Automotive
Batal
KATEGORI
link has been copied
140
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ae1723d56e6afac338b4567/mengenal-lebih-jauh-masa-quotinreyenquot-sepeda-motor
Mungkin sebagian dari kita sering mendengar kata-kata ”inreyen” atau bahasa resminya running-in period atau juga disebut masa break-in. Saat membeli sepeda motor baru, disarankan melakukan beberapa langkah yang tidak ekstrem agar sepeda motor melakukan penyesuaian serta tidak cepat rusak. Benarkah? Seberapa perlu?
Lapor Hansip
26-04-2018 13:31

Mengenal Lebih Jauh Masa "Inreyen" Sepeda Motor

Past Hot Thread
SELAMAT DATANG


Mengenal Lebih Jauh Masa "Inreyen" Sepeda Motor


Mungkin sebagian dari kita sering mendengar kata-kata ”inreyen” atau bahasa resminya running-in periodatau juga disebut masa break-in. Saat membeli sepeda motor baru, disarankan melakukan beberapa langkah yang tidak ekstrem agar sepeda motor melakukan penyesuaian serta tidak cepat rusak. Benarkah? Seberapa perlu?

Pengertian


Mengapa Harus Melewati Masa Inreyen?
Masa inreyen pada motor baru sebenarnya lebih mengarah kepada proses adaptasi komponen motor sebelum layak dan aman untuk digunakan. Pihak pabrik umumnya juga tetap menggarisbawahi pentingnya masa ini karena meskipun motor baru anda sudah mengalami proses pengujian yang ketat di pabrik, setiap produk yang mereka hasilkan belum tentu sepenuhnya dapat langsung digunakan tanpa dilakukan pengujian lebih lanjut oleh penggunanya.

Hal ini diperlukan untuk menjaga kualitas motor tersebut agar tidak cepat rusak setelah beberapa pemakaian saja. Selain itu, proses yang dinamakan masa inreyen ini pada akhirnya juga akan berfungsi untuk menjamin keselamatan Anda dari komponen yang belum sepenuhnya “mengenal” kondisi jalanan, yang secara tidak langsung dapat mempengaruhi kinerja motor anda.

Faktor Perawatan Komponen Motor
Pentingnya masa inreyen pada motor baru pada akhirnya akan membawa dampak yang positif bagi kualitas serta umur pemakaian motor anda. Meskipun pada kenyataannya komponen-komponen dalam motor tersebut sebelumnya sudah mengalami proses pengujian kualitas di pabrik, namun dalam proses pembuatan komponen tersebut terdapat banyak partikel sisa yang masih menempel dan harus dibersihkan agar tidak menghambat sistem kerja dari komponen yang bersangkutan.

Kita ambil contoh yang terdapat pada mesin motor anda. Proses pembuatan komponen mesin yang harus dilalui cukup panjang mulai dari casting, forging, machining, dan sebagainya pada akhirnya akan meninggalkan sisa-sisa logam berupa serpihan-serpihan logam berukuran sangat kecil yang tentunya sulit untuk dibersihkan secara otomatis.

Ditambah lagi setelah komponen tersebut selesai diproduksi, biasanya akan dicelupkan ke dalam oli pengawet agar tidak mudah teroksidasi akibat kelembaban yang mungkin terjadi pada saat proses distribusi dari pabrik pembuatan komponen (vendor) ke pabrik perakitan motor (manufacture).

Partikel-partikel sisa seperti serpihan logam dan oli pengawet inilah yang harus dibersihkan secara manual dalam masa inreyen untuk mencegah rusaknya komponen mesin motor anda saat motor mulai digunakan.Berbeda dengan oli pengawet yang digunakan selama proses distribusi komponen dari vendor ke manufacture, setelah motor tersebut selesai diproduksi tentunya pihak pabrik juga akan melengkapi motor pabrikannya dengan oli yang berguna untuk melumasi seluruh permukaan komponen mesin serta komponen bergerak lainnya seperti piston, cam, crankshaft dan sebagainya.

Proses pelumasan ini bertujuan untuk mempermudah kinerja komponen dalam motor anda pada saat mulai digunakan. Namunhal ini belum sepenuhnya dilakukan secara menyeluruh oleh pihak pabrik dan harus dilakukan secara manual oleh pengendara motor itu sendiri.Dengan kata lain, apabila masa inreyen atau masa “pemanasan” tidak dilakukan pada motor baru, ada kemungkinan oli yang terdapat di dalam motor anda tidak tersebar secara merata ke komponen-komponen bergerak tersebut sehingga menyebabkan keausan yang sia-sia pada komponen yang tidak dilapisi dengan oli.

Faktor Keselamatan Anda
Masa inreyen juga secara tidak langsung akan berdampak positif terhadap keselamatan anda nantinya. Karena komponen-komponen penunjang keselamatan pada motor baru anda pada dasarnya juga harus “dipanaskan” terlebih dahulu agar bekerja secara optimal.

Contoh sederhana yang dapat anda amati adalah kinerja dari rem motor Anda. Komponen dalam rem motor anda seperti disk brake (cakram) dan brake pad (bantalan rem) pada awalnya akan sama-sama memiliki permukaan yang rata karena belum pernah digunakan sebelumnya. Permukaan yang rata inilah yang akan menyebabkan minimnya gaya gesek yang terjadi pada saat mulai dilakukan sistem pengereman.

Oleh karena itu, anda perlu menguji kembali kinerja rem motor baru anda melalui masa inreyen untuk “membentuk” pola gesekan pada kedua komponen tersebut agar proses pengereman dapat berjalan secara optimal dan efektif.

"Bagaimana Cara Melakukan Masa Inreyen Dengan Benar?"


Semoga bermanfaat untuk agan-agan semua. Terima Kasih.
emoticon-Nyepi



-1
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 6 dari 8
Mengenal Lebih Jauh Masa "Inreyen" Sepeda Motor
29-04-2018 21:20
jadi kingetan motor kreditan dulu...:-D
0 0
0
Mengenal Lebih Jauh Masa "Inreyen" Sepeda Motor
29-04-2018 21:39
Bray mau tanya kata 'Inreyen' itu berasal dr bahasa apa dan artinya apa?
0 0
0
Mengenal Lebih Jauh Masa "Inreyen" Sepeda Motor
29-04-2018 21:39
bukannya katanya inreyen malah harus digeber abis abisan ya mesinnya? emoticon-Bingung
0 0
0
Mengenal Lebih Jauh Masa "Inreyen" Sepeda Motor
29-04-2018 21:44

nais inpoh...

Nais inpoh gan... walaupun motor ane masih motor 10 tahunan yang lalu...

emoticon-2 Jempol emoticon-2 Jempol emoticon-2 Jempol

0 0
0
Mengenal Lebih Jauh Masa "Inreyen" Sepeda Motor
29-04-2018 21:48
ane malah pernah denger kalo motor sekarang udah gak perlu in reyen.makanye pas 2015 ane beli motor baru, makenya langsung top speed mulu.wakakakak
0 0
0
Mengenal Lebih Jauh Masa "Inreyen" Sepeda Motor
29-04-2018 21:52
Kalo sepeda roda tiga perlu gx gann..?
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support17
Mengenal Lebih Jauh Masa "Inreyen" Sepeda Motor
29-04-2018 22:18
Nice info gan
0 0
0
Mengenal Lebih Jauh Masa "Inreyen" Sepeda Motor
29-04-2018 22:46
gua gak suka motor
gegara motor kaki ane patah

emoticon-Mewek
0 0
0
Mengenal Lebih Jauh Masa "Inreyen" Sepeda Motor
29-04-2018 22:51
ane baru tau gan
nice sharenya neh
0 0
0
Mengenal Lebih Jauh Masa "Inreyen" Sepeda Motor
29-04-2018 23:25
nah ini nih...

banyak yg belom tau.. motor baru beli udah di gaspoll..
0 0
0
Mengenal Lebih Jauh Masa "Inreyen" Sepeda Motor
30-04-2018 00:12
yang terpenting biar motor gak cepet rusak,servis yang rutin aja di dealer
0 0
0
Mengenal Lebih Jauh Masa "Inreyen" Sepeda Motor
30-04-2018 00:18
Setau ane klo masa inreyen itu ga boleh kecepatan melebihi 80 km/h
0 0
0
Mengenal Lebih Jauh Masa "Inreyen" Sepeda Motor
30-04-2018 00:21
ditempat ane nyebutnya ngreyen gan emoticon-Leh Uga
0 0
0
Mengenal Lebih Jauh Masa "Inreyen" Sepeda Motor
30-04-2018 00:59
Wkwkwkwkwk bahasnya motor, fotonya speedo mobil
0 0
0
Mengenal Lebih Jauh Masa "Inreyen" Sepeda Motor
30-04-2018 01:20
Jadi pengen punya motor lagi hehe emoticon-Big Grin
0 0
0
Mengenal Lebih Jauh Masa "Inreyen" Sepeda Motor
30-04-2018 01:22
panasin aja di teras,itung2 nunggu plat nomer turun.. ye kali ah pasang tulisan "Tes" di plat,apanya yg dites org udh lulus emoticon-Hammer (S)
0 0
0
Mengenal Lebih Jauh Masa "Inreyen" Sepeda Motor
30-04-2018 06:24
mau nanya gan, kalau pada masa Inreyen saya pake motornya bragajul apakah akan rusak mesinnya?? kalaupun mesin gak awet kan motor bergaransi 3 tahun rata2nya..hehe..
masa Hak Pakai Konsumen dibatasi sih??
ya kalau katanya cepet rusak ya digaransiin aja, toh gak ada perjanjian terikat mengenai inreyen dan masa garansi..huehehe..ini sih pendapat ane aja yah gan.. coba deh kita kritis dikit, kalau andaikan Inreyen itu adalah suatu ritual yang wajib dilakukan oleh pemilik motor yang baru, tapi apakah bisa jamin perilaku semua pemilik motor sama memperlakukan motor baru dengan inreyen...kalau yang tidak inreyen menurt agan banyak gak? jawabannya ya banyak...tapi kok gak rusak2??? ya sebenarnya ya gak perlu inreyen kalau motor yang dari pabrik... Bisa bayangin gak betapa pusingnya pabrikan motor menangani Puluhan Ribu komplain motornya rusak karena gak inreyen?? artinya Inreyen pada motor baru itu tidak diperlukan banget karena saat ngetes pun di pabrik itu motor digeber full kok sebelum ketangan konsumen...Nah tapi tetap Inreyen itu sangat penting apabila kita mengganti suku cadang Khususnya area mesin, seperti Blok, piston, rasio,dsb di bengkel umum ataupun di bengkel resmi sekalipun, karena sudah jauh berbeda material sebelum dan sesudahnya dengan yang dipasang ke motor kita, jadi Inreyen di masa ini Kita musti Sangat Diperlukan..hehe..ini pendapat ane ya gan...
Diubah oleh Rychee
0 0
0
Mengenal Lebih Jauh Masa "Inreyen" Sepeda Motor
30-04-2018 06:38
Quote:Original Posted By joeybarton
nah ini nih...

banyak yg belom tau.. motor baru beli udah di gaspoll..


Yoii..makanya gak butuh inreyen, pusing gak tuh pabrik kalo Inreyen itu suatu hal yang sakral penting? bisa pada balik ke pabrik tuh setengah motor yang dijual massal..hahaha..yang ada rugi bukan untung.
0 0
0
Mengenal Lebih Jauh Masa "Inreyen" Sepeda Motor
30-04-2018 06:43
Quote:Original Posted By chiqi2
ane malah pernah denger kalo motor sekarang udah gak perlu in reyen.makanye pas 2015 ane beli motor baru, makenya langsung top speed mulu.wakakakak


Yupss karena sudah sangat Presisi jadi tidak perlu Inreyen, Kenapa zaman sekarangnya yang gak perlu Inreyen?? karena alat2 pbuat di pabrik sudah sangat Canggih tidak ada kata toleransi 0.01mm semua pasti 0.00000000000mm di mesin Pembuat Partnya karena menggunakan mesin CNC...jadi dengan kata lain tidak ada lagi butuh penyesuaian disetiap bagian Part..Kecuali kita beli suku cadang yang baru setelah pemakaian kita cukup lama, itu baru dibutukan yang namanya Inreyen..
0 0
0
Halaman 6 dari 8
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia