ridloaziz
TS
ridloaziz
Apa Pendapat Kalian Mengenai Usia 20 Tahun?
Usia memang tidak menentukan kedewasaan, tapi mengingat usia bisa memengaruhi jalan pikiran dalam menentukan langkah.




“Ciee akhirnya jadi tua beneran.”Kata seorang teman kepada sahabatnya yang tengah berulang tahun untuk ke-20 kalinya. Sepertinya memang untuk ulang tahun yang ke 20 akan terasa berbeda bagi sebagian remaja, karena saat itu mereka mulai sadar kalau mereka sudah bukan anak-anak lagi, mereka sudah meninggalkan usia belasan yang berarti sudah tidak belia lagi.

Berbeda dengan ulangtahun yang ke-17, kebanyakan dari remaja akan berbangga karena akan segera mendapatkan KTP dan bagi laki-laki sudah tidak perlu “nembak” lagi untuk membuat Surat Ijin Mengemudi. Akan tetapi ketika perlahan mendekati usia 20, mereka pun mulai berpikir “akan jadi apa saya nanti?”. Baik secara sadar maupun tidak sadar pasti setiap orang pun memikirkan hal yang sama, mengenai usia yang semakin beranjak dewasa dan hal yang harus dilakukannya setelah menginjak usia dewasa.

Memang ukuran kedewasaan seseorang tidak ditentukan oleh usia, tapi sepertinya setiap orang juga sadar seperti apa orang dewasa itu. Bagaimana cara berbicara, bersikap maupun bertindak, setiap orang sudah mempunyai satu gambaran mengenai hal tersebut. Hanya saja tidak semua orang bisa melakukannya dan untung tidak semua orang bisa, karena jika semua orang sama bisa akan terasa monoton dan membosankan dunia ini.

Menurut ilmu psikologi sendiri, usia 20 tahun sudah memasuki masa remaja akhir. Katanya pada masa ini remaja sudah mulai mantap dan stabil, ia sudah bisa memikirkan apa yang akan dilakukannya dan langkah apa yang akan diambil selanjutnya. Meskipun dikatakan demikian, sebenarnya masih banyak yang menjadi pertimbangan dan mungkin saja menjadi pikiran bagi orang-orang yang memasuki usia remaja akhir.

Saat kita mencoba untuk mencari tahu ada apa sih di usia 20 tahun lewat Google, kebanyakan yang akan muncul di sana yaitu mengenai tips dan trik juga saran-saran mengenai apa yang harus dilakukan saat menjadi si 20 tahun. Dengan banyaknya artikel seperti itu bisa kita simpulkan bahwa memasuki usia 20 merupakan momen yang cukup krusial.
Mengapa demikian? Karena saat inilah kita harus merubah mindset kita secara total, mengubah pandangan dari seorang remaja yang manja menjadi seseorang yang lebih dewasa dan sudah memiliki rencana untuk masa depan.

Mungkin pandangan itu juga yang membuat kebanyakan remaja akan merasa galau karena memang pada dasarnya usia remaja adalah usia dimana kita mencari jati diri.

Nah berikut ini segelintir pendapat orang-orang dan beberapa sahabat saya mengenai usia 20 tahun.

Quote:


Quote:


Quote:


Jika ditanya mengenai ada apa sih di usia 20 tahun, kebanyakan akan menjawab ke arah kedewasaan, pengambilan keputusan dan sikap tanggung jawab. Hampir semua memiliki pandangan yang sama. Tapi kalau ditanya mengenai rencana atau misi yang ingin dicapai oleh masing-masing, jawabannya bisa jadi bermacam-macam.

Quote:


Quote:


Quote:


Dapat mencapai usia 20 tahun itu merupakan hal yang patut untuk disyukuri, kita masih bisa bernafas di masa-masa produktif kita. Hidup ini hanya sekali oleh karena itu memanfaatkan waktu terutama di masa muda sangatlah penting apalagi di era yang serba cepat saat ini dengan berbagai teknologi yang dapat langsung memengaruhi berbagai bidang. Apabila pemuda dan pemudi Indonesia tidak dapat bergerak cepat maka bisa dipastikan akan tertinggal jauh bangsa ini.

Memang dalam melaksanakan rencana yang sudah disusun tidak akan mudah seperti menulis di secarik kertas, akan tetapi jika kita sudah memiliki niat dan tekad yang kuat maka semua rintangan pun pasti bisa dihadapi. Hal yang perlu kita jadikan pemicu cukup rasa sayang pada diri sendiri karena masa depan kita berada pada tangan kita sendiri.

Apa mungkin ada dari agan dan sista sekalian yang yang mau ikut sharing gimana sih pendapatnya mengenai hal ini, atau mau share pengalamannya? Kolom komentar terbuka untuk semua orang. emoticon-Cipokemoticon-2 Jempolemoticon-Shakehand2
0
14K
161
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.2KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.