News
Batal
KATEGORI
link has been copied
890
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b0d646cde2cf225228b4567/bunuh-begal-untuk-bela-diri-jadi-tersangka-bagaimana-pandangan-hukumnya
Nyawa Muhammad Irfan Bahri (19) nyaris melayang karena sabetan celurit milik begal Aric Saipulloh (18). Beruntung dia bisa membela diri. Irfan yang lawan begal Bekasi: Kalau saya tak melawan, saya yang mati Namun upaya MIB membela diri malah dipandang lain oleh Kepolisian Mapolrestro Bekasi Kota. Dia malah ditetapkan sebagai tersangka. Sebab upaya membela diri yang dilakukan malah menyebabkan
Lapor Hansip
29-05-2018 21:32

Bunuh begal untuk bela diri jadi tersangka, bagaimana pandangan hukumnya?

Past Hot Thread
Nyawa Muhammad Irfan Bahri (19) nyaris melayang karena sabetan celurit milik begal Aric Saipulloh (18). Beruntung dia bisa membela diri.

Bunuh begal untuk bela diri jadi tersangka, bagaimana pandangan hukumnya?
Irfan yang lawan begal Bekasi: Kalau saya tak melawan, saya yang mati

Namun upaya MIB membela diri malah dipandang lain oleh Kepolisian Mapolrestro Bekasi Kota. Dia malah ditetapkan sebagai tersangka. Sebab upaya membela diri yang dilakukan malah menyebabkan nyawan Aric melayang.

"Saat ini MIB telah kita tetapkan sebagai tersangka dalam kasus pembunuhan terhadap Aric Saipulloh, meskipun secara keterangan MIB mengaku membela diri dari serangan begal," kata Kepala Satuan Reserse Kriminal Kepolisian Kasat Reskrim Polrestro Bekasi Kota AKBP Jairus Saragih di Bekasi. Demikian dikutip dari Antara, Senin (28/5).

Tindakan MIB dinilai sudah sesuai dengan Pasal 351 ayat 3 KUHP tentang hilangnya nyawa seseorang.

Langkah polisi yang segera menetapkan MIB sebagai tersangka menuai kontra di masyarakat. Bagaimana mungkin upaya membela diri dari kejahatan malah berujung bui.

Pakar hukum dari Universitas Islam Indonesia (UII), Yogyakarta, Prof Dr Mudzakir, coba memberikan padangannya atas proses hukum yang menjerat MIB.

"Semestinya kalau memang calon korban jadi target kejahatan, posisi sebagai korban artinya hukum harus berpihak yang punya niat baik. Karena dia tak bersalah," kata Mudzakir saat berbincang dengan merdeka.com, Selasa (29/5).

Berikut wawancara lengkap dengan Mudzakir:

Dalam kacamata hukum, bagaimana melihat kasus MIB?

Semestinya kalau memang calon korban jadi target kejahatan, posisi sebagai korban artinya hukum harus berpihak yang punya niat baik. Karena dia tak bersalah.

Seperti dijelaskan dalam Pasal 49 KUHP ayat 1 dan 2, orang punya kesempatan kalau jadi korban kejahatan punya hak hukum membela diri. Yakni kemungkinan seimbang dengan perbuatan yang dilakukan, karena kadang ada juga tak seimbang dengan yang dilakukan

Apakah dianggap pidana, ketika dia mencelurit untuk membela diri?

Kalau dia lakukan itu sebagai pembelaan karena ancaman yang diterima melampuai batas, dia boleh melakukan pembelaan. Sekali lagi, asalkan posisi ancaman sangat serius, dan tidak ada yang menghalau. Kalau kita lihat serangan itu sebagai ekpsersi menyelamatkan diri karena ketidakseimbangan

Apalagi ancaman yang datang padanya pakai celurit. Itukan bahayakan, resikonya siapa, ya bisa jadi korban, kalau terjadi apa-apa memang polisi bertanggung jawab. Kecuali diancam pakai tangan kosong, masih bisa lah

Melihat langkah polisi tetapkan tersangka?

Harusnya polisi jangan tergesa-gesa tersangka, periksa dulu, diuji dulu, tindakan itu tidak benar apa tidak. Diperiksa dulu untuk pastikan dia buat itu karena pembelaan diri atau tindakan kekerasan.

Karena dalam kasus ini ada dua hal yang perlu dicatat. Ada karena tindakan main hakim sendiri atau pembelaan. Nah kalau penetapan tersangka tergesa-gesa repot.

Polisi akan undang ahli?

Ya tepat, supaya clear, jangan sampai dia ditempatkan seperti itu, nyawa hampir melayang, tapi malah tersangka. Karena kalau dia (pelaku) bawa sajam artinya dia punya niat matikan orang, apalagi bawa celurut, harusnya polisi cermat melihat kasus ini

Tapi kalau dia jadi tersangka begini, yang bersangkutan bisa digugat polisi juga karena tidak bisa memberikan rasa tenang.

Jadi layaknya nggak ditahan?

Ya baiknya diperiksa dulu, nanti disuruh wajib lapor. Dari pada ubah status tersangka padahal dia calon korban.

https://www.merdeka.com/peristiwa/bu...-hukumnya.html

JADI INGET CELOTEHAN BANG IWAN FALS

Di negeri ini apa saja bisa terjadi
Untuk mendapatkan keadilan
Kalau perlu membeli

Yang hitam bisa menjadi putih
Yang putih pun begitu
Terhadap yang benar saja sewenang wenang
Apalagi yang salah

Sebenarnya ini cerita lama
Tapi nyatanya sampai kini
Masih sama

Banyak pengacara berjaya karenanya
Pengangguran banyak acara itulah dia
Tekak tekuk hukum sudah menahun
Pengadilan bagai sarang para penyamun

Hukum mudah dipermainkan
Pasal pasalnya mulur mungkrek
Sampai kapan ini berjalan
Kok semakin hari bertambah ruwet

Kalau mau menang harus punya uang
Yang bokek tak masuk hitungan

Ada hakim dilempar sepatu
Itu artinya tak mau dimadu

Yang gila lagi
Orang gila masuk persidangan

Punya pengacara yang juga gila

Hakimnya gila

Jaksanya gila

Jangan jangan semuanya sudah gila

Termasuk dokternya

Termasuk saya

Mungkin
Diubah oleh nevertalk
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 38 dari 45
Bunuh begal untuk bela diri jadi tersangka, bagaimana pandangan hukumnya?
30-05-2018 23:33
MIB udah mau dikasih penghargaan Noh Nod. Besok jam 08:00 sama Kapolda. (update Gan)
emoticon-Shakehand2emoticon-Shakehand2
0 0
0
Bunuh begal untuk bela diri jadi tersangka, bagaimana pandangan hukumnya?
30-05-2018 23:39
Intinya kurang duit aja breeeemoticon-Ngakak
0 0
0
Bunuh begal untuk bela diri jadi tersangka, bagaimana pandangan hukumnya?
30-05-2018 23:42
usut lah!!!

usut lah!!!

Gak sedikit oknum pernah tembak mati penjahat seperti begal atau perampok atau pengedar narkoba gak pernah jadi tersangka, karena udah tugas ya?

kalo masyarakat membela diri Karena mempertahankan benda miliknya langsung jadi tersangka ya?

Pedih amat hidup dinegeri yang katanya ramah tamah ini ya gansis, gak dapat keamanan yang layak, sekalinya membela diri malah masuk bui.

emoticon-Turut Berduka

#saveIMB
0 0
0
Bunuh begal untuk bela diri jadi tersangka, bagaimana pandangan hukumnya?
30-05-2018 23:47
Kalo kek gitu polisi yang nembak sampe mati bisa di permasalahin dong ? Kan ada juga tuh kasus yang hampir mirip kek gitu emoticon-Cape d... (S)
0 0
0
Bunuh begal untuk bela diri jadi tersangka, bagaimana pandangan hukumnya?
30-05-2018 23:48
Bedanya sama polisi apa? Kalau kita nonton berita "merasa terancam/ atau pelaku melukai polisi, polisi terpaksa menembak pelaku hingga meninggal"

Begal/pencuri itu punya dua pilihan menurut ane:
- Lo serahin barang mrk minta, Lo aman.
- atau emang main tikam korban dulu, br ambil barang.
(Ane bukan begal/pencuri ya) emoticon-Big Grin

Dr informasi kan, kalau si mid emg merasa terancam posisinya bahkan udh sampe di ayunkan sajam oleh si begal.
Kalau pd saat itu si mid emg gak bisa membela diri, otomatis si mid dan kawannya tewas.

Coba aja si mid pas berhasil curi/ambil sajam si begal. Tahan dulu (semacam adu mulut) emoticon-Big Grin, kali aja sm2 ngalah alias pulang.

Tp ane rasa krn "kebringasan/gelap kepala" yg menjadikan kedua pihak utk saling serang, jd kebacoklah si begal (kalah). Bagian ini ane rasa yg dijadikan polisi si mid jd tahanan.

Tp apapun ceritanya, si mid ama teman pasti bakal kebacoklah atau tewas ceritanya, kalau si begal menang.

So kalo ane ditanya, pantaskah si mid menjadi tahanan?
Ane jawab berdasarkan pandangan org pd umumnya...

Ya yg namanya begal, pencuri mau gak mau kalau jatuh ke tangan org yg lebih jago atau masyarakat, pasti: terluka atau mati.
Semua org ditanya, pantaskah begal mati? Bakal byk yg jawab: pantas (krn mereka jg yg membunuh org2 diluar sn).
Jadi jawaban ane: mid lepasin aja emoticon-Big Grin
0 0
0
Bunuh begal untuk bela diri jadi tersangka, bagaimana pandangan hukumnya?
30-05-2018 23:49
jadi serem kalo membela diri sendiri sampe melukai si penjahatnya, salah" malah ane kena bui emoticon-Frown
0 0
0
Bunuh begal untuk bela diri jadi tersangka, bagaimana pandangan hukumnya?
30-05-2018 23:50
Logika ane gak nyampai, apa ane bodoh?
0 0
0
Bunuh begal untuk bela diri jadi tersangka, bagaimana pandangan hukumnya?
30-05-2018 23:52
makin ngaco emoticon-Blue Guy Bata (L)
0 0
0
Bunuh begal untuk bela diri jadi tersangka, bagaimana pandangan hukumnya?
30-05-2018 23:55
ya.. sudah gila memang benar kata bang Iwan Fals
0 0
0
Bunuh begal untuk bela diri jadi tersangka, bagaimana pandangan hukumnya?
31-05-2018 00:17
Quote:Original Posted By EVANZSKO
SEBETULNYA BEGONOHH ..

TRIBUN-VIDEO.COM - Brigjen Krishna Murti menyanggah informasi soal korban begal yang menjadi tersangka karena melumpuhkan pelakunya.

Dalam berita Tribun Jakarta yang dicapture akun @krishnamurti_91 berjudul polisi menetapkan satu tersangka kasus begal yang tewas dibacok korbannya.

Melansir Tribun Jakarta, Polres Metro Bekasi Kota menetapkan satu orang tersangka kasus tewasnya Aric Saifulloh alias AS (17) yang diduga melakukan begal atau menodong dua orang di jembatan summarecon Bekasi bersama rekannya Indra Yulianto alias IY (17).

"Pelaku yang awalnya mengaku jadi korban di rawat di rumah sakit Anna Medika inisialnya I (Indra) itu sudah ditetapkan menjadi tersangka kasus perampokan, dan rencananya hari ini saya sudah perintahkan akan dipindah perawatannya di Kramat Jati," kata Indarto kepada TribunJakarta.com, Sabtu (25/5/2018).

Sedangkan untuk korban yang pada saat kejadian berhasil melawan dengan cara merebut senjata tajam milik pelaku dan berbalik membacok kedua pelaku begal hingga satu orang tewas dan Indra Yulianto mengalami luka-luka, sejauh ini statusnya masih sebagai saksi.

Krishna Murti menyebut bahwa terjadi kesalahpahaman dalam pemberitaan tersebut.

Mohon teman2 cerdas membaca.

TIDAK BETUL POLISI MENETAPKAN KORBAN BEGAL SEBAGAI TERSANGKA..

Ada diseminasi informasi seolah2 polisi menetapkan korban begal yg berhasil melawan pelaku sbg tersangka.

Yang betul, bahwa begalnya ada 2.

Satu orang tewas dilawan korbannya.

Satu begal lagi tdk tewas namun luka2.

Begal yg luka2 membuat laporan palsu seolah2 dia adalah korban.

Dari hasil penyelidikan polisi ternyata dia adalah kawan pelaku yg kena bacok dari korban yg melawan.

Bagaimana nasib korban yg berhasil mengalahkan kedua begal tersebut..?? STATUSNYA MASIH SAKSI..!!!

Cukup jelaskan..??? #kmupdates .

Kalau ktm begal, pilihannya adalah berikan barangmu drpd jadi korban.

Tapi kalau kalian mampu melawan karena punya kemampuan beladiri, ya lawan saja.

Ada pasal 48 KUHP yang melindungi anda; "Orang yang melakukan tindak pidana karena pengaruh daya paksa, tidak dapat dipidana."

Melansir Warta Kota, Kapolres Metro Bekasi Kota Kombes Pol Indarto mengklarifikasi status Mohamad Irfan Bahri alias MIB (19) korban aksi begal di flyover Summarecon, Bekasi yang ditetapkan menjadi tersangka lantaran membela diri saat dibegal hingga menyebabkan kematian pelaku aksi pembegalan beberapa waktu lalu.

http://video.tribunnews.com/amp/view...mpression=true


Masih keterangan saksi belum penyidikan sudah maen penetapan aja

Akhirnya wartawan & masyarakat jadi salah paham kan lebih baik tahan dulu penetapannya sampai selesai penyidikan yang lebih lanjut biar gak salah paham lagi
0 0
0
Bunuh begal untuk bela diri jadi tersangka, bagaimana pandangan hukumnya?
31-05-2018 00:17
posisi korban ngga menguntungkan ya .., emoticon-Bingung
Diubah oleh cobacoba.coba2
0 0
0
Bunuh begal untuk bela diri jadi tersangka, bagaimana pandangan hukumnya?
31-05-2018 00:22
bukannya membela diri dalam Islam jika terancam bahaya gpp, Gan?
0 0
0
Bunuh begal untuk bela diri jadi tersangka, bagaimana pandangan hukumnya?
31-05-2018 00:22
Quote:Original Posted By fatz47
Ini penjelasan dari pak Krishna Murti
no hoax

Mohon mimin kondisikan,jangan sampe pada salah sangka mengenai kasus yang sebenernya emoticon-Hansip


yoi nih udah dilurusin sama km
0 0
0
Bunuh begal untuk bela diri jadi tersangka, bagaimana pandangan hukumnya?
31-05-2018 00:35
efek adrenaline bro. emoticon-Jempol
0 0
0
Bunuh begal untuk bela diri jadi tersangka, bagaimana pandangan hukumnya?
31-05-2018 00:35
Quote:Original Posted By urban21
Berarti polisi yg menembak tersangka hingga tewas juga harus dijadikan tersangka...


bener bgt, klo mib sampai ditahan, berarti penegak hukum tidak adil..., asu dahlah
0 0
0
Bunuh begal untuk bela diri jadi tersangka, bagaimana pandangan hukumnya?
31-05-2018 00:35
RIP hukum Indonesia emoticon-Berduka (S)
0 0
0
Bunuh begal untuk bela diri jadi tersangka, bagaimana pandangan hukumnya?
31-05-2018 00:41
astagfirullah emoticon-Frown welcome to Indonesia emoticon-Smilieemoticon-Cendol Gan
jadi nanti kalo ketemu begal aku mau mati aja ah biar masuk surga ketimbang masuk penjara
0 0
0
Bunuh begal untuk bela diri jadi tersangka, bagaimana pandangan hukumnya?
31-05-2018 00:45
Ancoooooorrrrr.... Parah.. Walaupun iya membunuh baik sengaja atau tidk sengaja termasuk pelanggaran hkum.. Tp liat dl kronologisnya pak.. Klo udah darurat mo gmn lagi.. Lagian korban cm brusaha pertahankan dri.. Masalah idup mati kan urusan Alloh...
0 0
0
Bunuh begal untuk bela diri jadi tersangka, bagaimana pandangan hukumnya?
31-05-2018 00:45
Quote:Original Posted By sfast
Permasalah terletak pada celurit. Apakah celurit berhasil direbut korban dan pelaku kondisi kalah? Jika ya maka masalah sdh selesai. Tapi jika kondisi malah dimanfaatkan korban untuk membantai pelaku karena marah dan jengkel maka dpt di kategori kan pembunuhan berencana. Sdgkan jika celurit direbut dan langsung di tikam ke pelaku karena refleks maka masuk ke pembelaan diri.


Berencana gimana?asal ngomong ente gan emoticon-Big Grin
Dianggap tindakan menghilangkan nyawa orang sih masih agak logis lah krn emg ada nyawa yg melayanh tp kalau dianggap masuk kategori pembunuhan berencana sih ngawur itu ,mana ada unsur nya. Atau jangan2 ente gak paham apa itu 'pembunuhan berencana' ? emoticon-Cape d... (S)
0 0
0
Bunuh begal untuk bela diri jadi tersangka, bagaimana pandangan hukumnya?
31-05-2018 00:46
Quote:Original Posted By causechooser
Masih keterangan saksi belum penyidikan sudah maen penetapan aja

Akhirnya wartawan & masyarakat jadi salah paham kan lebih baik tahan dulu penetapannya sampai selesai penyidikan yang lebih lanjut biar gak salah paham lagi


Begitulah gan.
Keknya ada misskom diantara pers dengan polisi.
0 0
0
Halaman 38 dari 45
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia