happy604Avatar border
TS
happy604
Aturan 20-20-20 yang Wajib Banget Agan Ketahui

Menghabiskan waktu terlalu lama melihat layar komputer, ponsel atau tablet bisa membuat mata sakit karena kelelahan.

 
Apa itu aturan 20-20-20?Aturan ini mengatakan bahwa setiap 20 menit yang kita habiskan untuk melihat layar, kita harus melihat sesuatu sejauh 6 meter selama 20 detik. Lebih sederhananya, tiap melihat 20 menit ke layar komputer, kita imbangi dengan 20 detik melihat benda yang jauh, dan seterusnya.

 

Mengikuti aturan ini adalah cara terbaik untuk mengistirahatkan mata kita dari layar komputer/tablet/hp. Aturan ini mengurangi ketegangan mata yang disebabkan oleh melihat layar digital terlalu lama.


Cara menggunakan aturan 20-20-20

 
Aturan 20-20-20 dirancang oleh dokter mata California Jeffrey Anshel sebagai pengingat yang mudah untuk menghindari kelelahan mata sekaligus mengistirahatkan otot mata kita, menurut Optometry Times.
 
Metode berikut dapat membantu kita mempraktekkan aturan ini:
 
- Setting alarm agar berbunyi setiap 20 menit saat kita bekerja, sebagai pengingat untuk mata kita istirahat selama 20 detik.
 
- Download beberapa aplikasi smartphone yang bisa membantu mengikuti aturan 20-20-20. Aplikasi ProtectYourVisiondan eyeCare adalah beberapa di antaranya.
 
- Lihatlah ke jendela saat istirahat 20 detik. Kalau kamu nggk mau ribet ngitung jarak 6 meter, ada cara lain yaitu dengan melihat pohon atau lampu jalan yang ada di luar ruangan.
 
Sebagai alternatif, jika berada di ruangan sempit, kamu bisa melakukannya dengan menutup mata selama 20 detik. Juga perlu diingat bahwa sering berkedip dapat mencegah mata kering, sebab hal itu akan mendorong produksi air mata.
 

Bukti ilmiah yang mendukung peraturan 20-20-20?

 
Beberapa penyelidikan ilmiah telah membuktikan keefektifan aturan 20-20-20, American Optometric Associationdan American Academy of Ophthalmology merekomendasikannya sebagai cara untuk mengurangi kelelahan mata kita.
 
Hasil dari studi tahun 2013 dimana 795 mahasiswa ikut berpartisipasi, yang diterbitkan dalam Nepal Journal of Ophthalmology adalah salah satu bukti ilmiah yang mendukung aturan ini.

 

Kiat untuk mencegah mata lelah

 
- Gunakan tetes mata (jika kita kurang banyak berkedip saat menggunakan layar digital maka akan membuat mata kita kering). Kita bisa membeli tetes mata di apotek ataupun online.
 
- Ubah konfigurasi komputer. Membuat teks dua kali lebih besar dari biasanya dapat mengurangi kelelahan mata. Membaca teks hitam dengan background putih juga lebih meringankan kerja mata.
 
- Kurangi kecerahan layar. Pelindung layar anti-silau atau kaca mata anti-silau dapat diterapkan pada monitor. Selain itu, layar berbentuk datar cenderung memiliki lebih sedikit kecerahan daripada layar kurva.
 
- Sesuaikan kontras layar. Ubah pengaturan sehingga layar cukup terang untuk membaca teks tanpa berlebihan. Ukuran kontras yang tepat dapat berubah-ubah, tergantung pada ketersediaan sinar matahari.
 
- Lakukan pemeriksaan mata secara rutin. Memiliki mata yang kurang sehat adalah salah satu penyebab utama stres yang kita alami.
 
Mari sayangi mata kita gan, semoga informasi ini bisa bermanfaat. Walaupun mungkin kita tidak selalu akan mempraktikannya, tapi setidaknya kita tau kalau mata kita bisa kelelahan dan butuh istirahat yang cukup.
 
MENCEGAH SELALU LEBIH BAIK DARIPADA SUDAH TERLANJUR




emoticon-Cendol Gan

Quote:


0
51.1K
352
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Health
Health
icon
24.6KThread9.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.