.hades
TS
.hades
Galakkan Zero Food Waste, Jaga Agar Bahan Makanan Tetap Awet
Selamat siang,

Berjumpa lagi dengan TS yang selalu berupaya menyajikan info menarik seputar makanan emoticon-Big Grin

Sampah makanan adalah salah satu problem saat ini. Bahkan salah satu survei menyebutkan Indonesia adalah salah negara penghasil sampah makanan terbanyak di dunia. Menurut Economist Intellegence Unit, ada 300 kilogram makanan/bahan makanan yg dibuang oleh setiap orang Indonesia per tahunnya.
Spoiler for food waste:

sumber: treehugger.com

Miris yah gan, di tengah maraknya pemberitaan gizi buruk, orang mengantri berjam-jam untuk membeli sembako, ternyata tanpa kita sadari masih banyak makanan dan bahan makanan yang terbuang sia-siaemoticon-noroseSampah tersebut kebanyakan berasal dari limbah rumah tangga makanan yang tidak habis termakan atau bahan makanan yang sudah rusak tanpa sempat diolah.

Nah, salah satu solusi mengurangi produk sisa tersebut adalah beli dan masak bahan makanan seperlunya saja. Loh, berarti ga boleh nyetok bahan makanan dong? Trus apa mesti ke pasar tiap hari? Gimana kalo saya sempatnya belanja seminggu sekali? Itu mungkin pertanyaan di benak agan sista berkaitan dengan kampanye less food waste ini.

Jangan khawatir, my friends. Saya mengerti kegalauan agan sista emoticon-Peluk Tenang aja, agan sista tetap bisa belanja bahan makanan seminggu sekali, taruh di dalam kulkas, gunakan seperlunya sedikit-sedikit. Saya sebagai sahabat kaskuser semua siap memberikan tips bagaimana menyelamatkan bahan makanan agan sista semua agar tidak cepat rusak emoticon-Kiss

1. Simpan makanan dalam keadaan vakum
Spoiler for vacum:

sumber: pinterest.com
Salah satu cara terbaik mengawetkan makanan dan bahan makanan adalah menyimpannua dalam keadaan kedap udara. Dengan cara itu bahan makanan tidak kehilangan rasa dan nutrisi esensialnya. Tapi apakah itu berarti kita harus punya set perlengkapan vakum? Tidak harus, gan sis. Kita bisa memperoleh kondisi vakum dengan cara menyimpan bahan makanan dalam plastik zip/seal, tutup seal-nya, sisakan sedikit celah. Lalu rendam plastik tersebut dalam semangkuk air hingga semua udara keluar, tutup rapat kembali plastik, simpan dalam lemari es/freezer.

2. Rendam buah dalam larutan cuka apel
Spoiler for acv:

sumber: pinterest com
Buah siap makan antara lain buah yang tidak perlu dikupas kulitnya, seperti stroberi maupun buah potong cepat menjadi rusak. Agar tidak cepat rusak, sebelum disimpan dalam lemari es, rendam dahulu buah tersebut dalam semangkuk air yang sudah diberi cuka apel. Perbandingan larutan yang dibutuhkan adalah 1 sendok makan cuka apel untuk setiap 1 cangkir air.

3. Bungkus sayuran dengan serbet atau tisu dapur
Cara terbaik menyimpan sayuran adalah dengan mencucinya terlebih dahulu, agar kotoran maupun kuman yang menempel tidak mengkontaminasi kulkas. Tapi menyimpan sayuran dengan cara itu rentan membuat sayur menjadi layu. Karena itu, setelah dicuci, keringkan , lalu simpan dengan cara dibungkus serbet/tisu dapur untuk menyerap kelembaban berlebih.

Jadi itu dia gan sis, tips dari saya menyimpan bahan makanan agar tidak cepat rusak, sekaligus mengurangi sampah makanan. Kalo ada tips lainnya, sudilah kiranya berbagi di kolom komentar ya..

Spoiler for zero food waste:


Merci
:terimakasih

Sumber:
feedy.com
jakartaglobe.id
tried and tested by meemoticon-Embarrassment
Diubah oleh .hades 12-05-2018 10:42
riwidyCahayahalimahtien212700
tien212700 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
11.1K
84
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Cooking & Resto Guide
Cooking & Resto Guide
icon
8.8KThread11.8KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.