nitadanie
TS
nitadanie
Mengupas Sisi Lain Kasus Amuk Masa Tahun 2017
WELCOMETO MY THREAD

Selamat siang Gan Sis.
Tahun 2017 kemarin ada beberapa kasus pengeroyokan yang terjadi di indonesia. menurut ane yang viral cuma nol koma sekian persen  dari keseluruhan kasus pengeroyokan yang terjadi, karena menurut faktanya rata-rata ada 6 orang dalam seminggu yang meninggal karena masa yang main hakim sendiri. 
Katanya bangsa indonesia ini ramah, santun dan murah senyum, tapi kok kekerasan malah sering terjadi dimana-mana. Ane tidak pernah habis fikir, apa yang di fikirkan dan di dapatkan para pengeroyok ketika sekonyong-konyong memukuli orang lain yang belum terbukti salah. ketika memang benar terbukti salah pun, Pengeroyokan bukanlah hal yang benar, karena di indonesia ini sudah ada hukum yang baku mengenai tindak kriminal. maudah-mudahan kaskuser disini bukan termasuk orang yang suka main hakim sendiri. amiin.

Berikut beberapa kasus Main Hakim Sendiri yang sempat terjadi di Indonesia
1. Pasangan kekasih yang ditelanjangi, diarak dan dianiaya



Pertengahan november 2014 mungkin Gan Sis sudah mendengar berita ini, ketika video pengarakanya viral di medsos. Atas nama moral penganiayaanpun terjadi R dan M di lucuti pakaianya dan di arak sejauh 400 meter oleh ketua RT dan warga sekitar. dan menurut yang di beritakan pasangan itu tidak melakukan mesum, mereka hanya sedang makan bahkan menggunakan busana yang lengkap. 
di duga ketua RT setempat yang menjadi profokatornya. Saat itu  pintu kamar kost M tidak tertutup rapat, kemudian pintu di buka dan pasangan itu langsung di tuduh melakukan mesum tanpa di beri kesempatan untuk menjelaskan. 

Meskipun pelaku sudah di tangkap, tapi tetap saja bagi ane hal itu akan menyisakan trauma mendalam buat korban. di tambah lagi media digital yang sudah menyebar luas sangat sulit untuk di hapus. 
Seorang tokoh masyarakat malah menggunakan kekuasaanya untuk meprofokatori orang-orang melakukan tindakan kekerasan. Bukankah seharusnya perangkat desa lebih mengetahui tentang hal-hal yang harus dilakukan ketika ada kejadian semacam itu, bukanya melah mengajak yang lain untuk main hakim sendiri. 
keknya jadi RT dan RW mesti di lantik juga deh atau di training hehe

Bukan hanya ini, dulu sekitar tahun 2013 saat ane ngekost di daerah tambak banten, ane melihatnya di depan mata ane sendiri, dulu belum jaman banyak orang yang pake hape adroid jadi nggak viral. ane tidak bisa berbuat apa-apa. karena saat itu ane juga pendatang. ane nggak berani ikut-ikutan. 


2. Dikeroyok dan dibakar masa gara-gara Amplifier

MA yang di tuduh mencuri amplifier masjid di keroyok dan di bakar hidup-hidup. Ane nggak begitu ngeh faktanya gimana. entah emang bener mencuri ataukah hanya salah sangka. tapi tetap saja membakar orang itu sangat bejad.  Ane nggak pernah bisa membayangkan rasanya gimana panas api menyulut kulit dan daging.  pantaskah manusia melakukan itu?  bukan maksud menggurui, pernahkah orang yang suka mengeroyok itu memikirkan bahwa si korban pun mempunyai keluarga yang akan menangis saat anggota keluarganya kenapa-kenapa? sama seperti si pengeroyok yang juga mempunyai keluarga. 

ane inget ketika ane membaca berita saat sidang si pelaku bilang “Majelis hakim yang saya muliakan, perkenankan saya membacakan pembelaan dan harapan saya terhadap majelis saya agar hukuman dapat diputuskan seringan mungkin. Saya punya anak dan istri. Saya sebagai tulang punggung keluarga dan membesarkan satu orang putra empat tahun yang butuh bimbingan saya,Tolong jangan hapuskan impian saya untuk dapat membesarkan dan jadi figur ayah bagi anak saya dan menjalankan kewajiban menghidupi keluarga saya,” 
 tahukah pelaku bahwa korban di bakar saat istrinya sedang menunggu di rumah dalam keadaan hamil? dan kabarnya bayi yang dilahirkanya telah meninggal saat ahir, dan perempuan itu sekarang menjadi janda? 
ada baik nya kita berfikir dan mengandai-andai jika kita berada di posisi orang lain, mungkin niat yang tidak baik pun akan sedikit teredam.

3. Vape Berujung Maut

Ada yang sudah lihat video pengeroyokanya? kok berani nya keroyokan? katanya cowok. takut ya kalo berantem sendiri? takut kalah?
Video penyiksaan itu beredear 2 hari setelah Abi sang korban meninggal dunia. kejadian itu terjadi di bulan agustus  2017. korban di tuduh mencuri vape seharga 1,6 juta rupiah. menurut berita abi terkam cctv, kemudian pemilik toko Vape memasang foto Abi di akun Instagram nya, dan mengiming-imingi hadiah 5jt buat yang menemukan abi. tidak lama setelah itu, berita bahwa abi ditemukan tidak berdaya di toko Rumah Tua Vape di jakarta selatan.  dan meninggal setelah di bawa ke rumah sakit.

4.Pengeroyokan Ricko Andrean oleh  Suporter Persib Karena di Tuduh Mendukung Lawan
5. Kisah Fiera Lovita, Korban Persekusi yang Dituduh Menghina Tokoh Ormas

Gan Sis, kenapa di indonesia  ini masih ada hukum rimba. bukanya sudah ada hukum dan undang-undang. Mungkin banyak orang yang merasa kurang puas jika pelaku kriminal hanya di hukum di dalam penjara, sehingga mereka memenuhi hasrat mereka dengan memukuli secara membabibuta kepada pelaku. atau mungkin pemikiran orang yang beranggapan memberi hukuman yang singkat dan cepat lebih ampuh juka harus melapor ke aparat yang membutuhkan waktu lama dan bertele-tele, atau entahlah ane nggak paham apa yang ada di benak para pengeroyok. nggak ada yang mau mencoba melerai, yang ada minimal satu orang nyumbang satu bogeman. 
emoticon-Sorry
mudah-mudahan kita semua orang indonesia di beri kesabaran dan kelembutan nurani agar tidak ada lagi kejadian-kejadian main hakim sendiri di indonesia ini. 







1
27.3K
240
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.2KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.