h.jaYAvatar border
TS
h.jaY
Berhati-hatilah dalam memilih jasa interior / design interior
sorry kalau salah kamar dan panjang, biasanya cuma post di FJB hehe...


sedikit berbagi pengalaman aja, bukan mau menjelek-jelekkan.
malah saya mau membantu memperkenalkan, kali aja ada yg berminat memakai jasa nya, silahkan memfollow up sendiri, saya akan sertakan seluruh contact-nya di bawah ini.


saya perjelas, saya disini tidak menjelek-jelekkan.
saya hanya sharing saja yang saya alami, supaya lebih pada berhati-hati.
mungkin dalam hal ini, salah saya yang tidk berhati-hati.
supaya tidak ada yang jatuh pada lubang yang sama.

saya hanya share hasil kerjanya.
mungkin ada yang bilang jelek, ada yang bilang bagus.
kalau dari hasil itu ada yang berkesimpulan jelek atau ada yang bilang bagus, ya bebas. intinya saya jujur dan tidak mengada-ada.


singkat cerita, beberapa bulan lalu, saya memakai jasa interior untuk design dan pengerjaannya kepada sebuah "perusahaan" design interior yang dikenalkan oleh seorang teman (yang pernah memakai jasanya juga).
mungkin teman saya khilaf, sedikit melupakan beberapa kejadian tidak enak yang dialami dan berhadap penjual jasa tersebut sudah melakukan perbaikan (hal ini tidak saya ketahui diawal).



namanya HOUSE OF DESIGN INTERIOR dengan contact person HENDRES GUNAWAN.
jika ada yang berminat silahkan saja ke link fb nya berikut : klik sini dan berbagai koleksi hasil karyanya klik sini.

saya bantu copas dari FB :



Contact Info HOUSE OF DESIGN INTERIOR
Phone +628561078777 (whatsapp)
Email house_of_design@yahoo.com
Website http://www.coroflot.com/houseofdesign

Spoiler for fb nya:


yang terjadi :
- beberapa kali meeting pertemuan membahas design dan akhirnya terjadi kesepakatan design dan harga
- deal dan ttd kontrak dengan iming-iming dijamin puas dengan pekerjaannya
- mulai dikerjakan dengan "asumsi" dari beliau, bahwa pekerjaan selesai max 2 bulan

harga yang ditawarkan cukup menarik, harga bagus dibandingkan dengan yang ditawarkan oleh interior lainnya.
lebih dari 50 juta, dibawah 70 juta.
murah ? sepertinya kata-kata ini terlalu subjektif.
bagi saya harga segitu tidak murah untuk jumlah uang yang dikeluarkan, tetapi harganya bagus dibandingkan harga yang ditawarkan oleh interior lain.

sebenarnya, bagi saya pribadi, harga yang dikeluarkan oleh suatu pihak adalah urusan dapur dia sendiri. kita sebagai customer, yang kita ketahui adalah, kita bayar segitu, untuk jasa kerjanya, dengan hasil yang BAGUS DAN MAKSIMAL. benar ?

nanti kita akan lihat hasilnya emoticon-Smilie

perlu diketahui sebelumnya, bahwa saya sebelumnya bertempat tinggal pada rumah kos, yang pada suatu tanggal tertentu saya harus membayar lagi untuk bisa tinggal 1 bulan ke depan.
sehingga bagi saya, tanggal kepastian pekerjaan selesai harus jelas untuk planning pindahan donk ya.

kemudian dimulaikan pekerjaan 2 bulan tersebut.
dan ketika hari H-2mingguan :
I : apakah bisa selesai tepat waktu? 2 minggu lagi sudah bisa ditempati?
H : bisa bro, tenang aja.

hari H-1mingguan:
I : ini sih ga akan kelar.
H : bisa koq 3 hari lagi juga kelar.
*karena ga yakin, maka saya membayar sewa kos lagi untuk 1 bulan ke depan, daripada gambling, ternyata bener ga kelar, mau tidur di mana hahaha....

intinya begitu terus, ditanya dan dijawab seperti itu. dan akhirnya kelar juga H+2mingguan. telat dari asumsi dia pada awalnya. dan diberikan keterangan bahwa itu hanya asumsi pekerjaan dia.
*jika saya jadi pedagang, saya akan kasi asumsi lama pekerjaan adalah yang terlama. mending bilang kelar 3 bulan, tapi 2 bulan kelar. itu lebih menyenangkan. daripada bilang 2 bulan, tapi kelar 3 bulan. benar ?

dan pada hari dia bilang sudah kelar dan sudah bisa ditempati, saya diminta melakukan pelunasan segera karena bertepatan dengan lebaran (katanya ga punya uang, untuk bayar tenaga-tenaga kerjanya mudik), TANPA saya melihat hasil kerjanya.
I : saya lihat dulu bos, apa benar sudah kelar smua apa belum
H : sudah koq, nanti bisa dilihat, minta tolong pelunasannya untuk bayar tenaga mudik
i : kalau ada yang belum gimana
H : kalau ada yang masih belum, nanti setelah lebaran pasti dikerjain lagi, pokoknya gua jamin elu puas.

*POKOK NYA GUA JAMIN ELU PUAS*
berdasarkan kata-kata itu dan karena temen kenal dengan beliau, maka saya bayar saja pelunasannya.

beberapa hari setelahnya, saya baru bisa lihat hasil kerja yang dia bilang, saya sudah bisa tinggalin. ternyata, bisa seih ditinggalin, tapi ga tau saya msh hidup ga kalau tidur di sana emoticon-Smilie

berdebu dan kotor, padahal itu sudah saya minta bersihin sampai 3x.
dibersihin pertama, saya lihat kotor, saya minta bersihin lagi, begitu terus aja sampai 3x. dan sama aja. sampai pada akhirnya, saya bersihin sendiri itu semua "kotoran" hasil kerjaan dan saya buang bahan-bahan sisa yang tidak digunakan.

selama pengerjaan terjadi beberapa hal yang terjadi, dan menurut saya pribadi (dengan melihat hasil finalnya), SAYA TIDAK PUAS.

salah satunya adalah wallpaper. tembok bergelombang, pada awal meeting dia sudah menjelaskan (malah saya baru tahu dari beliau kalau tembok tersebut bergelombang), dan beliau berjanji itu akan dialusin dulu baru pasang wallpaper, selama saya pakai wallpaper juga dari dia. OKE DEH daripada saya pakai wallpaper dari "orang lain" dan tembok ga diratain, ya udah sekalian aja wallpaper dari dia saja (kan jadinya PASTI RAPI).

dan hasilnya, bergelombang juga tuh...



saya minta untuk di repair, katanya OKE DILIHAT DULU. saya tunggu sampai 1 bulan lebih tidak ada jawaban. akhirnya saya panggil, katanya tukangnya belum balik dari lebaran haji. dan wallpaper yang akan diganti adalah sebagian saja, sesuai yang saya foto saja emoticon-Smilie.
*bukan saya mengundur waktu lama-lama, tapi saya sengaja menunggu niat baik untuk bertanggung jawab atas kata-kata, janji dan pekerjaannya. kalau saya tidak panggil, yakin koq, sampai 1 tahun juga akan diem-diem aja emoticon-Smilie(payment sudah lunas, tidak ada yang bisa dikejar dari customer kan?)

saya tidak bisa memfoto semua wallpaper yang temboknya bergelombang begitu, kenapa? karena jika tidak kena cahaya remang, itu susah sekali fotonya supaya keliatan bergelombang.

dan jika diganti sebagain begitu, pasti akan belang (kata beliau), dan beliau tidak bersedia untuk repair kekurangan-kekurangan lainnya. saya putuskan saja tidak usah direpair kalau hanya sbagian, makin ancur yang ada. yang tinggal di sana saya bukan dia, yang akan lihat itu tiap hari adalah saya bukan dia. yang ada nanti saya makin emosi liat belang-belang warna wallpaper (seperti kata beliau) tiap hari.



maka dari itu, saya ingin bertanya, bagaimana dengan anda ? apa pendapat anda ? saya menerima semua saran dan pendapat anda secara terbuka dan objectif emoticon-Smilie

hasil yang dipajang di facebook beliau : bisa klik di [URL="https://www.S E N S O Rt=a.721300391268778.1073741834.477041332361353&type=3"]sini[/URL]
Spoiler for hasil dari FB:




yang saya dapatkan adalah :

saklar lampu berbeda dengan bawaan unit apartemen.
ceritanya lucu :
pertama, beliau kasih merk braco (beda model) dengan warna cream (belang warna), kemudian saya minta ganti dengan yang benar dan warna sama.
kedua, beliau kasih merk braco (beda model) dengan warna putih
kemudian saya minta ganti yang benar, katanya ga bisa karena dia udah beli 2x untuk saya. setelah perdebatan panjang : OK SAYA YANG BAYAR SAKLAR-NYA, TOLONG DIGANTI. diiyain oleh beliau.
FYI : menurut beliau, selama ini semua customer dia kasih yang model beda, tidak ada protes. SO ? saya customer yang berbeda, boleh donk protes. saya ga ngerti design, emang lg model ya belang gitu ? yang saya tau dan rasakan, belang beda model gitu jelek dan tidak rapi !!!

saya selalu tanya, kenapa belum diganti "NANTI AJA,GAMPANG,BELAKANGAN AJA"
sampai akhirnya sudah pasang wallpaper, saya tanya lagi kenapa belum diganti "INI MAU DIGANTI KOQ"
malem-malam ada call "BRO INI GA BISA MASUK RUMAHNYA, KEBESARAN YANG BAWAAN APARTEMEN, GIMANA YA, WALLPAPER UDAH KEPASANG"
*speechless MAN* saya udah minta dari kapan, dia yg menunda, kemudian tidak bisa diganti, saya yang rugi. kata-kata WALLPAPER UDAH KEPASANG, saya berasumsi, kalau bongkar wallpaper untuk ganti saklar, saya yang harus tanggung biaya wallpaper penggantinya !!
"GUA CARIIN YANG MIRIP AJA YA"
*ada yang bisa dikatakan lagi?????*
jadilah saklar seperti dibawah ini.

dan yang lebih lucu (uda kaya dagelan) waktu pelunasan
"YANG SAKLAR ITU GA USAH DIBAYAR BRO, ANGGAP AJA BONUS"
hahahaha..... saya jawab aja
"SAYA BAYAR ITU SAKLAR SEMUANYA, YANG TERPASANG DAN YANG KEBESARAN (model benar), TAPI PASANGIN YANG BENAR SEKARANG"

emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak





meja kaca dan kaki meja, memang harus begini ya ?
kaca lebih keluar dari meja ? (ini bingung beneran)
kaca lebih masuk dari meja ? (ini masuk akal karena buat nopang mungkin)
tapi koq yang 1 sisi keluar, 1 sisi masuk ya hahahahaha
dan perhatikan spidolnya hehehehe....




wastafel, yang dikontrak dan yang dipasang merk nya berbeda.
katanya skrg merk itu kosong, jd adanya ini.
tapi lebih lucu ukuran wastafel dan kabinet bawahnya...
sisi kiri kanan, wastafel kurang besar
sisi depan, wastafel kebesaran

emang lagi MODEL begini ya sekarang ?
jujur saya seh ga ngerti model, tapi bagi saya ini ANEH !!

dan sisa2 kerjaan dia disekitar wastafel, kasar dan jorok sepertinya emoticon-Smilie
ada bekas paku batal pasang, ada bekas coretan tidak dihapus (atau tidak bisa dihapus)
pemasangan saklar sangat tidak rapi








colokan heater yang terkesan memaksa, saya percaya model nya tidak mungkin beda warna dan seakan tidak menyatu gitu bodynya emoticon-Smilie
entah barang apa ini yang dikasih pasang.





di kamar, ada tambahan "tembok" dengan alasan temboknya ga rata.
kalau ga rata, apa iya harus setebal ini ? saya seh berasumsi, ini salah bikin !! salah ukur !!





bagian tembok yang tidak rata emang ada, dan memang diusahakan yang terbaik, dengan menambahkan "tembok", tetapi jadi belang, tidak ada usaha untuk merapikan, di cat kek, di spidol kek. masa begini ? bagus ?





dan bagian ruang TV, dibawah kabinet ternyata BOLONG
saya tanya untuk ditambal, wallpaper ditumpuk potongan aja gpp.
jawabannya "ITU KAN TIDAK KELIHATAN, JADI GPP BEGITU"

tambahan disebelah kiri tersebut, adalah salah ukur kabinet tersebut !! kekecilan (karena design awal adalah dr ujung tembok ke ujung tembok)





untuk kitchen dijanjikan kabinet bawah 3 pintu (setelah diskusi)
ketika pengerjaan, menjadi 4 pintu dengan dalih lupa dan tidak kuat engsel nya. tapi yang sudah, jadi 4 itu bisa saya terima, daripada harus bongkar kan nanti dia yang rugi juga.

dan bagian pengerjaan bagian keran "HAMIL", tembok disekitar keran, lebih nongol daripada tembok






sisa nya ? bisa dilihat saja























pelajaran dan nilai-nilai yang bisa saya petik jika next time saya membutuhkan jasa interior seperti ini :
- pekerjaan diatas harga murah !! mungkin pepatah ada harga ada rupa 90% benar... tapi bisa juga mahal tapi jelek
- harus lebih mendetailkan seluruh merk dan jumlah barang yg digunakan, dan jika tidak sesuai maka harus bagaimana ?
- dan menerapkan SISTEM DENDA jika molor waktu penyelesaiannya, tentunya dihitung selesai adalah RAPI bukan asal-asalan selesai.




thanks atas tempatnya emoticon-Smilie
Diubah oleh h.jaY 20-10-2014 07:34
0
26.8K
125
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.