• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Kembaran Planet Bumi di Beberapa Galaksi, Apakah Kamu Ingin ke Sana?

pasukansabunAvatar border
TS
pasukansabun
Kembaran Planet Bumi di Beberapa Galaksi, Apakah Kamu Ingin ke Sana?

Jika kita menganggap bumi itu luas sepertinya itu keliru, apabila ukuran bumi di bandingkan dengan seisi galaksi maka ukuran bumi hanya sebutir debu bahkan jauh lebih kecil. Apalagi jika dibandingakan dengan seisi semesta dengan berjuta galaksi yang ada.

Itulah mengapa kita tidak boleh sombong, karena di hadapan Tuhan manusia itu tidak ada artinya sama sekali selain mereka yang berilmu dan bermanfaat bagi sesamanya.

Uniknya dari sekian banyak galaksi tersebut, belum satu pun ilmuan menemukan kehidupan selain daripada di bumi. Meskipun demikian para ilmuan menemukan banyak planet yang disebut-sebut mirip dengan bumi.

Setidaknya ada 10 planet di antariksa sana yang menyerupai bumi, berikut:

10. Tau Ceti e

Sumber: Universavvy.com
Planet ini ditemukan pada 18 Desember 2012. Memiliki ukuran 1,8 kali Bumi, Tau Ceti e diyakini bisa dihuni manusia. Suhu atmosfer planet ini juga sama dengan Bumi yakni berkisar 70 derajat Celcius. namun jaraknya yang sangat jauh yakni 11,9 tahun cahaya menjadi salah satu kendala untuk ke sana.

9. Luyten b

Sumber: Ohmypen.com
Planet Luyten B ini ditemukan pada 17 Maret 2017. Luyten b memiliki besar 3 kali dari Bumi dengan jarak 12,4 tahun cahaya.

8. Kepler-62f

Sumber: Nasa.gov
Kepler-62 f adalah temuan astronom Eric Agol pada 18 April 2013. Jarak planet ini sekitar 1.200 tahun cahaya di Konstelasi Lyra. Waktu orbit yang dibutuhkan Kepler-62f adalah 267 hari.

7. Kepler-452b

Sumber: NBCnews.com
Memiliki kesamaan dengan bumi dalam beberapa hal, seperti orbitnya yang membutuhkan 385 hari dalam setahun. Dibandingkan dengan Bumi, Kepler-42b berukuran 60% lebih besar.

6. Kepler-62e

Sumber: Nasa.gov
Planet ini berhasil ditemukan pada 18 April 2013. Bila diukur dari Bumi, jarak planet Kepler-62e berjarak 1.200 tahun cahaya. Dari hasil pengamatan, Kepler-62e mengandung air, awan, dan iklim yang ramah terhadap manusia. Waktu orbit Kepler-62e sekitar 122 hari. Ukuran planet ini 1,6 kali lebih besar dari Bumi.

5. Gliese 581 g

Sumber: Space.com
Planet Gliese 581 g mereka temukan pada 29 September 2010 oleh R. Paul Butler dan Steven S. Vogt . Jaraknya dengan Bumi sekitar 20,42 tahun cahaya. 1 tahun di Planet ini memiliki 66,87 hari.

4. Proxima Centauri b

Sumber: Theusbport.com
Proxima Centauri b dipercaya adalah planet yang bisa ditinggali oleh manusia. Planet ini memiliki massa 1,3 kali dari massa Bumi. Kekurangannya adalah, permukaan planet sangat dingin, sekitar -400 Celcius dan memiliki radiasi yang tinggi.

3. Kepler-442b

Sumber: Universoracionalista.org
Planet Kepler-442b masuk dalam pilihan karena banyaknya kemiripan dengan Bumi. . Sayangnya, jarak ke planet Kepler-442b begitu jauh, 1.100 tahun cahaya.

2. Mars

Sumber: BGR.com
Mars dikatakan sebagai planet terdekat dengan Bumi yang paling mungkin untuk dihuni oleh manusia. Segala teknologi dikerahkan untuk membuat planet ini bisa dihuni. Atsmosfer dan kondisi alam masih memungkinkan untuk dijadikan tempat tinggal.

1. Kepler-22b

Sumber: Nasa.gov
Planet ini ditemukan pada 5 Desember 2011, Memiliki radius 2,4 kali dari Bumi dan memiliki pasokan air yang cukup menjadikan peneliti yakin akan potensi dari Kepler-22b. Temperatur paling dingin di planet ini bisa mencapai -110 Celcius, dengan yang paling tingginya 220 Celcius.

Itulah beberapa planet di beberapa galaksi yang memiliki kesamaan dengan bumi, namun kesamaan yang ada tidaklah sempurna, bahkan sangatlah ekstrim. Mulai suhu yang sangat dingin hingga suhu yang sangat panas, hingga tanah yang tandus, dan jarak yang mencapai ribuan tahun cahaya.

Maka tidak ada tempat tinggal yang lebih nyaman daripada bumi yang kita huni saat ini, untuk itu mari kita syukuri dan rawatlah bumi yang kita tinggali ini dengan melakukan sesuatu yang dimulai dari hal kecil, seperti membuang sampah tidak sembarangan ataupun mengurangi penggunaan bahan bakar untuk merawat lingkungan di darat, air, dan udara demi keberlangsungan kehidupan di sini

Untuk itu masihkan Anda ingin mengunjungi atau hijrah ke planet tersebut?




Sumber: Tahupedia.com/content/show/1676/10-Planet-Yang-Mirip-Dengan-Bumi
0
25.2K
317
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.