thatwasfun
TS
thatwasfun
[RATW] Merasakan Puasa 23 Jam di Negeri Tanpa Malam Finlandia


Salah satu yang paling ditunggu saat bulan Ramadan adalah AZAN MAGRIB!
Setuju nggak Gan?

Di Indonesia, rata-rata matahari terbenam pukul 6 sore dan memulai puasa sekitar pukul 5 pagi. Rasanya udah biasa ya puasa 13 jam, nggak terlalu berat jika dibandingkan negara-negara lain yang berada di bumi belahan utara. Tapi penasaran nggak sih gimana caranya mereka puasa di musim panas di mana matahari terbenam lebih lama?



Negara Finlandia terletak di Eropa Utara dengan ibukotanya Helsinki. Negara yang disebut sebagai negara terbaik di dunia pada tahun 2010 ini bisa dibilang sebagai salah satu negara paling utara di bumi sehingga iklimnya adalah iklim menengah utara. Di saat musim dingin menjadi sangat dingin, sedangkan di musim panas adalah hangat meski masih terasa dingin juga. Suhu di bulan Mei dan Juni 2018 ini berkisar antara 8 derajat sampai 25 derajat Celcius. Suhu yang cukup dingin untuk musim panas ya Gan.



Spoiler for Lapland saat Musim Dingin:

Salah satu area terbesar dan paling utara di Finlandia adalah Lapland yang punya cuaca sangat dingin dan berangin. Warga Lapland saat musim panas terkadang tidak merasakan matahari terbenam atau disebut juga Midnight Sun--matahari tetap terlihat saat tengah malam. Terkadang kalaupun matahari terbenam, hanya sebentar yakni sekitar 1 jam.

Terus kalau puasa gimana dong?



Salah satu yang merasakan berpuasa 23 jam adalah Mohamed, yang berasal dari Bangladesh. Biasanya ia dan keluarganya mulai puasa pukul 1.35 dini hari dan buka puasa pukul 12.48 tengah malam. Jadi bisa dibilang berpuasa 23 jam 5 menit. Tapi kebanyakan umat muslim lain yang tinggal di Lapland rata-rata mengikuti waktu berpuasa Timur Tengah, mereka mengikuti negara Islam terdekat yakni Turki (puasa dari pukul 3.32 pagi dan berbuka pukul 8.30 malam).


Foto: Mapio.net

Jumlah umat muslim di Finlandia emang sangat sedikit, yang mana berasal dari kaum imigran dan juga orang Finlandia asli yang masuk Islam. Meski begitu, kota Helsinki tetap disebut sebagai negara paling ramah muslim di Finlandia. Meski nggak banyak fasilitas untuk berdoa, namun masjid dan restoran halal sudah tersedia meski belum banyak.

Di Finlandia sendiri sudah ada beberapa masjid, salah satunya Masjid Järvenpää yang berlokasi di Järvenpää, sekitar 30 km dari ibu kota Helsinki yang dibangun pada tahun 19420 oleh orang Tatar di Finlandia yang beragama Islam. Mereka membentuk sebuah komunitas dan menjadi minoritas muslim tertua di Finlandia dan negara-negara Nordik. Masjid ini terbuat dari kayu dan ada menara masjid kecil, meski nggak pernah dipakai untuk azan. Masjid Järvenpää ini adalah satu-satunya bangunan di Finlandia yang emang diperuntukkan untuk jadi bangunan masjid.





Salah satu masjid yang juga jadi Islamic Center adalah Darul Aman Islamic Center- DAIC. yang berlokasi di Helsinki. Saat bulan Ramadan, Masjid Darul Aman rutin mengadakan buka bersama tiap hari Jumat, Sabtu, dan Minggu. Setelah buka bersama dilanjut dengan salat Magrib, Isya, dan Tarawih berjamaah di masjid ini. Meski tidak se-lama di Lapland karena Helsini berada di selatan, namun puasa di Helsinki juga berlangsung sangat lama yakni 20 jam.

Selain 2 mesjid yang udah disebutkan, ada beberapa masjid lain di Finlandia di antaranya Helsinki Moskeija, Masjid al-Iman, Helsingi Muslimit, dan Rovaniemen Islamilainen Yhdyskunta di Rovaniemi, Lapland.


Foto: Restalux

Selain jumlah masjid yang cukup banyak, di Helsinki juga sudah ada beberapa restoran halal seperti Ravintola Habibi, Ravintola Ani, Singapore Restaurant, Antiokia Atabar, Eerikin Pippuri, Fez, Maharaja Restaurant, New Bamboo Center, Turkkilainen Ravintola Halikarnas dan masih banyak lagi. Rata-rata memang menyajikan menu khas Timur Tengah atau Turki, tapi ada juga restoran yang menjual makanan khas Melayu. Meski masih sulit ditemukan, namun restoran halal ini ibarat oase di tengah padang pasir untuk umat muslim yang harus makan makanan halal.



Buat Agan yang pengen hemat makan pas lagi jalan-jalan di Finlandia, ada supermarket yang menjual daging halal yakni Dunia Market. Ada daging kambing, sapi dan juga ayam yang sudah tersertifikasi halal. Selain daging halal, restoran ini juga menjual beragam varian kebutuhan sehari-hari dengan harga terjangkau.

Berpuasa lebih dari 20 jam di Finlandia emang sebuah pengalaman yang nggak terlupakan buat kita yang nggak terbiasa ya Gan, bahkan cenderung bertanya ke diri sendiri, apa bisa puasa se-lama itu? Tapi dengan menu berbuka (sekaligus sahur) yang bergizi dan mengenyangkan, insya Allah puasa jadi lancar.

Jadi, berani coba puasa di Finlandia dan merasakan midnight sun Gan?

emoticon-Toast

1 - 2 - 3 - 4

1
33.3K
349
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.2KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.