News
Batal
KATEGORI
link has been copied
86
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5abee88cc1d77060368b4567/berita-foto-prosesi-jalan-salib-di-sangalla-dan-makale-tana-toraja
KAREBATORAJA.COM, SANGALLA — Peringatan sengsara, penyaliban, dan wafat Yesus Kristus, yang biasa dikenal dengan Jumat Agung, dirayakan oleh umat Katolik dan Kristen di Toraja, Jumat pagi, 30 Maret 2018. Beragam cara dilakukan umat dan anggota jemaat dalam memperingati peristiwa pilu 2000 tahun yang lalu itu. Meski begitu, umat dan anggota jemaat meyakini bahwa kematian Yesus di kayu salib merup
Lapor Hansip
31-03-2018 08:46

BERITA FOTO: Prosesi Jalan Salib di Sangalla dan Makale, Tana Toraja

Quote:KAREBATORAJA.COM, SANGALLA — Peringatan sengsara, penyaliban, dan wafat Yesus Kristus, yang biasa dikenal dengan Jumat Agung, dirayakan oleh umat Katolik dan Kristen di Toraja, Jumat pagi, 30 Maret 2018.
BERITA FOTO: Prosesi Jalan Salib di Sangalla dan Makale, Tana Toraja

Beragam cara dilakukan umat dan anggota jemaat dalam memperingati peristiwa pilu 2000 tahun yang lalu itu. Meski begitu, umat dan anggota jemaat meyakini bahwa kematian Yesus di kayu salib merupakan kemenangan bagi seluruh pengikutnya di dunia.
BERITA FOTO: Prosesi Jalan Salib di Sangalla dan Makale, Tana Toraja
Di Gereja Katolik Paroki Sangalla, peringatan Jumat Agung dilaksanakan dalam bentuk teatrikal (tablo) peristiwa kematian Yesus, sejak diadili oleh Pontius Pilatus, lalu memikul salib melalui lorong-lorong kota Yarusalem (via Dolorosa), hingga disalibkan di bukit Golgota (bukit tengkorak).
BERITA FOTO: Prosesi Jalan Salib di Sangalla dan Makale, Tana Toraja
Aksi teatrikal serupa juga dilaksanakan oleh anggota jemaat Gereja Toraja Jemaat Moria, Tondon, Makale.
BERITA FOTO: Prosesi Jalan Salib di Sangalla dan Makale, Tana Toraja
Teatrikal jalan salib dengan pemeran utama Yesus, para serdadu, dan pemeran lainnya ini dimulai dari halaman Pastoral Sangalla menuju ke Gereja Paroki Sangalla. Ribuan umat dari berbagai stasi yang ada di Sangalla mengiringi jalan salib ini.
BERITA FOTO: Prosesi Jalan Salib di Sangalla dan Makale, Tana Toraja
Para pemeran teatrikal jalan salib terlihat menjalankan adegan demi adegan sesuai yang tertulis dalam Kitab Suci Injil. Karena sedihnya perjalanan dan pengorbanan yang dijalani oleh Yesus, tak sedikit umat dan anggota jemaat yang menitikan air mata. Beberapa diantaranya terlihat menangis tersedu-sedu.
BERITA FOTO: Prosesi Jalan Salib di Sangalla dan Makale, Tana Toraja
Pastor Paroki Sangalla, Bartholomeus Pararak dan Pastor Kapelan Alfius Tandirassing, terlihat ikut dalam prosesi jalan salib ini.


Prosesi jalan salib di Gereja Toraja Jemaat Moria Tondon, Makale, yang diikuti ratusan warga jemaat setempat.
Dari Gereja Toraja Jemaat Moria Tondon, Makale, seorang warga jemaat Luther Lawang, melaporkan prosesi jalan salib diikuti ratusan warga jemaat setempat. Prosesi jalan salib dilaksanakan pada pagi hari dan dipimpin oleh Pdt Yohanis Metris. Juga dihadiri oleh Pdt. Semuel Panggalo dan Pdt Nathan Simak.

Prosesi jalan salib yang berlangsung kurang lebih dua jam dan berjalan tertib serta lancar. (Arthur/video capture: Paul T, Luther L)

https://www.karebatoraja.com/berita-foto-prosesi-jalan-salib-di-sangalla-dan-makale-tana-toraja/


emoticon-Angel

0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 5 dari 5
BERITA FOTO: Prosesi Jalan Salib di Sangalla dan Makale, Tana Toraja
02-04-2018 16:30
Quote:Original Posted By bani.bahlool


- Jalan hidup... apa nyari air, mandi, tidur, termasuk politik?... -

- berdosa bukan berarti perang... ini aja sudah tendensius... -


Dari surat nabimu ke kerajaan persia saja sudah diketahui bahwa dia cuma false prophet.

Bahkan nabi2 israel gak pernah berperang demi menyebarkan agamanya. Mereka berperang demi tanah kanaan.

Apalagi loe ngomong soal kristen, tidak ada satupun murid2 yesus yang menyebarkan injil dengan perang.

Bahkan yg kalian tuduh belanda menjajah dan menyebarkan kristen pun tidak pernah melakukan pemaksaan kayak nabimu, jika iya maka kristen sudah jadi agama mayoritas diindownsia.

Aneh kenapa moslwm bisa tersebar di indonesia yg dulu hindu dan budha. Karena pakai jizyah makanya akhirnya convert ke moslwm.

---

Jalan hidup?
Tuhanmu terlalu sibuk mengurusi kehidupan nabimu sampe2 urusan selangkangan nabimu saja ada ayat yg turun. Sampe2 tuhanmu lupa nurunin ayat ttg SUNAT .. padahal loe bilang agamamu jalan hidup.


Salah satu membuktikan kenapa tuhan kalian bukankah tuhan yang sama dengan tuhannya ABRAHAM adalah pengetahuan kalian sial sunat. Kalian sunat karena KETIDAKTAHUAN kalian mengenai SUNAT.
0 0
0
BERITA FOTO: Prosesi Jalan Salib di Sangalla dan Makale, Tana Toraja
02-04-2018 17:35
Quote:Original Posted By tante.vero.bitc
Kasian tuhannya harus nebus dosa umat nastaik yang doyan bool.

Seharusnya nastaik minimal.menghargai pengorbanan tuhan. Demi nebus dosa lu pada harus rela di siksa di zolimi, sama yahudi.
Hehee


Ngakak gan
0 0
0
BERITA FOTO: Prosesi Jalan Salib di Sangalla dan Makale, Tana Toraja
02-04-2018 18:22
Quote:Original Posted By bhiineekaa


Dari surat nabimu ke kerajaan persia saja sudah diketahui bahwa dia cuma false prophet.

Bahkan nabi2 israel gak pernah berperang demi menyebarkan agamanya. Mereka berperang demi tanah kanaan.

Apalagi loe ngomong soal kristen, tidak ada satupun murid2 yesus yang menyebarkan injil dengan perang.

Bahkan yg kalian tuduh belanda menjajah dan menyebarkan kristen pun tidak pernah melakukan pemaksaan kayak nabimu, jika iya maka kristen sudah jadi agama mayoritas diindownsia.

Aneh kenapa moslwm bisa tersebar di indonesia yg dulu hindu dan budha. Karena pakai jizyah makanya akhirnya convert ke moslwm.

---

Jalan hidup?
Tuhanmu terlalu sibuk mengurusi kehidupan nabimu sampe2 urusan selangkangan nabimu saja ada ayat yg turun. Sampe2 tuhanmu lupa nurunin ayat ttg SUNAT .. padahal loe bilang agamamu jalan hidup.


Salah satu membuktikan kenapa tuhan kalian bukankah tuhan yang sama dengan tuhannya ABRAHAM adalah pengetahuan kalian sial sunat. Kalian sunat karena KETIDAKTAHUAN kalian mengenai SUNAT.

Semua nabi juga mengajak menyembah Tuhan, kebetulan Nabi Muhammad mengajak ada bukti dalam bentuk surat karena merupakan nabi pertama dalam dunia modern dan nabi terakhir di dunia ini, meskipun dibilang false prophet oleh kalian, tapi nabi inilah yang authentic dari Abrahamic adanya, sambung menyambung riwayatnya sampai hari ini...

Kalau nabi yang lain umat menantang maka diturunkan azab langsung dari langit, kalau yang ini lain, karena memang bukan zamannya...

Dan, Islam itu bukan mengenai satu kaum, tapi mengenai manusia dan alamnya... Nabi terdahulu untuk suatu kaum, bukan manusia...

Tuh kan, khitan itu dianggap ritual padahal lebih dari itu... padahal maksudnya adalah bersuci, membuang kotoran yang selalu nempel di sono... nanti nyambungnya ke sah atau tidaknya sholat... Kalau mau repot ya gak usah dikhitan, tapi tiap kali bersihin itu dulu sampe dalem2nya... Kenapa hukum khitan wajib?... ya karena hukum sholat itu wajib...

Tuhan itu satu, bukan kakek2, bukan berjanggut dan berjubah... bukan seperti apapun yang terpikirkan oleh akal... Kalau terpikir oleh akal, itu bukan Tuhan... "sebuah waktu" ciptaanNya saja tidak bisa digambar, apalagi sang penguasa waktu... Emang ada Tuhan selain itu?... kalau dewa2 sih banyak...

Kalo gak ngaji ya mana sistematis pemikirannya, apalagi dibumbui kebencian...
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support17
BERITA FOTO: Prosesi Jalan Salib di Sangalla dan Makale, Tana Toraja
02-04-2018 18:54
Quote:Original Posted By ntapzzz


Mantap betul emoticon-Shakehand2



Indonesia akan tetap damai jika masyarakat nya khusyuk dan tenang menjalankan ibadahnya masing-masing serta toleransi pastinya emoticon-Shakehand2



Ane tandai, nanti kalau ijo-ijo nya sudah matang ane balik lagi emoticon-Hansip


yg ciao kesini aja bre emoticon-Embarrassment
0 0
0
BERITA FOTO: Prosesi Jalan Salib di Sangalla dan Makale, Tana Toraja
02-04-2018 19:21
Quote:Original Posted By bhinnekax


Pantesan diketawain sama orang yahudi dulu ya pas dia bilang bahwa dia nabi ke orang yahudi di madinah

Karena ketidaktahuannya Salah satu tanda nabi muhammad adalah 'seal of prophethood between his shoulder' .. pantes aja diketawain orang yahudi.

Trus ngirim surat2 ancaman ke kerajaan2 sekitarnya supaya menganut islam dan mengakui dia sebagai nabi <---- mana pernah tuhannya abraham mengancam manusia jika tidak pindah agama maka akan perang 😄

- Nabi pertama dalam dunia modern? Dunianya dia dunia kuno. Bahkan penulisan kitab saja sudah dilakukan oleh nabi ribuan tahun sebelum dia.

- authentic abrahamic? Kalau kalian tau ajarab abraham kalain tau apa itu SUNAT 😄

- islam bukan suatu kaum dan untuk seluruh manusia? Jadi kenapa kalian harus pakai bahasa arab? Kenapa berdoa kiblat ke Mekah?
- islam bukan suatu kaum tapi loe ngaku authentic abrahamic? Abrahamic itu kaum.

- tuhan itu bukan kakek2? Tapi kalian ambil tuhan yg namanya allah yg adalah the chief god of kaabah yg punya anak al-lat al uzza dan manat. Cuma kemudian disangkal hehehe

Tuhan kalian beda dengan tuhannya ABRAHAM.


Kalau soal kebencian ya yakin gak ada yg bisa ngalahin kalian bagaimana bencinya kalian sama yahudi sama kafir dll

Musuh islam .. musuh allah .. itu semua konsep kalian. Gak ada ajaran abrahamic yg mengatakan tuhannya punya musuh

Makanya, ngaji tuh yang bener... bukan ke yang profesinya memang dengki...
0 0
0
BERITA FOTO: Prosesi Jalan Salib di Sangalla dan Makale, Tana Toraja
02-04-2018 19:27
Gw jadi males berdebat, main kloningan ternyata... kalau profesi lu juga memang itu, ya gak mungkin ane jelasin sampe tangan patah juga....
0 0
0
BERITA FOTO: Prosesi Jalan Salib di Sangalla dan Makale, Tana Toraja
02-04-2018 19:49
Quote:Original Posted By rakusentai
wakakaka nnjirr tuhan kok manusia.
emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak

Big joke ever


Ciptaan-Nya (semesta & isinya) saja sulit dipahami, apalagi Sang Pencipta emoticon-Smilie
0 0
0
BERITA FOTO: Prosesi Jalan Salib di Sangalla dan Makale, Tana Toraja
02-04-2018 20:00
Quote:Original Posted By rakusentai
wakakaka nnjirr tuhan kok manusia.
emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak

Big joke ever


Setuju
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support17
BERITA FOTO: Prosesi Jalan Salib di Sangalla dan Makale, Tana Toraja
03-04-2018 06:39
Quote:Original Posted By bhinnekax


Alhamdulilah gw kafir sejak lahir bray
Dan menurut QS 10.94 kafir malah derajatnya lebih tinggi dibandingkan non kafir karena kami adalah tempat bertanya nabi kalian


Yang penting teruslah belajar, dan jangan berhenti menjadi manusia...
0 0
0
Halaman 5 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia