thatwasfunAvatar border
TS
thatwasfun
Asyik, Kereta Bandara Sekarang Udah Ada di Padang

medcom.id

Sia di siko yang urang awak?

emoticon-Request

Buat yang tinggal di Sumatera Barat, atau lagi merantau, info ini penting banget: Kereta Minangkabau Express akhirnya beroperasiGan!

Alhamdulillah, bukan hanya Jakarta dan Medan aja yang udah punya kereta bandara, sekarang kota Padang udah punya kereta bandara juga. Kalo ke Padang, biasanya suka bingung dari bandara mau naik apa buat ke tengah kota. Secara, Bandara Internasional Minangkabau (BIM) ada di Kabupaten Padang Pariaman, buat ke Kota Padang itu masih sekitar 24 km lagi. Biasanya sih naik travel, Damri atau naik taksi buat ke kota Padang.

Kereta Minangkabau Express ini melayani penumpang dari terminal Bandara Internasional Minangkabau ke tengah kota Padang dan sebaliknya.


delapanbudiperdana

Semenjak adanya kereta ini, jadi makin banyak pilihan moda buat ke tengah kota, apalagi harga tiketnya terjangkau banget, cuma Rp5ribu-Rp10ribu dengan durasi perjalanan 40 menit. Saat ini, kereta ini hanya bisa menaik turunkan penumpang di stasiun Padang-Tabing-Duku-BIM dengan jarak tempuh 22 km selama 40 menit sudah termasuk waktu berhenti di tiap stasiun. Ohya, kereta ini bisa mengangkut 393 penumpang Gan. Tapi karena kereta ini kereta lokal/ commuter, jadi nantinya bisa mengangkut 590 penumpang.


Twitter/maulanagituri

Selama masa uji coba setelah soft opening, 1-3 Mei 2018, harga tiketnya masih GRATIS. Tapi setelah itu juga harganya masih jauh lebih terjangkau dibandingkan naik taksi (bisa 80ribuan) atau bus Damri (20ribu) yang nunggunya lama.

Emang murah ya, tapi jadwal perjalanannya emang masih sedikit karena hanya ada 1 set kereta yang dioperasikan untuk saat ini Gan. Jadi cuma ada 5 kali perjalanan pulang dan 5 kali perjalanan pergi.



Kalo menurut info yang ane baca, PT KAI juga akan membuka loket check in penerbangan di stasiun kereta api yang dilalui Kereta Api Minangkabau Ekspress. Jadi kalau penumpang pesawat sudah check in di stasiun, nggak perlu lagi antre atau terburu-buru.


Tempo.co

Meski harganya murah, tapi tenang aja, fasilitas dalamnya udah bagus kok. Apalagi kereta ini buatan Madiun alias PT Inka, tapi bukan kereta listrik ya. Jadi ini kereta rel diesel elektrik dengan isi tangki full kereta 1800 liter solar yang mampu beroperasi untuk 2 hari.

Buat Agan yang udah pernah naik kereta lokal ke Pariaman, pemandangannya itu ya Bukit Barisan. Keren banget deh pokoknya.


Twitter/maulanagituri

Bingung itu stasiunnya deket mana di bandara? Tenang aja, stasiunnya ada di utara gedung terminal, tapi emang nggak terlalu mencolok. Bisa coba aja ditanya ke petugas bandaranya Gan. Sedangkan aksesnya ke gedung terminal bandara, ada skywalk yang emang udah dibangun. Jalan kaki kira-kira 8-10 menitan dan semuanya ramah untuk koper/kursi roda/stroller.


Twitter/maulanagituri

Kurang lebih 2 minggu lagi udah masuk bulan Ramadan, abis puasa kita Lebaran. Pas banget momennya buat yang mau mudik ke kampuang halaman nan jauah di mato. Apalagi pastinya banyak banget perantau dari tanah Minang yang mau pulang kampung jadi bisa cobain kereta bandara nih!

emoticon-Nyepi

Semoga kereta dan fasilitasnya selalu terawat ya, nggak ada yang vandal nyoret-nyoret atau ngerusak fasilitas bersama. Saling menjaga supaya kenyamanan juga turut terjaga.

Sumur: 1 - 2 - 3 - 4
0
11.5K
95
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.