happy604Avatar border
TS
happy604
Akhir Perang Dunia II Sebenarnya Tanggal 8 atau 9 Mei?


Hari Kemerdekaan di Eropa adalah 8 Mei 1945, yang merupakan tanggal di mana Nazi Jerman menandatangani penyerahan tanpa syarat dan Adolf Hitlerbunuh diri di bunker Kanselir, sehingga berakhir lah Perang Dunia II (kecuali di Pasifik, karena perang disana diakhiri dengan pemboman Hiroshima dan Nagasaki pada bulan Agustus di tahun yang sama).

Tindakan penyerahan militer pertama kali ditandatangani oleh Wehrmacht General Alfred Jodl pada 7 Mei di Reims (Prancis), lebih tepatnya di markas besar Dwight D. Eisenhower, Panglima Tertinggi Pasukan Sekutu. Namun itu tidak didukung secara definitif sampai pada hari berikutnya oleh Marshal Wilhelm Keitel, seorang perwakilan dari Uni Soviet di Karlshorst (Berlin). Secara khusus, catatan akhir tersebut ditandatangani pada pukul 10:43 tanggal 8 Mei 1945.
 


Berita tentang kekalahan Nazi berjalan sangat cepat layaknya kobaran api. Ribuan warga turun ke jalan-jalan Paris, New York dan London untuk merayakan akhir perang (dalam foto diatas, perdana menteri Winston ChurchillInggris menyapa ribuan orang yang berkumpul di Whitehall menyambut hari kemenangan - Days of Liberation).

Dengan demikian, segera pada 8 Mei ditetapkan sebagai Hari Kemenangan di Eropa. Namun, di negara lain tanggal resmi dari peristiwa bersejarah tersebut adalah 9 Mei. Kenapa bisa berbeda seperti ini?

Penjelasannya cukup sederhana, hari kemenangan ditetapkan pada pukul 22:43 tanggal 8 Mei di Eropa, namun di Moskow pada saat itu sudah menunjukkan pukul 00:43 pada 9 Mei dikarenakan perbedan zona waktu yang terpaut beberapa jam. Dengan demikian, baik di Uni Soviet (yang kini menjadi rusia) maupun di negara-negara Eropa Timur, yang di bawah pengaruh mereka Hari Kemenangan dirayakan pada 9 Mei.

Setelah pembubaran Uni Soviet pada tahun 1991, parade Hari Kemenangan dihentikan sampai pada tahun 1995, kebiasaan itu dilanjutkan kembali oleh Rusia pasca-komunis. Sama seperti sebelumnya, 9 Mei adalah tanggal yang dipilih di Armenia, Azerbaijan, Belarus, Bosnia-Herzegovina, Georgia, Republik Demokratik Jerman, Israel, Kazakhstan, Moldova, Serbia, Ukraina, dll.

Dengan adanya perbedaan tersebut, dalam upaya untuk menyenangkan semua orang dan untuk mendamaikan berbagai tradisi, Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) memutuskan pada tahun 2005, bahwa Hari Peringatan dan Rekonsiliasi Peringatan Perang Dunia II jatuh pada tanggal 8 dan 9 Mei.

Itulah alasan kenapa peringatan hari kemerdekaan di eropa dan rusia berbeda, namun PBB cukup adil karena mereka meresmikan keduanya supaya tetap damai dan tidak ada yang tersakiti.

Sumber: MUY Historia
0
35.7K
257
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sejarah & Xenology
Sejarah & XenologyKASKUS Official
6.5KThread10.4KAnggota
Terlama
Thread Digembok
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.