News
Batal
KATEGORI
link has been copied
124
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ad4b2bcd675d43a0a8b4567/jokowi-coret-14-proyek-strategis-nasional-senilai-rp-264-t
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat ini memiliki 222 daftar proyek strategis nasional (PSN) plus 3 program tambahan yang nilainya lebih dari Rp 4.100 triliun. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, total daftar PSN berasal dari hasil evaluasi pemerintah pada kuartal I-2018. Dari hasil evaluasi, Darmin bilang pemerintah memutuskan untuk mencoret 14 proyek dari
Lapor Hansip
16-04-2018 21:27

Jokowi Coret 14 Proyek Strategis Nasional Senilai Rp 264 T

Quote:
Jokowi Coret 14 Proyek Strategis Nasional Senilai Rp 264 T

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat ini memiliki 222 daftar proyek strategis nasional (PSN) plus 3 program tambahan yang nilainya lebih dari Rp 4.100 triliun.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, total daftar PSN berasal dari hasil evaluasi pemerintah pada kuartal I-2018.

Dari hasil evaluasi, Darmin bilang pemerintah memutuskan untuk mencoret 14 proyek dari daftar PSN yang nilainya Rp 246 triliun, dan terdapat tambahan 1 usulan PSN dan 1 program tambahan.

"Sehingga dari hitung-hitungan itu, di Kuartal I-2018 di-drop 14 proyek, nilainya Rp 264 triliun," kata Darmin.

Berdasarkan Perpres Nomor 58 Tahun 2017 tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional (PSN), tercatat sebanyak 245 proyek ditambah 2 program tambahan. Penetapan 222 plus 3 program tambahan sekarang ini dikarenakan 14 proyek dicoret, lalu ada 10 proyek yang sudah rampung, dan 1 proyek tambahan dan 1 program tambahan.

Darmin mengatakan, 14 proyek yang dikeluarkan dari daftar PSN ini antara lain proyek kereta api Jambi-Palembang, pembangunan rel kereta api Provinsi Kalimantan Timur, proyek sistem penyediaan air minum air minum regional di Sumatera Utara, kemudian Bendungan Pelosika di Sulawesi Tenggara, lalu Kawasan Ekonomi Khusus Merauke.

Sedangkan dari hasil evaluasi kuartal I-2018, yang akan selesai pada kuartal III-2019 sebanyak 48 proyek. Proyek yang sudah dibangun namun belum beroperasi secara penuh sebanyak 94 proyek dan 1 program kelistrikan.

Kemudian, ada 86 proyek PSN dan 1 program tambahan yaitu industri pesawat terbang mulai konstruksi dan beroperasi di 2019.

Alasan pemerintah mengeluarkan 14 proyek dari daftar PSN karena seluruh proyek tersebut memang belum bisa direalisasikan.

"Perkembangannya berarti hampir tidak ada, itu bisa ada konstruksi nggak paling lambat Kuartal 3 2019. kalau menterinya bilang susah deh, sederhana sekali dan menurut kami cukup masuk akal karena ya pemerintahan silakan nanti pemerintahan berikutnya yang mengevaluasi lagi, yang sekarang ya sampai dengan ujung dari pemerintahan ini ya," tutup dia.


Sumber

Bacot dulu, mikir belakangan emoticon-Ngakak (S)
Makanya jangan anti kritik lah, SBY dan Rizal Ramli sudah memperingatkan jangan terlalu nafsu bangun infrastruktur. SBY dihina, Rizal Ramli dipecat emoticon-Gila
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 4 dari 7
Jokowi Coret 14 Proyek Strategis Nasional Senilai Rp 264 T
17-04-2018 06:13
Quote:Original Posted By sonsevenine

adakah dari yg ane bold diatas dipemerintah sebelumnya dari awal menjabat sampai lengser ada yg turun?



Bbm turun ssmpe tiga kali
0 0
0
Jokowi Coret 14 Proyek Strategis Nasional Senilai Rp 264 T
17-04-2018 07:49
Quote:Original Posted By cepute
bukannya utang gak papa ya
sri aja bilang utang masih batas aman kok kritik beye?
merasa lebih pinter dari sri?


Sri bilang gitu supaya rakyat ga panik, kalo panik bisa krisis lagi kita
0 0
0
Jokowi Coret 14 Proyek Strategis Nasional Senilai Rp 264 T
17-04-2018 07:51
Quote:Original Posted By dybala.mask
salah data lagi emoticon-Big Grin serah lu dah bre, dah malem
penambahan utang dari era megawati ke era sby = 2500T


Jokowi Coret 14 Proyek Strategis Nasional Senilai Rp 264 T

https://finance.detik.com/infografis...-hingga-jokowi

Oktober 2014, utang luar negeri Indonesia tembus Rp 3.727 T
Kamis, 18 Desember 2014 08:08

Merdeka.com - Bank Indonesia (BI) melansir data terbaru posisi utang luar negeri Indonesia. Per Oktober 2014, utang luar negeri Indonesia tembus USD 294,5 miliar atau setara dengan Rp 3.727 triliun (kurs hari ini). Angka utang luar negeri Indonesia naik jika dibandingkan bulan sebelumnya yang hanya USD 292,3 miliar.

https://www.merdeka.com/uang/oktober...rp-3727-t.html

JOKOWI KUDU LUNASIN CICILAN POKOK UTANG PLUS BUNGA UTANG WARISAN 2700T KEBO

MAU TAU JLH BUNGA NYA DOANG/TAHUN?


Jokowi Coret 14 Proyek Strategis Nasional Senilai Rp 264 T


yg komen suruh ngeliat rasio GDP gak ada yg die bales. Gak punya argumen buat bales die. emoticon-Leh Uga

cuman bisa bales liat utang liat utang. noh liat utang junjungan lu, utang kemana-mana masih ada aja proyek yg dicoret. emoticon-Leh Uga
0 0
0
Jokowi Coret 14 Proyek Strategis Nasional Senilai Rp 264 T
17-04-2018 07:53
Nasbung ko pada goblog
Bangun infrastruktur di daerah ko pada dii nyinyirin
Emg pembangunan harus fokus di jawa saja?
Endonesiah cuman jawa ?
0 0
0
Jokowi Coret 14 Proyek Strategis Nasional Senilai Rp 264 T
17-04-2018 07:53
Edited
Diubah oleh reistermeister
0 1
-1
Jokowi Coret 14 Proyek Strategis Nasional Senilai Rp 264 T
17-04-2018 08:02
Senengnya dipajakin emoticon-Leh Uga
0 0
0
Jokowi Coret 14 Proyek Strategis Nasional Senilai Rp 264 T
17-04-2018 08:17
Quote:Original Posted By wonkcerbon
dasar buta otak loe, kebanyakan kobokan loe ya,???
ini proyek2 yg selesai atau sebentar lg selesai di jaman SBY ini aja dari ingetan saya belum kalo google,pasti lebih banyak lg

Bandara2 besar,Balikpapan, Makassar, denpasar, palembang, samarinda, kepri, lombok

proyek double track Jakarta Surabaya

jalan tol Palikanci, Cikapali

PLTU CIrebon 1000MW dan di kota2 lain jg.

waduk jatigede

dan itu semua jg masih bisa kasih subsidi di saat harga minyak sekitar 150 US$ per barel di banding sekarang yg cuma 60US$, jd lebih stabil di sektor mikro ekonominya, kalo loe orang dagang tau lah bedanya, lebih enak jalanin bisnis di jaman BEYE


Klo gitu beye harus jdi presiden lagi nih.
Eh tapi apa bisa ya?
Klo wowo nganggap dirinya jelmaan beye bakal auto win nih,, sayang wowok skrg dianghap jelmaan putin
0 0
0
Jokowi Coret 14 Proyek Strategis Nasional Senilai Rp 264 T
17-04-2018 08:19
ora urus.

#2019TanpaPresiden

emoticon-siul
Diubah oleh random.dude
0 0
0
Jokowi Coret 14 Proyek Strategis Nasional Senilai Rp 264 T
17-04-2018 08:25
banyak proyek kurang kontrol..apalagi dg cina ...ngeri..bisa ma gkrak dan bangkrut..utang yg besar
Diubah oleh wiseman14
0 0
0
Jokowi Coret 14 Proyek Strategis Nasional Senilai Rp 264 T
17-04-2018 08:28
Mantap terus lanjutkan pembangunan untuk indonesia yang lebih baik #2019tetap jokowi
emoticon-2 Jempol
0 0
0
Jokowi Coret 14 Proyek Strategis Nasional Senilai Rp 264 T
17-04-2018 08:51
Tenang, uangnya ada... emoticon-Traveller
Quote:Jokowi Coret 14 Proyek Strategis Nasional Senilai Rp 264 T
Jokowi Coret 14 Proyek Strategis Nasional Senilai Rp 264 T
Diubah oleh filusufkacang
0 0
0
Jokowi Coret 14 Proyek Strategis Nasional Senilai Rp 264 T
17-04-2018 08:56
Quote:Original Posted By tokoalshop


Klo gitu beye harus jdi presiden lagi nih.
Eh tapi apa bisa ya?
Klo wowo nganggap dirinya jelmaan beye bakal auto win nih,, sayang wowok skrg dianghap jelmaan putin


jujur aja tahun 2013/14 saya aja kemakan doktri metro tipu dan kompos tv alias tv2 sampah kalo jaman SBY auto pilot, jd selama beliau memerintah ga bakal ada perubahan yg signifikan...

jd walo ga nyoblos, ada keyakinan jaman jokowow bakal ada perubahan sesuai dgn berita2 dari media sampah tsb di atas, tp nyatanya malah tambah blangsak

0 0
0
Jokowi Coret 14 Proyek Strategis Nasional Senilai Rp 264 T
17-04-2018 08:58
Dari dua ratusan yang dicoret 14...

Dialihkan ke percepatan proyek yang lain...

Kirain dari dua ratusan dicoretin jadi tinggal 14 kan repot....

Wkwkwkwkwkwk
0 0
0
Jokowi Coret 14 Proyek Strategis Nasional Senilai Rp 264 T
17-04-2018 09:01
Quote:Original Posted By wonkcerbon


dasar buta otak loe, kebanyakan kobokan loe ya,???
ini proyek2 yg selesai atau sebentar lg selesai di jaman SBY ini aja dari ingetan saya belum kalo google,pasti lebih banyak lg

Bandara2 besar,Balikpapan, Makassar, denpasar, palembang, samarinda, kepri, lombok

proyek double track Jakarta Surabaya

jalan tol Palikanci, Cikapali

PLTU CIrebon 1000MW dan di kota2 lain jg.

waduk jatigede

dan itu semua jg masih bisa kasih subsidi di saat harga minyak sekitar 150 US$ per barel di banding sekarang yg cuma 60US$, jd lebih stabil di sektor mikro ekonominya, kalo loe orang dagang tau lah bedanya, lebih enak jalanin bisnis di jaman BEYE




emg bener sih,periode 1 manteb bgt, periode 2 ahir rada turun, jaman jokowi blangsak ampe ahirnya ane bangkrut, ga nyalahin siapa2 tapi ya mmg kondisi nya seprti itu.
0 0
0
Jokowi Coret 14 Proyek Strategis Nasional Senilai Rp 264 T
17-04-2018 09:02
Quote:Original Posted By alfathalfatier


Emang kalo bikin beton jalan layang, tiang pancang pake semen kiloan ye

Konsumsi semen nasional itu gabungan antara konsumsi semen curah dan semen kemasan zak.. yg dijual perusahaan semen dalam negeri

==============================================

Nah lu tau kan anggaran infrastruktur itu 400-500 T per tahun?
Artinya ada duit 400-500T yang berputar
artinya ada duit infrastruktur berputar 3 kali lipat

-pembebasan lahan.. banyak okb yg gatel beli mobil, beli motor, . penjualan mobil dan motor di daerah meningkat drastis ngga?

-proyek infra butuh semen, besi proyek... konsumsi semen dan baja nasional meningkat drastis ngga?

-proyek butuh kuli bangunan.. mestinya sentra kuli bangunan di pulau jawa dapet duit banyak dong.. banyak orang beli baju , beli hp, beli barang konsumtif lainnya

duit infrastruktur itu mestinya meningkat 3x lipat lho...

mestinya penjualan semen dan baja nasional itu meningkat 3x juga.. atau 2x lah.. lu sekarang tanya mbah gugel, berapa konsumsi semen nasional 2014, 2015, 2016, 2017?


0 0
0
Jokowi Coret 14 Proyek Strategis Nasional Senilai Rp 264 T
17-04-2018 09:04
Menurut ane sih bukan tampa pertimbangan di coret pasti sudah di bawa di forum meeting dulu.
Mungkin prioritas nya ada yg lebih tepat guna dan lebih bermanfaat bersar.
0 0
0
Jokowi Coret 14 Proyek Strategis Nasional Senilai Rp 264 T
17-04-2018 09:08
Quote:Original Posted By wonkcerbon
jujur aja tahun 2013/14 saya aja kemakan doktri metro tipu dan kompos tv alias tv2 sampah kalo jaman SBY auto pilot, jd selama beliau memerintah ga bakal ada perubahan yg signifikan...

jd walo ga nyoblos, ada keyakinan jaman jokowow bakal ada perubahan sesuai dgn berita2 dari media sampah tsb di atas, tp nyatanya malah tambah blangsak


Lah ente golput ya?
0 0
0
Jokowi Coret 14 Proyek Strategis Nasional Senilai Rp 264 T
17-04-2018 09:14
proyeknya anu sekali...
0 0
0
Jokowi Coret 14 Proyek Strategis Nasional Senilai Rp 264 T
17-04-2018 09:17
Quote:Original Posted By dybala.mask
Namanya perencanaan, ya bisa direvisi. kebo perencanaan MPE3I akhir masa jabatan buat apa?apbn habis buat subsidi bbm. kpn bisa dijalankan?

Kebo pernah bikin 222 daftar proyek strategis nasional (PSN) plus 3 program tambahan yang nilainya lebih dari Rp 4.100 triliun gak?


Jokowi Kini Punya 222 Proyek Strategis Senilai Rp 4.100 T

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, total 222 PSN dan 3 program tambahan merupakan hasil evaluasi dari daftar proyek di 2016 dan 2017.

Namun, pada saat evaluasi 2017, terdapat 20 proyek yang sudah selesai, sehingga jumlahnya menjadi 245 ditambah 2 program yang tertuang dalam Perpres 58 Tahun 2017.

Pada evaluasi di awal 2018, Darmin menyebutkan pemerintah menetapkan daftar PSN menjadi 222 proyek plus 3 program. Rinciannya, dari 245 proyek yang sudah selesai sebanyak 10 proyek, lalu 14 proyek dikeluarkan dari daftar sehingga totalnya menjadi 221 proyek ditambah satu proyek baru.

Tambahan tersebut membuat jumlah PSN menjadi 222 proyek dan 3 program yaitu ketenagalistrikan dengan kapasitas 35.000 MW, pengembangan industri pesawat, dan pemerataan ekonomi.

Sebanyak 222 PSN dan 3 program tambahan ini ditetapkan paling lambat dimulai pembangunan fisik pada kuartal III-2019. Namun, proyek yang dikeluarkan dari daftar PSN masih bisa diusulkan kembali pada tahun depan.

"Kalau di drop itu tidak berarti seumur-umur dia didrop. Kalau nanti dia dipersiapkan lagi dimajukan, itu boleh saja ya. Kalau nanti di Kementerian nya atau daerahnya mempersiapkan kembali dan sudah lebih siap, Maka mereka bisa diajukan kembali," jelas dia.

Berikut rincian dari total 222 PSN dan 3 program tambahan, antara lain 69 merupakan proyek jalan, 51 proyek bendungan, sebanyak 29 proyek kawasan seperti KEK, dan industri pariwisata strategis, proyek kereta api sebanyak 16, proyek energi sebanyak 11, proyek pelabuhan sebanyak 10, proyek air bersih dan sanitasi sebanyak 8, proyek bandara 6 proyek, proyek irigasi sebanyak 6.

Selanjutnya 6 proyek smelter, 4 proyek teknologi, 3 proyek perumahan, 1 proyek pertanian kelautan, 1 proyek tanggul laut, 1 proyek pendidikan, 1 program pesawat terbang, 1 program pemerataan ekonomi, dan 1 program ketenagalistrikan.

"Estimasi nilai investasinya lebih dari Rp 4.100 triliun. Itu dia rasanya jadi saya udah sampaikan lengkap, sampai dengan proyeknya apa saja," tutup dia.

https://finance.detik.com/berita-eko...ilai-rp-4100-t


agan tau berapa lama phase sebuah project? kira-kira mulai perencanaan sampai serah terima itu paling tidak 2-3 tahun gan ,apa lagi project infrastrucure dan menyangkut birokrasi yang berbelit. wah bisa panjang. apalagi sebuah program yang merupakan kumpulan beberapa project.

semestinya harus ada tabel perbandingan antara MP3I dan PSN, sehingga agan tau berapa prosentase project2 MP3I yang carry over dan masuk ke PSN (diganti nama juga, di claim juga, tidak maturnuwun sama kebo). jangan lihat sebatas rangkuman didapan, nama boleh beda, tapi isinya pasti itu-itu saja.

agan juga semestinya harus lebih cermat untuk mengkritik/ mensupport sebuah kebijakan publik. bukan berarti berita bombastis hari ini tanpa rencana jauh jauh hari. tapi sebagai rakyat biasa kita hanya mampu melihat covernya saja lewat corong-corong media yang terasa kaget.

well nitip buat agan juga, nanti 2019 pilih programnya jangan orangnya, fanatic itu bagus, tapi tanpa data dan informasi, fanatic hanya akan menjerumuskan.
0 0
0
Jokowi Coret 14 Proyek Strategis Nasional Senilai Rp 264 T
17-04-2018 09:29
Quote:Original Posted By dybala.mask
Namanya perencanaan, ya bisa direvisi. kebo perencanaan MPE3I akhir masa jabatan buat apa?apbn habis buat subsidi bbm. kpn bisa dijalankan?

Kebo pernah bikin 222 daftar proyek strategis nasional (PSN) plus 3 program tambahan yang nilainya lebih dari Rp 4.100 triliun gak?


Jokowi Kini Punya 222 Proyek Strategis Senilai Rp 4.100 T

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, total 222 PSN dan 3 program tambahan merupakan hasil evaluasi dari daftar proyek di 2016 dan 2017.

Namun, pada saat evaluasi 2017, terdapat 20 proyek yang sudah selesai, sehingga jumlahnya menjadi 245 ditambah 2 program yang tertuang dalam Perpres 58 Tahun 2017.

Pada evaluasi di awal 2018, Darmin menyebutkan pemerintah menetapkan daftar PSN menjadi 222 proyek plus 3 program. Rinciannya, dari 245 proyek yang sudah selesai sebanyak 10 proyek, lalu 14 proyek dikeluarkan dari daftar sehingga totalnya menjadi 221 proyek ditambah satu proyek baru.

Tambahan tersebut membuat jumlah PSN menjadi 222 proyek dan 3 program yaitu ketenagalistrikan dengan kapasitas 35.000 MW, pengembangan industri pesawat, dan pemerataan ekonomi.

Sebanyak 222 PSN dan 3 program tambahan ini ditetapkan paling lambat dimulai pembangunan fisik pada kuartal III-2019. Namun, proyek yang dikeluarkan dari daftar PSN masih bisa diusulkan kembali pada tahun depan.

"Kalau di drop itu tidak berarti seumur-umur dia didrop. Kalau nanti dia dipersiapkan lagi dimajukan, itu boleh saja ya. Kalau nanti di Kementerian nya atau daerahnya mempersiapkan kembali dan sudah lebih siap, Maka mereka bisa diajukan kembali," jelas dia.

Berikut rincian dari total 222 PSN dan 3 program tambahan, antara lain 69 merupakan proyek jalan, 51 proyek bendungan, sebanyak 29 proyek kawasan seperti KEK, dan industri pariwisata strategis, proyek kereta api sebanyak 16, proyek energi sebanyak 11, proyek pelabuhan sebanyak 10, proyek air bersih dan sanitasi sebanyak 8, proyek bandara 6 proyek, proyek irigasi sebanyak 6.

Selanjutnya 6 proyek smelter, 4 proyek teknologi, 3 proyek perumahan, 1 proyek pertanian kelautan, 1 proyek tanggul laut, 1 proyek pendidikan, 1 program pesawat terbang, 1 program pemerataan ekonomi, dan 1 program ketenagalistrikan.

"Estimasi nilai investasinya lebih dari Rp 4.100 triliun. Itu dia rasanya jadi saya udah sampaikan lengkap, sampai dengan proyeknya apa saja," tutup dia.

https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-3974493/jokowi-kini-punya-222-proyek-strategis-senilai-rp-4100-t


quote ini aja
0 0
0
Halaman 4 dari 7
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia