alexa-tracking
Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
4.33 stars - based on 6 vote 5 stars 0 stars
https://www.kaskus.co.id/thread/5b03d98e9a0951f66f8b4568/kesalahan-buka-puasa-dengan-es-cendol-es-campur-dan-es-kekinian-lainnya
Lapor Hansip
22-05-2018 15:49
Kesalahan Buka Puasa dengan Es Cendol, Es Campur dan Es Kekinian Lainnya
Past Hot Thread
Kesalahan Buka Puasa dengan Es Cendol, Es Campur dan Es Kekinian Lainnya


Minuman apa yang paling enak diteguk saat buka puasa?
 
Apabila Agan dan Sista ditanya begitu, mungkin jawabannya es. Bisa es cendol, es campur, es buah dan es-es lainnya. Pokoknya es, ais atau ice.
 
Setelah berpuasa seharian. Mulut dan tenggorokan kita terasa kering. Berbuka puasa dengan es cendol, es campur atau sup buah dingin tentu terasa segar sekali di mulut dan tenggorokan.
 
Temperatur minuman yang dingin itu ikut mendinginkan mulut dan tenggorokan yang kering. Sensasi adem seketika yang kita rasakan itulah yang mendorong kita untuk minum es terus menerus. Keesokannya minum es lagi. Kita jadi seperti kecanduan menegak minuman dingin.
 
Namun kebiasaan minum aneka es itu kurang baik untuk kesehatan pencernaan. Dikutip dari friso.co.id (dilihat 20/5/2018), saluran pencernaan pada umumnya memproses makanan pada temperatur 37 derajat celcius. Es memiliki temperatur yang lebih rendah sehingga temperaturnya harus dinaikkan dahulu, kerja sistem pencernaan jadi melambat.
 
Kesalahan Buka Puasa dengan Es Cendol, Es Campur dan Es Kekinian Lainnya


Apabila banyak mengonsumsi minuman dingin, hanya dalam setengah jam saja, perut akan terasa penuh atau kembung. Ibadah shalat Isya dan tarawih pun jadi terganggu, karena perut  tidak nyaman. Agan dan Sista yang doyan es, sering mengalami hal itu, kan?
 
Menurut Eko Dwi Martini DCN, HD, dikutip dari surya.co.id publikasi (19/5/2018) berbuka puasa sebaiknya dengan air putih yang temperaturnya sama dengan ruangan.
 
"Untuk menghindari sakit perut, sebaiknya buka puasa dengan minum air putih. Ingat, air putih yang memiliki suhu sama dengan suhu ruangan ya. Selepas itu baru mengonsumsi buah-buahan manis, tiga biji kurma seperti sunnah rasul Muhammad," jelas Ahli Gizi Graha Amerta RSU Dr Soetomo Surabaya.
 
Catat ya: air biasa, tiga biji kurma dan buah-buahan manis saja cukup untuk takjil. Tunaikan shalat Magrib terlebih dahulu. Barulah makan nasi berserta sayur dan lauk pauknya.

Kesalahan Buka Puasa dengan Es Cendol, Es Campur dan Es Kekinian Lainnya

 
Air memberi cairan bagi tubuh. Asupan gula alami untuk memulihkan tenaga dari buah-buahan manis dan kurma. Minuman dan makanan seperti itulah yang baik untuk berbuka puasa. 
 
Usai shalat tarawih, barulah minum es dan sedikit makanan dingin lainnya. Maka simpan dulu saja es cendol, es campur atau sup buah dingin, jangan langsung disantap saat azan Magrib berkumandang. Mari kita kendalikan hawa nafsu makan dan minum mulai dari berbuka puasa sampai sahur.

Sumber gambar shautterstock via merdeka.com, thepinsta.com, goodyfeed.com

emoticon-I Love Indonesiaemoticon-Toastemoticon-I Love Indonesia


Terima kasih

emoticon-Shakehand2




BACA JUGA   




Kesalahan Buka Puasa dengan Es Cendol, Es Campur dan Es Kekinian Lainnya




Kesalahan Buka Puasa dengan Es Cendol, Es Campur dan Es Kekinian Lainnya





Kesalahan Buka Puasa dengan Es Cendol, Es Campur dan Es Kekinian Lainnya

0
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 6 dari 13
23-05-2018 12:22
Quote:Original Posted By stratobuzz
Abang es ga laku donk


Resiko
0
23-05-2018 12:22
ane biasa pake teh tawar hangat. tp lebih sering ga puasa sih.
0
23-05-2018 12:23
Es batu larang
0
23-05-2018 12:24
Quote:Original Posted By skull.frog
Minum es langsung abis buka pasti langsung pusing kenapa yaa gan


Tubuh kaget dengan perubahan temperatur yang mendadak, Gan. Makanan yang masuk itu harus disesaikan dulu temperaturanya sebelum dicerna

0
23-05-2018 12:24
numpang promote ya

Ramekan Ya
0
23-05-2018 12:25
kalo saya teh manis anget dulu, lalu Shalat Maghrib....

...abis itu baru,...serangan utama emoticon-Big Grin nasi lauk serupa gunung...emoticon-Big Grin

...abis tarawih baru serangan susulan, macem kolak, es buah, dll....
0
23-05-2018 12:25
Pernah dibahas ustad wijayanto x deddy c berbuka lah dengan yang manis manis itu kemakan iklan yang bener manis yang tidak dimasak api contohnya buah buahan kurma juga dianjurkan
0
23-05-2018 12:25
Untung bener
-1
23-05-2018 12:26
Oke klo gt
-1
23-05-2018 12:26
Salah siapa?
0
23-05-2018 12:27
Ooh ternyata
0
23-05-2018 12:28
Kok bisa?
0
23-05-2018 12:31
Quote:Original Posted By 64m64n9s
kebiasaan minum es saat berbuka puasa adalah mengikuti nafsu belaka. secara manfaat hampir tidak ada. mudah terserang batuk, flue dan pilek, serta demam.

karena tak ada jaminan yang enak-enak itu adalah sesuatu yang menyehatkan tubuh. justru banyak yang dianggap "tidak enak" tapi malah memberikan manfaat besar bagi kesehatan.

emoticon-Jempol


Jelaskan hubungan antara es dan pilek, radang, sama demam?

Pilek, radang, disebabkan karena bakteri dan virus.
Demam adalah reaksi tubuh saat sistem kekebalan sedang melawan bakteri/virus yang menyerang.

Jadi gak ada hubungannya es dan penyakit.
Kecuali es yang dikonsumsi terbuat dari air yang mengandung bakteri, kalo ini lain lagi urusannya.

Mau minum air putih pun, kalo kualitas airnya jelek, gampang kena penyakit (tergantung kekebalan tubuh masing-masing).
0
23-05-2018 12:32
segerrrr
0
23-05-2018 12:32
Pantes habis berbuka perut lngsung mules emoticon-Mewek
0
23-05-2018 12:32
ini baru bener
0
23-05-2018 12:36
Mau buka pake es teh manis ya emoticon-Toast
0
23-05-2018 12:36
"Catat ya: air biasa, tiga biji kurma dan buah-buahan manis saja cukup untuk takjil. Tunaikan shalat Magrib terlebih dahulu. Barulah makan nasi berserta sayur dan lauk pauknya."

bener banget itu gan, biar bisa ruku sama sujut dan perut kaga kaget emoticon-Sundul Up
0
23-05-2018 12:38
Quote:Original Posted By Kokonata


Iya. Coba minuma air putih dan kurma 3 butir aja. Lalu makan buah yang manis, bukan yang asem emoticon-Toast


haha oke nanti dicobain deh sarannya emoticon-Shakehand2
0
23-05-2018 12:40
mnum es tiap buka ga pernh ngerasa kembung
0
Halaman 6 dari 13
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.