Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
172
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b03ea265c779852618b4571/tujuh-dosa-besar-baru
KONSEP 7 DOSA BESAR adalah dosa-dosa yang mengakibatkan dosa-dosa lain dan kebiasaan-kebiasaan buruk lainnya, Sebagai contohnya seseorang yang membiarkan dirinya terus dikuasai kemarahan, suatu saat dapat melakukan balas dendam dengan membunuh; seseorang yang dikuasai ketamakan dapat melakukan korupsi (mencuri) jika ada kesempatan.
Lapor Hansip
22-05-2018 17:00

Tujuh Dosa Besar Baru

Past Hot Thread
icon-verified-thread
HEADER




Tujuh Dosa Besar Baru


Tujuh Dosa Besar Baruemoticon-Cendol (S)


KONSEP 7 DOSA BESAR adalah dosa-dosa yang mengakibatkan dosa-dosa lain dan kebiasaan-kebiasaan buruk lainnya, Sebagai contohnya seseorang yang membiarkan dirinya terus dikuasai kemarahan, suatu saat dapat melakukan balas dendam dengan membunuh; seseorang yang dikuasai ketamakan dapat melakukan korupsi (mencuri) jika ada kesempatan. Membunuh dan mencuri merupakan dosa akibat dari dosa lain, yaitu dosa-dosa besar.


Dosa-dosa besar ini dihubungkan dengan kebiasaan buruk yang digolongkan menurut kebajikan (virtues) yang adalah lawannya. Kebiasaan buruk merupakan lawan dari keutamaan atau kebajikan; diakibatkan oleh kebiasaan yang melenceng dari kebaikan, kebiasaan yang mengaburkan suara hati dan membuat seseorang cenderung melakukan hal buruk (Copied straight from Wikipedia emoticon-Peace )


Tujuh dosa besar ini antara lain:



Quote:
  1. PRIDE (Kesombongan)
  2. GREED (Ketamakan)
  3. ENVY (Kedengkian)
  4. WRATH (Amarah)
  5. LUST (Nafsu)
  6. GLUTTONY (Kerakusan)
  7. SLOTH (Kemalasan)






Tentu, dengan konsep tujuh dosa besar di atas kita sudah kenal dan familiar. Namun hari ini akan dikenalkan 7 dosa besar baru yang jelas akan membawa keburukan bagi mereka yang melakukannya emoticon-Takut (S). Dosa-dosa ini akan secara tidak disengaja akan dilakukan oleh umat manusia, dan karenanya begitu berbahaya.


Berikut adalah tujuh dosa besar baru:



Quote:
  1. ALTRUISM (Altruisme)
  2. PERSEVERANCE (Kegigihan)
  3. INTEGRITY (Integritas)
  4. SINCERITY (Ketulusan)
  5. MAGNANIMOUS (Murah Hati)
  6. ACHIEVER (Peraih)
  7. MATURITY (Kedewasaan)






Hah?


Bukannya semua itu adalah kebajikan (virtue)? emoticon-Amazed


Kenapa mereka dikelompokkan sebagai dosa?


Begini,


Quote:Tujuh Dosa Besar Baru

ALTRUISM (Altruisme) berarti rasa empati besar dan keinginan membantu orang lain. Doktrin altruisme adalah nilai moral seorang individu berada pada impact tindakan baiknya pada orang lain. Altruisme adalah "dosa" paling besar di antara tujuh dosa besar baru karena sifatnya yang memayungi "dosa" lainnya. Bagi mereka yang melakukan dosa ini, tindakannya baru akan terasa benar jika dapat menolong orang lain.

Altruisme memiliki bahaya yang jelas terpampang yakni dunia yang digerakkan oleh keinginan membahagiakan orang lain. Tentu keadaan seperti ini tidak diinginkan oleh umat manusia emoticon-Embarrassment . Kita sebagai manusia harus dapat menahan rasa ingin membantu kita, karena pada dasarnya kehidupan manusia adalah untuk dirinya sendiri.

Pada alam sekitar kita, makhluk yang altruis (produsen) akan menjadi mangsa makhluk yang egois (predator) emoticon-Big Grin . Contoh dari alam ini harus dianut dengan segenap hati, siapa yang ingin dunia yang dipenuhi orang-orang altruis?

Dosa yang turun dari dosa besar ini adalah semua "dosa besar" dan "dosa" lainnya.




Quote:Tujuh Dosa Besar Baru

PERSEVERANCE (Kegigihan) adalah ketegaran dan ketabahan. Doktrin perseverance adalah bertahan dalam tekanan hingga akhir sebuah masalah. Kegigihan adalah "dosa" besar kedua, karena dengan adanya kegigihan memberi arti untuk "dosa" lainnya. Orang-orang yang melakukan dosa ini akan selalu bertahan dengan apapun yang mereka anggap benar.

Kegigihan mempunyai bahaya yang lebih tersirat dibanding altruisme yakni dunia yang memiliki ketabahan luar biasa. Keadaan seperti ini adalah awal mula kehancuran dunia emoticon-Takut (S) . Kita sebagai manusia harus bisa melihat kapan kita bisa berhenti dan sebisa mungkin mengambil kesempatan untuk berhenti dan kalau bisa lari dari apapun yang kita hadapi.

Banyak orang yang memutuskan berhenti bisa sukses, seperti contoh CEO/Presiden Facebook Mark Zuckerberg emoticon-Belo . Mau kan seperti Mark Zuckerberg?

Dosa yang turun dari dosa besar ini adalah ketabahan (fortitude) dan kesabaran (patience).




Quote:Tujuh Dosa Besar Baru

INTEGRITY (Integritas) adalah kejujuran dan kepemilikan atas nilai moral yang tinggi. Doktrin integrity adalah konsisten dalam apapun yang dikerjakan, diucapkan, dan diinginkan. Integritas adalah "dosa" besar ketiga, karena dengan integritas maka "dosa" lainnya akan dapat terus dilakukan tanpa henti. Mereka yang melakukan dosa ini akan terus melakukan dan mengucapkan hal yang mereka anggap benar tak peduli apapun.

Integritas memiliki bahaya yang lebih terlihat dibanding perseverance namun lebih laten dari altruisme yakni dunia yang memiliki kedudukan yang jelas dan pendirian yang teguh. Keadaan ini begitu berbalik dengan apa yang diperjuangkan manusia emoticon-Ngakak (S) . Kita sebagai manusia harus bisa melihat keuntungan dan langsung mengejar keuntungan itu, regardless apa yang kita katakan sebelumnya emoticon-Cendol (S) .

Tentu ada alasan kenapa banyak motivator yang menggunakan kata "opportunity" dalam lektur mereka. Bukankah motivator adalah pembawa pesan yang benar?

Dosa yang turun dari dosa besar ini adalah keteguhan (dependability).




Quote:Tujuh Dosa Besar Baru

SINCERITY (Ketulusan) adalah sifat yang mengedepankan kejujuran dan berkata sesuai apa yang dirasakan. Doktrin sincerity adalah selalu melakukan sesuatu tanpa meminta imbalan apapun. Ketulusan adalah "dosa" besar keempat, karena dengan ketulusan maka "dosa" lainnya akan dengan mudah dan lancar terlaksana. Pelaku dosa ketulusan akan melakukan sesuatu yang mereka anggap benar dan kemudian dengan tanpa imbalan merasakan kepuasan tiada tara.

Ketulusan memiliki bahaya paling laten di antara semua "dosa besar" lainnya yakni dunia yang ikhlas dalam melakukan kebaikan emoticon-Takut (S) . Keadaan ini sangat tidak diinginkan oleh siapapun. Kita sebagai manusia harus menghargai apa yang kita perbuat, begitu juga orang lain, eye for an eye.

Tidak akan ada sistem "jasa" jika semua orang tulus. Bayangkan betapa sulitnya hidup jika begitu caranya... emoticon-Ngakak (S)

Dosa yang turun dari dosa besar ini adalah kejujuran (honesty) dan keikhlasan (uprightness).




Quote:Tujuh Dosa Besar Baru

MAGNANIMOUS (Murah Hati) adalah sifat yang juga disebut sportif atau kesatria. Doktrin magnanimous adalah menerima baik kemenangan maupun kekalahan dengan lapang dada. Murah hati adalah "dosa" besar kelima, karena dengan adanya kemurahan hati maka pelaku dosa akan dapat menginfeksi orang lain agar meniru kemurahan hatinya. Pelaku dosa murah hati akan melihat hasil pekerjaan mereka dan merasa bahagia, gagal atau berhasil.

Murah hati memiliki bahaya yang cukup nampak yakni dunia yang dapat menerima semua hasil yang didapat. Keadaan seperti ini adalah keadaan yang tidak menguntungkan karena jika kita gagal maka apa yang akan kita dapat?

Tidak akan berhasil sistem pendidikan di dunia jika semua orang murah hati. Bayangkan apa yang akan didapat dari kegagalan? emoticon-Cape d... (S)
Dosa yang turun dari dosa besar ini adalah sportivitas (sportsmanship



Quote:Tujuh Dosa Besar Baru

ACHIEVER (Peraih) adalah sifat ingin mendapatkan sesuatu dan berusaha sekeras mungkin meraihnya. Doktrin achiever adalah mengusahakan sebisa mungkin untuk meraih suatu goal atau capaian. Peraih adalah "dosa" besar keenam karena dengan sifat peraih maka seseorang akan bisa menjustifikasi melakukan dosa lainnya dengan dalih sesuatu yang diraih emoticon-Takut (S). Pelaku dosa peraih akan selalu bersemangat meraih yang dia lakukan.

Peraih memiliki bahaya yang cukup tersembunyi yakni dunia yang selalu bekompetisi menjadi yang terbaik. Keadaan seperti ini penuh rugi, karena jika semua orang terbaik tidak ada yang terbaik kan?

Bukankah tatanan dunia ada yang memang ditakdirkan menjadi yang tidak dapat meraih apa-apa?
Dosa yang turun dari dosa besar ini adalah keberanian (courage) dan semangat tinggi (high spirited)


Quote:Tujuh Dosa Besar Baru

MATURITY (Kedewasaan) adalah kebisaan seseorang menemukan jati diri dan menjalani hidup dengan pemikiran dewasa. Doktrin maturity adalah meninggalkan semua yang berlebihan, kekanak-kanakan, dan tidak penting. Kedewasaan adalah "dosa" besar ketujuh karena kedewasaan adalah jembatan bagi dosa besar lainnya. Pelaku kedewasaan akan melakukan semuanya dengan penuh pertimbangan.

Kedewasaan memiliki bahaya yang cukup jelas yakni dunia yang dewasa. Keadaan ini tak perlu dijelaskan mengapa manusia tidak menginginkannya, karena tidak seharusnya kita hidup dalam kesedihan menjadi dewasa.

Menjadi dewasa adalah berarti meninggalkan hal-hal yang membuatmu senang, seperti partying contohnya.
Dosa yang turun dari dosa besar ini adalah kepekaan (sensitivity) dan kebijaksanaan (wisdom)



Itulah, tujuh dosa besar baru yang amat sangat membahayakan! Tetapi kenapa dosa? Sebenarnya hanya karena TS ingin clickbait saja emoticon-Ngakak (S). Pengamatan yang dilakukan TS selama ini adalah ketujuh perilaku ini yang seakan tidak diinginkan umat manusia. Ketika ada seseorang yang berbuat demikian pasti ada yang "nyinyir" dan "ember" seakan-akan mereka tidak setuju adanya sikap seperti yang sudah TS jabarkan.


Jadi kesimpulannya, thread ini bisa dibilang satire belaka. TS menganggap bahwa ketujuh sikap di atas seharusnya dilaksanakan semua orang, tetapi melihat kondisi orang yang sudah TS anggap melaksanakan barang satu dari ketujuh sikap itu—penuh cibiran dan penuh lirikan tajam serta penuh dosa dan gossip—maka TS merasa bimbang.


Sebenarnya kita sebagai manusia itu harus bagaimana? Baik dicibir, buruk pun dicibir.

Monggo komentarnya~


emoticon-Blue Guy Cendol (L)

Diubah oleh stereobrain
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 2 dari 9
Tujuh Dosa Besar Baru
23-05-2018 11:33
paradox emoticon-thumbsup
0 0
0
Tujuh Dosa Besar Baru
23-05-2018 11:34
dosa terbesar adalah merasa jadi orang yg paling benar
0 0
0
Tujuh Dosa Besar Baru
23-05-2018 11:34
Wow bisa gitu
0 0
0
Tujuh Dosa Besar Baru
23-05-2018 11:34
Quote:Original Posted By victimofgip067
Dosa terbesar itu bom bunuh diri goblok
Udah bunuh diri malah membunuh orang

Kebanyakan baca buku fiksi itu goblok
Mending lihat ini Biar nggak jadi suicide bomber

Tujuh Dosa Besar Baru


kalo gw plototin ini dosa besar jga gak bree
emoticon-Mewek emoticon-Mewek emoticon-Mewek emoticon-Mewek
0 0
0
Tujuh Dosa Besar Baru
23-05-2018 11:36
Kagak mudeng ma trit nya,puyeng lah nahan laper ampe bedug maghrib aje udeh berat...emoticon-Hammer2
0 0
0
Tujuh Dosa Besar Baru
23-05-2018 11:38
7th Deadly Sins emoticon-Cool
0 0
0
Tujuh Dosa Besar Baru
23-05-2018 11:39
Terkadang dosa dan pahala itu cuma persepsi. Bagi yang satu adalah dosa, bagi yang lain itu bukan. emoticon-EEK!
0 0
0
Tujuh Dosa Besar Baru
23-05-2018 11:39
Kalau kita memanf mengerjakan sesuatu dengan ikhlas, dicibir pun tidak masalah. Karena pada dasarnya kita melakukan sesuatu itu untuk kepuasan diri kita bukan orang lain. Kalau kita melakukan sesuatu untuk kepuasan orang lain, siap-siap saja kecewa. emoticon-Big Grin
0 0
0
Tujuh Dosa Besar Baru
23-05-2018 11:39
penyakit hati itu ..
0 0
0
Tujuh Dosa Besar Baru
23-05-2018 11:40
clickbait satir ya.. isinya bagus sih.. cuman kalo uda bagus ga perlu clickbait... malah menghilangkan nilai thread agan sendiri
0 0
0
Tujuh Dosa Besar Baru
23-05-2018 11:40
Quote:Original Posted By obake99
dosa terbesar adalah merasa jadi orang yg paling benar


Merasa paling benar itu termasuk dosa kebanggaan (PRIDE). Dan memang pride sin adalah yang paling tinggi tingkat keburukannya dibandingkan enam dosa lainnya. emoticon-EEK!
0 0
0
Tujuh Dosa Besar Baru
23-05-2018 11:40
Dosa lama aje udah bikin berat emoticon-Leh Uga
0 0
0
Tujuh Dosa Besar Baru
23-05-2018 11:41
Mudah" an kita semua dapat menjauhkan diri dari sifat tsb emoticon-Smilie
0 0
0
Tujuh Dosa Besar Baru
23-05-2018 11:42
nama dari 7 dosar besar sama kaya nama karakter di fullmetal alchemist
0 0
0
Tujuh Dosa Besar Baru
23-05-2018 11:43
Menginspirasi... Tq sharingnya om... emoticon-Cendol Gan
0 0
0
Tujuh Dosa Besar Baru
23-05-2018 11:43
clickbait sukses
0 0
0
Tujuh Dosa Besar Baru
23-05-2018 11:44
dosa baru adalah menganggap dosa itu bukanlah dosa emoticon-Cool
0 0
0
Tujuh Dosa Besar Baru
23-05-2018 11:44
se7en
0 0
0
Tujuh Dosa Besar Baru
23-05-2018 11:46
antara jujur dengan clickbait
dipisahkan dengan selaput eh benang yang tipis sekali

tpi ts nya jujur euyemoticon-Leh Uga
0 0
0
Tujuh Dosa Besar Baru
23-05-2018 11:47
jadi inget film
0 0
0
Halaman 2 dari 9
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia