• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Nostalgia Pake Twitter: Dari Ubersocial From Blackberry Sampai Kena Limit

thatwasfunAvatar border
TS
thatwasfun
Nostalgia Pake Twitter: Dari Ubersocial From Blackberry Sampai Kena Limit


Agan masih main Twitter sekarang?

Jaman sekarang, kalo ane perhatiin polanya sih orang-orang lebih memilih Instagram ya dibanding Twitter. Secara, Instagram lebih memanjakan mata dengan visual dan bahkan audiovisual. Tapi nggak sedikit netizen yang tetep di Twitter atau bahkan kembali ke Twitter karena jengah dengan Instagram. Selain dipake buat komplain ke berbagai company karena lebih cepet dapat solusinya--cuma dengan mention aja--netizen lebih bisa dapet info/ berita uptodate dari Twitter.

Sejak rame di tahun 2009-an, Twitter tiba-tiba meredup sejak berkembangnya platform social media lain kayak Path (yang sekarang mulai meredup juga) dan Instagram. Tapi kira-kira 1-2 tahun terakhir, banyak netizen yang mencoba "Make Twitter Great Again"dan ternyata Twitter sekarang rame lagi! Yang disukai netizen dari Twitter itu; nggak banyak iklan/ endorse, banyak jokes receh tapi menghibur, banyak cerita-cerita seru soalnya tweets udah bisa dibikin jadi threads, beragam hal viral juga muncul pertamanya dari Twitter baru deh nyebar ke Instagram dan akun LINE.

Ngomong-ngomong tentang Twitter jaman sekarang, kita nostalgia yuk sama Twitter jaman dulu. Pasti Agan ngerasain deh hal-hal yang ane sebutin di bawah ini kalo Agan emang pake Twitter dari jaman dulu.


Foto: BlackBerry Appworld

1. Awal-awal smartphone BB ngehits, semua orang pengen ngetweet dengan tulisan Twitter from BlackBerry atau UberSocial.


Foto: MakeMac

2. Beralih ke Android, netizen di Twitterland juga berbondong-bondong ganti ngetweetnya jadi Twitter from Android atau UberSocial for Android; paling keren sih Twitter from iPhone. Initnya semua yang pake from-from smartphone itu keren abis.


Foto: Kompasiana

3. Saking banyaknya "Twitter from..." tergantung OS smartphone-nya, jadi ada website buat bikin "Twitter via..." aneh-aneh kayak Twitter via HatiYangDuluPernahTersakiti atau Twitter from iPhone Tetangga, bahkan ane pernah pake Twiting Tresno Jalaran Soko Kulino. Ada juga yang pake Twitter from Blackberry padahal nggak pake hp itu. Aksesnya lewat twitvia.com, tapi sekarang udah nggak bisa diakses lagi Gan.



4. Jaman dulu, kalo mau RT alias Retweet, harus ngetik: tweet yang mau ditulis + RT @username yang dituju + tweet dia yang mau dibales. Udah gitu, kalo kepanjangan atau lebih dari 140 karakter, dihapus-hapusin dulu tweetnya dia supaya nggak jadi link



5. Kalo sekarang udah bisa 280 karakter, jaman dulu tuh kalo mau lebih dari 140 karakter harus pake Writelonger



6. Sekarang sih yang bisa diganti cuma foto profil sama cover foto aja. Tapi jaman dulu, yang bisa diganti itu backgroundnya. Favorit ane sih foto pemain bola.



7. Ada lagi, makin ke sini hampir semua social media itu bentuk foto profilnya lingkaran, tapi anak Twitter jaman dulu pasti tau banget kalo foto profil kotak itu ngangenin.


Foto: Lookout

8. Ngeh nggak, jaman dulu logo Twitter itu huruf "t" gitu, ane pake dari logo Twitter huruf t dan sampe sekarang udah ganti jadi si burung biru. Kenapa burung? Karena tweet artinya kicauan dan yang berkicau kan burung.



9. Pernah lagi asik-asik ngetweet tiba-tiba kena limit? Jadi, tiap akun Twitter itu emang punya batas alias limit 1000 tweets/ hari, kalo dibagi sih 150 tweets/ jam. Pasti tau dong ada #InfoLimit dan minta RT, tujuannya buat ngasih info aja kalo akun Twitternya lagi limit dan nggak bisa update. Mungkin ini tipikal yang famous gitu. Tapi info limit di Twitter nnggak lama kok, sekitar 15 menit-1 jam.



10. Banyak banget Twitter Client buat update, ane sih sukanya dabr.co.uk atau m.tweete.net buat hemat kuota. Pas punya smartphone dan memori banyak, ane pake Seesmic dan Twitter original. Kalo di laptop, ane pake Echofon (tapi sekarang udah nggak bisa, bisanya di smartphone).

Selain yang udah ane sebutin, ada nggak hal yang bikin Agan nostalgia pas pake Twitter? Akun Twitter favorit Agan siapa aja nih? Komeng di bawah ya!

emoticon-Wow
Diubah oleh thatwasfun 08-05-2018 07:00
0
28.3K
258
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.