• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Kesalahan Buka Puasa dengan Es Cendol, Es Campur dan Es Kekinian Lainnya

Kokonata
TS
Kokonata
Kesalahan Buka Puasa dengan Es Cendol, Es Campur dan Es Kekinian Lainnya


Minuman apa yang paling enak diteguk saat buka puasa?
 
Apabila Agan dan Sista ditanya begitu, mungkin jawabannya es. Bisa es cendol, es campur, es buah dan es-es lainnya. Pokoknya es, ais atau ice.
 
Setelah berpuasa seharian. Mulut dan tenggorokan kita terasa kering. Berbuka puasa dengan es cendol, es campur atau sup buah dingin tentu terasa segar sekali di mulut dan tenggorokan.
 
Temperatur minuman yang dingin itu ikut mendinginkan mulut dan tenggorokan yang kering. Sensasi adem seketika yang kita rasakan itulah yang mendorong kita untuk minum es terus menerus. Keesokannya minum es lagi. Kita jadi seperti kecanduan menegak minuman dingin.
 
Namun kebiasaan minum aneka es itu kurang baik untuk kesehatan pencernaan. Dikutip dari friso.co.id (dilihat 20/5/2018), saluran pencernaan pada umumnya memproses makanan pada temperatur 37 derajat celcius. Es memiliki temperatur yang lebih rendah sehingga temperaturnya harus dinaikkan dahulu, kerja sistem pencernaan jadi melambat.
 


Apabila banyak mengonsumsi minuman dingin, hanya dalam setengah jam saja, perut akan terasa penuh atau kembung. Ibadah shalat Isya dan tarawih pun jadi terganggu, karena perut  tidak nyaman. Agan dan Sista yang doyan es, sering mengalami hal itu, kan?
 
Menurut Eko Dwi Martini DCN, HD, dikutip dari surya.co.id publikasi (19/5/2018) berbuka puasa sebaiknya dengan air putih yang temperaturnya sama dengan ruangan.
 
"Untuk menghindari sakit perut, sebaiknya buka puasa dengan minum air putih. Ingat, air putih yang memiliki suhu sama dengan suhu ruangan ya. Selepas itu baru mengonsumsi buah-buahan manis, tiga biji kurma seperti sunnah rasul Muhammad," jelas Ahli Gizi Graha Amerta RSU Dr Soetomo Surabaya.
 
Catat ya:air biasa, tiga biji kurma dan buah-buahan manis saja cukup untuk takjil. Tunaikan shalat Magrib terlebih dahulu. Barulah makan nasi berserta sayur dan lauk pauknya.


 
Air memberi cairan bagi tubuh. Asupan gula alami untuk memulihkan tenaga dari buah-buahan manis dan kurma. Minuman dan makanan seperti itulah yang baik untuk berbuka puasa. 
 
Usai shalat tarawih, barulah minum es dan sedikit makanan dingin lainnya. Maka simpan dulu saja es cendol, es campur atau sup buah dingin, jangan langsung disantap saat azan Magrib berkumandang. Mari kita kendalikan hawa nafsu makan dan minum mulai dari berbuka puasa sampai sahur.

Sumber gambar shautterstock via merdeka.com, thepinsta.com, goodyfeed.com

emoticon-I Love Indonesiaemoticon-Toastemoticon-I Love Indonesia


Terima kasih

emoticon-Shakehand2




BACA JUGA   














grg.
grg. memberi reputasi
1
20.4K
253
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.