News
Batal
KATEGORI
link has been copied
258
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b1139571854f776628b4567/akhir-perang-dunia-ii-sebenarnya-tanggal-8-atau-9-mei
Hari Kemerdekaan di Eropa adalah 8 Mei 1945, yang merupakan tanggal di mana Nazi Jerman menandatangani penyerahan tanpa syarat dan Adolf Hitler bunuh diri di bunker Kanselir, sehingga berakhir lah Perang Dunia II (kecuali di Pasifik, karena perang disana diakhiri dengan pemboman Hiroshima dan Nagasaki pada bulan Agustus di tahun yang sama).
Lapor Hansip
01-06-2018 19:17

Akhir Perang Dunia II Sebenarnya Tanggal 8 atau 9 Mei?

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Akhir Perang Dunia II Sebenarnya Tanggal 8 atau 9 Mei?


Hari Kemerdekaan di Eropa adalah 8 Mei 1945, yang merupakan tanggal di mana Nazi Jerman menandatangani penyerahan tanpa syarat dan Adolf Hitler bunuh diri di bunker Kanselir, sehingga berakhir lah Perang Dunia II (kecuali di Pasifik, karena perang disana diakhiri dengan pemboman Hiroshima dan Nagasaki pada bulan Agustus di tahun yang sama).

Tindakan penyerahan militer pertama kali ditandatangani oleh Wehrmacht General Alfred Jodl pada 7 Mei di Reims (Prancis), lebih tepatnya di markas besar Dwight D. Eisenhower, Panglima Tertinggi Pasukan Sekutu. Namun itu tidak didukung secara definitif sampai pada hari berikutnya oleh Marshal Wilhelm Keitel, seorang perwakilan dari Uni Soviet di Karlshorst (Berlin). Secara khusus, catatan akhir tersebut ditandatangani pada pukul 10:43 tanggal 8 Mei 1945.
 
Akhir Perang Dunia II Sebenarnya Tanggal 8 atau 9 Mei?


Berita tentang kekalahan Nazi berjalan sangat cepat layaknya kobaran api. Ribuan warga turun ke jalan-jalan Paris, New York dan London untuk merayakan akhir perang (dalam foto diatas, perdana menteri Winston Churchill Inggris menyapa ribuan orang yang berkumpul di Whitehall menyambut hari kemenangan - Days of Liberation).

Dengan demikian, segera pada 8 Mei ditetapkan sebagai Hari Kemenangan di Eropa. Namun, di negara lain tanggal resmi dari peristiwa bersejarah tersebut adalah 9 Mei. Kenapa bisa berbeda seperti ini?

Penjelasannya cukup sederhana, hari kemenangan ditetapkan pada pukul 22:43 tanggal 8 Mei di Eropa, namun di Moskow pada saat itu sudah menunjukkan pukul 00:43 pada 9 Mei dikarenakan perbedan zona waktu yang terpaut beberapa jam. Dengan demikian, baik di Uni Soviet (yang kini menjadi rusia) maupun di negara-negara Eropa Timur, yang di bawah pengaruh mereka Hari Kemenangan dirayakan pada 9 Mei.

Setelah pembubaran Uni Soviet pada tahun 1991, parade Hari Kemenangan dihentikan sampai pada tahun 1995, kebiasaan itu dilanjutkan kembali oleh Rusia pasca-komunis. Sama seperti sebelumnya, 9 Mei adalah tanggal yang dipilih di Armenia, Azerbaijan, Belarus, Bosnia-Herzegovina, Georgia, Republik Demokratik Jerman, Israel, Kazakhstan, Moldova, Serbia, Ukraina, dll.

Dengan adanya perbedaan tersebut, dalam upaya untuk menyenangkan semua orang dan untuk mendamaikan berbagai tradisi, Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) memutuskan pada tahun 2005, bahwa Hari Peringatan dan Rekonsiliasi Peringatan Perang Dunia II jatuh pada tanggal 8 dan 9 Mei.

Itulah alasan kenapa peringatan hari kemerdekaan di eropa dan rusia berbeda, namun PBB cukup adil karena mereka meresmikan keduanya supaya tetap damai dan tidak ada yang tersakiti.

Sumber: MUY Historia
0
Tampilkan isi Thread
icon-close-thread
Thread sudah digembok
Halaman 10 dari 13
Akhir Perang Dunia II Sebenarnya Tanggal 8 atau 9 Mei?
09-06-2018 16:33
Quote:Original Posted By brainlessnerd
Bukan sudut pandang. Perbedaan waktu gan :goyang


Sama gan. Yang Pearl Harbour juga karena perbedaan zona waktu. 8 dan 9 Mei kan soal perbedaan zona waktu. Rusia pake persepsi mereka, Barat pakai persepsi mereka.
0 0
0
Akhir Perang Dunia II Sebenarnya Tanggal 8 atau 9 Mei?
09-06-2018 16:34
Quote:Original Posted By raul.garcia
zona waktu yah sebabnya ?? btw jepang belum kalah kan tanggal segitu , belum menyerah


Judulnya kurang lengkap gan. Harusnya "Berakhirnya Perang Dunia II di Eropa".
0 0
0
Akhir Perang Dunia II Sebenarnya Tanggal 8 atau 9 Mei?
09-06-2018 16:36
yah gimanapun d masa damai sekarangpun perang jg gabisa d hindarakan, cegah biar ga menjadi skalanya besar
0 0
0
Akhir Perang Dunia II Sebenarnya Tanggal 8 atau 9 Mei?
09-06-2018 16:37
Quote:Original Posted By lnoviq28
PBB adil di perang dunia, tapi gak adil buat perang Palestina


Perang Dunia II berakhir pada 2 September 1945, PBB belum ada sampai 24 Oktober 1945.
0 0
0
Akhir Perang Dunia II Sebenarnya Tanggal 8 atau 9 Mei?
09-06-2018 16:39
yang tau nenek ane katanya tgl 10
0 0
0
Akhir Perang Dunia II Sebenarnya Tanggal 8 atau 9 Mei?
09-06-2018 16:45
Quote:Original Posted By gilbertagung
Sama gan. Yang Pearl Harbour juga karena perbedaan zona waktu. 8 dan 9 Mei kan soal perbedaan zona waktu. Rusia pake persepsi mereka, Barat pakai persepsi mereka.


Untungnya selang waktu WIB sama WITA cuma 2 jam ya. Trus kita deklarasikan kemerdekaan juga bukan tengah malam. Jadi gak ada kejadian kayak gitu di Indonesia :tepuktangan
0 0
0
Akhir Perang Dunia II Sebenarnya Tanggal 8 atau 9 Mei?
09-06-2018 16:46
Quote:Original Posted By brainlessnerd
Untungnya selang waktu WIB sama WITA cuma 2 jam ya. Trus kita deklarasikan kemerdekaan juga bukan tengah malam. Jadi gak ada kejadian kayak gitu di Indonesia :tepuktangan


Waktu kita merdeka, waktu yang dipakai itu waktu Jepang. Jadi, kita sebenarnya merdeka jam 8 pagi WIB.
0 0
0
Akhir Perang Dunia II Sebenarnya Tanggal 8 atau 9 Mei?
09-06-2018 16:47
Quote:Original Posted By gilbertagung
Waktu kita merdeka, waktu yang dipakai itu waktu Jepang. Jadi, kita sebenarnya merdeka jam 8 pagi WIB.


Ane baru denger kalo yang itu
0 0
0
Akhir Perang Dunia II Sebenarnya Tanggal 8 atau 9 Mei?
09-06-2018 16:48
Quote:Original Posted By brainlessnerd
Ane baru denger kalo yang itu


Sebelum tahun 1964, waktu Jakarta itu setengah jam lebih cepat dari WIB. Sebelum 1988, Bali ikut WIB.
0 0
0
Akhir Perang Dunia II Sebenarnya Tanggal 8 atau 9 Mei?
09-06-2018 16:52
Quote:Original Posted By gilbertagung
Sebelum tahun 1964, waktu Jakarta itu setengah jam lebih cepat dari WIB. Sebelum 1988, Bali ikut WIB.


Setelah itu baru Bali ikut wita ya?
0 0
0
Akhir Perang Dunia II Sebenarnya Tanggal 8 atau 9 Mei?
09-06-2018 16:53
Quote:Original Posted By brainlessnerd
Setelah itu baru Bali ikut wita ya?


Iya gan. Biar Turis Australia bisa lebih lama di Bali.
0 0
0
Akhir Perang Dunia II Sebenarnya Tanggal 8 atau 9 Mei?
09-06-2018 16:55
Quote:Original Posted By gilbertagung
Iya gan. Biar Turis Australia bisa lebih lama di Bali.


Lah gara-gara itu? emoticon-Ngakak (S)
0 0
0
Akhir Perang Dunia II Sebenarnya Tanggal 8 atau 9 Mei?
09-06-2018 16:56
ah jadi inget lagu perdamaian perdamaian gedeg banget
0 0
0
Akhir Perang Dunia II Sebenarnya Tanggal 8 atau 9 Mei?
09-06-2018 16:56
Quote:Original Posted By brainlessnerd
Lah gara-gara itu? emoticon-Ngakak (S)


Kebanyakan turis di Bali dari Australia. Jadi jelas itu alasan yang penting.
0 0
0
Akhir Perang Dunia II Sebenarnya Tanggal 8 atau 9 Mei?
09-06-2018 17:00
Quote:Original Posted By lnoviq28
PBB adil di perang dunia, tapi gak adil buat perang Palestina


emoticon-Wakaka

emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka

0 0
0
Akhir Perang Dunia II Sebenarnya Tanggal 8 atau 9 Mei?
09-06-2018 17:20
oh dah selese too
0 1
-1
Akhir Perang Dunia II Sebenarnya Tanggal 8 atau 9 Mei?
09-06-2018 17:32
Quote:Original Posted By lnoviq28
PBB adil di perang dunia, tapi gak adil buat perang Palestina


Bisa jd itu palestina pemicu perang berikutnya gan
0 0
0
Akhir Perang Dunia II Sebenarnya Tanggal 8 atau 9 Mei?
09-06-2018 17:39
Seru sih emang kalau menguak sejarah ttg perang dunia, karena banyak berita yang masih simpang siur sampai sekarang
0 0
0
Akhir Perang Dunia II Sebenarnya Tanggal 8 atau 9 Mei?
09-06-2018 17:50
Quote:Original Posted By mabaku
maksud gw , efek yg ditimbulkan juga sama karena hampir semua negara terlibat saat perang salib..



thanos from indonesia, kebanyakan nonton film avengers emoticon-Big Grin


hahaa ane diketawakin, ketawakin aja bre bilang ane terdoktrin thanos avengers nonton aja kagak uda dicap gitu.
Tpi uda ane rasakan sedikit banyaknya dampak dari over populasi, ane kasih tau sama ente ditempat kerja ane sekarang bnyk tu yg mau masuk jd pegawai honor bahkan orang tuanya sampe rela masukin anakny kesitu rame2, akibatnya apa quotany ga cukup ga semua bisa masuk terus bos ane pun mau diparang sama rekan kerja ane karena ya dulu bos ane seleting sana rekan kerja ane gara2 anakny ga masuk, mirip2 kaya suku bar2 la dari situ uda jelas susahny sekarang carik kerja over populasi.
Terus sangking bnykny populasi masyarakat nuntut sama pemerintah akibatnya apa? Pemerintah pastiny buka lahan buat investor merusak lingkungan buat orang2 supaya dapat kerja, alhasil apa yg dikorbankan alam itu sendiri terakhir kita bakal jd seperti manusia bar2 karena bertahan hidup karena kurangny pasokan alam itu sendiri.
Itu uda jelas. Ente terserah ketawain ane cepat lambat pun bakal kejadian yg ane sampaikan, gausa bawa2 thanosla apala apenjersla batmanla sorry bos ane gasuka nonton2 film gituan, ane meliat sisi realita fakta kejadian yg ada.
Diubah oleh ramalanonepiece
0 0
0
Akhir Perang Dunia II Sebenarnya Tanggal 8 atau 9 Mei?
09-06-2018 17:52
VE day bukan menandakan akhir dari perang dunia 2 ganzemoticon-Frown

bulan mei mah okinawa masih tempur gan pd 2 belum berakhiremoticon-Frown
Diubah oleh gearafian
0 0
0
Halaman 10 dari 13
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia