si.pemikirAvatar border
TS
si.pemikir
Kuliah #1, Penting Mana Antara Jurusan Dan Kampus?
Halo Bray emoticon-Hai


Dulu gw sama sekali ga pengen sama yang namanya kuliah. Pokoknya yang ada dipikiran gw sejak kelas 1 SMA adalah latihan, daftar prajurit TNI, pendidikan, punya pacar, lulus, nikah, hidup sejahtera. Tapi sayangnya hidup di Indonesia punya realita yang tak seindah di film-film. Gw gagal jadi prajurit TNI berkali-kali dan dipaksa untuk kuliah sama orang tua. 



Quote:



Buat yang belom kenal gw, gw adalah lulusan di salah satu perguruan tinggi swasta di kota kembang dengan jurusan Teknik Industri. Gw lulus 4,5 tahun dengan perjuangan yang ga gampang. Dengan topik tugas akhir yang ga gw ngerti awalnya, dengan menggunakan materi-materi kuliah yang paling ga gw bisa dan menggunakan software-software yang sama sekali gw ga ngerti. Tapi sekali lagi gw bersyukur, karena semua halangan itu malah ngebuat jadi ngerti akan materi kuliah dan software itu. Udah gitu aja perkenalannya emoticon-Big Grin.



Sumber: dkvb2010.blogspot.com


Gw sering denger nyokap ngomongin tetangga atau anak temennya "wah anaknya bu A keterima di UI loh jurusan Sastra Rusia" "anaknya bu B keterima di UI jurusan D3 pariwisata " atau temen-temen gw yang seneng banget keterima di UNPAD jurusan ilmu perpustakaan, keterima di UNJ jurusan pendidikan guru matematika, keterima di UNILA jurusan hukum dan lain sebagainya.



Sumber: salamduajari.com


Atau kadang lagi maen-maen ke Heart to heart (HTH), banyak anak-anak yang bingung mau kuliah dimana dan ngambil jurusan apa. Walaupun sebenernya gw yakin, sebagian dari mereka pasti bakal milih kampus negri, negri, negri. Bodoamat jurusan apa yang penting kuliah di negri. Gengsi coy. Giliran udah lulus bingung mau kerja dimana, yang pada akhirnya kerja di bank adalah pilihan satu-satunya. Giliran udah kerja di bank bilangnya capek dan gajinya kecil. 


Menurut gw ini adalah pola pikir yang salah banget. Dimana kampus negri diagung-agungkan sedangkan kampus swasta di hina-hina. Gw bukannya mau ngebela dan ngebagusin kampus swasta, tapi gw cuma mau ngerubah pola pikir yang salah. Sekaligus ngasih motivasi buat agan sista yang gagal keterima di negri dan masuk swasta.



Sumber: salamduajari.com


Maka dari itu hal pertama yang harus agan sista lakuin adalah tentuin kalian mau kerja dimana atau mau jadi apa. Kalo kalian mau kerja di Google, ya mending kalian ambil jurusan IT. Kalo kalian mau kerja jadi pengacara kaya Hotman Paris ya ambil jurusan hukum. Kalo kalian pengen punya usaha sendiri ya ambil jurusan management. Kalo kalian mau kerja di tambang, di migas, di pabrik ya ambil jurusan teknik. Itu adalah contoh gampangnya aja ya.


Kalo udah tentuin mau jadi apa, pilih jurusan yang akreditasinya bagus, biasanya negri, tapi swasta juga ada yang bagus macem UNPAR, MARANATA, BINUS, dll. Kenapa pilih yang akreditasinya bagus? Biasanya peralatannya lebih lengkap, kampusnya punya relasi lebih luas dan kampusnya support ke mahasiswanya. Kayak temen gw, anak Teknik Mesin ITS, ketika kampus swasta  macem kampus gw membiarkan mahasiswanya mencari tempat magangnya sendiri, temen gw ini dengan enaknya bisa milih mau magang DI PERUSAHAAN BONAFIT YANG MANA. (FYI, gw aja pengen magang di Astra harus daftar 6 bulan sebelumnya sampe bisa di acc magang di tempat itu, sedangkan teme gw yang anak ITS ini dengan enaknya ditawari oleh kampusnya).


Kalo udah nentuin mau jadi apa, udah nentuin jurusan apa, udah nentuin kampus yang mana, maka saran terkhir dari gw adalah JADILAH MAHASISWA YANG INGIN TERUS BERKEMBANG. Setau gw berdasarkan cerita temen-temen gw, yang namanya kuliah di jurusan swasta dan negri tuh hampir sama. Cuman yang ngebedain adalah akreditasi, fasilitas dan yang terakhir lingkungannya. Anak-anaknya juga sih, biasanya kampus negri anaknya pinter-pinter emoticon-Big Grin



Quote:



Btw ini gw ngebandingin antara fakultas yang sama ya, sama-sama fakultas teknik. Kalo beda fakultas kayaknya beda cerita deh emoticon-Big Grin.


Mungkin karena hal-hal itu pula yang ngebuat mereka gampang diterima di perusahaan mana aja. Selain mereka lebih pinter, mereka lebih produktivitas. Dan lingkungannya ngedukung buat mengembangkan diri mereka. Disaat gw ke lab cuman bisa ngedesain komponen mobil pake autocad bajakan, mereka udah bisa bikin mobilnya, sering menang lomba pula. 


Berarti kampus swasta jelek dong?

Inget yang gw bilang tadi, kita harus terus berkembang, karena kita kalah jauh banget banget banget sama mereka.


Soalnya gw punya temen yang satu jurusan dan satu kampus sama gw. Disaat anak-anak yang lair libur berbulan-bulan buat main, dia gunain waktu itu buat les bahasa inggris dan sertifikasi. Disaat temen-temen gw ngerjain praktikum dengan pola pikir "yang penting beres", dia memiliki pola pikir bahwa praktikum itu harus diselesain dengan bener ga peduli harus telat. Bahkan dia bisa keterima beasiswa beswan jarum yang rata-rata yang diterima adalah anak ITB. Akhirnya begitu lulus langsung keterima diperusahaan bonafit yang biasanya cuma nerima pelamar dari kampus "TOP 5". 


Kalo gw sendiri udah berusaha juga buat berkembang, tapi belom maksimal. Gara-gara kesendat sama laporan magang dan laporan skripsi. Jadi berhubung dua lapora itu udah beres, gw mau ikutin langkah temen gw itu.


KESIMPULAN


Jadi kesimpulannya penting mana antara jurusan atau kampus, menurut gw penting jurusan. Buat apa kuliah di kampus negri tapi lo ga suka atau lo ga tau entar mau jadi apa. Buang jauh-jauh pikiran "kampus swasta itu jelek", karena ga selamanya kampus swasta itu jelek. Yang bener adalah kampus swasta itu mahal emoticon-Big Grin


Buat yang masih kuliah di kampus swasta ga usah minder, fokus aja ke pengembangan diri lo. Toh kebanyakan perusahaan ga nanya "anda dari kampus mana?" tapi kebanyakannya bakalan nanya "anda punya skill apa?"


Semoga Thread Ini Bermanfaat


Terimakasih emoticon-Toast

0
2.9K
25
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.