• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Kota-kota berikut jadi pusat peradaban kuno sebelumnya. Sekarang?

rendyprasetyyoAvatar border
TS
rendyprasetyyo
Kota-kota berikut jadi pusat peradaban kuno sebelumnya. Sekarang?




Cerita Kita Untuk Selamanya versi FULL SERIES :






Langsung aja ya bre, 10 kota ini dulu pernah jadi ibukota kebudayaan kuno terbesar di zamannya, nasibnya sekarang gimana?


emoticon-Om Telolet Om!

Cuzco



Cuzco yang sekarang cuma sebuah kota biasa di Peru, dulunya adalah ibukota salah satu Kebudayaan suku kuno terkenal yang bernama Inca yang mencapai puncak kejayaan pada abad ke-15. Wilayah suku Inca ini berada di sepanjang Quito sampai Santiago dan menjadi kekaisaran terbesar pada saat tersebut. Luasnya wilayah Inca ini dulunya hanya ditempati oleh 40.000 orang penduduk sehingga mengundang Spanyol untuk menaklukan kota tersebut.

Katanya, Cuzco adalah salah stu kota tertua dibelahan barat. Sisa sisa peninggalan yang masih bertahan adalah benteng Sacsahuaman yang berisi batu-batu seberat 300 ton yang dibangun oleh 20.000 pekerja selama 80 tahun. Populasi di kota ini pernah menjadi korban penyakit yang dibawa orang-orang Eropa yang bahkan membunuh 65 - 90 % populasi.

emoticon-Om Telolet Om!

Xanadu



In Xanadu did Kubla Khan..
A stately pleasure-dome decree..


Kubilai Khan, cucu dari Genghis Khan, menjadikan Xanadu (sekarang Shangdu, China) sebagai ibukota kekaisarannya menjelang akhir abad ke-13. Marcopolo katanya pernah mendeskripsikan kota ini dengan berkunjung kesana pada tahun 1275 dan bilang kalau kota ini penuh kemewahan sang kaisar. Tapi tidak lama setelah ditetapkan sebagai ibukota, Kubilai Khan memindahkan ibukota ke Zhongdu.

emoticon-Om Telolet Om!

Bukhara



Bukhara, ibukota Uzbekistan modern, telah ditempati sejak 5000 tahun yang lalu. Kota ini terkenal karena dulu lokasinya ada di jalur sutera yang katanya merupakan pusat jalur perdagangan di 2000 tahun yang lalu. Bukhara, bersama dengan kota terdekat Samarkand dan Tashkent, adalah titik utama dari Jalur Sutera. Puncaknya pada tahun 900 M, seniman, penyair, dan ilmuwan berkumpul dikota ini dan katanya menjadi pusat pembelajaran bahasa arab selain Baghdad. tapi semuanya berubah sejak 1000 tahun yang lalu. Penyair dan ilmuwan sekarang menyebut Bukhara sebagai “the anus of the world.”

emoticon-Om Telolet Om!

Babylon



Walaupun sejarah kota ini sudah bisa ditelusuri dari tahun 2000 SM, kota Babylon ini baru menjadi pusat budaya dunia pada masa pemerintahan Nebukadnezar II (605 - 561 SM) dan menjadi kota terbesar dunia. Kehidupan di Babylonia berpusat di Esaglia, sebuah kompleks kuil yang dibangun untuk dewa Marduk dan Etemananki (sebuah zigurat yang terilhami oleh kisah Alkitab). Kota ini masih terasa penting dibawah kepemimpinan persia yang dipimpin oleh Alexander Agung. Dan sekarang Taman gantung Babylonia jadi salah satu dari tujuh keajaiban dunia.

Baghdad



Baghdad baru menjadi kota besar di tahun 762 setelah Abbasiyah Khalifah Al-Mansur menjadikannya sebagai ibukota pemerintahan. Wilayah Abbasiyah yang merupakan kerajaan besar ini membentang dari Maroko sampai Afghanistan timur dan setelah menjadi ibukota Baghdad mendapat predikat sebagai kota terkaya di dunia. Selain sebagai kota terkaya, Baghdad juga dikenal sebagai pusat budaya dan Sains. Banyak teks Yunani kuno yang diterjemahkan ke bahasa Arab dalam rangka pelestarian karya dari aristoteles dan filsuf lain. Banyak penemuan baru dibidang kedokteran, filsafat, dan astronomi yang lahir dikota ini.

:telolet

Alexandria



Kota ini didirikan oleh Alexander Agung tahun 331 SM. Terletak di Delta sungai Nil, alexandria jadi kota terbesar di dunia waktu itu. Kota ini memiliki sebuah mercusuar yang bernama Pharos of Alexandria yang memiliki tinggi lebih dari 110 meter dan berdiri sampai abad ke-12. The Museion, yang letaknya di perpustakaan Alexandria, sering dikunjungi ulama terkenal pada masa tersebut, beberapa diantaranya adalah Euclid (bapak geometri), Ptolemy (ahli geografi), Plotinus (filsuf), dan Archimedes. Setelah kaisar Romawi Barat mundur, Banyak teks kuno Romawi yang disimpan di Alexandria sebelum diterjemahkan dalam bahasa Arab. Dikota ini juga tersimpan Septuaginta, terjemahan Old Testament dari bahasa Ibrani ke bahasa Yunani.

Romawi



Roma adalah berperan sangat besar dalam perkembangan budaya Barat. Banyak kisah yang tersebar bagaimana kekaisaran Romawi menaklukan Eropa dan tenggelam dalam serangkaian pemerintahan kaisar yang menakutkan. Hampir semua cabang ilmu pengetahuan terpengaruh oleh pemikiran ilmuwan Romawi.

emoticon-Om Telolet Om!

Athena



Athena sebenernya sama pentingnya dengan Roma. Kota ini mendapat peringkat lebih tinggi didaftar ini karena beberapa pencapaian Roma tergantung dari apa yang mereka pelajari dari orang Athena. Pengaruh Athena terhadap seni dan filsafat tidak dapat ditandingi oleh kota lain manapun. Kalau ada diantara kita yang lahir di sebuah keluarga bangswan Athena tahun 480 SM mungkin kita akan menghabiskan masa remaja nonton drama Aeschylus. Terus setelah dewasa bakal ketemu Sophocles dan Euripides dan pesta minum kalian bakal didatengin sama Aristophanes dan Herodotus nanti setelah tua. selain itu bisa ketemu Socrates di Pasar terus bisa main kelereng breng Pericles, Jenderal Athena terkenal yang diangkat menjadi Jenderal di umur 15 tahun.

Kalau beruntung sih nanti sebelum meninggal kita bisa ngeliat Athena dikalahin Sparta dan sekutu terus Socrates dihukum mati.

emoticon-Om Telolet Om!

Varanasi



Varanasi dulu adalah ibukota agama Hindu, yang telah dihuni setidaknya sejak 2.000 SM. Selain agam hindu, kota ini juga identik dengan Budha gautama karena beliau melakukan khotbah pertamanya dikota ini. Terletak di pinggir sungai gangga (India utara), kota ini dipenuhi oleh umat Hindu yangpercaya kalau hidup di kota tersebut akan membebaskan mereka dari siklus renkanasi.

Sekian.

emoticon-Om Telolet Om! emoticon-Om Telolet Om! emoticon-Om Telolet Om!




Cerita Kita Untuk Selamanya 3 : Cataphiles




Sinopsis:
Ditahun 2025 terjadi kekacauan besar yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya. Pandemi virus yang semakin memburuk, serangan teror, unjuk rasa, banyak orang harus kehilangan keluarga dan mata pencarian, sampai akhirnya pemerintah menetapkan status darurat nasional untuk menghentikan semua aktifitas yang dapat membahayakan warga. Ditengah kekacauan ini, Rendy dan Bianca bertemu dengan Mr.Klaus yang akan merubah hidup mereka dan membawa mereka pada petualangan baru di Desa Praijing, Sumba. Siapakah yang akan memperbaiki keadaan tersebut? Apakah kekacauan tersebut bisa diselesaikan? Siapakah sebenernya Mr.Klaus?

On going
Cerita Kita Untuk Selamanya 3 : Cataphiles


Note:Ceritanya mengandung unsur kekerasan dan adegan dewasa jadi mohon pengertiannya gaiz
emoticon-Betty emoticon-Betty emoticon-Betty







Diubah oleh rendyprasetyyo 17-06-2020 19:23
adelianzw
adelianzw memberi reputasi
1
19.9K
109
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.