Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
370
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5af1d75fde2cf27b368b4567/sbmptn-kalo-ente-enggak-hoki-ente-enggak-usah-kuliah
SBMPTN, seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri, seleksi yang (kayaknya) diikuti ratusan ribu calon-calon mahasiswa. SBMPTN udah berjalan dari duluuuuu banget. Cuma namanya aja yang berubah-ubah. Untuk tahun ini, sistem penilaiannya yang berubah. Entah itu berubah menjadi sistem
Lapor Hansip
08-05-2018 23:59

SBMPTN: Kalo Ente ENGGAK HOKI, Ente ENGGAK USAH KULIAH

Past Hot Thread
icon-verified-thread
SBMPTN: Kalo Ente ENGGAK HOKI, Ente ENGGAK USAH KULIAH

SBMPTN: Kalo Ente ENGGAK HOKI, Ente ENGGAK USAH KULIAH

SBMPTN: Kalo Ente ENGGAK HOKI, Ente ENGGAK USAH KULIAH


Update. Selasa, 3 Juli 2018.

Ane enggak lulus SBMPTN 2018. Kecewa? Iya. Sangat kecewa. Parahnya lagi, ane sudah mengecewakan banyak orang. Salah satunya ya keluarga ane sendiri. Berat banget rasanya mau update trit dengan berita kayak gini. Tapi, ane mau ngucapin terima kasih yang sebesar-besarnya buat semua orang yang sudah membantu ane dalam banyak hal. Biaya, tenaga, waktu, hal-hal yang sudah diberikan untuk ane secara cuma-cuma enggak bisa ane balas dengan bukti kelulusan SBMPTN ane. Ane juga mau berterima kasih untuk semua kaskuser yang udah ngajarin ane, ngasi solusi, sampai nyemangatin ane.

Apa ane nyerah sampai sini? Enggak. Bahkan yang ane lakukan belum bisa disebut 'berjuang'.

Ane memang sudah lulus universitas swasta, tapi universitas itu cukup jauh dari kampung halaman. 12 tahun sudah ane lewati dengan merantau sejauh 2 pulau. Menurut ane, jauh dari kampung halaman lagi untuk beberapa tahun ke depan bukan pilihan yang baik. Tapi mau gimana lagi? Mungkin universitas swasta ini memang jodoh yang sudah ditentukan untuk ane.

Perjuangan ane masih jauh. Ane menolak bersedih terus dan berhenti di sini.

Ane mohon doa dari semua kaskuser yang pernah dan masih memantau trit ane ini. Semoga ane dan semua orang yang sudah gagal diberikan jalan yang terbaik.

Rasa terima kasih yang pernah ane bilang sebelumnya gak akan cukup untuk mewakili perasaan ane sampai detik ini. Untuk itu, sekali lagi, dengan menundukkan kepala, ane ucapkan terima kasih emoticon-Smilie

***
emoticon-Nyepi

HALO KASKUSER!emoticon-Blue Guy Cendol (S)

Ane BrainlessNERD, kaskuser yang suka membaca, tapi enggak pintar-pintar juga emoticon-Malu

SBMPTN, seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri, seleksi yang (kayaknya) diikuti ratusan ribu calon-calon mahasiswa. SBMPTN udah berjalan dari duluuuuu banget. Cuma namanya aja yang berubah-ubah. Untuk tahun ini, sistem penilaiannya yang berubah. Entah itu berubah menjadi sistem yang lebih baik karena bisa menilai kemampuan secara tepat atau sistem yang bekerja kayak togel, berdasarkan keberuntungan saja. Jadi, sistem mana yang dipake?

emoticon-Bingung emoticon-Bingung emoticon-Bingung emoticon-Bingung

Aturan SBMPTN tahun lalu, menjawab benar bernilai +4, menjawab salah bernilai -1, dan tidak menjawab bernilai 0. Untuk tahun ini, panitia membuat sistem baru dan mengatakan kalo menjawab benar bernilai + tergantung tingkat kesulitan soal, menjawab salah bernilai 0, dan tidak menjawab juga bernilai 0 emoticon-Belo

Silahkan dicek dulu videonya emoticon-Kiss (S)

Quote:

Sudah paham sampai sini? emoticon-Big Grin

Lalu, apa yang terjadi saat hari H?

Sebentar, kita mundur dulu pelan-pelan.

