riceudukAvatar border
TS
riceuduk
Susah! Inilah Dilema Yang Dialami Seorang Kiper
Susah! Inilah Dilema Yang Dialami Seorang Kiper

“ Ribuan penyelamatan yang dilakukan seorang penjaga gawang bakal terlupakan karena satu kesalahan.” Siapa nih yang abis galau karena timnya kalah di final Champions league, memang Real Madrid sukses menang 3-1 atas Liverpool karena permainan yang cukup bagus dan mental final yang sangat terasah karena sukses ke final liga champions 3 tahun berturut-turut, namun yang jadi sorotan justru karena 2 blunder yang dilakuin kiper Liverpool, Jandia Eka Putra eh Loris Karius nih gan. Yap, Kiper asal Jerman ini justru ngelakuin 2 kesalahan yang berujung kekalah The reds nih gan, sampe doi jadi korban meme baik netizen luar smpe ke netizen Indo yang budiman. Tapi ane yakin pasti agan-agan yang suka jadi kiper kalo main futsal atau agan yang emang menekuni profesi sebagai kiper baik di futsal atau bola gede pasti tau nih perasaan Karius pas ngelakuin blunder tersebut, dan bakal mikir-mikir mau ngatain doi nih. Posisi kiper emang jadi posisi yang seru, menantang namun juga menyulitkan. Bayangin nih doi bakal jadi benteng pertahanan terakhir tim agan jadi kalo pemain lawan udah ngelewatin seluruh bek tim agan, doi harus gagalin peluang tim lawan dengan cara apapun. Mana lagi latihannya beda sama yang lain, dan doi Cuma ditemenin sama kiper setim yang senasib, gawang, sama pelatih kiper nih. Lalu apa lagi sih dilema yang dialamin seorang kiper? Riceuduk udah kumpulin nih dilema-dilemanya.

1. Jadi Kiper Cadangan

Spoiler for "Derita Kiper Cadangan":

 Emang sih hampir semua kiper top dunia yang sekarang jadi andalan di timnya masing-masing seperti Neuer, Van der Sar, Buffon mengawali karirnya sebagai kiper cadangan. Kebanyakan mereka baru mendapat kesempatan jadi starter di kompetisi selain liga utama, ataupun kiper utama tim nya mengalami cedera atau lagi buruk-buruknya, tapi kalau kiper utamanya selalu tampil bagus dan ngga pernah cedera? Jangan kaget kalo rata-rata kiper cadangan hanya bermain kurang dari 10 laga per musim, nasib lebih apes ya kalo jadi kiper 3 atau jadi pelapis cadangan yang bisa ngga main sama sekali dalam satu musim. Kalo ada pemain non-kiper yang jarang dimainin dan protes, mending berkaca sama kiper cadangan.

2. Masuk Gantiin Kiper Yang Kena Kartu Merah

Spoiler for "Kiper kartu merah":

 Nah yang satu ini bisa jadi berkah dan musibah dalam waktu yang bersamaan. Gara-gara kiper utama ngelakuin pelanggaran keras, dan biasanya berbuah kartu merah dan penalti, biasanya kiper cadangan bakal masuk dan yang mereka pasti punya beban dan tanggung jawab berat dengan harapan mampu ngeblok penalti tersebut. Kalo bisa diblok, kipernya bakal dipuji-puji, kalo gagal, ya siap-siap dibully deh.

3. Harus Siap Ditembak

Spoiler for "Kena muka":

 Ini juga nih yang jadi dilema kiper, yaitu harus siap lahir batin untuk ngadepin tendangan-tendangan keras pemain lawan nih gan, dan doi juga harus pasang badan nih kalo-kalo tendangannya ngarah ke muka, perut atau bagian bawah, bakal pingsan gan.

Baca Juga:Nunggu piala dunia gan? Mending mainin 5 game ini dulu

4. Main Di Lapangan Becek
Spoiler for "main di lapangan becek":

 Lapangan becek, atau main di lapangan yang diguyur ujan jadi mimpi buruk semua pemain nih gan, termasuk kiper. Karena aliran bola cenderung lambat, dan biasanya tempat yang paling becek pasti di daerah kiper, jadi kalo kiper terbang buat nangkep bola, siap-siap kena becek gan.

5. Kebobolan Lewat Kolong

Spoiler for kolong:

 Yang terakhir paling dibenci semua pemain bola nih gan, dikolongin! Dari semua skill yang ada, nutmeg adalah skill yang paling dibenci semua pemain, terutama kiper juga nih. Selain lob shoot sama salto, kebobolan lewat kolong juga salah satu hal yang paling dihindari sama penjaga gawang.

Bagi timnya  kiper adalah sosok kunci saat klub tak mampu membawa kemenangan, minimal bisa membawa pulang satu poin dari aksi gemilang kiper. Mengapa posisi kiper sedikit tak sebanyak posisi lain? Iya, karena aksi mereka yang rentan blunder dan juga butuh nyali yang kuat. Itulah kenapa kiper yang hebat bukan yang tak pernah melakukan kesalahan tapi yang mengurangi kesalahannya saat laga genting. Karena yang menjadi kiper harus siap menerima kondisi terburuk walaupun ia kadang tidak dianggap. Semua ia lakukan karena kegemarannya pada si kulit bundar.
Diubah oleh riceuduk 30-05-2018 08:18
0
16.8K
157
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.