intanmayasAvatar border
TS
intanmayas
Masyarakat Berpenghasilan Rendah Tersingkir dari Bekasi

Properti di Bekasi- Bekasi menjadi salah satu daerah di Jawa Barat yang tidak berkontribusi sama sekali terhadap pemenuhan kebutuhan rumah atau hunian bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

"Data Kementrian PUPR kontribusi Kota Bekasi terhadap MBR itu nol persen," ujar Perwakilan Perkumpulan Wirausaha Rumah Rakyat Nusantara (Perwiranusa) Jawa Barat, Asep Hanafiah, dalam Bincang Santai Rukun Jurnalis Bekasi di Hutan Kota (Alun-alun Kota Bekasi) dengan tema Rumah Susun untuk Rakyat, Jumat (16/3/2018) kemarin malam.

Namun, Kota Bekasi tidak sendiri. Daerah lain seperti Bogor dan Bandung juga belum berkontribusi terhadap pemenuhan kebutuhan rumah bagi MBR.

Problem utama tidak adanya perumahan MBR karena harga tanah yang terus melambung tinggi. Sehingga, para pengembang properti enggan membangun perumahan untuk MBR.

"Tanahnya saja sudah mahal, sehingga para pengusaha sungkan membangun MBR. Mereka lebih memilih membangun perumahan mewah sekaligus," kata dia.

Padahal menurut Asep, perumahan MBR sangat diminati di pasaran. Tidak susah kata dia, untuk menjual rumah MBR.

"Jual rumah MBR itu sudah kaya jual kacang goreng. Cepet sekali terjualnya," tandasnya.

Mengingat mahalnya harga tanah, Perwiranusa menawarkan pembangunan rumah susun sebagai solusi bagi pemenuhan kebutuhan akan MBR. 
Membangun rumah susun tidak terlalu memakan biaya besar dan cukup menjadi solusi alternatif bagi pemenuhan hunian bagi masyarakat.

"Oleh karena itu, Perwiranusa Jawa Barat sudah bekerjasama dengan Pemprov Jawa Barat untuk memulai proyek pembangunan rumah susun untuk masyarakat. Pilot projeknya nanti di Bandung. Bisa saja ke depan ada di Kota Bekasi," pungkasnya.

Sekadar informasi Bincang Santai Rukun Jurnalis Bekasi juga menghadirkan narasumber lain, seperti Kepala Dinas Perkimtan Kota Bekasi, Dadang Ginanjar, Ketua Panitia Khusus 24 DPRD Kota Bekasi, Komarudin dan Anggota Komisi II DPRD Kota Bekasi, Daryanto.

Sumber Properti di Bekasi 

0
1.1K
18
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.8KThread40.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.