akubukankipli
TS
akubukankipli
Bosan Lihat Timnas Indonesia!
Bosan. Salah satu kata yang selalu ada dalam benak saya ketika melihat Tim Nasional Indonesia bermain. Bukan bagaimana cara Tim Garuda bermain, tapi apa yang dikenakan para pemain di lapangan. Ya, seragam!


Sudah memasuki tahun keempat Timnas Indonesia mengenakan seragam dengan desain yang sama. Padahal, normalnya sebuah tim nasional akan mendapatkan desain seragam yang baru setiap dua tahun sekali. Tak terkecuali untuk Tim Garuda.

Semua itu terjadi karena pembekuan PSSI oleh Kemenpora yang berujung diberikannya sanksi oleh FIFA pada Mei 2015 lalu. Sejak saat itu, Tim Garuda tak memiliki hak untuk bisa tampil di kompetisi resmi di bawah naungan FIFA. Imbasnya, kita tak bisa bersaing di Kualifikasi Piala Dunia 2018 yang juga dijadikan ajang kualifikasi untuk gelaran Piala Asia 2019.

Beruntung, sanksi itu tak lama-lama dijatuhkan FIFA. Mei 2016, sanksi untuk Indonesia dicabut dan Tim Garuda kembali diperbolehkan tampil di kancah Internasional. Piala AFF 2016 yang digelar pada November menjadi tanda kembalinya Tim Garuda berlaga.

Kembali ke masalah seragam. Bisa berlaga lagi di pentas Internasional, saya (dan mungkin hampir semua pencinta sepak bola Indonesia) jelas berharap akan ada seragam baru yang akan dipakai para pemain di Piala AFF 2016. Tapi nyatanya tidak!


Nike selaku sponsor Timnas Indonesia untuk seragam ketika itu beralasan, tidak dibuatkannya desain baru untuk Tim Merah Putih karena sanksi yang diberikan FIFA. Dua negara peserta Piala AFF 2016 lainnya yang juka disponsori oleh Nike, yakni Singapura dan Malaysia, mendapatkan desain anyar.

Memang ada sedikit perubahan dari seragam Timnas Indonesia saat berlaga di Piala AFF 2016 lalu. Tapi itupun hanya sebatas jenis huruf yang digunakan untuk nomor di dada dan nomor punggung.

Beberapa bulan lagi, Timnas Indonesia akan berlaga di Asian Games, dimana kita menjadi tuan rumah. Nike sendiri sudah menyatakan akan memberikan desain baru untuk Evan Dimas dkk. Bahkan ada berita yang mengatakan bawa pihak Nike sudah mempresentasikannya ke pihak PSSI.

Di samping itu, sudah sangat banyak juga desain-desain fantasi untuk seragam Timnas yang dilakukan oleh para pencinta sepak bola Indonesia. Akan tetapi, dari pihak Nike sendiri belum memberikan bocoran sedikit pun untuk publik


Semoga dengan seragam baru yang akan digunakan di Asian Games nanti, semangat para penggawa Timnas Indonesia bisa bertambah, dan prestasi akan kembali hadir untuk negara kita tercinta ini.

*****

Click for another thread
Diubah oleh akubukankipli 08-05-2018 09:06
0
12.1K
130
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.