• Beranda
  • ...
  • Sista
  • [Sharing] Ternyata Rhinitis Alergi dan Demam Bikin Mukaku Jerawatan

aldysadi
TS
aldysadi 
[Sharing] Ternyata Rhinitis Alergi dan Demam Bikin Mukaku Jerawatan


Halo semua emoticon-I Love Indonesia (S),
Selamat datang di thread Aldysadi emoticon-I Love Indonesia (S).

Dalam thread kali ini, Aldys ingin berbagi masalah kulit wajah yang hampir sebagian besar manusia di muka bumi ini mengalaminya, yaitu jerawat.

Sekilas, judul thread ini mirip dengan puluhan bahkan ratusan artikel lainnya yang bertebaran di jagat maya. Namun, baca lah sekali lagi judulnya dan baca lah isinya dengan sepenuh hati. Niscaya akan berfaedah, aamiinemoticon-angel.



Siapa di sini yang musuhan sama jerawat angkat parangnya, hayoo? Pastinya, banyak dong ya emoticon-Ngakak (S).

emoticon-flowerPenyebab Munculnya Jerawat emoticon-rainbow

Ada banyak penyebab munculnya jerawat yang kita ketahui, seperti masalah hormon, genetik, kebersihan kulit, setres, makanan, lingkungan, penggunaan kosmetik maupun produk perawatan wajah yang tidak cocok, dll.

Namun, ada pula sebagian orang yang mengalami jerawat akibat memiliki alergi pada hal tertentu, misalnya tidak dapat menggunakan produk pencuci muka untuk dewasa sehingga harus menggunakan sabun bayi atau alergi pada makanan tertentu, misalnya susu sehingga menyebabkan jerawat di bagian pipi ketika meminumnya.


emoticon-flower Rhinitis Alergi dan Demam, Penyebab Munculnya Jerawat TSemoticon-rainbow

FYI, Gaes. Hal ini berdasarkan pengalaman dan pengamatan TS secara pribadi.

Awalnya, TS mencoba mencari tahu lebih detail mengenai hal ini di laman google, barangkali, TS bisa menemukan pencerahan.

Namun, artikel yang TS temukan justru kebalikannya dimana artikel-artikel tersebut membahas mengenai jerawat yang menyebabkan timbulnya gejala-gejala demam.

Sedangkan masalah yang TS alami adalah demam yang menyebabkan munculnya jerawat.

Spoiler for Ilustrasi:


• TS Penderita Rhinitis Alergi

Rhinitis alergi merupakan peradangan pada rongga hidung akibat reaksi alergi. Seperti yang kita ketahui, alergi ini sering menyerang penderitanya di pagi hari.

TS mengetahui hal ini setelah memeriksakan diri ke dokter THT.

TS lupa kapan tepatnya pertama kali mengalami hal ini, tapi yang jelas, TS konsultasi ke dokter ketika duduk di bangku SMK.

Pencetus terjadinya alergi ini bermacam-macam. TS sendiri memiliki banyak alergi, seperti alergi pada debu, cuaca (dingin/panas), tungau (di kasur/ karpet/sofa/bulu hewan peliharaan), polusi udara, dan asap rokok.

Itu artinya, jika TS terpapar dengan hal-hal tersebut, seketika alergi TS akan kambuh.

Layaknya penderita rhinitis alergi lainnya, TS pun akan mengalami gejala-gejala, seperti hidung yang berair atau tersumbat, suhu badan menjadi panas, layaknya orang yang terkena demam, nyeri di sekitar mata dan gigi, layaknya orang yang terkena flu, dan bersin-bersin berturut-turut tanpa henti yang disertai percikan air liur, layaknya hujan lokal emoticon-Hammer (S).

Spoiler for Ilustrasi:


•Sering Mengalami Demam

Menurut TS pribadi, demam ini menandakan bahwa kondisi tubuh TS sudah sangat lemah dikarenakan rhinitis alerginya sudah sangat parah.

Jika biasanya TS mengalami rhinitis alergi mulai subuh hari dan paling lama hingga pukul 4 sore maka ketika demam, gejala-gejala rhinitis alergi ini akan TS alami tanpa henti hingga tertidur di malam hari, hingga esoknya, dan seterusnya, hingga TS minum obat.

• Ternyata Rhinitis Alergi dan Demam adalah Pemicu Jerawat TS

TS baru menyadari hal ini sejak satu tahun belakangan. Pada waktu itu, TS heran, kenapa tiba-tiba jerawat yang biasanya menghiasi wajah TS lenyap? TS hanya bisa bersyukur sambil memandangi wajah TS di dalam cermin sambil senyum-senyum emoticon-Malu (S).

Namun, beberapa hari berikutnya, wajah TS kembali ditumbuhi beberapa jerawat lagi. TS kaget dong. Jerawatnya pun tak seperti biasanya yang berwarna merah dengan ukuran kecil melainkan jerawat yang lebih besar dengan nanah di dalamnya dan terasa sedikit nyeri.

Spoiler for Ilustrasi:


Memang, selama 2 hari sebelumnya, alergi TS kambuh disertai demam yang lumayan parah. Sayangnya, TS belum ngeuhsaat itu.

Selang beberapa hari kemudian, wajah TS kembali bersih. Itu karena alergi TS tidak kambuh selama 3 hari dan demam TS juga sudah sembuh.

Setelah 1 bulan mengamati kondisi kesehatan, jerawat, dan wajah TS. Akhirnya, TS pun meyakini bahwa penyebab jerawat di wajah TS erat kaitannya dengan kondisi kesehatan TS.

Saat rhinitis alergi TS kambuh maka wajah TS akan ditumbuhi jerawat, Saat TS demam maka wajah TS akan ditumbuhi jerawat yang berukuran lebih besar dan bernanah, dan saat TS sehat atau kondisi tubuh TS membaik maka jerawat TS juga ikut sembuh atau lenyap seiring kesehatan TS.


emoticon-flower Cara TS Mencegah Jerawatemoticon-rainbow

Berhubung TS telah mengetahui faktor penyebab jerawat TS maka semakin mudah bagi TS untuk mencegah tumbuhnya jerawat melalui beberapa cara di bawah ini, yaitu :

• Makan Tepat Waktu dengan Makanan yang Sehat

TS perhatikan, rhinitis alergi TS akan mudah kambuh jika maag TS kambuh. Ya, TS juga memiliki penyakit maag, haha. Banyak banget penyakit ya, Gaes. Mau gimana lagi emoticon-Hammer (S).

Sedangkan makan makanan yang sehat akan membantu meningkatkan kesehatan tubuh dari dalam.

Yakin saja, Gaes. Memberi tubuh makanan yang baik dan sehat maka hasilnya pun pasti akan baik bagi diri kita sendiri.

Spoiler for Ilustrasi:


• Menghindari Alergen

Alergen adalah substansi yang dianggap berbahaya oleh sistem imun meskipun sebenarnya tidak berbahaya. Seperti yang TS sebutkan di atas alergen TS adalah debu, tungau rumah, bulu hewan, dll.

Supaya tidak kambuh, TS harus menghindari hal-hal tersebut yang membuat alergi TS kambuh.

• Segera Minum Obat Jika Alergi Dirasa Mulai Memburuk

TS tidak begitu sering minum obat. Namun, jika kondisi kesehatan dirasa mulai memburuk maka mau tak mau, TS akan segera meminum obat untuk rhinitis alergi.

Selain takut demam, TS juga takut akan jerawat nanah. Jerawat tersebut selalu meninggalkan bekas hitam yang lumayan besar ketika sembuh dan butuh waktu lama untuk memudarkan warnanya emoticon-Frown.

Spoiler for Ilustrasi:


emoticon-flowerKondisi Wajah dan Kesehatan TS Sekarangemoticon-rainbow

Ya, wajah TS memang tidak bebas dari makhluk bernama jerawat tersebut dan kondisi kesehatan TS selalu jatuh bangun, Gaes.

Mau bagaimana lagi. TS dari lahir sudah mendapatkan anugerah dengan penyakit rhinitis alergi ini. Tahu sendiri, penyakit ini tidak dapat disembuhkan dan sangat sensitif terhadap lingkungan. Terpapar sedikit saja maka TS akan langsung sakit.

Spoiler for Ilustrasi:


Sering, TS lemah karena kondisi cuaca yang tak menentu. Namun, TS bersyukur karena alergi TS tidak kambuh setiap hari. Padahal dulu, hampir setiap hari alergi TS kambuh dan itu sangat menyiksa.


Oke, Gaes. Sekian thread dari TS. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Dengan mengenali diri GanSis sendiri maka semakin mudah bagi GanSis untuk menghadapi masalah-masalah yang mungkin akan timbul, baik masalah kesehatan tubuh maupun kulit.

Mengalami hal yang sama? Yuk, bagi pengalamanmu di sini!.

Ditunggu komennya di kolom reply. Terimakasih sudah mampir. Baca juga thread-thread Aldys yang lainnya ya emoticon-I Love Indonesia (S).


EITTSS...JANGAN LUPA GAES!!!
RATE 5 emoticon-Rate 5 Star
SHARE emoticon-pencet
KOMEN emoticon-nulisah
CENDOL emoticon-Cendol Gan
ADD FRIEND emoticon-Shakehand2


Quote:
Diubah oleh aldysadi 13-04-2018 07:21
KnightDruidtata604swiitdebby
swiitdebby dan 2 lainnya memberi reputasi
3
16.5K
88
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sista
Sista
icon
3.9KThread7.4KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.