Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
49
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ac71b236208813d208b4574/wajib-tau-ini-kalo-mesen-makan-di-surabaya
Hai-hai balik lagi sama ane wadonsubur, kali ini ane mau membahas makanan dari Surabaya. Ane nulis ini karena ane asli dari Surabaya. Sebelum merantau, ane sih merasa biasa-biasa aja sama makanan di Surabaya termasuk ketika pesen. Tapi ternyata, buat orang luar Surabaya, kudu tau hal-hal berikut kalau mesen makanan. Biar pesenan tetep sesuai sama yang diharapkan gituuuuh... Rujak Cingur Makanan as
Lapor Hansip
06-04-2018 14:00

Wajib tau ini kalo mesen makan di Surabaya

icon-verified-thread
Hai-hai balik lagi sama ane wadonsubur, kali ini ane mau membahas makanan dari Surabaya. Ane nulis ini karena ane asli dari Surabaya. Sebelum merantau, ane sih merasa biasa-biasa aja sama makanan di Surabaya termasuk ketika pesen.

Tapi ternyata, buat orang luar Surabaya, kudu tau hal-hal berikut kalau mesen makanan. Biar pesenan tetep sesuai sama yang diharapkan gituuuuh...

Rujak Cingur
Wajib tau ini kalo mesen makan di Surabaya
Makanan asli Surabaya (sampai ada lagunya) ini adalah rujak dengan bumbu kacang, petis dan pisang klutuk, dipadu dengan sayur (kangkung, kecambah, kacang panjang), buah (biasanya bengkuang, nanas, mangga), tempe, lontong dan cingur alias hidung sapi. Nah, kalau pesan rujak cingur dengan bilang "matengan" maka rujak cingurmu nggak pakai buah sama sekali.

Nasi Goreng
Wajib tau ini kalo mesen makan di Surabaya
Kalau gan sis ke Surabaya dan pesen nasi goreng abang-abang gerobakan, maka nasi goreng yang didapat adalah nasi goreng berwarna merah terang. Warna merah ini berasal dari saos tomat merah botol besar. Jadi kalau mau nggak pake saus, kudu bilang nasi goreng putihan. Ane tau hal ini pas di Jakarta, karena ada menu nasi goreng Surabaya, kata abangnya kalau nasi goreng Surabaya khas berwarna merah.

Soto
Wajib tau ini kalo mesen makan di Surabaya
Apasih yang bikin beda kalo beli soto di Surabaya sama tempat lain? Yak, kalo gan sis mesen soto tanpa embel apa-apa, soto yang disajikan adalah semangkuk soto yang sudah dicampur sama nasi emoticon-Big Grin Selain itu di Surabaya ada Soto Lamongan dan Soto Madura, kalau Soto Lamongan, pasti menggunakan ayam, kalau Soto Madura menggunakan daging sapi.

Bakwan
Wajib tau ini kalo mesen makan di Surabaya
Jangan bayangin bakwan ini adalah gorengan macam bala-bala yak. Kalau di Surabaya ada yang jual bakwan, itu berarti bakso. Kalau gorengan itu, di Surabaya disebutnya ote-ote.

Martabak
Wajib tau ini kalo mesen makan di Surabaya
Di Surabaya, kalau pesan martabak, yang datang pastilah martabak telor atau martabak asin. Sedangkan martabak manis akan disebut terang bulan. Tapi nggak cuma di Surabaya yang nyebutnya terang bulan, di Makassar dan Manado juga sama penyebutannya.

Lapis Surabaya
Wajib tau ini kalo mesen makan di Surabaya
Kue yang terdiri dari tiga lapisan warna, dengan warna gelap yang diapit warna yang lebih terang. Orang Surabaya masih banyak yang bingung kalau ada yang nitip makanan ini, karena di Surabaya kue ini lebih akrab disebut Spikoe (baca: spikuk)

Teh
Nggak beda jauh dengan di Yogyakarta dan Jawa Tengah, kalau pesan teh, pasti yang datang teh manis. Jadi kalau ingin teh tawar, harus bilang teh tawar atau bilang nggak pake gula.

sumber:
pemikiran TS sendiri berdasar pengalaman dan pengamatan

gambar:
mbah gugel
Diubah oleh wadonsubur
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 2 dari 3
Wajib tau ini kalo mesen makan di Surabaya
11-04-2018 20:39
Quote:Original Posted By wadonsubur
gan.. tau beretika ngetrit atau ngaskus ga?

g sopan tau pasang link trit ndiri di tmpat org... segede gaban pula emoticon-Leh Uga


klo lom paham atau g trima... bisa jawab langsung kuot ini....

PM juga bisa emoticon-Smilie


oke dah ana kecilin yah


0 0
0
Wajib tau ini kalo mesen makan di Surabaya
11-04-2018 20:42
Quote:Original Posted By wadonsubur
lu nantangin ya


jangan marah gan
sabar
0 0
0
Wajib tau ini kalo mesen makan di Surabaya
11-04-2018 20:43
Quote:Original Posted By segoroagungindo
jangan marah gan
sabar


BILANG AJA LU G TERIMA GW TEGOR

ANE KASI TAU BAEK2 MALAH NGELUNJAK
0 0
0
Wajib tau ini kalo mesen makan di Surabaya
11-04-2018 21:04
Quote:Original Posted By wadonsubur
BILANG AJA LU G TERIMA GW TEGOR

ANE KASI TAU BAEK2 MALAH NGELUNJAK

ga gan..
ane si terima aja
makasi sarannya kak
0 0
0
Wajib tau ini kalo mesen makan di Surabaya
11-04-2018 21:06
Quote:Original Posted By segoroagungindo
ga gan..
ane si terima aja
makasi sarannya kak


bagian mana yg lu terima..

malah makin banyak aja link yg lu pajang...

ketikan ama tindakan lu anomali bgt
0 0
0
Wajib tau ini kalo mesen makan di Surabaya
11-04-2018 21:09
Quote:Original Posted By wadonsubur
bagian mana yg lu terima..

malah makin banyak aja link yg lu pajang...

ketikan ama tindakan lu anomali bgt


Nyimak duel aja lah emoticon-Leh Uga
0 0
0
Wajib tau ini kalo mesen makan di Surabaya
11-04-2018 21:10
Quote:Original Posted By budhie
Nyimak duel aja lah emoticon-Leh Uga


hahaha sue dah om budh ikiii emoticon-Stick Out Tongue
0 0
0
Wajib tau ini kalo mesen makan di Surabaya
11-04-2018 21:13
Jadi laper sih sebenernya emoticon-Mewek emoticon-Mewek
0 0
0
Wajib tau ini kalo mesen makan di Surabaya
11-04-2018 21:16
Quote:Original Posted By wadonsubur
hahaha sue dah om budh ikiii emoticon-Stick Out Tongue


Dah sikat aja :goyang

Quote:Original Posted By guesiapayah17
Jadi laper sih sebenernya emoticon-Mewek emoticon-Mewek


Bisa dikirim TS nya kok pake paketan emoticon-Leh Uga
0 0
0
Wajib tau ini kalo mesen makan di Surabaya
11-04-2018 21:17
Quote:Original Posted By budhie
Dah sikat aja :goyang



Bisa dikirim TS nya kok pake paketan emoticon-Leh Uga


Basi yang ada om kalo paketan mah emoticon-Leh Uga
0 0
0
Wajib tau ini kalo mesen makan di Surabaya
11-04-2018 21:19
Quote:Original Posted By guesiapayah17
Basi yang ada om kalo paketan mah emoticon-Leh Uga


pake kotak kedap udara emoticon-Ngakak
0 0
0
Wajib tau ini kalo mesen makan di Surabaya
11-04-2018 21:31
Quote:Original Posted By guesiapayah17
Jadi laper sih sebenernya emoticon-Mewek emoticon-Mewek

sini... dibeliin Cadbury klo ketemu
Quote:Original Posted By budhie
Dah sikat aja emoticon-Goyang



Bisa dikirim TS nya kok pake paketan emoticon-Leh Uga


uda disikat om.... emoticon-Ngakak
ane sih simpel
Diubah oleh wadonsubur
0 0
0
Wajib tau ini kalo mesen makan di Surabaya
11-04-2018 21:35
Quote:Original Posted By budhie
pake kotak kedap udara emoticon-Ngakak

Sekalian aja makanannya jadi frozen food
Quote:Original Posted By wadonsubur
sini... dibeliin Cadbury klo ketemu


uda disikat om.... emoticon-Ngakak
ane sih simpel


KitKat aja deh mi emoticon-Big Grin
0 0
0
Wajib tau ini kalo mesen makan di Surabaya
11-04-2018 21:42
Quote:Original Posted By wadonsubur
bagian mana yg lu terima..

malah makin banyak aja link yg lu pajang...

ketikan ama tindakan lu anomali bgt


kan dikecilin kak
sama disembunyiin pake spoiler

udah malem
Met Bobo yaa.. semoga tidurnya nyenyak dan mimpinya indah
0 0
0
Wajib tau ini kalo mesen makan di Surabaya
11-04-2018 22:36

lapeeeeeremoticon-Genit
tanggung jawab TS emoticon-Mad:

anjir ada tret di dalam tret
tretception
0 0
0
Wajib tau ini kalo mesen makan di Surabaya
11-04-2018 23:08
Quote:Original Posted By wadonsubur
awas ngecesss sisss emoticon-Stick Out Tongue

selamaat, dpt pejwan.
aaamiiinnn

tp masih blm HT emoticon-Big Grin

klo salah, tar bayanginnya apaaaa, yg disajikan apaaa

mlm jg enaaaak emoticon-Stick Out Tongue

apa yg hamba harus lakukan emoticon-Mewek

kalo ane kasi foto cingur nangkring, masi ngiler ga gan? 😂

hahhaaha...
maafkan hamba telah membuatmu ngiler...



wih soto lamongan... wenak tenan ituu...
ane jg doyannnnnn emoticon-Leh Uga

p.s. apa sih yg ane g doyan emoticon-Leh Uga
ane cmn g doyan disakitin emoticon-Ngakak (S)

paling suka yg mana gan?

di jkt blm nemu yg jual petis....
tp klo makanan yg mengandung petis, dah nemu tempat2nya emoticon-Big Grin

hahahaha iyaaah bener... telanjang dada...

tp klo d sby bilang tuh makanan, ote2.
di daerah Madiun, bilangnya heci, di jabar bala-bala emoticon-Big Grin

apalagi dimakannya pas suasana ujan rintik2 emoticon-Stick Out Tongue


kmn aje lu bang... masa baru tau TS nya galak emoticon-Ngakak (S)

ayok bang...klo ke sby ta traktir makan itu smua... nguahahaha... ampe meletus perutmu emoticon-Leh Uga


Aseeeeeek emoticon-Blue Guy Cendol (L)

Udah sik... Santet aja itu bocahemoticon-Ngakak
0 0
0
Wajib tau ini kalo mesen makan di Surabaya
12-04-2018 15:48
Quote:Original Posted By pm01
Aseeeeeek emoticon-Blue Guy Cendol (L)

Udah sik... Santet aja itu bocahemoticon-Ngakak


udin bang... haha
0 0
0
Wajib tau ini kalo mesen makan di Surabaya
12-04-2018 16:10
Love Suroboyo.....kangen sdh lama nggak berkunjung.
Pecel klo di Sby isinya sayuran dg bumbu kacang namanya Semanggi (cmiiw).
Lontong balap dan ada 1 makanan yg ane lupa namanya tp inget rasanya ( bahan utama kikil + tahu goreng diiris2+ selada diiris2+ kuah).
Nasi Bebek...dsb.
Hmmm.....miss them already.
0 0
0
Wajib tau ini kalo mesen makan di Surabaya
12-04-2018 22:22
Quote:Original Posted By soldoiwakkrebo
Love Suroboyo.....kangen sdh lama nggak berkunjung.
Pecel klo di Sby isinya sayuran dg bumbu kacang namanya Semanggi (cmiiw).
Lontong balap dan ada 1 makanan yg ane lupa namanya tp inget rasanya ( bahan utama kikil + tahu goreng diiris2+ selada diiris2+ kuah).
Nasi Bebek...dsb.
Hmmm.....miss them already.


klo semanggi beda lagi gan...
krn bumbunya dr kacang dan ubi, kerupuknya pun pake kerupuk puli dan itu cmn ada di sby. namanya semanggi suroboyo.

itu yg agan maksud tahu campur gan emoticon-Big Grin

nasi bebek di sby juga juaraaaa....




klo d jkt uda nemu tmpt makan tahu campur yg enaaak
0 0
0
Halaman 2 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
Fat-loss,Gain-Mass,Nutrisi Diet & Suplementasi Fitness
5-bahan-makanan-yang-wajib-dihindari-dalam-diet-ala-tya-ariestya
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia