AboeyyAvatar border
TS
Aboeyy
Mengapa Benda Bisa Jadi “Antik” dan Berharga Mahal?


Jika disebut “Barang Antik” tentu kita langsung membayangkan benda kuno yang berharga fantantis. Emang sih, pada umumnya yang namanya antik itu adalah kuno. Namun belakangan ini uang koin 1000 rupiah keluaran tahun 1996-2000 juga menjadi barang antik. Di toko online, harganya kisaran jutaan hingga puluhan juta rupiah. Wow, mungkin kita bertanya-tanya, mengapa benda bisa menjadi antik dan berharga begitu fantastik?

Kriteria benda menjadi antik, selain karena kuno, langka dan unik, menurut Ane karena ada beberapa faktor lainnya, yaitu:


1. Mempunyai Khasiat Tertentu

Yap, benda yang dianggap antik itu umumnya karena diyakini mempunyai kekuatan magis atau khasiat tertentu, sehingga berharga mahal. Sebut saja misalnya jenis keris pusaka, batu merah delima, besi kuning, dan sebagainya.

Benda-benda tersebut dianggap benda antik yang mahal, sebab barang itu diyakini mempunyai daya magis/khasiat seperti untuk kekebalan tubuh, penglaris, menambah wibawa, dan sebagainya. Karena itu, benda-benda ini hanya diyakini sebagai barang antik oleh orang-orang yang percaya dengan hal-hal yang demikian, atau di kalangan tertentu saja.


2. Mempunyai Nilai Seni yang Tinggi


Apakabardunia.com

Mempunyai nilai seni yang tinggi, khususnya untuk karya-karya seni seperti lukisan Monalisa, seni patung dan lain-lain. Karena nilai seni itulah yang membuat harganya sangat mahal dan banyak diburu oleh para kolektor benda seni, dan pencinta kesenian. Bagi orang awam, mungkin lukisan Monalisa terlihat biasa saja. Tapi bagi yang berijiwa seni, lukisan itu adalah karya yang sangat antik dan bernilai tinggi.


3. Terbuat dari Bahan Berkualitas Tinggi


Dagelan.co

Bahan berkualitas tinggi, seperti dari emas, perak, platinum, titanium, atau berlian yang dipadukan dengan teknik pengolahan yang rumit dan nilai seni yang indah, akan membuat benda itu menjadi antik. Sebut saja misalnya uang koin rupiah pecahan 200.000, keluaran tahun 1987-1990 yang dicetak terbatas (3000 keping), bobot 10 gram, dengan kadar emas 91,7%. (Dagelan.co/inilah uang koin kuno indonesia dengan harga termahal).


4. Mempunyai Nilai Historis

Benda menjadi antik karena ia mempunyai nilai sejarah, misalnya uang pada masa sebelum Indonesia merdeka, benda-benda/senjata yang dipakai waktu melawan penjajah, atau peninggalan kerajaan zaman dulu, dan sebagainya.


5. Peninggalan Tokoh-tokoh Terkenal

Peninggalan tokoh terkenal, seperti tongkat Soekarno (Presiden pertama RI), keris/kujang Prabu Siliwangi dan lain-lain. Benda peninggalan tokoh terkenal ini juga kadang dikaitkan dengan unsur magis yang ada pada benda tersebut.
***
Nah itulah 5 sebab benda bisa benda antik dan berharga mahal.

Yah, sebenarnya bukan cuma uang koin sawit 1000 saja yang bisa antik. Uang receh biasa juga pasti suatu saat jadi barang antik yang bernilai, jika terus dikumpulkan hingga satu karung. emoticon-Big GrinBuktinya, nih orang yang beli motor Kawasaki Ninja 250cc dengan uang receh.


Tribunnews.com

Quote:

Spoiler for Referensi:

Quote:
Diubah oleh Aboeyy 09-06-2018 22:26
nona212
nona212 memberi reputasi
1
29.8K
192
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.