Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
349
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b0faa2331e2e6ff598b4570/ratw-merasakan-puasa-23-jam-di-negeri-tanpa-malam-finlandia
Salah satu yang paling ditunggu saat bulan Ramadan adalah AZAN MAGRIB! Setuju nggak Gan? Di Indonesia, rata-rata matahari terbenam pukul 6 sore dan memulai puasa sekitar pukul 5 pagi. Rasanya udah biasa ya puasa 13 jam, nggak terlalu berat jika dibandingkan negara-negara lain yang berada di bumi belahan utara. Tapi penasaran nggak sih gimana caranya mereka puasa di musim panas di mana matahari
Lapor Hansip
31-05-2018 14:54

[RATW] Merasakan Puasa 23 Jam di Negeri Tanpa Malam Finlandia

Past Hot Thread
[RATW] Merasakan Puasa 23 Jam di Negeri Tanpa Malam Finlandia

Salah satu yang paling ditunggu saat bulan Ramadan adalah AZAN MAGRIB!
Setuju nggak Gan?

Di Indonesia, rata-rata matahari terbenam pukul 6 sore dan memulai puasa sekitar pukul 5 pagi. Rasanya udah biasa ya puasa 13 jam, nggak terlalu berat jika dibandingkan negara-negara lain yang berada di bumi belahan utara. Tapi penasaran nggak sih gimana caranya mereka puasa di musim panas di mana matahari terbenam lebih lama?

[RATW] Merasakan Puasa 23 Jam di Negeri Tanpa Malam Finlandia

Negara Finlandia terletak di Eropa Utara dengan ibukotanya Helsinki. Negara yang disebut sebagai negara terbaik di dunia pada tahun 2010 ini bisa dibilang sebagai salah satu negara paling utara di bumi sehingga iklimnya adalah iklim menengah utara. Di saat musim dingin menjadi sangat dingin, sedangkan di musim panas adalah hangat meski masih terasa dingin juga. Suhu di bulan Mei dan Juni 2018 ini berkisar antara 8 derajat sampai 25 derajat Celcius. Suhu yang cukup dingin untuk musim panas ya Gan.

[RATW] Merasakan Puasa 23 Jam di Negeri Tanpa Malam Finlandia

Lapland saat Musim Dingin

Salah satu area terbesar dan paling utara di Finlandia adalah Lapland yang punya cuaca sangat dingin dan berangin. Warga Lapland saat musim panas terkadang tidak merasakan matahari terbenam atau disebut juga Midnight Sun--matahari tetap terlihat saat tengah malam. Terkadang kalaupun matahari terbenam, hanya sebentar yakni sekitar 1 jam.

Terus kalau puasa gimana dong?

[RATW] Merasakan Puasa 23 Jam di Negeri Tanpa Malam Finlandia

Salah satu yang merasakan berpuasa 23 jam adalah Mohamed, yang berasal dari Bangladesh. Biasanya ia dan keluarganya mulai puasa pukul 1.35 dini hari dan buka puasa pukul 12.48 tengah malam. Jadi bisa dibilang berpuasa 23 jam 5 menit. Tapi kebanyakan umat muslim lain yang tinggal di Lapland rata-rata mengikuti waktu berpuasa Timur Tengah, mereka mengikuti negara Islam terdekat yakni Turki (puasa dari pukul 3.32 pagi dan berbuka pukul 8.30 malam).

[RATW] Merasakan Puasa 23 Jam di Negeri Tanpa Malam Finlandia
Foto: Mapio.net

Jumlah umat muslim di Finlandia emang sangat sedikit, yang mana berasal dari kaum imigran dan juga orang Finlandia asli yang masuk Islam. Meski begitu, kota Helsinki tetap disebut sebagai negara paling ramah muslim di Finlandia. Meski nggak banyak fasilitas untuk berdoa, namun masjid dan restoran halal sudah tersedia meski belum banyak.

Di Finlandia sendiri sudah ada beberapa masjid, salah satunya Masjid Järvenpää yang berlokasi di Järvenpää, sekitar 30 km dari ibu kota Helsinki yang dibangun pada tahun 19420 oleh orang Tatar di Finlandia yang beragama Islam. Mereka membentuk sebuah komunitas dan menjadi minoritas muslim tertua di Finlandia dan negara-negara Nordik. Masjid ini terbuat dari kayu dan ada menara masjid kecil, meski nggak pernah dipakai untuk azan. Masjid Järvenpää ini adalah satu-satunya bangunan di Finlandia yang emang diperuntukkan untuk jadi bangunan masjid.

[RATW] Merasakan Puasa 23 Jam di Negeri Tanpa Malam Finlandia

[RATW] Merasakan Puasa 23 Jam di Negeri Tanpa Malam Finlandia

Salah satu masjid yang juga jadi Islamic Center adalah Darul Aman Islamic Center- DAIC. yang berlokasi di Helsinki. Saat bulan Ramadan, Masjid Darul Aman rutin mengadakan buka bersama tiap hari Jumat, Sabtu, dan Minggu. Setelah buka bersama dilanjut dengan salat Magrib, Isya, dan Tarawih berjamaah di masjid ini. Meski tidak se-lama di Lapland karena Helsini berada di selatan, namun puasa di Helsinki juga berlangsung sangat lama yakni 20 jam.

Selain 2 mesjid yang udah disebutkan, ada beberapa masjid lain di Finlandia di antaranya Helsinki Moskeija, Masjid al-Iman, Helsingi Muslimit, dan Rovaniemen Islamilainen Yhdyskunta di Rovaniemi, Lapland.

[RATW] Merasakan Puasa 23 Jam di Negeri Tanpa Malam Finlandia
Foto: Restalux

Selain jumlah masjid yang cukup banyak, di Helsinki juga sudah ada beberapa restoran halal seperti Ravintola Habibi, Ravintola Ani, Singapore Restaurant, Antiokia Atabar, Eerikin Pippuri, Fez, Maharaja Restaurant, New Bamboo Center, Turkkilainen Ravintola Halikarnas dan masih banyak lagi. Rata-rata memang menyajikan menu khas Timur Tengah atau Turki, tapi ada juga restoran yang menjual makanan khas Melayu. Meski masih sulit ditemukan, namun restoran halal ini ibarat oase di tengah padang pasir untuk umat muslim yang harus makan makanan halal.

[RATW] Merasakan Puasa 23 Jam di Negeri Tanpa Malam Finlandia

Buat Agan yang pengen hemat makan pas lagi jalan-jalan di Finlandia, ada supermarket yang menjual daging halal yakni Dunia Market. Ada daging kambing, sapi dan juga ayam yang sudah tersertifikasi halal. Selain daging halal, restoran ini juga menjual beragam varian kebutuhan sehari-hari dengan harga terjangkau.

Berpuasa lebih dari 20 jam di Finlandia emang sebuah pengalaman yang nggak terlupakan buat kita yang nggak terbiasa ya Gan, bahkan cenderung bertanya ke diri sendiri, apa bisa puasa se-lama itu? Tapi dengan menu berbuka (sekaligus sahur) yang bergizi dan mengenyangkan, insya Allah puasa jadi lancar.

Jadi, berani coba puasa di Finlandia dan merasakan midnight sun Gan?

emoticon-Toast

1 - 2 - 3 - 4

1
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 5 dari 18
[RATW] Merasakan Puasa 23 Jam di Negeri Tanpa Malam Finlandia
05-06-2018 08:44
14 jam aja byk yg gak puasa apalagi 23 jam...
bisa dipastikan hanya super sedikit yg puasa
profile-picture
feraldi2001 memberi reputasi
1 0
1
[RATW] Merasakan Puasa 23 Jam di Negeri Tanpa Malam Finlandia
05-06-2018 08:46
sahur plus buka puasa,,,,
profile-picture
feraldi2001 memberi reputasi
1 0
1
[RATW] Merasakan Puasa 23 Jam di Negeri Tanpa Malam Finlandia
05-06-2018 08:49
berat be'eng ya
profile-picture
feraldi2001 memberi reputasi
1 0
1
[RATW] Merasakan Puasa 23 Jam di Negeri Tanpa Malam Finlandia
05-06-2018 08:50
kalau gitu pake jurus mati suri bre, tidur seharianemoticon-Ngakak
profile-picture
feraldi2001 memberi reputasi
1 0
1
[RATW] Merasakan Puasa 23 Jam di Negeri Tanpa Malam Finlandia
05-06-2018 08:52
disini gasampe 23 jam aja udah ngeluh, termasuk ane emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
feraldi2001 memberi reputasi
1 0
1
[RATW] Merasakan Puasa 23 Jam di Negeri Tanpa Malam Finlandia
05-06-2018 08:55
kalo ane gak dibikin ribet ikutin aja jam berbuka yg pas, itu juga ada kan yg ikutin waktu puasa Turki
nyiksa diri yg ada kalo puasanya kelamaan
profile-picture
feraldi2001 memberi reputasi
1 0
1
[RATW] Merasakan Puasa 23 Jam di Negeri Tanpa Malam Finlandia
05-06-2018 08:55
Wow, 23 jam emoticon-Matabelo

Itu antara buka puasa, shalat tarawih dan sahur di lakukan dalam 1 jam emoticon-Matabelo
profile-picture
feraldi2001 memberi reputasi
1 0
1
[RATW] Merasakan Puasa 23 Jam di Negeri Tanpa Malam Finlandia
05-06-2018 08:56
Subhanallah kuat amat 🤝
profile-picture
feraldi2001 memberi reputasi
1 0
1
[RATW] Merasakan Puasa 23 Jam di Negeri Tanpa Malam Finlandia
05-06-2018 08:59
Jujur kalo ane puasa 23 jam gak bakal kuat ditambah suhu dingin walaupun musim panas, laper terus bawaannya...
profile-picture
feraldi2001 memberi reputasi
1 0
1
[RATW] Merasakan Puasa 23 Jam di Negeri Tanpa Malam Finlandia
05-06-2018 09:00
lebaranya bijimane bray
profile-picture
feraldi2001 memberi reputasi
1 0
1
[RATW] Merasakan Puasa 23 Jam di Negeri Tanpa Malam Finlandia
05-06-2018 09:01
udah dingin, puasa 20 jam lebih.... banyak yg mokad ini pasti muslim disana...
[RATW] Merasakan Puasa 23 Jam di Negeri Tanpa Malam Finlandia[RATW] Merasakan Puasa 23 Jam di Negeri Tanpa Malam Finlandia[RATW] Merasakan Puasa 23 Jam di Negeri Tanpa Malam Finlandia

[RATW] Merasakan Puasa 23 Jam di Negeri Tanpa Malam Finlandia [RATW] Merasakan Puasa 23 Jam di Negeri Tanpa Malam Finlandia [RATW] Merasakan Puasa 23 Jam di Negeri Tanpa Malam Finlandia

[RATW] Merasakan Puasa 23 Jam di Negeri Tanpa Malam Finlandia [RATW] Merasakan Puasa 23 Jam di Negeri Tanpa Malam Finlandia [RATW] Merasakan Puasa 23 Jam di Negeri Tanpa Malam Finlandia
profile-picture
feraldi2001 memberi reputasi
1 0
1
[RATW] Merasakan Puasa 23 Jam di Negeri Tanpa Malam Finlandia
05-06-2018 09:02
keren nih finlandia
profile-picture
feraldi2001 memberi reputasi
1 0
1
[RATW] Merasakan Puasa 23 Jam di Negeri Tanpa Malam Finlandia
05-06-2018 09:03
buset... 23 jam...
gmn rasanya yaa...
profile-picture
feraldi2001 memberi reputasi
1 0
1
[RATW] Merasakan Puasa 23 Jam di Negeri Tanpa Malam Finlandia
05-06-2018 09:03
menunggu adzan magrib yang tak kunjung datang emoticon-Wow emoticon-Wow
profile-picture
feraldi2001 memberi reputasi
1 0
1
[RATW] Merasakan Puasa 23 Jam di Negeri Tanpa Malam Finlandia
05-06-2018 09:05
Quote:Original Posted By hasyashin
yang puasanya cuma 1 jam, di negara mana ya gan emoticon-Hammer2


Ane juga nunggu infonya gan
profile-picture
feraldi2001 memberi reputasi
1 0
1
[RATW] Merasakan Puasa 23 Jam di Negeri Tanpa Malam Finlandia
05-06-2018 09:06
Tapi kebanyakan umat muslim lain yang tinggal di Lapland rata-rata mengikuti waktu berpuasa Timur Tengah, mereka mengikuti negara Islam terdekat yakni Turki (puasa dari pukul 3.32 pagi dan berbuka pukul 8.30 malam).

Ini gimana hukumnya... emoticon-Big Grin

Bukankah waktu berbuka puasa itu setelah matahari terbenam? Klo di Turki jam 20.30 udah magrib, di Finland nya kan Blom.. Masih terangemoticon-Bingung (S)
profile-picture
feraldi2001 memberi reputasi
1 0
1
[RATW] Merasakan Puasa 23 Jam di Negeri Tanpa Malam Finlandia
05-06-2018 09:09
Quote:Original Posted By thatwasfun

Terus kalau puasa gimana dong?

[RATW] Merasakan Puasa 23 Jam di Negeri Tanpa Malam Finlandia

Salah satu yang merasakan berpuasa 23 jam adalah Mohamed, yang berasal dari Bangladesh. Biasanya ia dan keluarganya mulai puasa pukul 1.35 dini hari dan buka puasa pukul 12.48 tengah malam. Jadi bisa dibilang berpuasa 23 jam 5 menit.

Tapi kebanyakan umat muslim lain yang tinggal di Lapland rata-rata mengikuti waktu berpuasa Timur Tengah, mereka mengikuti negara Islam terdekat yakni Turki (puasa dari pukul 3.32 pagi dan berbuka pukul 8.30 malam).


Aneeeeehhhh bagian ini. Bukannya waktu berpuasa itu dari fajar sampe maghrib (matahari terbenam) ya? Lah kalo ngikutin negara turki, sedangkan mereka ada di finlandia berarti mereka puasa setelah matahari terbit dan berbuka sebelum maghrib (matahari terbenam) dong? Dalil nya mana nih? Wakakakkaka...

emoticon-Ngakak emoticon-Leh Uga

Waktu puasa yang disepakati kaum muslimin dan telah berlangsung sejak masa Nabi shallallahu alaihi wa sallam dan para shahabatnya hingga masa kita sekarang, berawal dari terbit fajar shadiq dan berakhir hingga terbenamnya matahari secara sempurna di balik ufuk. Hal tersebut ditunjukkan oleh Al-Quran, Sunah dan ijmak kaum muslimin.

Allah Ta’ala berfirman,

ثُم أَتِموا الصيَامَ إِلَى الليْلِ (سورة البقرة: 187)

“Kemudian sempurnakanlah puasa itu sampai (datang) malam.” SQ. Al-Baqarah: 187

Malam dalam bahasa Arab, dimulai sejak matahari terbenam.

Sorry klo salah. gw bukan ahli agama, tapi yg gw Tau sih puasa itu emang Dari fajar sampe maghrib (matahari terbenam)

emoticon-Shakehand2
Diubah oleh riecurl
profile-picture
feraldi2001 memberi reputasi
1 0
1
[RATW] Merasakan Puasa 23 Jam di Negeri Tanpa Malam Finlandia
05-06-2018 09:13
disini yg cmn 13 jam aja siang warteg masih ada penghuninya bre, gimna disana 20 jam emoticon-Leh Uga
profile-picture
feraldi2001 memberi reputasi
1 0
1
[RATW] Merasakan Puasa 23 Jam di Negeri Tanpa Malam Finlandia
05-06-2018 09:13
Quote:Original Posted By hasyashin
yang puasanya cuma 1 jam, di negara mana ya gan emoticon-Hammer2


ente mau pindah kesana pas bln puasa aja gan? wkwkw
profile-picture
feraldi2001 memberi reputasi
1 0
1
[RATW] Merasakan Puasa 23 Jam di Negeri Tanpa Malam Finlandia
05-06-2018 09:14
Ijin Ninggalin Jejak emoticon-Cool
profile-picture
feraldi2001 memberi reputasi
1 0
1
Halaman 5 dari 18
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia