News
Batal
KATEGORI
link has been copied
956
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ac1d7ee1854f72e638b457c/bandingkan-azan-dengan-kidung-ibu-indonesia-puisi-sukmawati-disoal
Baru-baru ini beredar video pembacaan puisi oleh Sukmawati Soekarnoputri yang di dalam bagiannya ada yang menyinggung mengenai azan dan cadar. Puisi ini dipersoalkan.
Lapor Hansip
02-04-2018 14:12

Bandingkan Azan dengan Kidung Ibu Indonesia, Puisi Sukmawati Disoal

Past Hot Thread
Jakarta - Baru-baru ini beredar video pembacaan puisi oleh Sukmawati Soekarnoputri yang di dalam bagiannya ada yang menyinggung mengenai azan dan cadar. Puisi ini dipersoalkan.

Bandingkan Azan dengan Kidung Ibu Indonesia, Puisi Sukmawati Disoal

Puisi itu dibacakan Sukmawati dalam acara 29 Tahun Anne Avantie Berkarya di Indonesia Fashion Week 2018. Sukmawati diberi kesempatan maju ke panggung dan membacakan Puisi 'Ibu Indonesia' karyanya sendiri.

Berikut isi lengkap puisi Sukmawati tersebut:

Ibu Indonesia

Aku tak tahu Syariat Islam
Yang kutahu sari konde ibu Indonesia sangatlah indah
Lebih cantik dari cadar dirimu
Gerai tekukan rambutnya suci
Sesuci kain pembungkus ujudmu
Rasa ciptanya sangatlah beraneka
Menyatu dengan kodrat alam sekitar
Jari jemarinya berbau getah hutan
Peluh tersentuh angin laut

Lihatlah ibu Indonesia
Saat penglihatanmu semakin asing
Supaya kau dapat mengingat
Kecantikan asli dari bangsamu
Jika kau ingin menjadi cantik, sehat, berbudi, dan kreatif
Selamat datang di duniaku, bumi Ibu Indonesia

Aku tak tahu syariat Islam
Yang kutahu suara kidung Ibu Indonesia, sangatlah elok
Lebih merdu dari alunan azan mu
Gemulai gerak tarinya adalah ibadah
Semurni irama puja kepada Illahi
Nafas doanya berpadu cipta
Helai demi helai benang tertenun
Lelehan demi lelehan damar mengalun
Canting menggores ayat ayat alam surgawi

Pandanglah Ibu Indonesia
Saat pandanganmu semakin pudar
Supaya kau dapat mengetahui kemolekan sejati dari bangsamu
Sudah sejak dahulu kala riwayat bangsa beradab ini cinta dan hormat kepada ibu Indonesia dan kaumnya.

Pengurus Persaudaraan Alumni 212, Kapitra Ampera telah menyimak video tersebut. Menurut Kapitra yang juga merupakan pengacara Habib Rizieq ini, ada dugaan pelanggaran dalam puisi itu.

"Saya mendapatkan video itu tadi pagi. Sudah saya cermati ada mengenai adzan dan cadar, menurut saya ada dugaan kuat mendiskreditkan agama," ujar, Kapitra Ampera kepada wartawan, Senin (2/4/2018).

Menurut Kapitra, Sukmawati tidak seharusnya membanding-bandingkan adzan dengan Kidung Pancasila. Adzan yang merupakan panggilan untuk ibadah, lanjut Kapitra, tidak bisa dibandingkan dengan hal lain.

"Jangan banding-bandingkan adzan. Adzan itu panggilan ibadah," tutur Kapitra.

Dihubungi terpisah, Sukmawati mengatakan apa yang disampaikannya adalah pendapat pribadi sebagai budayawan. Menurut Sukmawati tidak ada isu SARA saa sekali dalam puisi yang dibawakannya.

"Saya nggak ada SARA-nya. Di dalam saya mengarang puisi. Saya sebagai budayawati berperan bukan hanya sebagai Sukmawati saja, namun saya menyelami, menghayati khususnya ibu-ibu di beberapa daerah. Ada yang banyak tidak mengerti syariat Islam seperti di Indonesia timur di Bali dan daerah lain," kata Sukmawati.

https://m.detik.com/news/berita/d-39...kmawati-disoal

Kalo gak tau syariat baiknya belajar bu, bukan puisi menyudutkan...
Diubah oleh KaskusKreator
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 16 dari 51
Bandingkan Azan dengan Kidung Ibu Indonesia, Puisi Sukmawati Disoal
03-04-2018 10:40
padahal puisinya biasa aja emoticon-Bingung
kenapa ribut yak? apa yang diributin? ada masalah apa yak? emoticon-Bingung emoticon-Hammer2
Diubah oleh indrainiesta28
0 0
0
Bandingkan Azan dengan Kidung Ibu Indonesia, Puisi Sukmawati Disoal
03-04-2018 10:41
Quote:Original Posted By RANDOLP

Bukan begitu maksud nya.

Adzan itu adalah sebuah reminder setiap hari nya untuk umat islam melakukan kewajiban nya, berhubung karena bumi berputar selalu pada poros nya, setiap minggu nya adzan akan lebih maju atau mundur 1-2 menit, inilah fungsi adzan.


Sekali sehari hari masih oke. Itu termasuk kewajiban agamamu, tidak ada yang mempermasalahkan azan jam 6 sore. Tapi memutar rekaman dengan speaker luar diarahkan ke pemukiman non-muslim setiap hari jam 4 pagi? Apakah itu termasuk akal sehat?

Quote:Original Posted By RANDOLP

Di luar pembahasan merdu atau tidak itu ada adalah penilaian relatif. Adzan adalah pengingat bukan nyanyian atau pun kidung. Adzan adalah pengingat sholat.


Suara anak-anak buta nada yang dikeraskan dengan volume maksimal tidak merdu. Itu penilaian objektif.

Quote:Original Posted By RANDOLP

Kami umat muslim tidak pernah merendahkan segala di luar agama kami, kalian merayakan natal, nyepi dan lain nya, kami tidak pernah mau pusing, tapi kenapa adzan di bandingkan dengan nyanyian seorang ibu, sekali lagi adzan bukan lah sebuah nyanyian, kodratnya adalah sebuah reminder atau pengingat.


Merendahkan agama lain sering dilakukan oleh saudara-saudara seimanmu, tapi tidak ada organisasi Islam di Indonesia yang berani mengecam mereka secara publik. Kalian seperti kakak yang tidak berani menghukum adiknya sendiri, tapi saat nama keluargamu dihina kalian marah.

Quote:Original Posted By RANDOLP

Maka jika sebuah pengingat itu di permasalahkan pasti kami geram, apakah para agama lain akan diam saja jika kita sebut nyanyian lagu natal tidak merdu dan tidak enak di dengar yang di dalam gereja sana bernyanyi dalam nada DO yang sama.


Kewajiban agama manapun tidak boleh sampai mengganggu agama lain. Jika lagu natal dikumandangkan dengan toa luar dan yang menyanyikan juga buta nada, walaupun hanya sekali setahun, itu namanya mengganggu.

Quote:Original Posted By RANDOLP

Kesalahan nya adalah, dia membandingkan nyanyian dengan adzan, jadi para agan kaskus di sini jangan kembali menyerang kita, kita memang wajib dan harus menjaga agama , dan kita memang harus fanatik dengan agama kita, tidak bedanya agama lain wajib fanatik dengan keimanan nya masing2.


Membenarkan fanatisme, apalagi memandang itu sebagai hal yang baik, adalah hal yang bodoh. Apapun jika berlebihan malah akan overdosis dan memicu perperangan.
Diubah oleh levyrtrow
0 0
0
Bandingkan Azan dengan Kidung Ibu Indonesia, Puisi Sukmawati Disoal
03-04-2018 10:42
Quote:Original Posted By mamahmeong
ya ampun, ente belajar islam lagi deh.. kan keliatan kalo ente ogeb kalo ga ngerti alquran dan alhadits tapi langsung nyerocos aja.. orang2 macem ente nih yg bikin orang islam makin terpuruk.. belajar lagi agama islamnya.. terutama alquran dan alhadits..emoticon-Big Grin


yang salah dimana? kita ketemu langsung aja bung. saya lebih fokus jika berbicara dengan lawan, secara langsung. geantlekah?
0 0
0
Bandingkan Azan dengan Kidung Ibu Indonesia, Puisi Sukmawati Disoal
03-04-2018 10:42
Gak tau syariat ngulek aja di rumah nek... Sirihnya udah abis emang?
0 0
0
Bandingkan Azan dengan Kidung Ibu Indonesia, Puisi Sukmawati Disoal
03-04-2018 10:43
Baiknya jangan baper sih, karena karya seni itu dari hati.
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 12
Bandingkan Azan dengan Kidung Ibu Indonesia, Puisi Sukmawati Disoal
03-04-2018 10:44

Ngaco lagi nih.

Quote:Original Posted By Edgun86


Tolong dijawab simple bung, orang Kristen itu kalian sebut kafir atau gak? Jawabannya cuman ya dan tidak loh emoticon-Smilie


Islam itu tidak ada kalian om, islam merupakan sebuah ajaran agama, apa yang kita sebutkan dan katakan, merupakan hal yang memang ada di dalam alquran.

Mohon maaf jika bukan agama islam, maka di sebutkan dalam alquran adalah kafir. Tapi kita juga di ajarkan untuk tidak meneriaki agama lain kafir kafir dan kafir. Kafir itu hanya istilah yang ada di dalam alquran, ingat di dalam alquran yang sudah lama, anda dan saya bukan siapa2 hanyalah umat yang mengikuti apa yang ada di kitab masing2.
0 0
0
Bandingkan Azan dengan Kidung Ibu Indonesia, Puisi Sukmawati Disoal
03-04-2018 10:44
Mudah2 an agan & aganwati semua mendapat hidayah, biar ga pada berantem lagi...aamiin
0 0
0
Bandingkan Azan dengan Kidung Ibu Indonesia, Puisi Sukmawati Disoal
03-04-2018 10:45
Quote:Original Posted By hendrihens
yang salah dimana? kita ketemu langsung aja bung. saya lebih fokus jika berbicara dengan lawan, secara langsung. geantlekah?


disini aja gan, lebih menarik
0 0
0
Bandingkan Azan dengan Kidung Ibu Indonesia, Puisi Sukmawati Disoal
03-04-2018 10:45
Org2 macam dia ini yg bikin masalah SARA g selesai2, apalagi pemerintah mendukung....
Hancurlah sudah bhineka tunggal ika
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 12
Bandingkan Azan dengan Kidung Ibu Indonesia, Puisi Sukmawati Disoal
03-04-2018 10:47
Quote:Original Posted By RANDOLP
Islam itu tidak ada kalian om, islam merupakan sebuah ajaran agama, apa yang kita sebutkan dan katakan, merupakan hal yang memang ada di dalam alquran.

Mohon maaf jika bukan agama islam, maka di sebutkan dalam alquran adalah kafir. Tapi kita juga di ajarkan untuk tidak meneriaki agama lain kafir kafir dan kafir. Kafir itu hanya istilah yang ada di dalam alquran, ingat di dalam alquran yang sudah lama, anda dan saya bukan siapa2 hanyalah umat yang mengikuti apa yang ada di kitab masing2.


Bukannya agama lain itu istilahnya Musryik?
0 0
0
Bandingkan Azan dengan Kidung Ibu Indonesia, Puisi Sukmawati Disoal
03-04-2018 10:48
Quote:Original Posted By hendrihens


hati" anda berstatemen bung. masalah pahal dan dosa yang di gali, adalah masalah individual.
tp jika yang di singgung hal" sensitif berkaitan hak menganut agama, jelas siapapun dimanapun muslim merasa ditombak hatinya.

yang jadi masalah, kenapa haru membawa agama?

agama mu, ya agamamu dan agamaku, ya agamaku.

kalo menurut kalian (non muslim) adzan itu skedar suara. yoweis, itu hak kalian, cukup kalian benci di hati, jangan di angkat jadi bahan olok"an dan tdk sesekali menyinggung.
ingat, indonesia mayoritas muslim.


benul itu ,tetapi kadang sesama muslim pun akan merasa terganggu dengan suara adzan , sholat yang terlalu keras ... bagaimana orang tua yang sakit ? atau bayi yang sedang tidur ?

kamu berbicara gini soalnya rumahmu jauh Dari masjid , coba bersebelahan ...

0 0
0
Bandingkan Azan dengan Kidung Ibu Indonesia, Puisi Sukmawati Disoal
03-04-2018 10:49
Quote:Original Posted By vasilias


Bukannya agama lain itu istilahnya Musryik?

Bukan. Cek https://id.m.wikipedia.org/wiki/Musyrik
0 0
0
Bandingkan Azan dengan Kidung Ibu Indonesia, Puisi Sukmawati Disoal
03-04-2018 10:50
Bandingkan Azan dengan Kidung Ibu Indonesia, Puisi Sukmawati Disoal lho emang nya kenapa di bilang KAFIR...kan emang benar kafir orang di luar islam..

klo mayoritas di luar sono lbh parah lagi...lbh gak ada indah2 nya,,
sampe jam tidur pun di bunyiin...

0 0
0
Bandingkan Azan dengan Kidung Ibu Indonesia, Puisi Sukmawati Disoal
03-04-2018 10:50
Manusia yg kepalanya sering dibungkus, gampang bener tersinggung nya.
Mungkin karena sering dibungkus tadi dan dibenturkan, otaknya gampang panas dan korslet.
Segala macam yg ada kaitannya dengan Allah, dikultuskan dan yg gak sepakat jadi musuh.
Agama oh agama! Bukannya menyatukan, malah menceraikan.
Bukannya mencerdaskan, malah membutakan dan membodohkan.
Kasian Allah, namanya dipinjam oleh orang-orang pekok mati nalar, untuk cari pembenaran atas kelakuan gobloknya.
0 0
0
Bandingkan Azan dengan Kidung Ibu Indonesia, Puisi Sukmawati Disoal
03-04-2018 10:50
Pengalihan isuuuuuu?
0 0
0
Bandingkan Azan dengan Kidung Ibu Indonesia, Puisi Sukmawati Disoal
03-04-2018 10:51
Quote:Original Posted By cloud.666
Bukan. Cek https://id.m.wikipedia.org/wiki/Musyrik


Kalo ane baca kalo Kafir tu emang bukan agama Islam, kalo Musyrik tuh menganggap ada Tuhan selain Allah, kek sama... Bingung
0 0
0
Bandingkan Azan dengan Kidung Ibu Indonesia, Puisi Sukmawati Disoal
03-04-2018 10:52
[QUOTE=levyrtrow;5ac2f7f56208816f1f8b456f]

Sekali sehari hari masih oke. Itu termasuk kewajiban agamamu, tidak ada yang mempermasalahkan azan jam 6 sore. Tapi memutar rekaman dengan speaker luar diarahkan ke pemukiman non-muslim setiap hari jam 4 pagi? Apakah itu termasuk akal sehat?

Mohon maap, kita sholat fardhu wajib 5x sehari, maka adzan 5x sehari, bumi berputar pada porosnya sehingga adzan akan maju atau mundur 1-2 menit setiap hari, minggu , dan bulan.

Suara anak-anak buta nada yang dikeraskan dengan volume maksimal tidak merdu. Itu penilaian objektif.

Karena adzan bukan nyanyian, ingat adzan reminder, atau alarm untuk sholat.

Merendahkan agama lain sering dilakukan oleh saudara-saudara seimanmu, tapi tidak ada organisasi Islam di Indonesia yang berani mengecam mereka secara publik. Kalian seperti kakak yang tidak berani menghukum adiknya sendiri, tapi saat nama keluargamu dihina kalian marah.

Bisa tolong di sebutkan yang mana, karena dalam alquran tidak pernah mengajarkan seperti itu. Jika anda dengar, silahkan anda ajukan somasi,karena itu hanyalah oknum

Kewajiban agama manapun tidak boleh sampai mengganggu agama lain. Jika lagu natal dikumandangkan dengan toa luar dan yang menyanyikan juga buta nada, walaupun hanya sekali setahun, itu namanya menggangoknum

Mengganggu itu relatif gan, adzan tidak sampai 5 menit, manusia tidur malam 8-10jam, kita hanya adzan 5 menit. Tergantung bagaimana cara pandang nya

Membenarkan fanatisme, apalagi memandang itu sebagai hal yang baik, adalah hal yang bodoh. Apapun jika berlebihan malah akan overdosis dan memicu perperangan.[/QUOTEnya

Fanatisme positif di benarkan, bagaimana jika alkitab mengajarkan tidak boleh makan babi tapi umat nya tetap makan babi ? Tergantung dari cara mana anda memandang bos.
0 0
0
Bandingkan Azan dengan Kidung Ibu Indonesia, Puisi Sukmawati Disoal
03-04-2018 10:53
Quote:Original Posted By suitsuitheyhey




Chairil anwar puisi yg mana yg bawa2 agama org lain?



Puisi yang judulnya Isa.


Isa

kepada nasrani sejati

Itu Tubuh
mengucur darah
mengucur darah

rubuh
patah

mendampar tanya: aku salah?

kulihat Tubuh mengucur darah
aku berkaca dalam darah

terbayang terang di mata masa
bertukar rupa ini segara

mengatup luka

aku bersuka

Itu Tubuh
mengucur darah
mengucur darah

0 0
0
Halaman 16 dari 51
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia