adelioakins
TS
adelioakins
Terinspirasi Belut Listrik, Peneliti ini Mengembangkan Teknologi Bio-Battery
"WELCOME IN MY THREAD"


emoticon-Travelleremoticon-Traveller emoticon-Traveller emoticon-Traveller emoticon-Traveller

emoticon-Toastemoticon-Toastemoticon-Toastemoticon-Toastemoticon-Toastemoticon-Toastemoticon-Toast

Quote:




Ide dan gagasan unik ini dikembangkan oleh Para peneliti di Universitas Adolphe Merkle Institute (AMI) Universitas Michigan, Universitas Michigan, dan Universitas California San Diego yang secara ulet dan tekun menerima tantangan itu, tantangan untuk membuat alat serupa dengan mekanisme yang ada dalam tubuh belut listrik itu.

Nah, inti dari riset ini sebetulnya adalah ingin membuat (sedikit) kemajuan menuju integrasi teknologi berbasis organisme hidup yang membutuhkan sumber daya listrik yang biokompatibel, fleksibel secara mekanis, dan mampu memanfaatkan energi kimia yang tersedia di dalam sistem biologis. Kalo kita perhatikan, baterai konvensional yang kita gunakan sekarang ini tidak dirancang dengan mempertimbangkan kriteria ini. Jadi, teknologi yang disebut sebagai bio-battery ini tentu saja akan merevolusi beberapa segi atau aspek dari kehidupan kita dalam melihat masalah energi terbarukan, di bidang medis dan kedokteran, serta di bidang-bidang lainnya yang berkaitan.

Organ listrik dari belut listrik ini, bagaimanapun, merupakan contoh dari sumber daya listrik yang beroperasi dalam konstrainbiologis yang menampilkan karakteristik daya yang mencakup beda potensial hingga mencapai 600 volt dengan arus 1 ampere.

Quote:



Para peneliti ini memulai proses “peniruan” alat terhadap belut listrik ini dengan melakukan reverse-engineeringpada organ listrik belut listrik guna mempelajari mekanismenya secara detail. Itu adalah salahsatu teknik rekayasa untuk membalik prosesnya gan.

Nah dari hasil reverse-engineering tersebut, diketahui ternyata organnya itu terdiri dari sel-sel panjang dan tipis yang dikenal sebagai electrocytes yang membentang 80% dari tubuh belut di tumpukan parallel (lihat gambar a dibawah). Dipicu oleh otaknya, sel-sel ini masing-masing menghasilkan tegangan kecil yang hampir bersamaan yang memungkinkan ion natrium mengalir ke satu sisi sel dan ion kalium akan mengalir ke sisi lain dari sel (ion natrium dan kalium ini terdapat di dalam tubuh belut dalam konsentrasi tertentu sebagai bagian dari cairan didalam tubuhnya). Tegangan yang dihasilkan di sepanjang tumpukan sel-sel ini terus meningkat bahkan hingga potensial yang jauh lebih besar, yaitu hingga 600 volt. Cukup buat ngehidupin dapur kita Gan kalo sedang mati listrik. wkwkwk

Tim peneliti ini dipimpin oleh Profesor Biofisika di AMI, yaitu Michael Mayer, yang mulai merancang sumber listrik karena terinspirasi dari belut listrik ini yang bisa menghasilkan listrik berdasarkan perbedaan salinitas (kadar garam yang dalam hal ini adalah konsentrasi natrium dan kalium) antara kompartemen air tawar dan air asin yang dipisahkan oleh selaput ion-selektif. Lalu doi juga mengatur kompartemen dan membran ini dalam susunan yang berulang (tumpukannya hingga ratus-an tumpuk), seperti baterai yang ada di senter, yang memungkinkannya untuk menghasilkan 110 volt hanya dari garam dan air.

Hasilnya memang masih jauh dari efisiensi dan efektifitas sempurna dari kapasitas belut listrik, atau boleh dibilang, alatnya memang tidak bener2 mirip dengan tubuh belut listrik yang ajib itu. Tapi ini menjadi terobosan tersendiri dalam teknologi bio-battery atau sumber listrik bebasiskan organisme hidup.

Menurut Mayer, tantangan utama adalah bagaimana caranya untuk memasukkan energi metabolis tubuh, misalnya dengan memobilisasi perbedaan ion di zona seperti cairan perut, atau dengan mengubah energi otot mekanik menjadi energi listrik, yang kemudian dapat disimpan dan dilepaskan dari organ listrik buatan. Ane kurang paham juga arah pengembangan riset ini yang kalo menerka2 dari komentarnya Pakde Mayer ini, nantinya alat ini bisa dipasang di organ tubuh manusia untuk alat pacu jantung gitu (mungkin untuk orang-orang yang lemah hatinya, eh jantungnya). Jadi, jangan dibayangkan nanti manusia bisa menghasilkan listrik sendiri dari tubuhnya, itu mah terlalu ketinggian khayalnya.

Begini detail jelasnya bagaimana mereka membuat electrositdan hydrogel ini, sebagai berikut :

Quote:



Dan, beginilah bentuk atau penampakan dari alat ini :

Quote:


 "Terimakasih sudah membaca"


emoticon-Ultahemoticon-Ultahemoticon-Ultahemoticon-Ultahemoticon-Ultah

 
Quote:


n.b. Terimakasih kepada semua kaskuser, om momod dan om mimin yang telah menjadikan trit (yang bikin puyeung bintang tujuh) ini HT. tak lupa, terimakasih juga yang telah mengisi kulkas TS. Seger seger Gan. Hehehe.. Terimakasih banyak.
Diubah oleh adelioakins 16-04-2018 22:47
0
22.4K
137
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sains & Teknologi
Sains & Teknologi
icon
15.4KThread10.8KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.