akubukankipli
TS
akubukankipli
#Kiev2018: Partai Puncak di Stadion Bersejarah Milik Ukraina


Kota Kiev akan menjadi pusat perhatian pada akhir pekan nanti. Partai puncak kompetisi paling bergengsi antar klub di Eropa akan digelar di Ibu Kota Ukraina tersebut. NSC Olimpiyskiy Stadium akan menjadi panggung Final Liga Champions antara Real Madrid vs Liverpool, Minggu (27/5) dini hari WIB.

Sebuah partai penting yang digelar di tempat bersejarah. NSC Olimpiyskiy Stadium bukanlah stadion biasa. Tempat tersebut pernah digunakan untuk Olimpiade 1980, yang mana ketika itu Uni Soviet menjadi tuan rumah. NSC Olimpiyskiy Stadium yang saat itu masih bernama Republican Stadium ditunjuk untuk menggelar tujuh pertandingan.

Sejarah panjang lain yang ada pada stadion berkapasitas 70.050 tersebut bisa dilihat dari cukup banyaknya perubahan nama. Paling tidak ada sembilan nama yang digunakan stadion tersebut sebelum akhirnya bernama NSC Olimpiyskiy Stadium sejak 1996 silam.


Credit: Detik.com

Bukan cuma perubahan nama, NSC Olimpiyskiy Stadium juga cukup akrab dengan renovasi. Sejak pertama kali dibuka pada 12 Agustus 1923, stadion ini sudah mengalami tiga kali renovasi, yang mana semuanya berimbas pada kapasitas stadion tersebut.

Renovasi pertama terjadi di tahun 1967 untuk meningkatkan kapasitas stadion hingga 100.062 yang semula hanya 50.000. Kemudian di tahun 1999, sesuai arahan FIFA, stadion yang menjadi markas Tim Nasional Ukraina tersebut kembali direnovasi sehingga kapasitasnya berkurang menjadi 83.450. Terakhir NSC Olimpiyskiy Stadium direnovasi pada 2011, setahun sebelum Piala Eropa 2012.

Pada pesta sepak bola di Eropa tersebut, Ukraina mendapat kehormatan menjadi tuan rumah bersama Polandia. NSC Olimpiyskiy Stadium sendiri menggelar lima pertandingan. Tiga di fase grup, satu laga perempat final, dan laga puncak.

NSC Olimpiyskiy Stadium menjadi saksi bisu saat Tim Nasional Spanyol berhasil mempertahankan gelar Juara Eropa. Ketika itu, Andres Iniesta dkk. berhasil melumat Timnas Italia dengan skor telak 4-0. Salah satu final Piala Eropa yang tak bisa dilupakan.


Credit: FIFA

Kini dalam hitungan hari, NSC Olimpiyskiy Stadium akan kembali menggelar laga besar lainnya. Stadion kebanggaan publik Ukraina tersebut akan menjadi saksi, apakah Real Madrid mampu mencatatkan hat-trick juara di Liga Champions, atau Liverpool yang mampu mendobrak dominasi tim asal Spanyol dalam lima tahun terakhir.

*****
0
9.9K
127
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.