punkazawaAvatar border
TS
punkazawa
Isi Perut Kaskus 10 Tahun Lalu
Quote:


Spoiler for "Every Senior once was a Newbie":



Oke singkat kata, begini ceritanya isi Kaskus tahun 2008-an:
1.      Pertamax hunter
Spoiler for PertamaX:


Meski mengundang pro dan kontra, namun “kompetisi” ini sangat seru pada masa itu, kontra karena seringkali komen pertama dianggap “nyampah”, Kaskuser kadang hanya komen one liner, atau yang parah Cuma nulis “adsasdsdsaf” atau “asdfsadad” (kombinasi 4 hurup yaitu A, S, D, dan F (yaitu dimana disitu keempat jari kiri berada, sementara tangan kanan pegang mouse dan siap-siap tekan enter) tulisan ini dikenal juga sebagai: mantra) lalu submit komen dan lanjut ke thread berikutnya. Beberapa Kaskuser yang rajin sih suka ngedit belakangan, diganti komen, beberapa gak peduli dan dibiarkan begitu aja (terutama yang gagal pertamax).
Saking serunya, sempet juga ada beberapa SG dengan tema Pertamax hunter. Beberapa bermutu, beberapa nyebelin, tapi ya itulah seninya forum ya. Kalo semua satu kata, gak rame. Ibarat kata, kalo pelangi keliatan cuma satu warna, well, mungkin agan perlu cek penglihatan.
Oiya, kompetisi ini sempat redup saat Kaskus menerapkan system Captcha, yang menyulitkan Kaskuser untuk secepat-cepatnya ngirim komen.
Spoiler for "Kegagalan PertamaX":


 
2.      Longcat
Spoiler for "Ini aslinya":


Quote:


Salah satu hasil editannya (ane gak cantumkan disini, nanti kena bata emoticon-Hammer) adalah gambar Longcat yang literally extremely-super-duper-damn-long. Ane gak tau siapa TS yang memulai, tapi awal mulanya dikirim sebagai konten dalam thread serius di Lounge Picture. Mulanya sih kagum gitu, niat banget yang bikin, bla..bla..dll.. Tapi akhirrnya ni gambar dipake buat sarana nyampah, yaitu dengan cara memposting gambar ini sebanyak-banyaknya dalam thread orang. Dan berakhir dengan si pemposting yang kena bata rame-rame.
Spoiler for "Longcat editan":


 
3.      Kolektor bata
Spoiler for Brick:


Normalnya dalam suatu forum, ada GRP dan BRP. Dan biasanya sih orang-orang akan mengincar GRP sebanyak mungkin. Tapi ada juga orang yang hobinya dikasih bata. Kalau ngga ngeselin sih gak apa ya, tapi kadang caranya itu yang bikin keki. Entah nyampah, flaming, atau posting longcat dimana-mana (lihat Ad.2).
 
4.      Barcen
Spoiler for Barcen:


Ini kebalikannya si kolektor bata, tapi caranya dengan tuker-tukeran cendol. Saat itu lazim 1 orang punya > 1 ID, dengan tujuan macem-macem, sundul komen di trit, ataupun saling nembak-nembakin cendol antar-ID. ID di luar prime ID ini disebut kloningan/ klonengan. Keberadaan klonengan ini juga yang bikin idup nubi di masa itu cukup sulit, karena kadang gak bisa dibedakan mana klonengan, mana prime ID Kaskuser yang nubi. Hehe..
 
5.      Pengejar postingan
Spoiler for "Pengejar ISO":


Karena (pada saat itu), GRP/ BRP dan status “senior” sangat mempengaruhi kehidupan sehari-hari di Kaskus (mungkin juga sekarang ya-CMIIW), maka para Nubi maupun Klonengan akan berburu jumlah posting agar bisa sesegara mungkin mencapai angka >2000 postingan. Di angka itu, seperti kita sama-sama tau, bisa saling beramah tamah dengan cendol ataupun saling timpuk bata. Maka komen one-liner bertebaran dimana-mana, misal “ijin nyimak dulu gan” atau “baca bentar baru komen”, terutama di The Lounge. Hal itu dulu dianggap “nyampah” karena komennya ga ngasih kontribusi apa-apa buat idup orang laen kecuali nyundul si trit. 

Quote:


 6.      Nyantolin komen Kaskuser laen di Page One
Spoiler for "Komenlah yang baik, nanti ane masukin pejone":



Quote:

Well, ane gak bermaksud ngatur atau ngehimbau sih ya, cuma, memang ada rasa yang berbeda saat komen kita diangkut ke Page One sama si TS. Selaen menghargai, juga ikut ngeramein obrolan di dalam trit. Karena trit itu kadang cuma pancingan info aja. Kaskuser laen kali ada yang punya info lebih lengkap tapi gak bisa tampil di Page One, dan itu sayang juga kalo ga kebaca oleh banyak orang.
 
7.      Isu Senit*l vs Nubit*l
Spoiler for "Evergreen issue":


Ane gak harus jelasin kan apa singkatan keduanya. Dan selayaknya di tempat manapun di belahan bumi ini, isu senior vs junior bakal selalu jadi bahan gesekan, tak terkecuali Kaskus. 
Saking panasnya isu ini pada saat itu, ID-ID lama (terutama awal tahun 2000) sempat menjadi komoditi yang diperdagangkan. Temen ane yang punya ID tahun 2002 aja sempet nyesel dan ngomong, kalo tau bakal serame ini, gue bakal bikin ID Kaskus sebanyak-banyaknya tahun 2002. emoticon-Ngakak (S)
Spoiler for "Dagang ID lama":


 
Komen yang baik ane pajang di pejwan. :beer

thecrawler
thecrawler memberi reputasi
1
15.4K
187
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.