akubukankipli
TS
akubukankipli
#Kiev2018: Hanya Satu Kekalahan Hingga Babak Final


Liverpool perlahan kembali menunjukkan identitas mereka yang sebenarnya. Sebagai klub Inggris pemilik gelar terbanyak di Liga Champions, The Reds tampil begitu istimewa di kompetisi paling elit antar-klub di Eropa tersebut musim ini.

The Reds memang tidak langsung lolos ke fase grup, melainkan harus melalui babak kualifikasi terlebih dahulu. Menghadapi wakil Jerman, Hoffenheim, Liverpool melaju dengan meyakinkan. Menang 2-1 saat melawat ke Jerman dan menang 4-2 di Anfield.


Credit: This Is Anfield

Hasil drawing babak grup menempatkan Liverpool di Grup E bersama Sevilla, Spartak Moscow, dan Maribor. Jika dilihat dari skuat, Roberto Firmino dkk. jelas lebih diunggulkan ketimbang tiga tim lain. Praktis hanya Sevilla yang bisa dikatakan mampu mengimbangi Liverpool.

Hal tersebut terbukti setelah The Reds berhasil lolos ke babak 16-besar sebagai pemuncak klasemen. Tak cuma itu, klub asal Merseyside tersebut tak pernah sekalipun menelan kekalahan. Catatan selisih gol mereka juga luar biasa, 23 kali membuat gol dan hanya enam kali kemasukan.

Penampilan impresif Liverpool di Liga Champions berlanjut ke babak 16-besar. Ditantang runner-up Liga Portugal, FC Porto, The Reds tampil menggila. Anak-anak asuh Jurgen Klopp menang telak lima gol tanpa balas di markas Porto. Ketika tampil di Anfield, skor imbang tanpa gol cukup untuk membawa Liverpool ke perempat final.

Ujian besar menunggu Liverpool di babak delapan besar, karena Manchester City akan menjadi lawan mereka. The Reds diragukan untuk bisa melaju, karena di pentas Premier League musim ini mereka sempat menelan kekalahan telak 0-5. Tapi Liverpool mampu membalikkan keadaan, mereka lolos dengan agregat 5-1, hasil menang 3-0 di Anfield dan 2-1 di markas Man City.


Credit: Express

Melangkah ke semifinal, Liverpool beradapan dengan AS Roma. Di atas kertas, ini menjadi laga yang seimbang, tapi The Reds harus siap dengan kejutan dari AS Roma yang mampu menyingkirkan Barcelona di babak sebelumnya.

Benar saja, dua pertandingan semifinal yang berjalan begitu seru. Hujan gol terjadi baik di Anfield maupun Olimpico. Liverpool menang 5-2 saat menjamu Roma, dan harus menelan kekalahan 2-4 saat lawatan ke Italia, dan menjadi satu-satunya sebelum laga final.

Keunggulan agregat 7-6 atas AS Roma membawa Liverpool terbang ke Kiev. Di sana, mereka akan menjalani final kedelapan di kompetisi paling elit antar-klub di Eropa tersebut. Dimana Real Madrid yang akan menjadi lawan mereka kali ini.

*****

#Kiev2018: Partai Puncak di Stadion Bersejarah Milik Ukraina
#Kiev2018: Milorad Mažic, Pria yang Baru Dua Kali Pimpin Partai Final
#Kiev2018: Kurang Konsisten di Spanyol, Tapi Raih Tiga Trofi
#Kiev2018: Rekor Sempurna Zidane di Partai Final
#Kiev2018: Singkirkan Tiga Juara Liga untuk Sampai ke Final
#Kiev2018: Terlalu Banyak Hasil Imbang
#Kiev2018: Sepuluh Final Dalam Lima Tahun
0
12.5K
132
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.