Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
97
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ac70b289a09511e4a8b4568/bingung-mau-ambil-jurusan-ipa-ips-ini-6-tips
Mana suaranya nih yang udah mau naik ke SMA di sekolah? Mungkin pada bingung ya mau ambil jurusan IPA atau IPS? Pada thread kali ini, sebagai seorang mahasiswa yang suka berbagi, ane ingin memberikan beberapa tips menentukan jurusan IPA/IPS untuk kalian. Ini sangat penting lho untuk masa depan kalian. Nah, tanpa basa-basi
Lapor Hansip
06-04-2018 12:52

Bingung Mau Ambil Jurusan IPA/IPS? Ini 6 Tips

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Bingung Mau Ambil Jurusan IPA/IPS? Ini 6 Tips

Halo para agan/sista Kaskusers,
Selamat Datang di Thread Ane
emoticon-Haiemoticon-Haiemoticon-Hai

Mana suaranya nih yang udah mau naik ke SMA di sekolah? Mungkin pada bingung ya mau ambil jurusan IPA atau IPS? Pada thread kali ini, sebagai seorang mahasiswa yang suka berbagi, ane ingin memberikan beberapa tips menentukan jurusan IPA/IPS untuk kalian. Ini sangat penting lho untuk masa depan kalian. Nah, tanpa basa-basi, langsung aja yuk ke TKP.

Bingung Mau Ambil Jurusan IPA/IPS? Ini 6 Tips
smppgrijatinangor.blogspot.co.id


Quote:
Tentukan cita-cita kalian

Bingung Mau Ambil Jurusan IPA/IPS? Ini 6 Tips

Sudah saatnya bagi kalian untuk menentukan cita-cita kalian. Mau jadi apa ke depannya? Bisa saja kan cita-cita kalian dari sejak kecil sampai sekarang selalu berganti. Maka dari itu, segera pastikan cita-cita kalian.

Cita-cita berpengaruh lho sama keputusan kalian untuk ambil jurusan IPA atau IPS. Jika cita-cita kalian jadi dokter, fisikawan, ahli kimia, astronom, dll, ambillah jurusan IPA. Jika cita-cita kalian jadi akuntan, politisi, pakar di bidang hukum, pegawai perbankan, dll, ambillah jurusan IPS.

Loh, bagaimana kalau cita-cita kalian bukan di bidang IPA dan IPS? Misalnya, musisi, pramugari, koki, psikolog, dll. Tenang saja, pertimbangkan jurusan mana yang lebih dekat dengan cita-cita kalian. Ke arah mana cita-cita kalian akan dibawa? Intinya, kata kuncinya hanya "sosial" atau "sains". Pilihlah antara 2 kata kunci tersebut yang cocok dengan diri kalian. Saat kalian sudah pilih kata kunci yang cocok, kalian tidak akan bingung lagi memilih jurusan IPA/IPS.


Quote:
Tentukan mata pelajaran favorit

Bingung Mau Ambil Jurusan IPA/IPS? Ini 6 Tips

Kalian lebih suka mata pelajaran apa sih? Apakah lebih tertarik dengan hitung-hitungan, eksperimen dengan zat kimia, sejarah indonesia, manajemen keuangan, dll?

Kalau kalian lebih suka matematika, fisika, kimia, atau biologi, pilihlah jurusan IPA. Sebaliknya, jika lebih suka sejarah, geografi, sosiologi, atau ekonomi, pilihlah jurusan IPS.

Kalau mata pelajaran favorit kalian justru di luar IPA dan IPS, pilih jurusan yang memang dekat atau mendukung mata pelajaran favoritmu sebagai pelengkap.


Quote:
Jangan ikut-ikut teman

Bingung Mau Ambil Jurusan IPA/IPS? Ini 6 Tips

Nah, ini nih yang harus diperhatikan. Jangan ikut-ikut teman dengan alasan mereka teman deket, satu grup dari dulu, atau malah ikut-ikut si doi. Padahal, kalau beda jurusan kan tetap satu sekolah dan tetap bisa ketemuan. Jadi, pilih jurusan yang memang kalian suka, sesuai dengan diri kalian.


Quote:
Abaikan gosip

Bingung Mau Ambil Jurusan IPA/IPS? Ini 6 Tips

Kalau kalian mendengar gosip-gosip tentang kedua jurusan, jangan langsung dipercaya ya. Misalnya, "ambil IPS aja, IPA susah lo" dan "ambil IPA aja, IPS ga ada masa depannya". Nah, itulah gosip-gosip yang pernah ane dengar.

Ga ada kata susah kalau kita punya niat belajar apa yang memang kita inginkan. Kedua jurusan itu ada masa depannya. Yang ambil IPA bisa jadi ilmuwan, dokter, astronom. Yang ambil IPS bisa jadi pakar ekonomi (syukur-syukur jadi menteri keuangan hehehe), pakar hukum, politisi.


Quote:
Percaya Diri

Bingung Mau Ambil Jurusan IPA/IPS? Ini 6 Tips

"Saya pasti bisa, saya pasti bisa". Tanamkan kata-kata tersebut dalam diri kalian. Percaya diri akan membantu kalian bergerak ke arah yang lebih baik. Usaha tidak akan mengkhianati hasil. Tetaplah berani dan percaya diri atas jurusan yang kalian ambil.


Quote:
Tetap Konsisten

Bingung Mau Ambil Jurusan IPA/IPS? Ini 6 Tips

Memilih jurusan janganlah plin-plan. Sebentar IPA, sebentar IPS. Pilih satu yang memang cocok dengan diri kalian secara konsisten. Dengan begitu, kalian tidak akan menghadapi "awan-awan" yang menghalangi masa depan kalian. Ingat, tetap percaya diri dan berusaha semaksimal mungkin.

Nah, itulah 6 tips yang mungkin bisa ane bagikan kepada adik-adik yang hendak naik ke tingkat SMA dengan memilih antara jurusan IPA atau IPS. Jangan lupa untuk diimplementasikan ya. Kalau yang baca thread ini bukan siswa lagi, alangkah baiknya untuk membagikan thread ini ke adik-adiknya.

sumur

Quote:Jangan lupa baca thread ane yang lain ya
Hobi Nulis? Ini 9 Situs Indonesia yang Harus Kamu Coba
Miris!! 15 Illustrasi Ini Menggambarkan Parahnya Media Sosial (HT)
Manfaatkanlah Masa Jomblo Anda Sebaik-baiknya (HT)
Kalau Ngeluh #BesokSenin Terus, Lebih Baik Resign Aja (HT)
Ketika Sudah Berpakaian Putih Abu-Abu, Apa yang Harus Dilakukan? (HT)
10 Kosakata Bahasa Inggris yang Mungkin Para Agan Belum Tau (HT)
Kuliah Pun Titip Absen, Mau Dibawa ke Mana Bangsa Ini? (HT)
10 Tips untuk Menjadi Netizen yang Baik dan Bijak (HT)
Cara Hidup Sehat Ala Mahasiswa (HT)
Suka Selfie? Ini 11 Fakta yang Mungkin Jarang Diketahui (HT)
5 Pelajaran Hidup dari Bermain Game Battle Royale (HT)
Liburan di Sabang? Jangan Menyesal Jika Tidak Mengunjungi 5 Tempat Wisata ini

Bingung Mau Ambil Jurusan IPA/IPS? Ini 6 Tips
Diubah oleh billy2509
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 5 dari 5
Bingung Mau Ambil Jurusan IPA/IPS? Ini 6 Tips
11-04-2018 20:21
Ane juga jurusan IPA nih. Dulu waktu tryout nilai total ane sering dapet peringkat 1 di SMA gara2 ada bocoran gak dapat peringkat 1 lagi di UN gara2 ada bocoran UN. emoticon-Mad
1 0
1
Bingung Mau Ambil Jurusan IPA/IPS? Ini 6 Tips
11-04-2018 20:31
Quote:Original Posted By mr.greget1
Setidaknya ente bisa kasih saran ke adek kelas ente atau siapa sesuai passionnya. Btw ane juga udah kuliah gan


Ok siap.. Saran dari gua adalah ikuti kata hati kalian wahai pelajar Indonesia emoticon-Cool
0 0
0
Bingung Mau Ambil Jurusan IPA/IPS? Ini 6 Tips
11-04-2018 20:36
klo ane dulu jurusan bahasa bro, lebih nyantai tapi nilai bisa bagus, malah banyak anak IPA/IPS yang gak lulus UN
0 0
0
Bingung Mau Ambil Jurusan IPA/IPS? Ini 6 Tips
11-04-2018 20:41
jangan turutin keinginan ortu, kalo ga bakal menyesal kayak ane emoticon-Frown
Diubah oleh danu5399
0 0
0
Bingung Mau Ambil Jurusan IPA/IPS? Ini 6 Tips
11-04-2018 20:56
Temen gw banget wkwk banyak yg iqnya dibawah 110 masuk ipa bahkan ada yg 94 ngebet ipa dan hasilnya pas ulangan mereka ngehubungin guru les ,Guru yg pernah ppl bahkan buka gugel. Intinya Banyak anak yg kemampuannya ga di ipa tapi maksain ipa kalo masalah cita2nya ke ipa sih ngga masalah tapi Udah Iq 2 digit ngebet ipa tapi cita2 ke manajemen atau hukum emoticon-Cape deeehh alasanya nilai gw tinggi di ipa pas smp? Padahal nilainya banyak rata kkm bahkan nilai un pun rata2 30an.
Diubah oleh coegskali1
0 0
0
Bingung Mau Ambil Jurusan IPA/IPS? Ini 6 Tips
11-04-2018 21:00
dulu, pas penjurusan, ane gak milih gan, cuma pasrah. Nilai matematika, biologi, fisika & kimia, semua kebakaran
emoticon-Turut Berduka
0 0
0
Bingung Mau Ambil Jurusan IPA/IPS? Ini 6 Tips
11-04-2018 21:02
Bahasa aja emoticon-Leh Uga lumayan bisa ngomong sesuai kbbi emoticon-Leh Uga atau jd penulis emoticon-Leh Uga
0 0
0
Bingung Mau Ambil Jurusan IPA/IPS? Ini 6 Tips
11-04-2018 21:31


Quote:Original Posted By roberthw
Stereotip mitos dari dulu sampe sekarang:

1. Anak IPA itu pinter, alim, otaknya encer, lebih ada gengsinya
2. Anak IPS itu males, bandel, banyak bolosnya
3. Anak IPA itu lebih terbuka masa depannya dibanding anak IPS
4. Anak IPA itu logika itungannya jalan, kalo anak IPS cuma bisa hapalan
5. Anak IPA bisa kerja di bidang IPS, kalo anak IPS ga bakalan bisa ngembat bidang IPA

Ane mau patahkan mitos-mitos jadul itu gan, karena:

1. Mau pinter, alim, bandel, cerdas, itu tergantung orangnya sendiri, bukan karena jurusannya. Ada kok anak IPA yang bandel dan sebaliknya ada juga anak IPS yang alim dan cerdas

2. Anak IPS itu uda pasti madesu? Belom tentu, sekali lagi semua tergantung orangnya masing2. Biarpun ente cuma lulusan SMP kalo sukses jadi pengusaha dan naik kasta jadi Menteri (kayak contohnya Ibu Susi), apa ente masih bilang lulusan itu pasti menentukan masa depan?

3. Anak IPS cuma bisa hapalan? Lah, ente belom pernah belajar matematika Ekonomi dan Akuntansi? Apa itu semua hapalan?? Sebaliknya, apakah di IPA gak ada hapalan? Lah trus ente mesti ngapalin tabel periodik Kimia, nama-nama latin, tabel sin, cos, tangen, itu bukan hapalan?

4. Anak IPA mungkin scr teori bisa kerja di bidang IPS, tapi realitanya berapa persen sih, lulusan IPA yang malah kerjanya belok ke Akuntansi? Atau belok ke Sosiologi / Hukum? Paling banter kerja di Manajemen dan Banking. Disana pun mau ente lulusan IPA/IPS juga sama-sama bakal jalani Management Trainee kok, gak ada yang dibeda-bedain.

Bahkan kalopun lulusan IPA buka apotik pun, dia tetep butuh tenaga Akuntan kan? Kalo mau urus legalisasi, tetep butuh jasa Notaris kan? Nah lulusan IPS kalo cerdas, dia juga bisa buka apotik dan tinggal menggaji lulusan IPA aja buat menjalankan bisnis apotiknya.

Mecahin stereotip no.1
Setelah dikasih test 200an pertanyaan, masuklah ane jurusan IPA dengan IQ 100an emoticon-Malu (S)
Eh pas Ambil report yang putih cuma nilai KKM+beberapa matpel emoticon-Ngakak (S)
Diubah oleh fapay
0 0
0
Bingung Mau Ambil Jurusan IPA/IPS? Ini 6 Tips
11-04-2018 23:57
Saran buat ke depan sih mending ambil IPA, masalahnya IPA bisa lanjut Kemana aja, kalo IPS pilihan ke depan ga sebanyak IPA. Btw ane IPS Ikatan Pelajar Seenaknya emoticon-Cool
0 0
0
Bingung Mau Ambil Jurusan IPA/IPS? Ini 6 Tips
12-04-2018 01:24
Sekolah kejurusan adja emoticon-Cool
0 0
0
Bingung Mau Ambil Jurusan IPA/IPS? Ini 6 Tips
12-04-2018 02:10
masuk IPA aja, anak2 IPS itu nanti tua nya jadi babu2 Boss yg lulusan IPA.
0 0
0
Bingung Mau Ambil Jurusan IPA/IPS? Ini 6 Tips
12-04-2018 07:31
pas waktu SMP gue niat banget agar bisa masuk jurusam IPA ketika masuk SMA nanti, karena emang dari SMP gue suka pelajaran matematika (walau gk terlalu bisa), alhamdulillah terwujud juga, tapi pas SMA malah gue pengen banget masuk jurusan psikologi pas kuliah, eh akhirnya terpaksa banting setir ikut SBMPTN kategori IPS :v.
1 0
1
Bingung Mau Ambil Jurusan IPA/IPS? Ini 6 Tips
12-04-2018 08:02
ambil IPA biar mikir
IPS gada persaingan, gua dulu ambil IPA. Soal mitos IPA anaknya rajin itu belom tentu, gua gak rajin.
Diubah oleh yuki26
0 0
0
Bingung Mau Ambil Jurusan IPA/IPS? Ini 6 Tips
12-04-2018 08:30
Pilih sesuai minat & sikon emoticon-Big Grin
0 0
0
Bingung Mau Ambil Jurusan IPA/IPS? Ini 6 Tips
12-04-2018 16:59
Hidup anak ips. emoticon-Ultah
Diubah oleh benzia.jr
0 0
0
Bingung Mau Ambil Jurusan IPA/IPS? Ini 6 Tips
13-04-2018 23:10
ips itu jurusan pasrah dan amatir. orang banyak yang ngambil karena takut atau tidak mampu dengan matematika.
Junior yang baru masuk sma banyak yang gagal mata pelajaran ipa dipindahkan ke ips jadi kesanya kelas buangan. Akibatnya kelas ips lebih banyak daripada IPA.
Ini berpengaruh kepada SDM di Indonesia dimana jurusan STEM saat ini sangat dibutuhkan tetapi sulit dicari karena SDMnya sedikit. Kita seharusnya melihat jepang dimana SDM di Bidang STEM lebih banyak dibanding social science.
Diubah oleh simerlenkov
0 0
0
Bingung Mau Ambil Jurusan IPA/IPS? Ini 6 Tips
14-04-2018 06:49
ane ipa cuma buat menuhin kelasemoticon-Ngakak
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 5 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia