abee.Avatar border
TS
abee.
Baca Ini Agar Tahu Merawat Motor Matic Agan Tetap Awet!


HALO AGAN-SISTA SEMUANYAAA!

emoticon-Ngaciremoticon-Ngacir emoticon-Ngacir



Ngomongin soal trend pasti gabakal bisa lepas sama yang namanya motor. Kendaraan roda dua ini udah jadi andalan bagi banyak orang hingga saat, iya kan? Ga heran sampai saat eksistensinya gak pernah pudar, bahkan udah jadi trend kendaraan untuk aktivitas kita sehari-hari.



Sama halnya seperti perkembangan zaman, keberadaan motor semakin hari makin semakin berkembang. Motor pun kini hadir dalam berbagai type, salah satunya yang paling menjadi favorit dan sedang in banget dimata banyak orang yaitu type motor matic atau otomatis. 



Selain mudah digunakan, motor matic memiliki harga yang tergolong terjangkau. Gak cuma itu jenis dan fitur kini udah makin beragam dan canggih pastinya. Ngomongin soal motor matic, pasti juga gabakal lepas dari cara ngerawatnya. Disini kamu perlu teliti agar motor tidak jadi cepat rusak.



Disini mau sharing sedikit tentang bagaimana cara mudah merawat motor matic agar tetap awet meski sudah digunakan dalam jangka waktu tertentu. Apa aja tuh caranya? Lihat dulu disini yuk


emoticon-Request emoticon-Request emoticon-Request 





1. Rutin Panaskan Motor Setiap Hari


Cara yang satu ini bisa dibilang mudah namun masih sangat sering untuk dilupakan. Ya, memanaskan motor adalah cara mudah untuk mampu menjaga motor matic kamu jadi tetap awet. Biasanya memanaskan motor ini dilakukan untuk memastikan mesin motor tetap berfungsi baik saat ingin digunakan.


Fungsi lainnya dari memanaskan motor ialah untuk memastikan bahwa pelumasan oli ke seluruh komponen dalam mesin motor bekerja dengan baik dan teratur. Kita semua tahu apa yang terjadi jika pelumasan motor tidak berjalan dengan baik, pastinya performa akan langsung turun terutama di bagian tarikan motornya.


Makanya biasakan memanaskan motor sebelum digunakan setiap harinya. Jadwalkan 5 -8 menit setiap harinya untuk memanaskan motor sebelum beraktivitas. Dan usahakan agar lebih sering memakai kick starter atau engkol untuk memanaskan motor, daripada menggunakan electric starter supaya aki motor tetap awet.




2. Stabil Dalam Menggunakan Gas


Awet atau tidaknya motor matic yang digunakan gak lepas dari bagaimana cara kita menggunakannya setiap hari. Maka dari itu, cara yang satu ini juga termasuk dalam merawat motor matic. Caranya adalah selalus stabil dalam pengunaan gas saat berkendara. Menstabilkan ini adalah hal yang penting.


Kenapa demikian? Biasanya umur mesin motor akan rusak dan pastinya mesin motor jadi ikutan cepat rusak saat penggunaan gas si motor tidak stabil. Pengunaan gas motor yang stabil disini diartikan tidak cepat-cepat menaikan atau menurunkan kecepatan saat sedang berkendara. 


Stabil dalam pengunaan gas ini juga penting untuk merawat beberapa komponen di dalam mesin agar tetap terjaga, salah satunya fan belt. Bagian yang satu ini sama halnya seperti rantai pada motor bebek yang berfungsi untuk memastikan motor bisa dijalankan setiap harinya.




3. Jangan Sampai Kehabisan Bensin


Yang satu ini juga gak kalah penting untuk dilakukan untuk merawat mesin motor jadi tetap awet. Caranya adalah memastikan motor yang kamu digunakan tidak kehabisan bensin. Memang dalam praktiknya, hal ini bisa dibilang gampang-gampang susah, karena sebagian dari kita biasanya mengisi saat bensin benar-benar habis.



Padahal hal ini salah untuk dilakukan, tentunya akan cepat merusak mesin motor agan dan fatalnya bisa membuat mesin jadi lebih sering mogok. Bahaya kan? Makanya selalu pastiin bensin tetap diisi ketika belum habis sekalipun (usahakan ganti saat indikator bensin belom sampe E di speedometer) 




4. Rawat Aki Dengan Baik


Mau motor matic jadi tetap awet saat digunakan meskipun pengunaannya dalam jangka waktu yang panjang? Rawat aki motor lah solusinya. Ya, merawat aki adalah salah satu cara untuk memastikan umur mesin motor tetap awet meski telah digunakan dengan jarak tempuh yang jauh sekalipun.


Aki adalah komponen penting dalam motor yang memastikan bagian kelistrikan dalam motor agan tetap berjalan. Ketika aki sudah mau habis, pastinya motor agan akan mengalami beberapa tanda. Mulai dari lampu yang mulai meredup, suara klakson yang melemah, hingga electric starter yang sudah agak susah untuk digunakan. Usahakan agan mengganti setiap 7-8 bulan sekali agar mesin motor tetap dalam keadaan prima.




5. Ganti Oli Secara Rutin


Cara yang satu ini gak hanya mastiin mesin motor tetap awet, tapi juga punya performa maksimal saat kamu sedang berkendara. Dan hal itu adalah rutin mengganti oli. Oli atau pelumas adalah cairan yang berfungsi untuk menjaga pelumasan pada seluruh bagian motor berjalan dengan baik.


Utamanya oli berfungsi untuk mengurangi gesekan pada komponen mesin motor, mengingat bagian dalam mesin motor terbuat dari besi yang cenderung lebih mudah berkarat jika terlalu banyak mendapatkan gesekan. Gak cuma itu, oli juga menjaga mesin jadi tidak cepat panas atau overheat. 


Oli yang cocok biasanya punya dampak penting untuk performa motor yang kamu gunakan. Makanya kita perlu banget cermat saat memilih oli yang gunakan. Kalo ane sih biasanya pake Eni Oil Eni Oil i-Ride 4T Matic (dulunya bernama Agip). Pas ngegunain produk ini karena bikin motor ane tarikannya juga tetap enteng, bahan bakar jadi tetap irit, dan motor tidak cepat panas saat sedang digunakan untuk berkendara.




Nah itu tadi beberapa cara untuk merawat motor matic kamu tetap awet. 

Ane sih nerapin beberapa cara ini untuk sehari-harinya. 


Kalo dari kamu sendiri, punya cara lain untuk merawat motor matic tetap awet? 

Yuk share di kolom komentar! 

emoticon-Ngacir2emoticon-Ngacir2emoticon-Ngacir2


 


Diubah oleh abee. 12-04-2018 11:40
0
29.7K
161
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.