• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • KTP Rusak? Mang Ade Cuma Butuh 5 Menit untuk 'Sulap' e-KTP Rusak, Begini Caranya

denmasjai
TS
denmasjai
KTP Rusak? Mang Ade Cuma Butuh 5 Menit untuk 'Sulap' e-KTP Rusak, Begini Caranya


Mang Ade (65) cuma butuh waktu 5 menit untuk 'menyulap' e-KTP rusak jadi seperti baru. Alat-alat yang dipakai pun sederhana. Bagaimana caranya?

Mang Ade memperbaiki e-KTP rusak milik salah satu pengunjung Bazar Koopsau, Jl. Kopat Darat, Pinang Ranti, Jakarta Timur, Minggu (4/3/2018). Alat-alat untuk memperbaiki e-KTP selalu dibawa Mang Ade di tasnya yang berwarna hitam. 



Alat-alat yang digunakan yaitu minyak kayu putih, isolasi, double tape, korek api, gunting, cutter dan anti gores untuk layar HP. Sambil jongkok, 

Pertama-tama ia mengelupas bagian data KTP. Setelah terkelupas, ia langsung menggosok bagian blangko KTP tersebut dengan minyak kayu putih supaya bersih.

Setelah itu, Mang Ade menempelkan double tape dan memotongnya dengan cutter supaya pas dengan blangko. Lalu ia menempelkan bagian yang terkelupas tersebut ke blangko dan menempelkan anti gores. 




Waktu perbaikan hanya 5 menit. Ia mematok harga Rp 10 ribu untuk perbaikan KTP dan Rp 5 ribu untuk 3 sampul jualannya.

Namun, Mang Ade tidak bisa memperbaiki tulisan di e-KTP yang pudar. "Saya cuma sebatas memperbaiki ya, nggak bisa melebihi dan mengurangi, kalo tulisannya atau foto hilang saya nggak bisa nambah itu kan hak pemerintah saya cuma bisa benerin aja," ujar Mang Ade sambil benerin KTP nya pak RT.

Sumur

0
3K
25
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.