Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
521
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b12a757d675d413608b4578/ketika-bayi-anjing-laut-mati-dengan-sampah-plastik-di-perutnya
Sekecil apa pun sampah plastik, itu dapat merusak kehidupan hewan. Jumat lalu, bayi anjing laut harpa ditemukan mati di pulau Skye. Ia lalu dibawa ke Scottish Marine Animal Stranding Scheme (SMASS), sebuah badan pemerintah yang menginvestigasi kematian mamalia laut. Di sana, Andrew Brownlow, ahli patologi hewan, melakukan autopsi pada mayat anjing laut tersebut dan menemukan secarik plastk
Lapor Hansip
02-06-2018 21:19

Ketika Bayi Anjing Laut Mati dengan Sampah Plastik di Perutnya

Past Hot Thread
Ketika Bayi Anjing Laut Mati dengan Sampah Plastik di Perutnya

Sekecil apa pun sampah plastik, itu dapat merusak kehidupan hewan.

Jumat lalu, bayi anjing laut harpa ditemukan mati di pulau Skye. Ia lalu dibawa ke Scottish Marine Animal Stranding Scheme (SMASS), sebuah badan pemerintah yang menginvestigasi kematian mamalia laut.

Di sana, Andrew Brownlow, ahli patologi hewan, melakukan autopsi pada mayat anjing laut tersebut dan menemukan secarik plastk di perutnya. Brownlow kemudian membagikan pengalamannya tersebut melalui laman Facebook SMASS.

Kira-kira, anjing laut itu berusia delapan bulan hingga satu tahun. Brownlow mengatakan, sangat jarang menemukan sampah plastik di dalam perut anjing laut. Biasanya, mereka lebih sering mati akibat terlilit jaring-jaring dan perangkap lainnya.

“Anjing laut yang menelan plastik sangat langka. Mereka merupakan hewan pintar dan biasanya mampu membedakan antara plastik dan mangsa,” papar Brownlow.

Insiden ini menyoroti betapa berbahayanya pencemaran sampah plastik. Bahkan, hewan laut paling cerdas pun menjadi salah satu korbannya.

Terdampar di perairan asing

Biasanya, SMASS mendapat laporan mengenai terdamparnya anjing laut abu-abu dan anjing laut pelabuhan. Ini sering terjadi di Skotlandia. Namun, untuk kasus anjing laut harpa yang tinggal di Arktika, fenomena ini sangat tidak biasa.

Anjing laut harpa tidak terancam punah. Mereka kebanyakan menghabiskan waktunya untuk berenang di air es di Atlantik dan laut Arktika, makan ikan dan krustasea, serta bermigrasi ke tempat berkembang biak mereka di Newfoundland.

Brownlow menduga, bayi anjing laut yang malang tersebut lahir di bagian utara Norwegia, namun tanpa alasan yang jelas, ia terbawa ke selatan. Bisa jadi, bayi tersebut sedang mengikuti mangsanya atau anjing laut lain sebelum akhirnya tersesat.

Dalam laman Facebook SMASS, Brownlow menulis, perubahan iklim mungkin juga berperan penting pada fenomena perpindahan hewan ini.

Sampah plastik tipis di dalam perut

Selama autopsi, Brownlow dan timnya menemukan plastik segiempat tipis berukuran dua inci dalam kondisi kusut di perut anjing laut harpa. Adanya luka terbuka menunjukkan bahwa plastik tersebut sudah berada di dalam sana dalam waktu yang cukup lama. Usus anjing laut pun diketahui mengalami peradangan.

Sampah plastik itu  kemungkinan menyumbat sfingter pilorus -- bagian dalam perut yang mengatur pergerakan makanan ke usus. Ini membuat perut bayi anjing laut kesulitan untuk mengosongkan makanan.

Ketika Bayi Anjing Laut Mati dengan Sampah Plastik di Perutnya

Brownlow mengatakan bahwa plastik tidak langsung membunuh anjing laut. Hewan tersebut sudah berada dalam kondisi sakit, dehidrasi, kurus, dan tidak makan apa pun sebelum kematiannya. Mayat anjing laut menunjukkan bukti sepsis dan bakteri, namun tidak ada trauma.

“Tampaknya potongan plastik itu membahayakan jaringan dalam perut sehingga memungkinkan bakteri dari usus mengalir ke darah. Bayi anjing laut itu memang akan mati karena kondisinya, namun sampah plastik mempercepat proses tersebut,” papar Brownlow.

Plastik tidak dapat terurai dalam perut. Jika anjing laut tersebut masih sehat, ada kemungkinan ia bisa selamat.

Krisis sampah

Anjing laut harpa bukan satu-satunya spesies yang ‘diganggu’ oleh sampah plastik. Singa laut dan spesies lainnya juga sering terlilit sampah di laut, seperti peralatan memancing, kantung plastik dan karet.

Sekitar 700 spesies – di antaranya penyu dan burung laut yang terancam punah -- bahkan menelan sampah plastik dan mengira itu makanan mereka. Namun, alih-alih memberikan gizi, sampah tersebut dapat menusuk selaput lambung dan menyebabkan kelaparan serta kematian.

Beberapa ikan juga berisiko memakan sampah plastik mikroskopis. Dan karena manusia mengonsumsi ikan, kita secara tidak sengaja juga menelan potongan-potongan kecil dari sedotan, tutup botol, serta kantung plastik.

Beberapa sampah plastik dapat terlihat dengan mudah, namun 90%nya memiliki panjang kurang dari setengah inci. Artinya, sebagian besar plastik yang tidak terdeteksi juga bisa menyebabkan kematian bagi hewan laut.

“Sekecil apa pun potongan plastik menjadi masalah bagi kehidupan hewan,” pungkas Brwonlow.


sumur
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 14 dari 27
Ketika Bayi Anjing Laut Mati dengan Sampah Plastik di Perutnya
09-06-2018 16:24
Sampah
Plastik dmn manaa
0 0
0
Ketika Bayi Anjing Laut Mati dengan Sampah Plastik di Perutnya
09-06-2018 16:27
kasian si dede
0 0
0
Ketika Bayi Anjing Laut Mati dengan Sampah Plastik di Perutnya
09-06-2018 16:31
kacian ya beruang nya ko bisa ya gitu
0 0
0
Ketika Bayi Anjing Laut Mati dengan Sampah Plastik di Perutnya
09-06-2018 16:41
itu plastik bekas bungkus es campur apa bukan gan? emoticon-Hammer2 agan agan sekalian jangan lupa jaga kebersihan lingkungan
0 0
0
Ketika Bayi Anjing Laut Mati dengan Sampah Plastik di Perutnya
09-06-2018 16:42
untung bukan plastik alf*mart ind*mart
Diubah oleh rinoandreas
0 0
0
Ketika Bayi Anjing Laut Mati dengan Sampah Plastik di Perutnya
09-06-2018 16:47
kasian emoticon-Turut Berduka
0 0
0
Ketika Bayi Anjing Laut Mati dengan Sampah Plastik di Perutnya
09-06-2018 16:47
Selama masih ada Pabrik Kantong Plastik... Selama itu pula Pasti Ada Sampah Plastik!
Kesadaran utk membuang Sampah pada tempatnya masih jauh di Negara2 Berkembang!
emoticon-Traveller
0 0
0
Ketika Bayi Anjing Laut Mati dengan Sampah Plastik di Perutnya
09-06-2018 16:57
Yang buang merasa tak berdosa, yg liat orang buang merasa bukan urusan saya, gitu aja terus sampe plastik jd lauk pauk manusia emoticon-Turut Berduka
0 0
0
Ketika Bayi Anjing Laut Mati dengan Sampah Plastik di Perutnya
09-06-2018 17:05
tersiksa pasti itu emoticon-Turut Berdukaemoticon-Turut Berdukaemoticon-Turut Berdukaemoticon-Turut Berduka
0 1
-1
Ketika Bayi Anjing Laut Mati dengan Sampah Plastik di Perutnya
09-06-2018 17:06
Quote:Original Posted By banyualus
kacian ya beruang nya ko bisa ya gitu


dimana beruang nya om?
emoticon-Bingung
0 1
-1
Ketika Bayi Anjing Laut Mati dengan Sampah Plastik di Perutnya
09-06-2018 17:18
emoticon-Frown
emoticon-Berduka (S)
0 0
0
Ketika Bayi Anjing Laut Mati dengan Sampah Plastik di Perutnya
09-06-2018 17:21
Kebanyakan dari kita (termasuk ane) ga pernah mikir dampak dari buang sampah sembarangan, selain merusak lingkungan, merusak peradaban hewan jugaemoticon-Turut Berduka
1 0
1
Ketika Bayi Anjing Laut Mati dengan Sampah Plastik di Perutnya
09-06-2018 17:25
Sampah kecil pun sudah bisa membunuh hewan2 itu. Maka bisa kebayang berapa banyak setiap tahunnya hewan yang mati karna ulah manusia emoticon-Sorry

Belum lagi bahaya karna ikan2 yg disantap, kemungkinan dalam ikan2 tsb sudah ada plastik dsb, dan kita makan juga. Ga heran kalau orang2 sekarang lebih gampang sakit juga emoticon-Wow

Mari kurangi sampah plastik, jangan lupa bawa kantong kain kalau keluar rumah, dan kalau belanja disupermarket / toko tolak aja kantong plastiknya. emoticon-Shakehand2
0 0
0
Ketika Bayi Anjing Laut Mati dengan Sampah Plastik di Perutnya
09-06-2018 17:30
wah kasian gan
0 0
0
Ketika Bayi Anjing Laut Mati dengan Sampah Plastik di Perutnya
09-06-2018 17:36
Ya seperti itulah kondisi laut sekarang, sangat miris, tapi yang faktanya sudah banyak sekali sampah2 yang sulit terdegradasi di laut sana
0 0
0
Ketika Bayi Anjing Laut Mati dengan Sampah Plastik di Perutnya
09-06-2018 17:40
sabar coy. tong sampahnye blm dateng dr jerman emoticon-2 Jempol
0 0
0
Ketika Bayi Anjing Laut Mati dengan Sampah Plastik di Perutnya
09-06-2018 17:41
sedih banget emoticon-Berduka (S)
0 0
0
Ketika Bayi Anjing Laut Mati dengan Sampah Plastik di Perutnya
09-06-2018 17:41
Quote:Original Posted By leelana234
kalo masyarakat udah buang sampah ditempatnya apa pengelolaan sampah cukup buat menampunginya?
kalo masyarakat kita udah mampu mengelola sampah apakah wisatawan asing dan kiriman sampah dr tempat lain(kiriman laut) bisa dikelola sm masyarakat sendiri?
Ketika Bayi Anjing Laut Mati dengan Sampah Plastik di Perutnya
apakah masyarakat kelas bawah yang sehari-harinya memakai plastik yg bahan nya kokoh kuat harganya murah mampu beli kantong kertas untuk kehidupan sehari-harinya walaupun cenderung mahal dan gak awet? Mana subsidi kantong kertas? Mana plastik berbayar baru berapa bulan udh kendor.
Mana ketegasan pemerintah menaikkan harga plastik? Kalo plastik naik kertas naik trus masyarakat bisa pake apa?
Ketika Bayi Anjing Laut Mati dengan Sampah Plastik di Perutnya

Yakin pengelolaan sampah kita cukup? Yakin TPU cukup lahan?
berita


Masa tiap hari di simpen bakar doang? Di negeri maju udah bisa otomatis mengelola rongsokan di kita diem diem aja, negara kecil kyk jepang aja ada inisiatif impor sampah ke china yg teknik pengelolaan sampahnya lbh maju. Kalo liat suatu masalah jangan setengah2, perlu peran dr sumber daya alamnya, teknik pengelolaannya, sama gerakan penertiban ke perusahaan atau kerja sama antar negara baik dr segi pengelolaan sampai teknologi. Kalo bukan pemerintah emang masyarakat bisa apa? Mereka dibentuk dan ditunjuk bukan buat dipuji puji krn jabatannya tinggi atau prestasi tp buat jd pelayan kita masyarakat yg dlm pemerintahan ini masyarakat di atas segala2nya. emoticon-Cendol Gan


sudah ada gerakan pemerintah dalam pengelolaan sampah cuman beritanya ga diekspos besar2an, bahkan kerjasama sama negara dieropa utk mengubah sampah mencari energi.
Cuman kan butuh proses ada studi kasusnya ada persiapannya ga bisa dikembangkan secara massal.
Intiny dari kitanya sendiri aja gimana gausa cari2 alasan buat nyalhkan orang lain. Dari kita masing2 buang sampah pada tempatnya uda mengurangi pencemaran.
Klo soal membludaknya sampah ente pikir juga kita penduduk aja uda 200jt lebih, drumah ane aja kalo tiap hari buang sampah klo nimbang per hari bisa 5-15kg sampah serius ane pernah nimbangny utk beberapa kali. Itu uda termasuk sampah halaman, sampah dapur, sampah sisa makanan dll.
Bayangin aja kalikan aja jumlah penduduk td dengan jumlah sampah rata2 yg ane buang tiap hari ke tong sampah. Uda berapa juta ton sampah itu, kenyataannya utk mengekspor sampahpun negara lain belum tentu mau, loh kenapa bisa gitu? Karena wilayah indonesia terlalu jauh dengan negara2 yg membutuhkan sampah biaya operasional ny sangat mahal.
Terus apalagi? Menyalahkan penggunaan plastik?
Ga mungkin kan ente belanja bulanan ga pake plastik, pemerintah uda kampanye soal larangan pemakaian plastik uda berapa kali. Sampe beli ke indomaret alfamartpun plastikpun harus bayar 200rp nyatanya kampanye pemerintah ga berhasil, malah rakyat ga peduli tetap pake plastik karena praktis dan efisien.

Jd gimana cara ngatasiny?
Bersabar kita berdoa aja semoga proyek pemerintah soal pengelolaan plastik ke energi jd terealisasikan, terus mulai dari sekarang buang sampah pada tempatnya, gausa koar2 cari artikel berita yg menyalah2kan aja. Percuma aja gakan membantu, lebih Bagus koar2 ke orang lain suruh mereka sadar akan pentingnya jgn buang sampah sembarangan walaupun sampah tersebut hanya sebesar puntung rokok
0 0
0
Ketika Bayi Anjing Laut Mati dengan Sampah Plastik di Perutnya
09-06-2018 17:43
Quote:Original Posted By diw.co.id
Jangan sampai terulang lagi
Sedih jadinya


done emoticon-Angkat Beer emoticon-Angkat Beer
0 0
0
Ketika Bayi Anjing Laut Mati dengan Sampah Plastik di Perutnya
09-06-2018 17:46
sangat mengenaskan gan
0 0
0
Halaman 14 dari 27
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia