pristyanaAvatar border
TS
pristyana
Ini Nih Soto Bening di Solo Versi Ane yang Patut buat dicoba!


Selamat pagi, siang, sore, malam, Agan sista semua. Thread kedua ane ini gak jauh-jauh dari makanan juga. Kali ini ane mau bahas tentang salah satu makanan favorit ane waktu di Solo, yaitu Soto! Banyak daerah di Indonesia ini yang juga punya 'soto' sebagai makanan khas dari daerah mereka, nah ciri khas soto dari kota Solo ini adalah kuahnya yang bening. Ini nih beberapa tempat makan/warung Soto kesukaan ane dan yang pernah ane datengin:


             1. Soto Ayam Gading

image

Soto ini udah ada sejak tahun 1974 lho gan, udah lama banget kan ya. Jadi gak kaget, kalau Soto ini udah terkenal banget di masyarakat Solo maupun wisatawan. Sesuai namanya, warung ini hanya menjual Soto ayam aja, tapi jangan salah, di setiap meja udah berjejer rapi lauk pauk yang bisa kita pilih sebagai pendamping Soto. Kuahnya yang bening dan seger, ditambah sama soun, keripik kentang dan suwiran ayamnya, makin nikmat kalo dimakan sama tempe goreng yang masih hangat.


             2. Soto Triwindu

image

Soto satu ini nggak kalah terkenalnya dari Soto Ayam Gading gan. Bedanya, di sini cuma menyediakan soto daging aja. Untuk ane sebagai orang yang nggak terlalu suka sama daging, soto ini pas banget di lidah. Porsinya pun pas buat sarapan (perut ane tapi ya). Kebanyakan warung Soto di Solo memang menyediakan banyak lauk di setiap meja yang bisa kita pilih sesuka hati, begitu juga di Soto Triwindu ini, tapi jangan lupa bayar ya. Oh ya, kalo Agan mau ke sini tempatnya ada di Jl. Teuku Umar, Keprabon, Banjarsari.



             3. Soto Bu Hj. Fatimah

image

Kalo ini nih, salah satu warung soto yang paling sering ane datengin waktu pertama kali nyampe Solo. Pasti orang Solo udah gak asing lagi sama soto ini, dulu sih namanya 'Soto Seger mbok Giyem', tapi ane nggak tau kapan tiba-tiba namanya ganti jadi 'Soto Bu Hj. Fatimah'. Tapi tetep rasanya sama kayak yang dulu. Di sini ada dua macam soto yaitu soto ayam dan soto daging. Bedanya kalo soto ayam, isiannya pake soun dan suwiran ayam, kalo soto daging, isiannya ada taoge plus potongan daging sapi. Ane lebih milih soto ayamnya sih ya daripada daging, karena ane emang nggak terlalu suka sama daging. Di soto ini yang bikin bahagia adalah lauknyaa banyaak bangeet, tinggal pilih noh di atas meja. Mulai dari tempe, tahu goreng, mendoan, sosis Solo, sate usus, kikil, dan masih banyak lagi. Di sini juga nyediain pecel nih buat yang lagi nggak pengen makan soto.


  1. Soto Bu Gini

Hampir sama kayak soto di atas, di warung ini juga nyediain dua macam soto yaitu ayam dan daging sapi dengan lauk yang bermacam-macam. Ane suka ke sini soalnya tempatnya yang paling deket sama rumah ni gan. Tapi tenang, warung soto ini udah punya banyak cabang kok, jadi kalo Agan pengen ke sini, tinggal pilih ke cabang yang paling deket rumah Agan ya.


  1. Soto Bu Nyoto


sumber: foto sendiri

Soto ini adalah salah satu langganan ane, karena rasanya kayak masakan rumah gitu. Soto ini tempatnya ada di pertigaan di daerah Baron. Dulu warung ini berupa bangunan gitu gan, tapi sekarang kaya pake tenda gitu. Kalo di sini cuma menyediakan soto daging yaa. Selain itu ada pecel, dan tumpang beserta lauk lainnya. Yang paling ane senengin kalo makan di soto ini adalah tempe gorengnya yang juara banget, karena digoreng pake tepung beras dulu, jadi tekstur dan rasanya beda dari tempe goreng yang biasanya.

              6. Soto Sarkem

image

Sesuai namanya, soto ini tempatnya di deket pasar kembang di Solo gan, berbeda dari warung-warung soto di atas, warung soto ini bukanya sore sampe pagi (sampe habis). Ini warung soto yang biasa ane datengin kalo lagi pengen yang kuah-kuah gitu malem-malem.


Quote:




Quote:



Spoiler for sumber:


Diubah oleh pristyana 08-05-2018 07:22
0
11.3K
93
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.