News
Batal
KATEGORI
link has been copied
325
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5acf667ca09a390f7b8b4567/mungkinkah-2019gantipresiden-bikin-indonesia-ganti-presiden
Tanda pagar (tagar) #2019GantiPresiden belakangan ini menjadi ramai di media sosial, hingga membuat Presiden Joko Widodo (Jokowi) ikut berkomentar. Tema soal #2019GantiPresiden itu mulai diperbincangkan setelah Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera membagikan gelang bertuliskan kalimat tersebut di sebuah
Lapor Hansip
12-04-2018 21:00

Mungkinkah #2019GantiPresiden Bikin Indonesia Ganti Presiden?

Past Hot Thread
Mungkinkah #2019GantiPresiden Bikin Indonesia Ganti Presiden?


Quote:

Tanda pagar (tagar) #2019GantiPresiden belakangan ini menjadi ramai di media sosial, hingga membuat Presiden Joko Widodo (Jokowi) ikut berkomentar.

Tema soal #2019GantiPresiden itu mulai diperbincangkan setelah Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera membagikan gelang bertuliskan kalimat tersebut di sebuah acara televisi swasta.

Gelang itu sempat dipakai bersamaan oleh Mardani dan Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Fadli Zon. Setelah peristiwa itu, banyak kaos dan stiker memuat tulisan "#2019GantiPresiden" marak dijual.

Penjualan kaos dengan tulisan itu sempat terlihat dalam acara Rapat Kerja Nasional Bidang Hukum dan Advokasi Gerindra di Hotel Sultan, Jakarta, Kamis (5/4/2018). Selain itu, beberapa kendaraan juga telah dipasangi stiker bertema sama.

Atensi publik semakin tertuju pada tema "#2019GantiPresiden" setelah Presiden Joko Widodo membicarakan tagar itu di acara relawan bertajuk Konvensi Nasional Galang Kemajuan 2018, di Bogor, Jawa Barat, Sabtu (7/4/2018). Dalam pidatonya, Jokowi menyindir keberadaan kaos bertema itu di tengah masyarakat.

"Masa kaos bisa ganti presiden? Yang bisa ganti presiden itu rakyat, kalau rakyat mau, ya bisa ganti. Kedua, restu dari Allah. Masa pakai kaos itu bisa ganti presiden, enggak,” kata Jokowi.

Tak hanya disinggung Jokowi, kemunculan tema itu juga mendapat tanggapan dari Menteri Koordinator Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan. Mantan Kepala Staf Kepresidenan (KSP) itu meragukan klaim penyebar tagar #2019GantiPresiden yang menyebut Jokowi tak sukses membawa perubahan selama menjadi Presiden.

“Saya ingin katakan, pastikan kepada Anda selama tiga setengah tahun, saya sekarang menjadi pembantu Presiden Joko Widodo, kami memiliki success story yang sangat banyak. Saya boleh bertanggung jawab dengan itu,” kata Luhut, di Kantor DPP PDI Perjuangan, Minggu (9/4/2018).

Meski ramai diperbincangkan, kehadiran tagar #2019GantiPresiden dianggap wajar oleh para pengamat politik dan pemilu. Direktur Populi Center, Usep S Ahyar misalnya, menganggap kehadiran tagar itu bagian dari upaya lawan politik Jokowi mencari dukungan.

“Di samping itu, sebagai upaya menakar seberapa besar dari kelompok masyarakat yang menginginkan pergantian presiden di 2019, dan dari kelompok mana saja,” kata Usep kepada Tirto, Rabu (11/4/2018).

Alumnus Universitas Jenderal Soedirman itu berkata, tema pergantian presiden di Pilpres 2019 baru digulirkan sebatas untuk menyatukan sentimen anti-petahana. Gerakan itu, kata dia, belum jelas menawarkan sosok pengganti Presiden yang mau dijagokan dalam pemilu.

Menurut Usep, belum adanya sosok yang dijagokan oleh para penggerak tagar "2019 Ganti Presiden" terjadi karena masih rendahnya elektabilitas tokoh-tokoh selain Jokowi. Dalam berbagai survei pemilu 2019 yang sudah diselenggarakan, dua nama capres potensial yang kerap muncul adalah Jokowi dan Prabowo Subianto.

"Ini masih gerakan membangun sentimen terhadap petahana yang belum jelas penggantiannya seperti apa... Membangun sentimen 'asal bukan' kelompok lain yang berkuasa saja masih cukup, tapi adu gagasan tentang bagaimana membawa bangsa ini lebih baik di masa depan, kayaknya itu lebih penting," kata Usep.

Adu Slogan Bukan Hal Tabu
Kewajaran atas munculnya slogan "2019 Ganti Presiden" juga diakui peneliti dari Pusat Penelitian Politik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (P2P LIPI), Luky Sandra Amalia. Menurut dia, tagar itu tak perlu dipermasalahkan meski ramai diperbincangkan,

"Dari kalimatnya, hashtag tersebut jelas berharap mengalahkan petahana dan itu hal yang biasa. It's not a big deal,” kata Sandra kepada Tirto.

Alumnus Universitas Airlangga itu berkata, tak akan ada pengaruh banyak dari tagar #2019GantiPresiden terhadap elektabilitas calon presiden dan wakil presiden di pemilu mendatang.

Menurut Sandra, hasil pemilu tidak hanya dipengaruhi satu atau dua faktor saja, seperti tren yang sedang berkembang di masyarakat. Karena itu, kehadiran tema pergantian presiden dianggap tidak akan berpengaruh signifikan terhadap keterpilihan capres.

"Elektabilitas pasangan calon harus diukur dengan banyak variabel dan dilakukan secara berkelanjutan, tidak bisa hanya diukur dengan satu variabel dan dalam satu momen saja. Jadi, hashtag itu tidak akan berpengaruh banyak ke elektabilitas paslon," ujar Sandra.

Pengamat politik dari Lingkaran Survei Indonesia (LSI), Rully Akbar juga senada dengan Usep dan Sandra. Menurutnya, pembicaraan tagar #2019GantiPresiden menjadi ramai karena proses pemilu 2019 semakin dekat.

Pendaftaran bakal capres dan cawapres pemilu 2019 akan dimulai pada 4-10 Agustus 2018. Setelah itu, penetapan kandidat dilakukan 20 September 2018 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"Para punggawa Pilpres baik Jokowi, Prabowo, dan yang lain, sedang cari perhatian masyarakat. Ini yang membuat makin kuat gerakan [#2019GantiPresiden] ini," ujar Rully.

Menurut Rully, saat ini kelompok pendukung Jokowi dan Prabowo masih terus aktif berkampanye di medsos. Keaktifan itu berdampak pada sering munculnya tagar-tagar unik di tengah masyarakat.

Rully menganggap, kehadiran tagar atau pembicaraan suatu tema di medsos mungkin efektif untuk mempengaruhi masyarakat perkotaan. Namun, ia menyebut masyarakat butuh bukti nyata dari tiap capres di pemilu mendatang.

"[Kehadiran tagar] efektif memang untuk konteks perkotaan, tapi masyarakat level grass roots butuh bukti nyata dari tiap capres 2019 nanti,” kata Rully.

sumber


2019 ganti presiden emoticon-Big Grin

Polling

Poll ini sudah ditutup - 560 Suara

Mau pilih tagar yang mana? 
34.64%
#2019gantipresiden
65.36%
#jokowipresidenku2periode
Diubah oleh anonympoliticia
-2
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 14 dari 18
Mungkinkah #2019GantiPresiden Bikin Indonesia Ganti Presiden?
13-04-2018 21:48
Dimana mana poling kaya ginian yg menang pasti joke karena 1 keyboard warrior alias nastak punya jutaan akun di setiap media sosialemoticon-Leh Uga
0 0
0
Mungkinkah #2019GantiPresiden Bikin Indonesia Ganti Presiden?
13-04-2018 21:54
woiii melek Dong


buat para warga Papua, mereka sangat Happy dengan kesetaraan harga BBM cuy.

loe2 pada yg bilang BBM naik, Listrik Naik, tapi masih sanggup beli kuota, up to date Gadget, masih mau dikatakan Miskin??

loe uda kaya cuy, cuma hati loe aja yang miskin
0 0
0
Mungkinkah #2019GantiPresiden Bikin Indonesia Ganti Presiden?
13-04-2018 22:14

jokowi antek2 globalis

+subsidi dikurangi
+infrastruktur swasta
+utang negara melambung
+Kesenjangan ekonomi meningkat
+pajak semakin merajarela
+deregulasi tenaga kerja asing
+mengemis modal asing
+revolusi mental liberalisme

Cukup sudah! Indonesia milik masyarakat Indonesia bukan Asing.
#2019GantiPresiden
0 0
0
Mungkinkah #2019GantiPresiden Bikin Indonesia Ganti Presiden?
13-04-2018 22:14
its already HOT now emoticon-Ultah
Mungkinkah #2019GantiPresiden Bikin Indonesia Ganti Presiden?
Diubah oleh back.garena
0 0
0
Mungkinkah #2019GantiPresiden Bikin Indonesia Ganti Presiden?
13-04-2018 22:34
Tinggal diliat aja ntar 2019,.
Gitu aja kok repot emoticon-Leh Uga
0 0
0
Mungkinkah #2019GantiPresiden Bikin Indonesia Ganti Presiden?
13-04-2018 22:35
ga salah juga kan kalo ganti emoticon-Big Grin

biar ganti suasana gitu emoticon-Wink
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 12
Mungkinkah #2019GantiPresiden Bikin Indonesia Ganti Presiden?
13-04-2018 23:13
Mungkinkah #2019GantiPresiden Bikin Indonesia Ganti Presiden?
0 0
0
Mungkinkah #2019GantiPresiden Bikin Indonesia Ganti Presiden?
13-04-2018 23:54
Salam 2 periodelah
0 0
0
Mungkinkah #2019GantiPresiden Bikin Indonesia Ganti Presiden?
14-04-2018 00:21
Quote:Original Posted By faisal6275
woiii melek Dong


buat para warga Papua, mereka sangat Happy dengan kesetaraan harga BBM cuy.

loe2 pada yg bilang BBM naik, Listrik Naik, tapi masih sanggup beli kuota, up to date Gadget, masih mau dikatakan Miskin??

loe uda kaya cuy, cuma hati loe aja yang miskin


Iya setara tapi langka. Ada juga jual eceran tuh banyak gw kmren dr manokwari pom bensin ndak bnyak sama kaya stoknya. Beli di eceran pertalite 13rb.
0 0
0
Mungkinkah #2019GantiPresiden Bikin Indonesia Ganti Presiden?
14-04-2018 00:26
5 tahun cukup lah buat pak jokowi. tidak banyak perubahan betarti. yg dibanggain pembangunan dan pemerataan di papua jg nggak begitu terasa. yg ada malah pabrik semen punya tiongkok di manokwari yg 80% pekerja orang tiongkok.
0 0
0
Mungkinkah #2019GantiPresiden Bikin Indonesia Ganti Presiden?
14-04-2018 00:28
mungkin? y bisa mungkin, mslh rakyat ingin ganti presiden itu hak rakyat perindividu, mslh rakyat ttp mw plih bp jokowi jg hak rakyat perindividu.
yg pnting indonesia bergerak maju dan rakyat sejahtera adil makmur dan damai sentosa emoticon-Big Grin
0 0
0
Mungkinkah #2019GantiPresiden Bikin Indonesia Ganti Presiden?
14-04-2018 00:29
TAHUN 2019 pak PRABOWO JADI PRESIDEN GERINDRA ,PRESIDEN INDONESIA TETAP JOKOWI ✌periode
0 0
0
Mungkinkah #2019GantiPresiden Bikin Indonesia Ganti Presiden?
14-04-2018 01:12
Quote:Original Posted By mrkipli
Iya setara tapi langka. Ada juga jual eceran tuh banyak gw kmren dr manokwari pom bensin ndak bnyak sama kaya stoknya. Beli di eceran pertalite 13rb.


inget Ga Gan, taon 2014 di papua BBM /L berapa??


https://news.okezone.com/amp/2014/11...ribu-per-liter
0 0
0
Mungkinkah #2019GantiPresiden Bikin Indonesia Ganti Presiden?
14-04-2018 01:19
Quote:Original Posted By faisal6275
inget Ga Gan, taon 2014 di papua BBM /L berapa??


https://news.okezone.com/amp/2014/11...ribu-per-liter


harga 60-70rb itu di pegunungan om. yg saya bilang di manokwari yg ibu kota provinsi dan daerah pesisir salah satu gerbang jg logistik papua barat. Kalo di daerah pegunungan saya gak yakin harganya 13rb skrng alat transportasi buat ksana aja susah kalo gak diangkut mobil 4wd ya naik pake pesawat capung.
0 0
0
Mungkinkah #2019GantiPresiden Bikin Indonesia Ganti Presiden?
14-04-2018 01:47
kamu yakin ama yg laen.. emoticon-Betty
0 0
0
Mungkinkah #2019GantiPresiden Bikin Indonesia Ganti Presiden?
14-04-2018 03:56
#2019salamperpisahan

Lebih baik ganti (menurut ane)
Diubah oleh IlhamMS
0 0
0
Mungkinkah #2019GantiPresiden Bikin Indonesia Ganti Presiden?
14-04-2018 07:17
yg bilang gausah ganti, apakah merasa hidupnya lebih baik dibanding sebelumnya ? wah hebat. yang saya liat kenyataannya banyak rakyat mengeluh kalau zaman sekarang mereka semakin susah. ibaratkan hujan batu di negeri sendiri
0 0
0
Mungkinkah #2019GantiPresiden Bikin Indonesia Ganti Presiden?
14-04-2018 07:19
Quote:Original Posted By lokebamam
Emang fakta gan. Nastak punya ribuan klonengan di kaskus.


hahahahaha iyaiyaa
Diubah oleh lysl23
0 0
0
Mungkinkah #2019GantiPresiden Bikin Indonesia Ganti Presiden?
14-04-2018 08:22
ada lagi gan tagar DILANjutkan2019
0 0
0
Halaman 14 dari 18
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia