Rayhand1996
TS
Rayhand1996
[COC GL] JAMU - MINUMAN TRADISIONAL YANG KINI MULAI JARANG PEMINATNYA
Quote:


Indonesia merupakan negara yang masih kental dengan alamnya, budayanya, bahasanya, dan lain sebagainya. Negara yang juga kaya akan keanekaragaman hayati sampai-sampai ada liriknya yang selama ini kita kenang dalam lagu ciptaan band legendaris Koes Ploes- Kolam Susu. Betapa tidak, "Tongkat, kayu, dan batu" - pun bisa jadi tanaman di negeri kita ini.

Berbicara mengenai keanekaragaman hayati, kita pasti ingat dengan minuman tradisional kita. Ya, Jamu merupakan sebutan untuk obat tradisional dari Indonesia. Belakangan populer dengan sebutan herba atau herbal.

Jamu dibuat dari bahan-bahan alami, berupa bagian dari tumbuhan seperti rimpang (akar-akaran), daun-daunan, kulit batang, dan buah. Ada juga menggunakan bahan dari tubuh hewan, seperti empedu kambing, empedu ular, atau tangkur buaya. Seringkali kuning telur ayam kampung juga dipergunakan untuk tambahan campuran pada jamu gendong.

Belakangan ini, jamu setidaknya perlahan mulai kembali dikenal oleh kalangan muda-mudi. Sudah mulai ada komunitas/kalangan yang gencar untuk mengingatkan kembali tradisi leluhur ini. Bahkan di antaranya ada yang sukses meng-endorse-kan minuman tradisional ini hingga mampu menghasilkan pundi-pundi rupiah. Meski begitu, hal ini masih belum sebanding dengan jamu pada era 90-an ke bawah, generasi orang tua kita kebanyakan yang masih muda pada zamannya.

Ada beberapa alasan mengapa penurunan ini bisa terjadi, di antaranya:

Quote:


Nah! Ternyata tidak mudah untuk membuat generasi muda kini melestarikan budaya ini. Meski begitu, sudah mulai ada beberapa, bahkan dari kalangan muda yang ikut gencar mensosialisasikan perihal ini.

Sudah sepantasnya untuk kita, generasi muda ikut serta melestarikan warisan leluhur ini. Selain itu, jamu juga menyehatkan karena tanpa bahan kimia maupun pengawet. Jadi, tunggu apa lagi? Mulailah dari sekarang!


 Akhir kata,

 - Salam Sehat -


Spoiler for Sumur:



Diubah oleh Rayhand1996 23-05-2018 20:45
tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
10.8K
152
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Green Lifestyle
Green Lifestyle
icon
3KThread3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.