News
Batal
KATEGORI
link has been copied
137
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5af91958c1d770b60e8b4571/presiden-jokowi-minta-dpr-segera-selesaikan-uu-terorisme
Tindakan terorisme sangat tidak bermartabat dan biadab. Dilansir dari IDN Times, Presiden Joko Widodo meminta Dewan Perwakilan Rakyat dan kementerian terkait untuk segera menyelesaikan Undang-undang Tindak Pidana Terorisme. Dia menargetkan UU Terorisme bisa diselesaikan secepat-cepatnya dalam masa sidang
Lapor Hansip
14-05-2018 12:06

Presiden Jokowi Minta DPR Segera Selesaikan UU Terorisme

Past Hot Thread
Quote:[BREAKING] Presiden Jokowi Minta DPR Segera Selesaikan UU Terorisme


Presiden Jokowi Minta DPR Segera Selesaikan UU Terorisme

"Tindakan terorisme sangat tidak bermartabat dan biadab."


Dilansir dari IDN Times, Presiden Joko Widodo meminta Dewan Perwakilan Rakyat dan kementerian terkait untuk segera menyelesaikan Undang-undang Tindak Pidana Terorisme. Dia menargetkan UU Terorisme bisa diselesaikan secepat-cepatnya dalam masa sidang Mei-Juni mendatang.


"Ini payung hukum penting untuk aparat bisa tegas dalam bertindak," kata dia di Jakarta, Senin, (14/5). "Kalau nanti bulan Juni di akhir masa sidang belum selesai juga, saya akan keluarkan Perpu."

Presiden Jokowi mengungkapkan tindakan terorisme sangat tidak bermartabat dan biadab. Dia menginstruksikan supaya polri menindak secara tegas para pelaku terorisme tanpa kompromi, yang telah mengguncang beberapa wilayah di Surabaya dan Sidoarjo.

"Kita akan lawan terorisme. Kita akan basmi sampai ke akar-akarnya. Sudah saya perintahkan pada Kapolri untuk tegas dan tidak ada kompromi atas tindakan-tindakan para pelaku," katanya.

Setelah kejadian bom di tiga lokasi Surabaya pada Minggu (13/5), ledakan terjadi kembali di Sidoarjo, markas Polrestabes Surabaya, dan beberapa lokasi lainnya pada pagi ini.

Sumber



Quote:Kapolri Minta Presiden Terbitkan Perpu Antiterorisme


Presiden Jokowi Minta DPR Segera Selesaikan UU Terorisme


Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengatakan pelaku pengebom bom bunuh diri di tiga gereja di Surabaya, Jawa Timur, Minggu (13/05), diduga merupakan satu keluarga.


"Pelakunya satu keluarga," kata Kapolri Jenderal Tito Karnavian dalam jumpa pers di depan RS Bhayangkara, Surabaya, Minggu (13/05) sore.

Terduga pelaku, yaitu D (ayah), melibatkan istrinya (berinisial P) dan empat orang anaknya menjadi pengebom bunuh diri di gereja Santa Maria Tak Bercela, gereja Pantekosta di jalan Arjuno dan gereja GKI di jalan Diponegoro, Surabaya.

Pimpinan Jamaah Ansharut Daulah (JAD) Surabaya


Keluarga D diduga kuat merupakan anggota organisasi Jamaah Ansharut Daulah (JAD), pimpinan Aman Abdurrahman, terpidana teroris yang kini mendekam di LP Nusakambangan.

Aman Abdurrahman juga dianggap sebagai otak berbagai serangan bom sejak 2016, diantaranya bom Thamrin Jakarta. JAD menurut Kapolri merupakan pendukung ISIS.

Presiden Jokowi Minta DPR Segera Selesaikan UU Terorisme

Foto KOMPAS.COM - Analisa polisi menduga motif serangan tiga gereja di Surabaya serta kerusuhan di rutan Mako Brimob, Kelapa Duan, Depok, adalah "sebagai pembalasan" setelah ISIS terdesak di tingkat internasional.


"Satu keluarga ini terkait dengan sel JAD yang ada di Surabaya. D itu adalah ketuanya," ungkap Tito.
Hasil analisis sementara polisi menduga bahwa motif serangan tiga gereja di Surabaya serta kerusuhan di rutan Mako Brimob, Kelapa Duan, Depok, adalah "sebagai pembalasan" setelah ISIS terdesak di tingkat internasional.

Sejumlah pimpinan JAD di Indonesia juga sebagian besar ditangkap sehingga mempersempit langkahnya. "Karena itulah, kelompok ini (melalui organisasi sel-selnya) bereaksi untuk pembalasan."

Organisasi sel-sel itu, menurut Kapolri, kemungkinan terdapat pula pada sebagian orang-orang Indonesia - sekitar 500 orang yang sudah dideportasi ke Indinesia - yang pernah bergabung dengan ISIS di Suriah dan Irak.
"Ini tantangan kita, katena mindset mereka ideologinya ISIS," katanya.

'Presiden perlu membuat Perpu antiterorisme'

Lebih lanjut Kapolri mengatakan, dirinya sudah lapor ke presiden untuk melibatkan TNI dan Badan Intelijen Negara (BIN) dalam menangkap anggota sel-sel Jamaah Ansharut Daulah (JAD) dan Jamaah Ansharut Tauhid (JAT).
"Saya sudah minta Panglima TNI, mengirim kekuatan untuk operasi bersama, untuk melakukan penangkapan sel-sel JAD dan JAT," katanya.
Presiden Jokowi Minta DPR Segera Selesaikan UU Terorisme

Foto: BBC INDONESIA/RONNY FAUZAN - Kapolri meminta agar pembahasan UU antiterorirme di DPR bisa berlangsung lebih cepat. "Bila perlu kita memohon Presiden untuk membuat Perpu."


Menurut Kapolri, walaupun kelompok militan ini "terlatih untuk menghindari deteksi" aparat keamanan, kekuatan mereka tidak besar. "Mereka tidak mungkin mengalahkan negara, polisi, TNI dan kita semua."
Untuk itulah, Kapolri meminta "dukungan" DPR agar segera menyelesaikan revisi UU antiterorisme. Alasannya, mereka mengetahui keberadaan sel-sel JAD atau JAT, tetapi mereka tidak bisa ditindak.

"Kita baru bisa bertindak kalau mereka melakukan aksi atau sudah jelas ada barang bukti," ujar Tito
Menurutnya, "kita ingin lebih dari itu, misalnya, negara atau institusi hukum menetapkan JAD dan JAT sebagai organisasi teroris".

Dia kemudian memberikan contoh: "Kalau ada pasal dalam UU anti teroris bahwa siapapun yang bergabung organsasi teroris, maka bisa diproses pidana. Ini lebih mudah."

Kapolri meminta agar pembahasan UU antiterorirme di DPR bisa berlangsung lebih cepat. "Bila perlu kita memohon Presiden untuk membuat Perpu."

"Negara butuh power yang lebih," tegas Kapolri.

Sumber


UU Terorisme yang sudah tertahan satu tahun untuk direvisi, sudah seharusnya dibenahi. Karena dalam UU Terorisme sekarang, polisi tidak bisa berbuat lebih karena UU tersebut tidak memperbolehkan adanya tindakan terhadap terduga teroris yang tidak/belum melakukan tindakan terorismenya.

Di sisi lain, pihak DPR masih menahan RUU ini. 
Diubah oleh KaskusKreator
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 7 dari 7
Presiden Jokowi Minta DPR Segera Selesaikan UU Terorisme
14-05-2018 19:35
Doa untuk Surabaya
Presiden Jokowi Minta DPR Segera Selesaikan UU Terorisme
0 0
0
Presiden Jokowi Minta DPR Segera Selesaikan UU Terorisme
14-05-2018 19:35
Quote:Original Posted By ivanthoo
g akan selesai kalo anggota dp* nya kaya f@dli zonk dkk emoticon-Blue Guy Bata (L)


Ane setubuh Gan...
emoticon-dor
0 0
0
Presiden Jokowi Minta DPR Segera Selesaikan UU Terorisme
14-05-2018 19:48
YASH 🙏👊
0 0
0
Presiden Jokowi Minta DPR Segera Selesaikan UU Terorisme
14-05-2018 20:07
susah udah kalo urusan nya ama dpr ..
orang linter tapi gada otak nya emoticon-Leh Uga
0 0
0
Presiden Jokowi Minta DPR Segera Selesaikan UU Terorisme
14-05-2018 20:40
awas aja, awas aja ini semua drama yang distel oleh orang orang kalangan atas untuk kepentingan pribadi dan politik! gw doain lu mati dengan cara yang sadis emoticon-Blue Guy Bata (L)
Diubah oleh ironhuman
0 0
0
Presiden Jokowi Minta DPR Segera Selesaikan UU Terorisme
14-05-2018 22:03
Presiden Jokowi Minta DPR Segera Selesaikan UU Terorisme
0 0
0
Presiden Jokowi Minta DPR Segera Selesaikan UU Terorisme
14-05-2018 23:02
Quote:Original Posted By loeb_id
ane setuju apapun upaya buat basmi terorisme.

tapi masih ada yg ane nggak habis pikir. kalau polisi emang udah tau ada korelasi teror antara isis sama jad, kenapa nggak orang2 jad (dari bahasa polisi mereka udah tau orang2 jad) ini di monitor terus, begitu mencurigakan langsung operasi tangkap tangan. mereka bilang buat bom lumayan lama, selama itu anggota jad nggak kemonitor.

ane khawatir kalo uu pun nggak bisa berbuat banyak, kalo masalah monitoring (intel) lemah. sepertinya memang harus melibatkan masyarakat, kalau polisi doang kurang.


di situlah yg membuat polri tidak bisa menciduk gan karna terhalang uu teroris lama ....yang harus ada kejadian dululah bru bisa turun tangan jgn lupa lho gan teroris ini bnyak orang pintarnya ,orang berada dan di beking orang2 kuat yg entah siapa.....

1.jika di ciduk tanpa bukti di kira penzholiman terhadap umat.

2.jika di ciduk bukti blom kuat mereka bisa menuntut balik yaaa mana brani polisi karna polisi tau yg mereka mw tangkap ini buktinya kurang cukup...emoticon-Hansip


Contohnya agan punya tetangga suka maling ayam tapi karna blom ada bukti kuat agan g bisa apa2 dan agan bisa bergerak dan antisipasi andai sudah ada ayam yg hilang di sekitaran wilayah agan padahal seblomnya nih maling ayam melakukannya diluar wilayah agan ....emoticon-Hansip
Diubah oleh samsol...
0 0
0
Presiden Jokowi Minta DPR Segera Selesaikan UU Terorisme
14-05-2018 23:54
Quote:Original Posted By wonk4rol

Udah gitu bisanya nyampah doank, last hit emoticon-Big Grin


Belum lagi udah maennya ampas terus bacotnya gede kayak bocah atau pinoy kalo di dota emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S)
0 0
0
Presiden Jokowi Minta DPR Segera Selesaikan UU Terorisme
15-05-2018 01:16
ga yakin sama DPR
0 0
0
Presiden Jokowi Minta DPR Segera Selesaikan UU Terorisme
15-05-2018 01:24
lempar terus... lempar...
ga ada yang mau ngaku siapa yang hambat... sudahlah... berhenti pembodohn masyarakat...
0 0
0
Presiden Jokowi Minta DPR Segera Selesaikan UU Terorisme
15-05-2018 02:09
kami tidak takut teroris
0 0
0
Presiden Jokowi Minta DPR Segera Selesaikan UU Terorisme
15-05-2018 02:37
akh semua hanya wacana...sblm benang kusut itu putus...benang kusut tetap lah akan menjadi benang kusut...
0 0
0
Presiden Jokowi Minta DPR Segera Selesaikan UU Terorisme
15-05-2018 03:41
nggu in dpr ngesahin ruu teroris???
mendingan nunggu in monyet bisa ngomong
0 0
0
Presiden Jokowi Minta DPR Segera Selesaikan UU Terorisme
15-05-2018 03:53
kalo udah kejadian baru reaksi bikin UU ini itu...

...lha kemaren ngapain aja....???
0 0
0
Presiden Jokowi Minta DPR Segera Selesaikan UU Terorisme
15-05-2018 04:59
Quote:Original Posted By nicky123
yg dari Suriah jangan diimport kemari, reject aja buang di tengah samudra... emoticon-Big Grin


Presiden Jokowi Minta DPR Segera Selesaikan UU Terorisme
kasian nanti gk mati syahid
0 0
0
Presiden Jokowi Minta DPR Segera Selesaikan UU Terorisme
15-05-2018 11:56
Quote:Original Posted By verify
Mana mau mereka men-sah kan UU nya, orang pendukung di balik layar ya mereka2 juga. emoticon-Blue Guy Bata (L)


BETUL emoticon-Toast
0 0
0
Presiden Jokowi Minta DPR Segera Selesaikan UU Terorisme
15-05-2018 14:15
Kalo ada kejadian baru bereaksi...

emoticon-Hansipemoticon-Hansip
0 0
0
Presiden Jokowi Minta DPR Segera Selesaikan UU Terorisme
15-05-2018 20:04
Mana yang terbaik lah, jika penetapan UUD teroris memang perlu dan urgent kenapa tidak segera disyahkan. Aksi teror semakin hari semakin mengkhawatirkan, mereka sekarang sudah mengajak istri dan juga anak nya dalam melakukan aksi. Padahal anak mereka juga belum tahu apa-apa dan masa depan mereka masih sangat panjang.
0 0
0
Halaman 7 dari 7
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia