j.16Avatar border
TS
j.16
Terapkan Pola 2-4-2 Konsumsi Air Putih Saat Berpuasa


Welcome To My Thread
:terimakasih:terimakasih


Halo para kaskuser yang berbahagia, bertemu lagi dengan j.16 di thread yang sangat sederhana ini.



Ramadhan sebentar lagi yeyyy... emoticon-Ultah
Yups, tidak lama lagi kita akan memasuki Bulan Ramadhan dan akan menjalankan ibadah Puasa.

Salah satu tantangan fisik yang dinilai cukup berat saat puasa sendiri adalah melawan dahaga dan haus. Apalagi kalo siang dan cuaca lagi panas - panasnya beuh, rasanya pengen nelen air wudhu aja deh, ya kan?

Tapi jangan sampai nelen air wudhu, apalagi nelen air es teh manis plus gorengan di warteg ya GanSis, karena puasa kita batal dong namanya. emoticon-Big Grin

Tubuh manusia sendiri tersusun dari 80 persen air. Dan karena faktor inilah, dehidrasi menjadi salah satu hal yang menjadi momok saat kita berpuasa nih GanSis.

Terus bagaimana sih cara kita untuk mencegah agar tubuh tidak terkena dehidrasi saat puasa?

Banyak pakar kesehatan yang mengatakan bahwa kita harus minum 8 gelas atau setara dengan 2 liter air setiap harinya. Dan saat berpuasa kita dianjurkan mengkonsumsi air putih dengan pola.

2-4-2


Spoiler for :


Kita dianjurkan mengkonsumsi 2 gelas air putih saat buka puasa, 4 gelas air putih saat malam hari dan 2 gelas air putih lagi saat sahur.


Spoiler for :


Saat Berbuka

"Berbukalah dengan yang manis."

Pasti sering mendengarnya bukan? Tapi sebaiknya sebelum makan atau minum yang manis, minumlah air putih satu gelas terlebih dahulu. Baru setelah itu Agan dan Sista bebas deh mau makan kolak, es campur, gorengan (kesukaan ts nih) atau apapun itu, asal jangan sampe kekenyangan ya.

Kalo ts sih biasanya abis minum air putih shalat Maghrib dulu biar gak ketinggalan. Baru deh lanjut buka dengan hidangan yang manis. Lalu sebelum melaksanakan shalat Isya jangan lupa mengkonsumsi satu gelas air putih lagi.

Saat Malam Hari

Biasanya ts atau mungkin agan dan sista juga ada yang tidak langsung mengkonsumsi nasi atau makanan berat saat berbuka puasa. Dan baru akan makan nasi saat selesai shalat tarawih, iya kan? Nah sebelum makan, kita perlu minum segelas air lebih dulu dan setelah makan lanjut minum 2 gelas air putih lagi agar makan lebih mudah dicerna. Lalu sebelum tidur, minum satu gelas air putih lagi. Jadi setelah shalat isya kita mengkonsumsi 4 gelas air putih.

Saat Sahur

Pasti suka males bangun nih kalo pas sahur, iya kan? tapi kalo gak sahur siangnya kita bakal lemes nih karena gak makan. Tapi sahur penting ya GanSis, apalagi mengkonsumsi air putih. Kita haru minum 2 gelas air putih saatu sahur. Yaitu konsumsi air putih satu gelas setelah bangun sahur atau sebelum makan dan satu gelas lagi saat selesai makan atau sebelum waktu imsak tiba.

Pola minum air putih ini juga sangat membantu agar berat badan tidak bertambah selama bulan puasa loh.
Saat kita berbuka puasa dan sahur dengan air putih, sebenarnya ini membantu proses penurunan berat badan. Dalam beberapa penelitian tentang penurunan berat badan pada orang dewasa yang kelebihan berat badan, mereka yang minum air sebelum makan makan secara teratur mengkonsumsi lebih sedikit kalori. Beberapa laporan tentang diet juga merekomendasikan minum segelas penuh air sebelum, selama, dan setelah makan untuk membantu pencernaan dan kecepatan penurunan berat badan.

Air putih memang merupakan cairan yang paling alami karena tidak mengandung pemanis, pewarna, atau pun pengawet. Tentu saja air putih yang dikonsumsi juga tidak boleh yang sembarangan, melainkan harus berkualitas. Air putih yang berkualitas itu tidak berwarna, tidak berbau dan tidak berasa, serta mengandung mineral.

Spoiler for :


Jadi Agan dan Sista jangan lupa untuk tetap mengkonsumsi air putih ya, agar tubuh kita tidak terkena dehidrasi, tetap sehat dan fit dalam menjalankan ibadah puasa. Biar puasa dan ibadah lainnya lancar dan gak bolong - bolong sampai esok hari kemenangan tiba. Yeyy emoticon-Ultah

Sekian untuk thread kali ini, jangan lupa untuk share, rate dan coment. Terima kasih, dan sampai jumpa di thread selanjutnya ...

emoticon-Rate 5 Star
emoticon-Blue Guy Cendol (L)
:terimakasih

Diubah oleh j.16 14-05-2018 00:39
0
18K
145
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.