alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
66
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ae174c1dad770d75a8b4567/jokowi-untung-alumni-212-buntung-usai-pertemuan-bogor
Jakarta, CNN Indonesia -- Sejumlah tokoh Alumni 212 diam-diam bertemu dengan Presiden Joko Widodo alias Jokowi, di Istana Bogor pada Minggu (22/4). Namun, tak berselang lama, pertemuan itu terbongkar ke publik karena foto pertemuan tersebut beredar. Persaudaraan Alumni (PA) 212 mengklaim tak pernah menyebarkan foto pertemuan tersebut, sebab saat melakukan pertemuan semua handphone disita oleh piha
Lapor Hansip
26-04-2018 13:42

Jokowi Untung, Alumni 212 'Buntung' Usai Pertemuan Bogor

Jakarta, CNN Indonesia -- Sejumlah tokoh Alumni 212 diam-diam bertemu dengan Presiden Joko Widodo alias Jokowi, di Istana Bogor pada Minggu (22/4). Namun, tak berselang lama, pertemuan itu terbongkar ke publik karena foto pertemuan tersebut beredar.

Persaudaraan Alumni (PA) 212 mengklaim tak pernah menyebarkan foto pertemuan tersebut, sebab saat melakukan pertemuan semua handphone disita oleh pihak istana. Mereka mendesak pihak istana mengusut tuntas bocornya foto pertemuan tersebut.

Ketua Tim 11 Alumni 212 Misbahul Anam menduga foto itu tersebar karena ada keterlibatan pihak istana.

Pengamat politik dari Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Ubedilah Badrun, berpendapat lain. Ubedilah menilai justru PA 212 menyembunyikan sesuatu hal dari pertemuan tersebut.

Dia mengibaratkan bahwa dunia sekarang ini seperti rumah kaca, di mana semua orang bisa tahu segala macam hal. Baginya, pertemuan semacam itu harusnya tak perlu lagi ditutupi.

"Saya melihatnya kalau itu bocor berarti kecelakaan bagi mereka [PA 212]. Yang lainnya dari pertemuan itu adalah keuntungan untuk Jokowi, walaupun belum ada konfirmasi mengenai bahasan dari pertemuan itu," ujarnya, kepada CNNIndonesia.com, Rabu (25/4).

Terpisah, pengamat politik Bawono Kumoro menilai ada kepentingan tersendiri yang dimiliki oleh Alumni 212 sehingga tidak menginginkan pertemuan tersebut diketahui publik.

"Ada kepentingan yang coba diseimbangkan oleh kelompok 212," kata dia.

Kepentingan pertama adalah menjaga kepentingan kelompok umat Islam umat Islam yang selama ini menjadi basis kekuatan kelompok tersebut.

Kepentingan kedua, kepentingan politik. Terungkapnya pertemuan itu potensial mengganggu basis massa umat Islam yang selama ini dimiliki dan relasi dengan partai politik yang menjadi oposisi pemerintah.

Kepentingan ketiga, kepentingan menjaga citra. Sebab, ada kekhawatiran pertemuan tersebut akan membuat Alumni 212 dicap sebagai kelompok yang mencoba mendapatkan kekuasaan.


"Dicap atau dipersepsikan tidak lebih sebagai kelompok yang mencoba meraih kekuasaan, alasan berjuang untuk kepentingan umat hanya kamuflase atau hanya slogan-slogan, ada semacam kekhawatiran semacam itu," tutur Bawono.

Kekhawatiran tersebut, kata Bawono terbukti dengan reaksi cepat yang dilakukan oleh Alumni 212 dengan menggelar konferensi pers untuk memberikan penjelasan tentang pertemuan dengan Jokowi.

Peneliti politik dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Indria Samego menyebut pertemuan antara Alumni 212 dengan Jokowi sebagi tanda kemenangan Jokowi dalam mengendalikan pihak oposisi. Pasalnya, selama ini Alumni 212 memang santer bersuara dan memberikan kritik terhadap Jokowi.

"Ya jadi saya kira kemenangan Jokowi untuk mengendalikan oposisi," ujarnya.

Indria menilai pertemuan tersebut juga menunjukkan jika Alumni 212 terkesan plin-plan dengan sikap yang selama ini ditunjukkan kepada Jokowi.

"Plin plan karena 212 kan memang keras terhadap Jokowi, sikap yang tidak mau kompromi, tapi ternyata kooperatif juga," kata Indria.


Jalan Panjang Dukungan

Namun demikian, Bawono menilai pertemuan itu belum bisa dijadikan indikasi Alumni 212 akan beralih memberikan dukungan pada Jokowi. Sebab, pertemuan tersebut baru merupakan pertemuan awal.

Menurutnya, masih ada proses panjang jika memang akhirnya Alumni 212 akan mendukung Jokowi, terutama dalam kaitannya membahas konsesus atau kesepakatan antara kedua belah pihak.

"Misalnya, Habis Rizieq dipulangkan tanpa perlu diusut kasus hukumnya yang coba ditawarkan Jokowi, atau mungkin konsensus lainnya ya sudah tidak ada lagi kriminalisasi ulama, dan sebagainya, 212 bisa memberikan apa ke Jokowi," ujar Bawono.

Bawono mengatakan proses kesepakatan antara Alumni 212 dengan Jokowi tak jauh berbeda seperti sebuah partai politik yang mencoba mendekati calon presiden yang berpotensi memenangkan Pilpres.

Dari sisi Jokowi sendiri, lanjut Bawono, pertemuan itu bertujuan untuk memuluskan langkah Jokowi dalam menghadapi Pilpres 2019 mendatang. Pertemuan itu bisa diartikan sebagai usaha lanjutan untuk 'menjinakkan' lawan politik yang dianggap bisa menganggu langkahnya di Pilpres.

"Jokowi mencoba mencari cara mengamankan agar jalan menuju tahun 2019 tidak terlalu berombak besar," tandasnya.

Sebelumnya, Sekretaris Tim 11 Ulama Alumni 212 Muhammad Al Khaththath menyatakan pertemuan tersebut tidak membahas soal dukungan kepada Jokowi di Pilpres 2019.

"Tidak ada persepsi kami mendukung. Tidak ada deal dan dukung-mendukung," kata dia. (arh)

https://www.cnnindonesia.com/nasional/20180426075405-32-293654/jokowi-untung-alumni-212-buntung-usai-pertemuan-bogor

Bodoh sekali klo berharap pertemuan dengan JKW di istana bogor ga bocor ke publik.

Lawan JKW terus menerus melakukan blunder.

Novel hanya bisa ketawa saja

Jokowi Untung, Alumni 212 'Buntung' Usai Pertemuan Bogor
0
Tampilkan isi Thread
Halaman 3 dari 4
Jokowi Untung, Alumni 212 'Buntung' Usai Pertemuan Bogor
27-04-2018 02:06
Quote:Original Posted By tujuh.tahun


Dungu, terus diundang ke istana terus harus nolak gitu, ntar kalo nolak difitnah pengecut

emoticon-Traveller

Trus kenapa harus diem2? Kenapa malah malu begitu beritanya kesebar? Dungu kok dipamerin
0 0
0
Jokowi Untung, Alumni 212 'Buntung' Usai Pertemuan Bogor
27-04-2018 02:11
biar dikata petugas partai, plonga-plongo, golkar sama perindo udah merasakan betapa perihnya digergaji pelan-pelan sama don wiwi, akhirnya nempel ke pemerintah emoticon-2 Jempol

apalagi cuma mengatasi grup2 alumni demo nomer cantik, sekali diajak ketemuan langsung pada civil war emoticon-Ngakak
Diubah oleh paijoblondo
0 0
0
Jokowi Untung, Alumni 212 'Buntung' Usai Pertemuan Bogor
27-04-2018 02:13
halal darahnya nih kalau masih bohonh
0 0
0
Jokowi Untung, Alumni 212 'Buntung' Usai Pertemuan Bogor
27-04-2018 02:20
Kalau di kaskus, HT nya pasti yg 'bau' dukung jokowi.

Bentar lagi ada yang nge bata gw. Wkekek
0 0
0
Jokowi Untung, Alumni 212 'Buntung' Usai Pertemuan Bogor
27-04-2018 04:02
siapa yg ngebocorin pertemuan ga jauh beda dg siapa yg ngebocorin dugaan chat rijik...tipa tipu jaman kumpeni
Diubah oleh wiseman14
0 0
0
Jokowi Untung, Alumni 212 'Buntung' Usai Pertemuan Bogor
27-04-2018 04:24
Mamposs emoticon-Big Grin

Mamam tuh jebakan betmen. Alamat dicurigai kawan dan diketawain lawan dah tuh PA 212.

Ini mah siap2 aja 7 juta onta yg kemaren ikutan demo 212 pada shock sendiri sekarang ngeliat gegedug2nya 212 pada kelojotan foto2 mereka dateng ke istana Bogor terekspose ke publik emoticon-Big Grin

Gila lah ini cara mainnya Jokowi, walaupun massa pendukungnya pada sentimen + mengkritik tuh pertemuan tp ternyata efektif buat bikin kubu lawan pecah sendiri dari dalam emoticon-Big Grin
0 0
0
Jokowi Untung, Alumni 212 'Buntung' Usai Pertemuan Bogor
27-04-2018 06:59
jadi cebong sekarang?
0 0
0
Jokowi Untung, Alumni 212 'Buntung' Usai Pertemuan Bogor
27-04-2018 07:04
Bahahahaha, dan dengan gagahnya bilang planga plongo

Jd udh masuk kategori cebong ga nih?
0 0
0
Jokowi Untung, Alumni 212 'Buntung' Usai Pertemuan Bogor
27-04-2018 07:21
munafik kah?emoticon-Leh Uga
0 0
0
Jokowi Untung, Alumni 212 'Buntung' Usai Pertemuan Bogor
27-04-2018 08:16
bener bener gerombolan m3m3k, kemaren kemaren kafir2in wiwi, lha sekarang ???? DONGOK
1 0
1
Jokowi Untung, Alumni 212 'Buntung' Usai Pertemuan Bogor
27-04-2018 08:24
Jokowi Untung, Alumni 212 'Buntung' Usai Pertemuan Bogor
0 0
0
Jokowi Untung, Alumni 212 'Buntung' Usai Pertemuan Bogor
27-04-2018 08:32
Hancur dengan sendirinya emoticon-Leh Uga
0 0
0
Jokowi Untung, Alumni 212 'Buntung' Usai Pertemuan Bogor
27-04-2018 08:36
kita lihat aja bibi berpuasa di arab atau di tanah air
0 0
0
Jokowi Untung, Alumni 212 'Buntung' Usai Pertemuan Bogor
27-04-2018 08:36
Biarin aja bibib cabul umroh selamanya. Gak usah disuruh pulang. Anggap aja buang sial 😥

Apakah geng partai setan masih butuh bibib cabul buat pemenangan 2019? Mau niru dki kemarin gt?

Busuk bener kelakuan kalian. Tobat nyink.
Mau sampe kapan kalian gini terusemoticon-Blue Guy Bata (L)
0 0
0
Jokowi Untung, Alumni 212 'Buntung' Usai Pertemuan Bogor
27-04-2018 09:05
Yah... mangkanya jgn suka ngatain orang dr fisik. ngatain jokowi plonga plongo. nah lho giliran jokowi bertindak, pd mewek deh, presiden mah tetep orang yg kuat, jgn sembarangan...

Jokowi2periode
0 0
0
Jokowi Untung, Alumni 212 'Buntung' Usai Pertemuan Bogor
27-04-2018 09:07
Quote:Original Posted By jo.p
Jokowi Untung, Alumni 212 'Buntung' Usai Pertemuan Bogor


bangkeeee ane tetep g bisa nahan ketawa klo ada gif ini emoticon-Wkwkwk
0 0
0
Jokowi Untung, Alumni 212 'Buntung' Usai Pertemuan Bogor
27-04-2018 09:09
the empire strikes back
mantap nih ciamik mainnya
halus.banget wkwkwk
0 0
0
Jokowi Untung, Alumni 212 'Buntung' Usai Pertemuan Bogor
27-04-2018 09:11
Kagak ditemuin teriak2 minta didenger....ditemuin teriak jg klo yg dpt untung jkw...trus presiden kudu piye???.
Sejak awal jg udah tau klo gerakan ini motifnya politik mknya selesainya jg pake politik jd ga usah teriak buntung klo kedua tangan yg sudah sibuk menampung.
0 0
0
Jokowi Untung, Alumni 212 'Buntung' Usai Pertemuan Bogor
27-04-2018 09:19
Si nopel dipecat
Hoahahaja
0 0
0
Jokowi Untung, Alumni 212 'Buntung' Usai Pertemuan Bogor
27-04-2018 09:43
Jadi pengen liat fotoNya da yg punya g??
0 0
0
Halaman 3 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.