• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Antegrade Amnesia: Ketika Seseorang Tidak Bisa Membuat Kenangan Baru

happy604Avatar border
TS
happy604
Antegrade Amnesia: Ketika Seseorang Tidak Bisa Membuat Kenangan Baru

 
Agan pasti pernah nonton film yang di dalamnya ada adegan kecelakaan dan salah seorang tokoh tiba-tiba menjadi amnesia. Tidak mengingat masa lalu dan tidak mengenali keluarganya sendiri.
 
Dalam kasus diatas, itu merupakan jenis amnesia yang disebut retrograde amnesia.
 
Tapi bukan itu yang mau ane bahas, sekarang ane mau share tentang Antegrade Amnesia.
 
Amnesia antegrade adalah hilangnya kemampuan seseorang untuk menciptakan ingatan baru, namun ingatan masa lalu mereka tetap utuh. Para penderita amnesia jenis ini dapat mengulangi komentar atau pertanyaan yang diberikan kepadanya beberapa kali saja, setelah itu akan lupa. Mereka juga tidak akan mengingat wajah orang-orang yang mereka temui beberapa menit yang lalu.
 
Dalam pengertian ini, anterograde amnesia adalah kapasitas terbatas dari otak untuk mempertahankan informasi baru. Ini akan sangat merugikan kehidupan sehari-hari penderitanya, baik secara pribadi, sosial maupun di lingkungan kerja mereka.

Perbedaan antara antegrade dan retrograde amnesia

 
Perbedaan utama antara retrograde amnesiadan antegrade amnesia adalah bahwa pada retrograde amnesia tidak bisa mengingat ingatan masa lalu, sedangkan anterograde amnesia adalah ketidakmampuan untuk menciptakan ingatan baru.
 
Amnesia retrograde adalah masalah dalam kemampuan otak untuk mengambil informasi dan amnesia anterograde adalah kegagalan dalam kemampuan untuk menyimpan informasi.



Penyebab terjadinya Amnesia antegrade

 
Penyebabnya bisa karena orang tersebut telah mengalami kecelakaan atau peristiwa yang menyebabkan cedera kepala. Hal tersebut mengakibatkan bagian otak yang berfungsi menciptakan kenangan barutelah rusak.
 
Amnesia antegrade juga dapat disebabkan oleh obat-obatan (beberapa benzodiazepine diketahui memiliki efek amnestic yang kuat, dan keracunan alkohol juga memiliki efek yang sama) atau juga bisa disebabkan oleh cedera otak traumatis saat dilakukan pembedahan (operasi otak) di mana hippocampus rusak.
 
Penyebab lain bisa berupa gegar otak, serangan jantung, kekurangan oksigen atau serangan epilepsi. Juga bisa disebabkan oleh guncangan atau gangguan emosi berat.
 
Ada penelitian yang menunjukkan bahwa amnesia anterograde adalah hasil dari masalah dalam kodifikasi dan penyimpanan memori. Informasi baru diproses secara normal tetapi segera dilupakan, tanpa mencapai wilayah otak di mana memori jangka panjang disimpan.

Pengobatan Amnesia antegrade

 
Sekarang belum ada obat untuk mengatasi amnesia jenis ini, tetapi dokter biasanya merujuk untuk melakukan terapi. Bekerja dengan terapis okupasi dapat membantu ingatan dengan strategi khusus untuk tujuan ini. Teknologi seperti foto dan video juga bisa digunakan untuk membantu mengatasi ketidakmampuan membentuk kenangan abadi ini.
 
Sekian aja gan, semoga bermanfaat dan sedikit menambah wawasan kita


Spoiler for "Picture Credit":


emoticon-Toast

0
13.6K
156
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.