• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Miris Pelajar SD Hamili Pacarnya yang SMP, Kini Keduanya Akan Dinikahkan

deacon23
TS
deacon23
Miris Pelajar SD Hamili Pacarnya yang SMP, Kini Keduanya Akan Dinikahkan


Seorang pelajar SD di Tulungagung telah melakukan hubungan intim dengan pelajar SMP yang diaku merupakan pacarnya. Perbuatan itu membuat pelajar SMP tersebut saat ini hamil enam bulan.

Salah seorang kepala desa di Tulungagung AM mengatakan saat ini pihak keluarga dan instansi terkait sedang melakukan upaya penanganan untuk menyelesaikan persoalan tersebut.

"Kejadian tersebut bermula saat pihak SMP memeriksakan pelajar perempuan itu ke puskesmas, dari situ diketahui bahwa dia tengah mengandung enam bulan," kata AM , Rabu (23/5/2018).


ilustrasi pelajar smp hamil

Mengetahui hasil pemeriksaan itu, pihak sekolah langsung menghubungi keluarga korban dan menceritakan kondisinya. Keluarga korban pun terkejut denga kabar itu. Setelah ditanya, korban mengaku telah menjalin hubungan dengan seorang pelajar SD.

"Untuk anak laki-laki yang SD itu usianya 13 tahun. Informasi yang kami peroleh dia sempat tidak naik kelas. Kalau hubungan mereka informasinya sudah lama," ujar AM.

AM menjelaskan untuk menyelesaikan persoalan itu pihak keluarga akhirnya melibatkan sejumlah pihak terkait termasuk pemerintah desa untuk memfasilitasi. Dari pertemuan antar keluarga, disepakati bahwa keluarga pelajar SD siap untuk bertanggung jawab dan menginginkan untuk diselesaikan secara kekeluargaan.

Kasus pelajar SD yang menghamili pelajar SMP di Tulungagung kini menjadi perhatian banyak pihak. Rencananya kedua keluarga pelajar tersebut akan menikahkan keduanya secara resmi.


ilutrasi pernikahan di bawah umur

"Proses pernikahannya sudah diajukan ke KUA (Kantor Urusan Agama) akan tetapi karena masih di bawah umur maka perlu mendapatkan persetujuan dari Pengadilan Agama (PA)," kata AM, salah seorang Kepala Desa di Tulungagung kepada detikcom, Rabu (23/5/2018).

Menurut AM, tanpa adanya persetujuan dari Pengadilan Agama maka KUA tidak bisa memproses pernikahan tersebut. Saat ini pengajuan pernikahan dini itu telah diajukan ke PA Tulungagung dan tinggal menunggu putusan.

"Hari ini proses di pengadilan, mungkin besok sudah turun, kami selalu koordinasi dengan KUA. Prosedurnya memang seperti itu, pengajuan harus dari KUA setempat, kemudian ke pengadilan," ujar AM.

Lebih lanjut pimpinan desa ini menjelaskan, persoalan pelajar SD menghamili pelajar SMP ini tidak sampai dilaporkan ke kepolisian. Keluarga korban dan pelaku sepakat untuk menyelesaikan kasus tersebut secara kekeluargaan.

Sementara itu Kepala Unit Layanan Terpadu Perlindungan Sosial Anak Integratif (ULT PSAI) Kabupaten Tulungagung Sunarto, mengatakan saat ini pihaknya telah turun tangan untuk membantu menyelesaikan kasus tersebut.

Tim khusus yang menangangi perlindungan anak hari ini telah mendatangi rumah kedua pihak untuk dilakukan assesment guna dilakukan penelaahan persoalan lebih mendalam dengan pihak keluarga maupun pelaku dan korban.

"Ini hasilnya sedang dalam proses pengetikan, nanti akan kami sampaikan. Yang jelas tim kami sudah melakukan langkah dan hari ini turun langsung ke lapangan," jelas Sunarto.

Pernyataan miris ayah siswa sd sebelum anaknya menghamili anak smp

Siswi kelas 8 SMP di Tulungagung, sebut saja Venus, mengejutkan seluruh pihak sekolah.

ia hamil di luar nikah akibat hubungan asmaranya dengan siswa kelas 5 SD, sebut saja Koko .

Tetangga Koko berinisial YG, mengaku kedekatan mereka pernah ditegur warga lantaran dinilai kelewat batas.

Namun, respons ayah Koko malah membuat mata melotot keheranan.

"Bapaknya bilang, biar jadi bahan percobaan anaknya yang baru sunat," ujar YG, salah satu tetangga.

"Kalau sudah hamil begini kan baru tahu rasa dia," tambahnya.


Perempuan 13 tahun itu positif 6 bulan hamil saat terlihat lemas lalu diperiksa di Puskesmas, Sabtu (19/5/2018).

Setelah mendesak putrinya untuk mengaku, keluarga Venus lantas mendatangi rumah Koko.

Bocah SD itu ternyata 2 kali tak naik kelas dan telah berusia 13 tahun.
Dirinya juga mengaku telah berkali-kali berhubungan dengan Venus layaknya orang dewasa.

Setelah dibicarakan secara kekeluargaan, kedua pihak keluarga sepakat menikahkan sejoli yang baru beranjak remaja itu.

Venus dan Koko telah siap menikah di KUA pada Senin (21/5/2018).
Namun, pihak KUA menolak karena kedua calon mempelai dianggap masih terlalu muda.

TKP
Diubah oleh deacon23 24-05-2018 02:02
0
52.9K
606
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.