SBMPTN: Kalo Ente ENGGAK HOKI, Ente ENGGAK USAH KULIAH

Quote:
Senin, 9 April 2018

Ane ngecek grup whatsapp angkatan sekolah ane. Salah satu teman share screenshot tweet tentang penilaian SBMPTN yang baru. Otomatis ane bilang, “Gak ada sistem minus berarti sama aja kayak kita gamblingkan? Yang hoki yang menang.” Waktu ane bilang gitu, gak ada yang nanggepin. Enggak sakit kok dikacangin, tapi malu emoticon-Malu

Quote:
Ss


emoticon-Motret


Quote:
Selasa, 17 April 2018

Seminggu kemudian ane berangkat ke kota seberang karena di daerah ane enggak ada tempat untuk melakukan tes SBMPTN. Ane tinggal di rumah keluarga dan mengikuti bimbel selama 3 minggu terhitung sejak tanggal 18 April 2018 sampai H-3 SBMPTN.emoticon-Betty (S)


emoticon-Motret


Quote:
Jumat, 20 April 2018

Waktu itu ane masih ingat pertama kali liat soal SBMPTN pas ada try out bimbel. PECAH PALA ANE BRE.

emoticon-Hammer2 emoticon-Hammer2 emoticon-Hammer2 emoticon-Hammer2

Tutor ane bilang gini waktu kami semua ngisi biodata, “Kalau kalian tidak tahu jawabannya, enggak usah diisi ya. Bahkan kalau kalian ‘ragu 50:50’, enggak usah dijawab. Kosongkan saja.” Kemudian tutor ane menjelaskan kalau sistem yang dipakai sekarang itu sistem ‘butir soal’. Bla bla bla dijelaskan panjang lebar, “PEMERINTAH ITU PINTAR,” kata tutor ane melanjutkan.

Ane langsung dapat gambaran sederhananya: Ini tes berskala nasional dan diikuti banyak orang. Tes ini menentukan masa depan. ENGGAK MUNGKIN pemerintah fokus ke ORANG-ORANG YANG HOKI saja.

Yaudah, ane kerjakan aja soal itu berdasarkan ‘teori’ yang disampaikan tutor emoticon-Kiss (S)


emoticon-Motret


Quote:
Minggu, 22 April 2018

Bimbel ane ngadain seminar. Yang ane tau seminar ini ada 3 tahap. Tahap 1 dan 2 udah dilaksanakan sebelum ane ke daerah ini. Di seminar tahap 3 ini, disampaikan lagi penjelasan lebih rinci soal teori mereka tentang sistem penilaian SBMPTN. Kami juga diberikan contoh kasus kayak gini emoticon-Belo
Quote:
Dari 10 soal, Guntur dan Kilat sama-sama mengerjakan 5 soal dengan benar. Guntur mengosongkan 5 nomor lainnya karena ragu. Sedangkan, Kilat mengerjakan 5 soal lainnya dengan menebak-nebak dan ternyata jawabannya salah. Saat hasil SBMPTN keluar, ternyata nilai Guntur LEBIH TINGGIdibandingkan dengan nilai Kilat.

Ane berusaha menyimak sebaik mungkin. Ane mikir kasar-kasarnya gini, “Gak mungkin kan anak yang udah usaha belajar mati-matian selama 12 tahun untuk masuk PTN impian mereka harus kalah saing sama yang beruntung?” emoticon-Nohope
Quote:
Kira-kira ada gak anak SD yang udah mikir ke perguruan tinggi negeri?

emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga

Iya ane tau nasib orang beda-beda, tapi panitia enggak mungkin mikir, “Alah sok-sok mikir. Jawab saja. Nasib dan keberuntungan yang tentukan mereka sekolah dimana nanti.” Dengan pemikiran seperti ini, ane yakin 100% kalo keberuntungan adalah ‘FAKTOR X’ yang enggak semua orang punya dan gak mungkin jadi acuan dalam pembuatan soal SBMPTN. Belum lagi restu dari orangtua, keluarga, dan Yang Maha Esa, kan? emoticon-Blue Guy Peace

Jadi, ane semakin yakin sama teori bimbel ini emoticon-Kiss (S)


emoticon-Motret


Quote:
Sabtu, 5 Mei 2018

Dengan perasaan yang campur aduk nasi uduk, ane ikut doa bersama di bimbel. Walaupun terlihat seperti acara ulang tahun anak SD, yah masih acceptablelah. Yang penting berdoa bersama supaya saat tes nanti kami semua dilancarkan dan diterima di PTN impian. Gak tau kenapa ane pengen cerita bagian ini. Untuk tutor bimbel ane yang baca trit ini, ane minta maaf udah ngata-ngatain emoticon-Ngacir


emoticon-Motret


Quote:
Selasa, 8 Mei 2018

Untuk bagian ini, nikmati sambil dengar lagunya BCL bre.

Hari ini ane mengerjakan soal seadanya. Ane mengikuti arahan bimbel dengan teori mereka yang sudah ane pertimbangkan sebelumnya. Yang ane tau, ane kerjakan. Yang ane enggak tau, ane kosongkan emoticon-Malu

Malamnya, ane cek hp lagi. Ane buka grup whatsapp yang isinya teman-teman dari daerah ane dan bimbel di tempat yang sama.
Ss

Nah, loh?emoticon-Roll Eyes (Sarcastic)

Ane buka grup whatsapp yang lain
Ss

Nah, loh?emoticon-Gila

Ane buka lagi yang lain
Ss

Nah, loh?emoticon-Hammer

Sampai akhirnya ane nemu ini.
Ss



emoticon-Motret


Quote:
Disclaimer:Ane enggak nyontek saat SBMPTN emoticon-Peace


Beberapa hari ke belakang ane udah nitip doa sama kaskuser di beberapa thread supaya bisa lancar ngerjain soal SBMPTN. Tapi, sekarang ane enggak tau lagi harus ngapain selain berdoa. Tiba-tiba ane kepikiran, “INI HARUS MASUK KASKUS. SEMUA KASKUSER HARUS TAU!”

emoticon-Marah emoticon-Marah emoticon-Marah emoticon-Marah

Enggak juga, sih. Ane sekalian pengen dengar pendapat dari banyak orang. Mungkin ada yang bisa membantu memecahkan misteri ini. Apakah masa depan kami akan ditentukan oleh sistem gatcha atau sistem yang benar-benar tau kemampuan masing-masing individu?

emoticon-Mewek

Quote:
Terima kasih untuk Google Image, Youtube, Youtuber, teman-teman di grup whatsapp, dan bimbel tercinta atas referensinya emoticon-Blue Guy Smile (S)

SBMPTN: Kalo Ente ENGGAK HOKI, Ente ENGGAK USAH KULIAH

SBMPTN: Kalo Ente ENGGAK HOKI, Ente ENGGAK USAH KULIAH

Untung ada Yoriko, jadi ane enggak terlalu pusing mikirin masalah sistem penilaian ini emoticon-Malu

SBMPTN: Kalo Ente ENGGAK HOKI, Ente ENGGAK USAH KULIAH

SBMPTN: Kalo Ente ENGGAK HOKI, Ente ENGGAK USAH KULIAH

SBMPTN: Kalo Ente ENGGAK HOKI, Ente ENGGAK USAH KULIAH
Diubah oleh brainlessnerd
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 11 dari 19
SBMPTN: Kalo Ente ENGGAK HOKI, Ente ENGGAK USAH KULIAH
09-05-2018 22:22
isi semua aja bre...jgn lupa pake pensil ajaib
0 0
0
SBMPTN: Kalo Ente ENGGAK HOKI, Ente ENGGAK USAH KULIAH
09-05-2018 22:23
Hmm jd inget prjuangan bwt masuk ptn pas taun 014 emoticon-Big Grin
Dulu diskolah ane udeh ada kyk konsul bwt jurusan yg mau dimasukkin pas snmptn trmasuk kmungkinan"nya.
Krn dulu ane udah pesimis ketrima lewat snmptn(rapor ane jelek dr smster 1 emoticon-Hammer )
Alhasil ane ngegas blajar materi sbmptn dari awal kelas 3 gan. Jd yg laen pd blajar materi unas ane blajar materi sbmptn, krn pas itu unas gk nentuin kelulusan lg jd bodo amat lol. Untungnya ane lulus wkwkwkkw. Ketrima pilihan 1. Pas ngerjain ngegas ane soal ragu aja ane kerjain smua wkwkwk (pdhal pas dicek sm kunci jawaban yg ada dikoran salah banyak, tp ketutup sm jawaban bner juga ) emoticon-Hammer
profile-picture
Byzantines memberi reputasi
1 0
1
SBMPTN: Kalo Ente ENGGAK HOKI, Ente ENGGAK USAH KULIAH
09-05-2018 22:24
datang. kerjakan. lupakan

fokus ke simak, utul dan mandiri lainnya aja
0 0
0
SBMPTN: Kalo Ente ENGGAK HOKI, Ente ENGGAK USAH KULIAH
09-05-2018 22:25
ane sih nembak aja dari pada kosong. soalnya di soal juga ditulis: jangan ada subtes yg kosong wkwk. sebelum ujian juga ane udh banyak baca sistem penilaiannya itu, tapi kalo Tuhan berkenan, ane pasti lulus (hoki) emoticon-Big Grin
Edit: ternyata byk yg sepemikiran emoticon-Embarrassment
Diubah oleh threght
0 0
0
SBMPTN: Kalo Ente ENGGAK HOKI, Ente ENGGAK USAH KULIAH
09-05-2018 22:31
Quote:Original Posted By inspirazi
ane tahun 2008 masuk kuliah di PTS setempat, udah gitu di-DO di semester 5, masih bisa idup kok gan ampe sekarang... emoticon-Big Grin


gua suka gaya lu mas broh, klo ane meski pernah di DO tp berusaha lanjutin kuliah d PTS ya sembari kerja
0 0
0
SBMPTN: Kalo Ente ENGGAK HOKI, Ente ENGGAK USAH KULIAH
09-05-2018 23:05
Veteran SBM here..
Kalau dilihat dari struktur soal, tahun sekarang emang bisa diperuntukkan untuk nembak, setidaknya lebih dianjurkan. Karena, 1 dan 2 tahun yang lalu kalau ente ga nembak pun, itu 3/4 kolom jawaban bakal terisi untuk tahun ini lebih mikir lagi bre menurut ane. Kalo tahun ini ane ga nembak, kayanya gabisa keisi banyak deh hehehe.
Ane nembak matematika(madas dan matipa) dan sebagian saintek gunain teori gambling emoticon-Leh Uga
0 0
0
SBMPTN: Kalo Ente ENGGAK HOKI, Ente ENGGAK USAH KULIAH
09-05-2018 23:07
Banyak yg ngarep banget masuk PTN. Ujung2nya menghalalkan segala cara. Ujianya nyontek. Tugas Copas. Skripsi pake joki. Udah lulusnya jadi Koruptor emoticon-Wakaka

Kalo emang bener2 jenius sama punya tekad kuat, harusnya kuliah/sekolah dimana aja ga masalah. Toh yg ngebedain orang goblok sama orang jenius itu bukan sekolahnya, tapi otaknya emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk
0 0
0
SBMPTN: Kalo Ente ENGGAK HOKI, Ente ENGGAK USAH KULIAH
09-05-2018 23:15
dari dlu namanya tes pilihan ganda tu faktor hoki pengaruhnya ckup gede gan.. ane waktu SMA termasuk murid rangking (dari belakang) tapi bisa lolos. smntara bnyak tmen2 ane yg lebih pinter mlah gak lolos. wlopun akhirnya bs masuk lewat jalur umum dan keliatan bgt di ipk pas kuliah.
0 0
0
SBMPTN: Kalo Ente ENGGAK HOKI, Ente ENGGAK USAH KULIAH
09-05-2018 23:21
selamat datang ke fase lanjutan hidup ente ya gan emoticon-Big Grin , taun ini ga dapet, taun depan masih bisa kok, btw ada niat ga nyoba ke jerman/jepang gan? emoticon-Malu (S) emoticon-Malu (S)
0 0
0
SBMPTN: Kalo Ente ENGGAK HOKI, Ente ENGGAK USAH KULIAH
09-05-2018 23:24
enakan sistem salah -1 betul +4 jadi gak harus semua soal di jawab asal nilai permapel gak ada yg mati aja
0 0
0
SBMPTN: Kalo Ente ENGGAK HOKI, Ente ENGGAK USAH KULIAH
09-05-2018 23:28
dari jaman saya (2009) SNMPTN juga udah dianggep hoki2an wkwkwk
teman saya yg emang puwinter dan bisa jawab soal 95-96% benar aja gak lolos
malah temen saya yg asal jawab lewat kancing baju malah lolos
sistem koplak ini, udah "fail" dari awal menurut pandangan saya

dulu saya tes masuk langsung di univ ama institut 4x
yg lolos cuman 3, yg tak masukin 1 wkwkwk
tes masuk ITS emang bener2 murni sesuai kemampuan pribadi, kecuali situ anaknya staff/dosen minimal sodaranya
0 0
0
SBMPTN: Kalo Ente ENGGAK HOKI, Ente ENGGAK USAH KULIAH
09-05-2018 23:35
Pengalaman SBMPTN Itu yang pasti dari zaman dulu ampe sekarang yang lolos itu yang jawab sedikit tapi bener jawabannya ,entah ente jawab semua dan nilai ente meskipun 700+ panitia bisa aja pikir lu hoki karena jawaban yang benar ama salah kok banyak yang salah . penilaian menurut gue gitu dari pengalaman temen temen gw yang lolos dan engga.

rata rata yang lolos jawab dikit dan benar yang ga lolos jawab semua ngandelin luck

kalo disuruh jawab semua ama panitia mungkin bait tu buat para lucker.masa iya ada yang lolos ITB karena luck ,auto strees DO wkwk
Diubah oleh swaghuman
0 0
0
SBMPTN: Kalo Ente ENGGAK HOKI, Ente ENGGAK USAH KULIAH
09-05-2018 23:39
kuliah? ... aja
dimanapun kuliahnya, minumnya ...
universitas hanyalah tempat, pribadi yang baik dan skil yang menunjang mempengaruhi keberhasilan dalam pendidikan (kuliah swasta juga bisa sukses)
0 0
0
SBMPTN: Kalo Ente ENGGAK HOKI, Ente ENGGAK USAH KULIAH
09-05-2018 23:41
setau ane sih, pengumuman itu bukannya labil, memang dari awal beberapa bulan sebelumnya sala 0 kosong 0 benar 1 dan lanjut ke thap 2 penilaian itemrespons apalah... nah yg kalau "benar benar item response teori" dipakai ya jangan nebak asal asalan memang sih gak minus tapi itu hanya untuk penilaian pada tahap 1, kan tu ada tulisan di pengumuman yg katanya penilaian tersebut sudah dipakai di luar negeri, dan bimbel" pun mensimuasikan dengan aplikasi yg memakai IRT dan memang sebaiknya jangan menebak, tapi beda cerita lagi kalau sama sbmptn IRTnya dimodifikasi..

saya si kemarin kosongin aj, ya dipikir" masa sih masuk ptn modal tebak"an...
dan ane juga baca beberapa berita yang katanya media yg mengeluarkan berita jangan kosongin itu hanya mengutip pernyataan setengah".. dan pak mentri juga gak bilang harus diisi kan? di hanya bilang jagan meninggalkan soal karena secara statistik dari pada gak tau sama sekali tebak tebak kan masih ada peluangny, pak mentri bilang jangan dikosingin kan? bisa berarti harus dicari/dijawab dengan benar, bisa berarti juga tebak aj, TAPI setau ane dia g pernah bilang "TEBAK AJA, daripada KOSONG"



gitu sih kalau ane CMIIW
0 0
0
SBMPTN: Kalo Ente ENGGAK HOKI, Ente ENGGAK USAH KULIAH
09-05-2018 23:44
biarpun mau ngandalin hoki, seberapa besar sih peluang nya? gak besar" amat nebak 1 soal cuma 20%kemungkinanya (secara peluang) jadi ya faktor hoki tidak signifikan bisa diandalin juga
0 0
0
SBMPTN: Kalo Ente ENGGAK HOKI, Ente ENGGAK USAH KULIAH
09-05-2018 23:44
Quote:Original Posted By bianaustin321
selamat datang ke fase lanjutan hidup ente ya gan emoticon-Big Grin , taun ini ga dapet, taun depan masih bisa kok, btw ada niat ga nyoba ke jerman/jepang gan? emoticon-Malu (S) emoticon-Malu (S)


Ikutan orang tua asuh yah? emoticon-Big Grin
0 0
0
SBMPTN: Kalo Ente ENGGAK HOKI, Ente ENGGAK USAH KULIAH
09-05-2018 23:47
Bisnis Lendir aje ente gan
0 0
0
SBMPTN: Kalo Ente ENGGAK HOKI, Ente ENGGAK USAH KULIAH
09-05-2018 23:58
SBMPTN?

dulu inget banget ngikut SBMPTN tp bsk2nya ane ga liat keterima dimana...
karena udh keterima duluan di kampus lain lewat jalur tes biasa emoticon-Ngakak
wkwkwkwk
soale SBMPTN ane jurusannya paksaan....klo jalur tes kampus ane itu kan udh sreg banget

skrg sistemnya makin kocak emoticon-Ngakak

eits jangan malas kuliah ya!
and awas jangan kaget ama dunia kuliah
0 0
0
SBMPTN: Kalo Ente ENGGAK HOKI, Ente ENGGAK USAH KULIAH
10-05-2018 00:00
A,B,C,D,E semuanya salah emoticon-Lempar Bata
0 0
0
SBMPTN: Kalo Ente ENGGAK HOKI, Ente ENGGAK USAH KULIAH
10-05-2018 00:07
mau penilaiannya pake minus juga namanya hoki pasti tetep lolos bree.
malah tambah untung orang orang hoki di sistem penilaian sebelumnya.
0 0
0
Halaman 11 dari 19
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia