Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
161
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ad170e554c07acc748b4574/apa-pendapat-kalian-mengenai-usia-20-tahun
Usia memang tidak menentukan kedewasaan, tapi mengingat usia bisa memengaruhi jalan pikiran dalam menentukan langkah.
Lapor Hansip
14-04-2018 10:09

Apa Pendapat Kalian Mengenai Usia 20 Tahun?

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Usia memang tidak menentukan kedewasaan, tapi mengingat usia bisa memengaruhi jalan pikiran dalam menentukan langkah.


Apa Pendapat Kalian Mengenai Usia 20 Tahun?

“Ciee akhirnya jadi tua beneran.” Kata seorang teman kepada sahabatnya yang tengah berulang tahun untuk ke-20 kalinya. Sepertinya memang untuk ulang tahun yang ke 20 akan terasa berbeda bagi sebagian remaja, karena saat itu mereka mulai sadar kalau mereka sudah bukan anak-anak lagi, mereka sudah meninggalkan usia belasan yang berarti sudah tidak belia lagi.

Berbeda dengan ulangtahun yang ke-17, kebanyakan dari remaja akan berbangga karena akan segera mendapatkan KTP dan bagi laki-laki sudah tidak perlu “nembak” lagi untuk membuat Surat Ijin Mengemudi. Akan tetapi ketika perlahan mendekati usia 20, mereka pun mulai berpikir “akan jadi apa saya nanti?”. Baik secara sadar maupun tidak sadar pasti setiap orang pun memikirkan hal yang sama, mengenai usia yang semakin beranjak dewasa dan hal yang harus dilakukannya setelah menginjak usia dewasa.

Memang ukuran kedewasaan seseorang tidak ditentukan oleh usia, tapi sepertinya setiap orang juga sadar seperti apa orang dewasa itu. Bagaimana cara berbicara, bersikap maupun bertindak, setiap orang sudah mempunyai satu gambaran mengenai hal tersebut. Hanya saja tidak semua orang bisa melakukannya dan untung tidak semua orang bisa, karena jika semua orang sama bisa akan terasa monoton dan membosankan dunia ini.

Menurut ilmu psikologi sendiri, usia 20 tahun sudah memasuki masa remaja akhir. Katanya pada masa ini remaja sudah mulai mantap dan stabil, ia sudah bisa memikirkan apa yang akan dilakukannya dan langkah apa yang akan diambil selanjutnya. Meskipun dikatakan demikian, sebenarnya masih banyak yang menjadi pertimbangan dan mungkin saja menjadi pikiran bagi orang-orang yang memasuki usia remaja akhir.

Saat kita mencoba untuk mencari tahu ada apa sih di usia 20 tahun lewat Google, kebanyakan yang akan muncul di sana yaitu mengenai tips dan trik juga saran-saran mengenai apa yang harus dilakukan saat menjadi si 20 tahun. Dengan banyaknya artikel seperti itu bisa kita simpulkan bahwa memasuki usia 20 merupakan momen yang cukup krusial.
Mengapa demikian? Karena saat inilah kita harus merubah mindset kita secara total, mengubah pandangan dari seorang remaja yang manja menjadi seseorang yang lebih dewasa dan sudah memiliki rencana untuk masa depan.

Mungkin pandangan itu juga yang membuat kebanyakan remaja akan merasa galau karena memang pada dasarnya usia remaja adalah usia dimana kita mencari jati diri.

Nah berikut ini segelintir pendapat orang-orang dan beberapa sahabat saya mengenai usia 20 tahun.

Quote:“Menurut saya, usia 20 adalah usia dimana siklus hidup manusia mencapai usia produktif. tentu sangat disayangkan bila di usia 20 ini tidak dimanfaatkan dengan sebaik mungkin untuk lebih hidup produktif.” Kevin (20 tahun).


Quote:“Usia 20 itu titik pertama lo dapet gelar kepala 2. Dianggap dewasa padahal masih pengen kaya balita.” Asri (19 tahun).


Quote:“Pandangannya mau 20 tahun teh udah berasa kaya yang lebih punya tanggung jawab buat keluarga, terus umur 20an teh lebih mikir buat kedepannya kaya gimana setiap hal yg dilakuin, ya alasannya karena apa yg dilakuin sekarang itu bisa berdampak ke keluarga juga akhirnya.” Wirna (19 Tahun).


Jika ditanya mengenai ada apa sih di usia 20 tahun, kebanyakan akan menjawab ke arah kedewasaan, pengambilan keputusan dan sikap tanggung jawab. Hampir semua memiliki pandangan yang sama. Tapi kalau ditanya mengenai rencana atau misi yang ingin dicapai oleh masing-masing, jawabannya bisa jadi bermacam-macam.

Quote:“Lulus kuliah S1, kalau ada rezeki mau ngelanjutin kuliah S2 ke korea, cari jodoh orang korea, nikah sama orang korea.” Lupfhi (20 tahun).


Quote:“Nikah, tapi lulus kuliah sama kerja dulu sih.” Ayu (20 tahun).


Quote:“Saya ingin mengembangkan enterpreneurship saya. Banyak orang bergantung pada gelar, tapi saya tidak ingin seperti itu karna pekerjaan yang paling baik adalah menjadi bos dan pekerja untuk diri sendiri.” Windy (19 tahun).


Dapat mencapai usia 20 tahun itu merupakan hal yang patut untuk disyukuri, kita masih bisa bernafas di masa-masa produktif kita. Hidup ini hanya sekali oleh karena itu memanfaatkan waktu terutama di masa muda sangatlah penting apalagi di era yang serba cepat saat ini dengan berbagai teknologi yang dapat langsung memengaruhi berbagai bidang. Apabila pemuda dan pemudi Indonesia tidak dapat bergerak cepat maka bisa dipastikan akan tertinggal jauh bangsa ini.

Memang dalam melaksanakan rencana yang sudah disusun tidak akan mudah seperti menulis di secarik kertas, akan tetapi jika kita sudah memiliki niat dan tekad yang kuat maka semua rintangan pun pasti bisa dihadapi. Hal yang perlu kita jadikan pemicu cukup rasa sayang pada diri sendiri karena masa depan kita berada pada tangan kita sendiri.

Apa mungkin ada dari agan dan sista sekalian yang yang mau ikut sharing gimana sih pendapatnya mengenai hal ini, atau mau share pengalamannya? Kolom komentar terbuka untuk semua orang. emoticon-Cipokemoticon-2 Jempolemoticon-Shakehand2
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 4 dari 8
Apa Pendapat Kalian Mengenai Usia 20 Tahun?
18-04-2018 16:28
umur 20 udah harus mikir dapet uang dari mane bree
0 0
0
Apa Pendapat Kalian Mengenai Usia 20 Tahun?
18-04-2018 16:29
Quote:Original Posted By RohmadEphie
Beruntung bre ente punya jabatan...kalau ane mah punyanya cuma jabat tangan....
emoticon-Leh Uga


Maksudnya ane kerja keras buat ngebahagiain orangtua tapi setelah mereka berdua ga ada, ane baru sadar dari cerita orang lain kalo kebahagiaan mereka tuh sebenernya ketika ketemu ane, bukan ketika ane kasih sesuatu ke mereka.
Harta ga dibawa mati, tapi ridho orangtua yg ngebuka pintu ke surga.
profile-picture
ach.titan memberi reputasi
1 0
1
Apa Pendapat Kalian Mengenai Usia 20 Tahun?
18-04-2018 16:30
20an perbanyaklah colay
0 0
0
Apa Pendapat Kalian Mengenai Usia 20 Tahun?
18-04-2018 16:35
nyari passion buat hobi dan kerjaan ehee emoticon-Leh Uga
0 0
0
Apa Pendapat Kalian Mengenai Usia 20 Tahun?
18-04-2018 16:39
ane umur 20 an masi kinyis kinyis dan kurus. keren tapi kere.. 😥 , skarang udah gendut usia 30+ , udah pegang duit banyak . uda punya bini...
0 0
0
Apa Pendapat Kalian Mengenai Usia 20 Tahun?
18-04-2018 16:42
20 tahun itu?????
-Dimana lo harus punya prinsip hidup!
-Dimana lo harus mengeksplor seluruh hal, konteks positif!
-Dimana lo harus menentukan kearah mana passion!
-Dan lo harus buat planning sejelas mungkin! Dari terkecil sampai terbesar! Kasih diri lo reward bila menyelesaikan suatu plan.
-Lo harus punya action!
-Yang paling penting lo harus deketin Allah, karena dia yang punya segalanya. Lo prioritaskan Allah, Lo akan d prioritaskan!

Karena usia 20 tahun menentukan seperti apa kehidupan masa tua lo!
0 0
0
Apa Pendapat Kalian Mengenai Usia 20 Tahun?
18-04-2018 16:48
usia 20 an bagi saya adalah usia untuk memulai "kesalahan" sebagai bahan pembelajaran menuju kedewasaan.
0 0
0
Apa Pendapat Kalian Mengenai Usia 20 Tahun?
18-04-2018 16:48
Quote:Original Posted By non.artemisia
om udah tua ternyata emoticon-Leh Uga


Hahaha.. gak. Ane msh muda tante. Semuda dirimu emoticon-Embarrassment
0 0
0
Apa Pendapat Kalian Mengenai Usia 20 Tahun?
18-04-2018 16:49
Quote:Original Posted By onavo
Sampai kelewatan td


Balik lg pak jgn lupa emoticon-Embarrassment
0 0
0
Apa Pendapat Kalian Mengenai Usia 20 Tahun?
18-04-2018 16:51
Dulu waktu masih umur belasan taun, ngeliat usia kepala 2 itu rasanya cukup nakutin.

Karena kesannya uda gede banget, uda mulai banyak tanggungjawab harus ini, harus itu.

Eeh begitu beneran uda menapaki usia 20 th, ya sebenernya biasa aja. Cuma waktu itu sempet galau abis lulus kuliah mau ngapain ya, secara masih belom nemu pegangan diri.

Tapi kalo semua dipandang sebagai sebuah proses perjalanan, sih enak dan nikmat bener fase-fase awal 20 taunan.
0 0
0
Apa Pendapat Kalian Mengenai Usia 20 Tahun?
18-04-2018 16:52
emoticon-Hammer2 lupa usia sendiri
0 0
0
Apa Pendapat Kalian Mengenai Usia 20 Tahun?
18-04-2018 16:58
Alay labil emoticon-Ngakak
0 0
0
Apa Pendapat Kalian Mengenai Usia 20 Tahun?
18-04-2018 16:58
di usia ane yg ke 20 ini, ane sebernya gak masu jadi tua gan...
tahun ini aja ane sudah mau 21 tahun.
time files so fast bgt
profile-picture
ach.titan memberi reputasi
1 0
1
Apa Pendapat Kalian Mengenai Usia 20 Tahun?
18-04-2018 16:58
usia 20 itu mulai belajar yang sebenarnya
0 0
0
Apa Pendapat Kalian Mengenai Usia 20 Tahun?
18-04-2018 17:00
Quote:Original Posted By RohmadEphie
Dan meninggalkan setiap penggal sabun yang menyenangkan....emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak


sabun mah jalan terus emoticon-Embarrassment









kalo mandi emang mau pake apa emoticon-Ngakak (S)
0 0
0
Apa Pendapat Kalian Mengenai Usia 20 Tahun?
18-04-2018 17:04
Quote:Original Posted By vampsvamps
pas umur 20, ketika itu pula aku merasa TUA emoticon-Cape d...


nanti pas umur 40 ente bakal ngerasa lebih tua...emoticon-Wakaka
0 0
0
Apa Pendapat Kalian Mengenai Usia 20 Tahun?
18-04-2018 17:05
umur umur banyak gaya duit gada emoticon-Wkwkwk




By.pengalaman
Diubah oleh primawidhie
profile-picture
ach.titan memberi reputasi
1 0
1
Apa Pendapat Kalian Mengenai Usia 20 Tahun?
18-04-2018 17:07
umur 20, bangun startup digital mungkin emoticon-Belo
0 0
0
Apa Pendapat Kalian Mengenai Usia 20 Tahun?
18-04-2018 17:11
wkwkwkwkwkwkkw kaga tau ane udah lupa apa aja. Udah deh kaga usah belibet mau mikir nikah ato apa. Mending perbaiki dulu kehidupan biar pas umur 21 gak makin berantakan. Yang masih kuliah, lanjutin aja kuliahnya. Kaga usah bacot dah kalo diri sendiri banyak mager. Jangan banget dah. Ntar jatohnya dalem lho. Yang lagi kerja, lanjutin kerjanya. Udah simpel emoticon-Toast
0 0
0
Apa Pendapat Kalian Mengenai Usia 20 Tahun?
18-04-2018 17:12

skrg udah tua baru menyesal ...kenapa wkt muda tdk baik2 menjalani hidup

kalau ada mesin back to time ..

ane mau kembali pada masa umur 20 thn ..

0 0
0
Halaman 4 dari 8
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia