Semoga berfaedah dan menambah pengetahuan gansis semua ya, biar kita pinter sama-sama gan hehe.

 emoticon-Maaf Aganwatiemoticon-Kissemoticon-Toast


Mampir ke thread lain ane juga ya gan. Silahkan kepoin profile ane aja, males bikin linknya haha.


Thread by Kaskus ID kaniarf

Sumber gambar: Tercantum
Diubah oleh kaniarf
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 12 dari 14
Apakah Hewan Merasakan Seperti Manusia?
09-06-2018 16:43
Manusia cm punya 3000 kuncup pengecap?
Kita pasti diketawain hewaan emoticon-Frown
0 0
0
Apakah Hewan Merasakan Seperti Manusia?
09-06-2018 16:57
...lele punya 100.000 pengecap...

...tapi kalo di empang, makan eek juga doyan tuh lele....
emoticon-Hammer2
0 0
0
Apakah Hewan Merasakan Seperti Manusia?
09-06-2018 17:00
Untuk indera perasa mungkin beda2, dan bahkan ada yang ga punya. Tapi yang pasti sama2 membutuhkan makanan yah, agar bisa hidup. Dan hewan juga punya insting, plus bisa merasakan senang, kesedihan - kemarahan juga emoticon-Salam Kenal
0 0
0
Apakah Hewan Merasakan Seperti Manusia?
09-06-2018 17:01
Quote:Original Posted By seringboering
gmna yak dengan Buaya yg gk ada lidah..gk ada rasa..maen telen aja

emoticon-Leh Uga

...kalaupun bisa ngerasa, percuma aja...

...yg dimakan daging mentah, gak ada buaya makan banteng bumbu balado, kambing bumbu kecap....semuanya mentah...
emoticon-Ngakak
Diubah oleh jagotorpedo
0 0
0
Apakah Hewan Merasakan Seperti Manusia?
09-06-2018 17:09
ternyata itu semua soal lidah, ya.. lidah itu tajam namun tak bertulang
0 0
0
Apakah Hewan Merasakan Seperti Manusia?
09-06-2018 17:17
Quote:Original Posted By kaniarf
ALOHA GANSIS


WELCOME TO MY THREAD


emoticon-Selamatemoticon-Ultah


Hai, balik lagi sama ane si TS absurd. Gan udah baca judulnya? Jangan salah paham ya, ini bukan tentang rasa yang ada di hati, apalagi rasa yang tertinggal (haha). Ini tentang rasa yang bisa kita rasakan di lidah alias indera pengecap.


Berawal dari ane abis ngeliatin kucing liar yang lagi ane kasih makan, terus tiba-tiba ane kepikiran sesuatu. Apakah yang ane pikirkan? Yang jelas bukan pikiran jorok ya. Ane kepikiran kira-kira si kucing ini lidahnya bisa ngerasain kaya lidah ane gak ya? Lidah manusia kan bisa merasakan manis, asam, asin, gurih dan pahit. Kalau lidah hewan gimana ya?

Apakah Hewan Merasakan Seperti Manusia?



Dari kekepoan itu, ane akhirnya cari-cari info soal indera pengecap hewan dan berikut ini adalah fakta-fakta yang berhasil ane rangkum dari berbagai sumber. Penasaran? Cekidot …





 



 
Sekian info yang bisa ane sampaikan kali ini. Semoga berfaedah dan menambah pengetahuan gansis semua ya, biar kita pinter sama-sama gan hehe.

 emoticon-Maaf Aganwatiemoticon-Kissemoticon-Toast


Mampir ke thread lain ane juga ya gan. Silahkan kepoin profile ane aja, males bikin linknya haha.


Thread by Kaskus ID kaniarf

Sumber gambar: Tercantum


Kucing kecil, kalok tahu induknya mati ato nggak balik2 lagi, sedih nggak, ya?

Pernah ngerawat kucing kecil. 2 minggu. Udah lari2an, udah maen manjat kawat ram nyamuk di pintu, udah bisa maen jauh buat sekedar nangkep belalang, nggak ada angin nggak ada ujan, besok paginya mati dalam keadaan melungker, kayaknya tidur tapi kemudian mati.

Nggak nampak tanda2 sakit, badannya gemuk, bulunya juga lumayan bersih.

Apakah karena stress dan merana, nungguin induknya nggak kunjung tiba, tapi hanya manusia yang menyapa?

emoticon-Mewek

emoticon-Turut Berduka
0 0
0
Apakah Hewan Merasakan Seperti Manusia?
09-06-2018 17:30
Quote:Original Posted By Vandisk
emoticon-Stick Out Tongueemoticon-Tai
kira2 rasanya kaya gimana? emoticon-Big Grin


Pakein mustard gan, ajib rasanyaemoticon-2 Jempol
0 0
0
Apakah Hewan Merasakan Seperti Manusia?
09-06-2018 17:40
Kelakukan hewan itu sejatinya hanya mengikuti instingnya, dan nafsu
0 0
0
Apakah Hewan Merasakan Seperti Manusia?
09-06-2018 17:44
sayangi hewan
0 0
0
Apakah Hewan Merasakan Seperti Manusia?
09-06-2018 18:15
Quote:Original Posted By Vandisk
emoticon-Stick Out Tongueemoticon-Tai
kira2 rasanya kaya gimana? emoticon-Big Grin


coba aja rasain duluan emoticon-Hoax
0 0
0
Apakah Hewan Merasakan Seperti Manusia?
09-06-2018 18:16
indra perasa hewan & manusia kan emang berbeda. emoticon-Traveller
0 0
0
Apakah Hewan Merasakan Seperti Manusia?
09-06-2018 18:43
Weleh baru tahu ikan bisa "mengecap" lewat sirip dan ekor.. manusia cuman 3000. Hewan bisa banyak gitu... Kayaknya ada citarasa yang belum pernah dirasakan manusia tapi hewan bisa.
0 0
0
Apakah Hewan Merasakan Seperti Manusia?
09-06-2018 18:48
Karena hewan juga merupakan makhluk hidup
0 0
0
Apakah Hewan Merasakan Seperti Manusia?
09-06-2018 19:11
sama donk... kadnag sedih senang skaitt jiga...
0 0
0
Apakah Hewan Merasakan Seperti Manusia?
09-06-2018 19:14
ntu kucing sama ayam depan rumah ane yg ngentiaw mulu tiap hari ngerasain nikmat macem manusia kaga ye emoticon-Angkat Beer
0 0
0
Apakah Hewan Merasakan Seperti Manusia?
09-06-2018 19:30
Ane kira perasaan ternyata indra perasa
0 0
0
Apakah Hewan Merasakan Seperti Manusia?
09-06-2018 19:35
Perasaan dicintai dan mencintai sih pasti ada, apalagi sama majikan yg ngerawat dia dari kecil
1 0
1
Apakah Hewan Merasakan Seperti Manusia?
09-06-2018 19:43
ya gan, dan mereka juga punya perasaan sama seperti manusia
0 0
0
Apakah Hewan Merasakan Seperti Manusia?
09-06-2018 20:21
Ya ampun saya kirain baper gara gara diputusin pacar kayak manusia emoticon-Leh Uga
0 0
0
Apakah Hewan Merasakan Seperti Manusia?
09-06-2018 20:21
Quote:Original Posted By kobobo
ya gan, dan mereka juga punya perasaan sama seperti manusia


Setubuh ama agan satu ini, mereka punya "hati" layaknya kita manusia emoticon-heart
0 0
0
Halaman 12 dari 14
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia