sekottkAvatar border
TS
sekottk
Cara Trading Bitcoin Untuk Pemula Biar Ga Salah Langkah


Banyak rekan ane yang bertanya, bagaimana sih cara trading bitcoin? Gimana sih langkah awal trading bitcoin, apa saja yang dibutuhkan untuk terjun kedalam trading bitcoin? Oleh karena itu ane bikin aja thread ini agar ane ga perlu lagi jawab satu-satu, tinggal tunjukin link thread ini aja nantinya.

Disini ane tekankan bahwa ane bukannya sok pinter, sok mau ngajarin, melainkan hanya mencoba sharing mengenai apa yang ane tau dan apa yang ane yakini. Jadi pastinya akan ada pandangan yang berbeda, terutama bagi para trader, karena setiap trader memiliki keyakinan dan perspektif yang berbeda-beda. Disini ane tidak menekankan pada detail teknisnya, melainkan bahasan mengenai tahap awal yang harus dicermati sebelum memutuskan untuk melakukan aktivitas trading bitcoin. Karena itu sengaja ane taruh thread ini pada forum Lounge karena bahasannya yang lebih menitikberatkan pada problematika umum yang harus diperhatikan sebelum memulai trading, jadi bukan detail teknis pada trading itu sendiri.

Langsung saja ke pembahasan. Jika diibaratkan aktivitas trading bitcoin adalah sebuah perang, maka pastinya ente semua sudah memahami bahwa tidak semua orang cocok dan mampu menjadi prajurit perang. Dan para prajurit yang sudah terlatih sekalipun jelas akan gagal memenangkan sebuah perang jika saja dia tidak mengenali kondisi medan perang dan juga gegabah dalam mengambil keputusan. Maka dari itu, ada beberapa hal yang harus ente perhatikan sebelum memutuskan untuk terjun ke dalam trading bitcoin.


Quote:


Quote:



Quote:



Quote:



Quote:



Memulai Trading


Pilih Market

Kemudian untuk bisa memulai trading, maka hal pertama yang harus dilakukan tentunya adalah memilih market. Market adalah wadah atau tempat yang memfasilitasi antar penjual dengan pembeli. Pada saat anda membeli koin, maka anda membelinya dari member yang terdaftar pada market tersebut, jadi bukan anda membeli koin kepunyaan market itu. Bukan marketnya yang jualan koin, tetapi market hanya sebagai tempatnya para penjual dan pembeli ngumpul bersama

Contoh:
Anda beli kaos di fjb kaskus. Maka anda beli barang kepunyaan salah satu member kaskus kan, bukan barangnya andrew darwis miminnya kaskus emoticon-Leh Uga

Begitu juga saat anda menjualnya. Dengan anda mendaftar pada market tersebut, maka nantinya anda akan bisa membeli dan juga menjual koin yang anda inginkan. Ane pribadi trading di market DISINI

Kalo gamau main di market gimana gan? emoticon-Betty
Ya boleh2 aja. Banyak jalan menuju Liverpool. Anda bisa hubungi temen2, pasang iklan di koran, kalo anda lagi mau beli koin ignis misalnya. Ntar nunggu respon, tawar2an harga. Begitu juga pas jual, anda pasarkan sendiri koinnya, nunggu ada pembeli baru laku.

Sedangkan kalo anda trading di market, tentunya semua serba mudah. Tinggal isi kolom beli atau jual, masukkan harga, masukkan jumlah koin yang akan dibeli atau jual, selesai. Transaksi akan terproses otomatis ketika harga koin sudah menyentuh harga yang anda inginkan. Dan lagi tidak ada kata libur atau istirahat dalam market, dimana transaksi berjalan 24 jam setiap harinya.

Verifikasi Identitas

Kemudian setelah mendaftar, tentu perlu adanya verifikasi identitas berupa foto diri dan juga scan kartu identitas. Hampir sama dengan ketika ente daftar jadi Kaskus Kreator. Rasanya hampir semua market akan meminta verifikasi identitas untuk bisa menjadi member terpercaya pada market tersebut.

Deposit Dana

Setelah akun terverifikasi, maka tentunya untuk bisa berbelanja ente harus mempunyai modal di dalam akun ente. Caranya tentu seperti biasa mengisi form deposit, kemudian melakukan transfer dana ke rekening yang telah ditentukan market tersebut.

Trading



Setelah proses deposit disetujui maka nantinya akun ente telah terisi modal sesuai dengan nominal yang sudah ente transfer. Ente bisa mulai untuk membeli koin-koin yang ente inginkan. Manajemen modal sangat diperlukan disini. Jangan langsung habiskan modal ente untuk belanja koin. Sisihkan sebagian dari modal untuk berjaga-jaga.



Bagi ane pribadi, Uptrend adalah Berkah, dan Downtrend adalah Anugrah

Saat harga pada naik/uptrend, maka ane dapat berkah bisa jual koin dengan harga tinggi

Dan saat downtrend, ane dapat anugrah bisa beli koin kesukaan ane dengan harga murah meriah
(Kalo pas ada modal sih emoticon-Big Grin)

Tapi poinnya adalah, ane melihat masa downtrend bukan sebagai musibah, melainkan sebuah kesempatan tersendiri untuk bisa mendapatkan koin dengan harga murah-murah, jika merujuk pada keyakinan awal mengenai masa depan dunia Cryptocurrency yang disebut pada pembahasan awal tadi

Strategi Trading



Setelah membeli koin, tentunya ente akan menjualnya lagi saat harga koin yang ente punya sudah mengalami kenaikan harga.

Apa yang menyebabkan harga koin naik? Cuma ada satu hal yang berpengaruh terhadap harga koin, baik itu turun ataupun naik, yaitu jumlah permintaan dan penawaran. Kalo lebih banyak yang jual dibandingkan yang beli, maka harga turun, begitu juga sebaliknya. Sesimpel itu sebenarnya. Akan tetapi, yg mempengaruhi tingkat permintaan dan penawaran tentu ada banyak sekali. Dari mulai isu, perkembangan developer koin tersebut, berita yang beredar mengenai koin itu, dsb.

Ente bisa memutuskan kapan untuk menjual koin, sesuai dengan strategi ente. Untuk strategi trading mungkin akan dijelaskan pada thread selanjutnya, ntar kepanjangan kalo dibahas kesini.



Withdrawal

Lalu setelah ente mendapatkan keuntungan dari hasil penjualan koin, tentunya ente akan menariknya ke dalam rekening bank pribadi ente. Disini manajemen modal juga berperan penting. Karena ente harus bijak dalam menentukan berapa yang akan ente tarik, dan juga menentukan besarnya modal yang akan ente putar kembali untuk berbelanja koin.


Rasanya tidak perlu ane jelaskan secara rinci mengenai detail teknisnya, cukup poin-poin seperti diatas karena di tiap market sudah ada tutorial lengkapnya. Kalo ane pribadi main DISINI
karena merasa belum perlu untuk main di market luar

Dunia trading bukan hal yang mudah, terutama bagi ente yang tidak mau belajar dan juga hanya menginginkan keuntungan yang instan. Lebih baik tidak usah coba-coba jika ente merasa kurang cocok untuk terjun ke dalam dunia trading cryptocurrency ini.




Quote:





Tetap Semangat, Tetap Bernafas, dan YNWA
Diubah oleh sekottk 18-04-2018 16:36
nona212
nona212 memberi reputasi
3
37.6K
208
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.