News
Batal
KATEGORI
link has been copied
86
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5abee88cc1d77060368b4567/berita-foto-prosesi-jalan-salib-di-sangalla-dan-makale-tana-toraja
KAREBATORAJA.COM, SANGALLA — Peringatan sengsara, penyaliban, dan wafat Yesus Kristus, yang biasa dikenal dengan Jumat Agung, dirayakan oleh umat Katolik dan Kristen di Toraja, Jumat pagi, 30 Maret 2018. Beragam cara dilakukan umat dan anggota jemaat dalam memperingati peristiwa pilu 2000 tahun yang lalu itu. Meski begitu, umat dan anggota jemaat meyakini bahwa kematian Yesus di kayu salib merup
Lapor Hansip
31-03-2018 08:46

BERITA FOTO: Prosesi Jalan Salib di Sangalla dan Makale, Tana Toraja

Quote:KAREBATORAJA.COM, SANGALLA — Peringatan sengsara, penyaliban, dan wafat Yesus Kristus, yang biasa dikenal dengan Jumat Agung, dirayakan oleh umat Katolik dan Kristen di Toraja, Jumat pagi, 30 Maret 2018.
BERITA FOTO: Prosesi Jalan Salib di Sangalla dan Makale, Tana Toraja

Beragam cara dilakukan umat dan anggota jemaat dalam memperingati peristiwa pilu 2000 tahun yang lalu itu. Meski begitu, umat dan anggota jemaat meyakini bahwa kematian Yesus di kayu salib merupakan kemenangan bagi seluruh pengikutnya di dunia.
BERITA FOTO: Prosesi Jalan Salib di Sangalla dan Makale, Tana Toraja
Di Gereja Katolik Paroki Sangalla, peringatan Jumat Agung dilaksanakan dalam bentuk teatrikal (tablo) peristiwa kematian Yesus, sejak diadili oleh Pontius Pilatus, lalu memikul salib melalui lorong-lorong kota Yarusalem (via Dolorosa), hingga disalibkan di bukit Golgota (bukit tengkorak).
BERITA FOTO: Prosesi Jalan Salib di Sangalla dan Makale, Tana Toraja
Aksi teatrikal serupa juga dilaksanakan oleh anggota jemaat Gereja Toraja Jemaat Moria, Tondon, Makale.
BERITA FOTO: Prosesi Jalan Salib di Sangalla dan Makale, Tana Toraja
Teatrikal jalan salib dengan pemeran utama Yesus, para serdadu, dan pemeran lainnya ini dimulai dari halaman Pastoral Sangalla menuju ke Gereja Paroki Sangalla. Ribuan umat dari berbagai stasi yang ada di Sangalla mengiringi jalan salib ini.
BERITA FOTO: Prosesi Jalan Salib di Sangalla dan Makale, Tana Toraja
Para pemeran teatrikal jalan salib terlihat menjalankan adegan demi adegan sesuai yang tertulis dalam Kitab Suci Injil. Karena sedihnya perjalanan dan pengorbanan yang dijalani oleh Yesus, tak sedikit umat dan anggota jemaat yang menitikan air mata. Beberapa diantaranya terlihat menangis tersedu-sedu.
BERITA FOTO: Prosesi Jalan Salib di Sangalla dan Makale, Tana Toraja
Pastor Paroki Sangalla, Bartholomeus Pararak dan Pastor Kapelan Alfius Tandirassing, terlihat ikut dalam prosesi jalan salib ini.


Prosesi jalan salib di Gereja Toraja Jemaat Moria Tondon, Makale, yang diikuti ratusan warga jemaat setempat.
Dari Gereja Toraja Jemaat Moria Tondon, Makale, seorang warga jemaat Luther Lawang, melaporkan prosesi jalan salib diikuti ratusan warga jemaat setempat. Prosesi jalan salib dilaksanakan pada pagi hari dan dipimpin oleh Pdt Yohanis Metris. Juga dihadiri oleh Pdt. Semuel Panggalo dan Pdt Nathan Simak.

Prosesi jalan salib yang berlangsung kurang lebih dua jam dan berjalan tertib serta lancar. (Arthur/video capture: Paul T, Luther L)

https://www.karebatoraja.com/berita-foto-prosesi-jalan-salib-di-sangalla-dan-makale-tana-toraja/


emoticon-Angel

0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 4 dari 5
BERITA FOTO: Prosesi Jalan Salib di Sangalla dan Makale, Tana Toraja
31-03-2018 23:18
Quote:Original Posted By bhiineekaa


Haduh Bray
Kenapa repot amat ngurusin agama lain? Tanggal maulid nabimu udah benar belum? Coba urus itu aja dulu.

Nah kalau udah selesai jangan lupa minum kencing unta ya

https://muslim.or.id/19559-kapan-tanggal-lahir-nabi-muhammad.html


Naataik sewot klo diurusin agamanya, pdhl dia suka ngurusin agama lain provokasi sana sini emoticon-Ngakak
0 0
0
BERITA FOTO: Prosesi Jalan Salib di Sangalla dan Makale, Tana Toraja
31-03-2018 23:19
Quote:Original Posted By ba.dum.tss4


tiang salib itu adalah sarana hukuman mati di era kekaisaran romawi, persis kayak kursi listrik jaman sekarang

ada 3 sisi perspektif di sini:

* semua orang yahudi dan tentara romawi waktu itu sih ngeliatnya yesus itu kriminal/buronan yang dihukum mati di tiang salib, sampai sekarang orang yahudi meyakini yesus itu sebagai pembawa ajaran sesat

* orang kristiani/nasrani meyakini yesus mati di tiang salib untuk penebusan dosa manusia, maka dianggap sebagai anak Tuhan atau Tuhan

* orang islam meyakini yesus gak disalib, tapi diselamatkan oleh Tuhan karena dia adalah seorang Rasul/Nabi

dilihat dari sejarah, selain yesus dari nazareth ini, ada ribuan (mungkin puluh ribuan) orang lainnya yang juga mati dihukum di tiang salib, klausa utama hukuman mati di salib itu bila seseorang melakukan kegiatan kriminal berat atau pemberontakan, salah satu contohnya adalah pemberontakan budak yang dipimpin spartacus, spartacusnya kabur, tapi sekitar 6000 budak yang dia pimpin dihukum mati di tiang salib di sepanjang jalan dari tempat perangnya hingga tempat asalnya tentara romawi

pertanyaannya, kenapa orang romawi pakai salib segala buat sarana hukuman mati, padahal penggal atau tusuk pakai pedang kan selesai, kenapa harus repot pakai salib segala dan dipertontonkan juga ke rakyatnya, jawabannya: kekaisaran romawi itu kan emperium yang hegemoninya wah banget waktu itu, jadi salib ini selain sebagai sarana hukuman mati, juga bagi penanda dan pengingat bagi semua rakyatnya, kalau macam macam dengan kekaisaran romawi, lu akan berakhir kayak gini nih (disalib), maka lu jangan macam2, jadi salib ini juga semacam alat untuk meredam pemberontakan/pengkhianatan terhadap kaisar romawi


Kalau dibunuh pakai kursi listrik, ntar kalung rosario nya bukan salib dong gan? Tapi..
0 0
0
BERITA FOTO: Prosesi Jalan Salib di Sangalla dan Makale, Tana Toraja
31-03-2018 23:47
Quote:Original Posted By garenkpong


Naataik sewot klo diurusin agamanya, pdhl dia suka ngurusin agama lain provokasi sana sini emoticon-Ngakak


Yg paying suka ngurusin agama lain ya agamanya so nabi pedo
0 0
0
BERITA FOTO: Prosesi Jalan Salib di Sangalla dan Makale, Tana Toraja
01-04-2018 03:41
Quote:Original Posted By bhiineekaa


😄😄 bener
Nabimu aja gak ketahuan pas lahirnya
Kitab sucimu aja gak ada nyatet tanggal lahirnya 😄😄

Sudahlah dari link nya aja udah ketahuan kok masih banyak debat kapan nabimu lahir

Oh iya pas dia nikahin si aiysha 6 tahun dan pas dia ngembat istri anak angkatnya dicatat juga gak tanggalnya?

Udah jelas, yaitu senin, rabiul awal, tahun gajah... Ilmu falak jatuh 9 rabiul awal...
Kenapa 12 rabiul awal diperingati?... karena disuruh Sultan Saladin... Simpel kan?...

Kok ngomong Aisya... gak ngomong janda2 tua lainnya?... Karena gak menarik ya?...
0 0
0
BERITA FOTO: Prosesi Jalan Salib di Sangalla dan Makale, Tana Toraja
01-04-2018 04:37
Quote:Original Posted By bhiineekaa
Yg paying suka ngurusin agama lain ya agamanya so nabi pedo


Quote:Original Posted By bani.bahlool
Udah jelas, yaitu senin, rabiul awal, tahun gajah... Ilmu falak jatuh 9 rabiul awal...
Kenapa 12 rabiul awal diperingati?... karena disuruh Sultan Saladin... Simpel kan?...

Kok ngomong Aisya... gak ngomong janda2 tua lainnya?... Karena gak menarik ya?...


udahlah oom kalo bahas gini enak nya sambil ngupi 1 meja emoticon-Big Grin
0 0
0
BERITA FOTO: Prosesi Jalan Salib di Sangalla dan Makale, Tana Toraja
01-04-2018 04:43
Quote:Original Posted By playboy75




udahlah oom kalo bahas gini enak nya sambil ngupi 1 meja emoticon-Big Grin


Iya... gw minta maaf kalo ngomong agak menyinggung, jadi aja dibales kedengkian... esensinya sih cuma mau nanya, kok paskah lunisolar, tapi natal fixed date... malah nyambung ke yang gak nyambung...
0 0
0
BERITA FOTO: Prosesi Jalan Salib di Sangalla dan Makale, Tana Toraja
01-04-2018 16:00
Quote:Original Posted By bani.bahlool

Udah jelas, yaitu senin, rabiul awal, tahun gajah... Ilmu falak jatuh 9 rabiul awal...
Kenapa 12 rabiul awal diperingati?... karena disuruh Sultan Saladin... Simpel kan?...

Kok ngomong Aisya... gak ngomong janda2 tua lainnya?... Karena gak menarik ya?...


Udah jelas2 bahkan kalian sendiri gak jelas ttg tanggalnya kok. Ngurusin agama orang lain sementara agama sendiri gak jelas. loe bilang natal tanggalnya salah tapi tanggal maulidmu aja gak jelas


Janda2 tua? Janda2 yg mana yang dikimpoii nabimu demi supaya dia terikat dengan klan2 di mekah dan madinah dulu ya? Aisyah kan juga dikimpoii demi politik hehehe

Yang dikimpoii demi nafsu itu istrinya si zaid ya? Istri si zaid itu masih muda atau sudah tua bray? Masak ISTRI ANAK angkat sendiri DIEMBAT. Dan anehnya kalian gak baca bahwa tuhannya daud memarahi daud karena menikahi istri tentaranya? Dan kalian malah terima bahwa tuhan yg sama menurunkan ayat demi nabinya bisa nikahin istri anak tirinya? kalau loe kritis terhadap metode penanggalan kok gak kritis terhadap fakta?


Diubah oleh bhiineekaa
0 0
0
BERITA FOTO: Prosesi Jalan Salib di Sangalla dan Makale, Tana Toraja
01-04-2018 16:03
Quote:Original Posted By bhiineekaa


Udah jelas2 bahkan kalian sendiri gak jelas ttg tanggalnya kok

Ngurusin agama orang lain sementara agama sendiri gak jelas


Janda2 tua? Janda2 yg mana yang dikimpoii nabimu demi supaya dia terikat dengan klan2 di mekah dan madinah dulu ya?

Aisyah kan juga dikimpoii demi politik hehehe

Yang dikimpoii demi nafsu itu istrinya si zaid ya? Istri si zaid itu masih muda atau sudah tua bray? Masak ISTRI ANAK angkat sendiri DIEMBAT. Dan anehnya kalian gak baca bahwa tuhannya daud memarahi daud karena menikahi istri tentaranya? Dan kalian malah terima bahwa tuhan yg sama menurunkan ayat demi nabinya bisa nikahin istri anak tirinya? kalau loe kritis terhadap metode penanggalan kok gak kritis terhadap fakta?



Itulah kalo belajar gak dari kitab...
0 0
0
BERITA FOTO: Prosesi Jalan Salib di Sangalla dan Makale, Tana Toraja
01-04-2018 16:04
Quote:Original Posted By bani.bahlool

Itulah kalo belajar gak dari kitab...


Kitab apa bray? Kitab quran kalian .. udah gw baca

Nih didepanku juga ada Al Tabari yg 40 volumes versi english

Kitab mana maksudmu bray?
Diubah oleh bhiineekaa
0 0
0
BERITA FOTO: Prosesi Jalan Salib di Sangalla dan Makale, Tana Toraja
01-04-2018 16:09
Quote:Original Posted By bhiineekaa


Kitab apa bray? Kitab quran kalian .. udah gw baca

Nih didepanku juga ada Al Tabari yg 40 volumes versi english

Kitab mana maksudmu bray?


Mulai dari alfiyyah donk... muslim sendiri aja sebetulnya gak akan ngerti kalo langsung disodorin Quran n hadits, apalagi yang non muslim...
0 0
0
BERITA FOTO: Prosesi Jalan Salib di Sangalla dan Makale, Tana Toraja
01-04-2018 16:15
Quote:Original Posted By bani.bahlool


Mulai dari alfiyyah donk... muslim sendiri aja sebetulnya gak akan ngerti kalo langsung disodorin Quran n hadits, apalagi yang non muslim...


😄bray
Bukannya tuhan kalian sendiri mengatakan bahwa kitab kalian itu adalah petunjuk yang jelas? Atau loe mau bilang tuhanmu salah?
0 0
0
BERITA FOTO: Prosesi Jalan Salib di Sangalla dan Makale, Tana Toraja
01-04-2018 16:22
Quote:Original Posted By bhiineekaa


😄bray
Bukannya tuhan kalian sendiri mengatakan bahwa kitab kalian itu adalah petunjuk yang jelas? Atau loe mau bilang tuhanmu salah?

Jelas bagi yang berpikir lah dong... bagi orang gila sih mana ada yang jelas...
0 0
0
BERITA FOTO: Prosesi Jalan Salib di Sangalla dan Makale, Tana Toraja
01-04-2018 20:36
Quote:Original Posted By bani.bahlool

Jelas bagi yang berpikir lah dong... bagi orang gila sih mana ada yang jelas...


Mantap
Sesekali nonton youtube nya Ayaan Hirsi Ali dan Wafa Sultan, keduanya ex muslim. Murtad tapi tidak pindah ke agama lain.


Anehnya mereka berdua sama2 mengkampanyekan bahaya islam... dan itu spesifik tentang bahaya islam.

Aneh, gw baru sekali ini melihat ada fenomena kayak gini diseluruh agama. Wafa Sultan malah menjadi salah satu wanita paling berpengaruh di dunia.

Mungkin mereka juga adalah orang2 yg tidak berpikir? emoticon-Big Grin

0 0
0
BERITA FOTO: Prosesi Jalan Salib di Sangalla dan Makale, Tana Toraja
01-04-2018 22:10
Quote:Original Posted By pakcikanto



ini nih baru mantab. om suka kalo keanekaragaman dan damai itu indah.


Terima kasih om
0 0
0
BERITA FOTO: Prosesi Jalan Salib di Sangalla dan Makale, Tana Toraja
02-04-2018 07:05
Quote:Original Posted By bhiineekaa


Mantap
Sesekali nonton youtube nya Ayaan Hirsi Ali dan Wafa Sultan, keduanya ex muslim. Murtad tapi tidak pindah ke agama lain.


Anehnya mereka berdua sama2 mengkampanyekan bahaya islam... dan itu spesifik tentang bahaya islam.

Aneh, gw baru sekali ini melihat ada fenomena kayak gini diseluruh agama. Wafa Sultan malah menjadi salah satu wanita paling berpengaruh di dunia.

Mungkin mereka juga adalah orang2 yg tidak berpikir? emoticon-Big Grin


Waduuh... mereka2 itu berpikir untuk nyari duit, nyari sponsor... bukan pembelajaran dan pencarian kebenaran... Sama dengan sebagian orang kaskus sini, punya kubu masing2 karena dibayar... iya toh...
Jadi inget yang bilang bahwa agama itu komoditas yang paling gampang ngehasilin duit...
Kebanyakan orang2 ini gak pada ngaji, ato karena sombong ngajinya gak dilanjutin...
0 0
0
BERITA FOTO: Prosesi Jalan Salib di Sangalla dan Makale, Tana Toraja
02-04-2018 13:05
Quote:Original Posted By bani.bahlool

Waduuh... mereka2 itu berpikir untuk nyari duit, nyari sponsor... bukan pembelajaran dan pencarian kebenaran... Sama dengan sebagian orang kaskus sini, punya kubu masing2 karena dibayar... iya toh...
Jadi inget yang bilang bahwa agama itu komoditas yang paling gampang ngehasilin duit...
Kebanyakan orang2 ini gak pada ngaji, ato karena sombong ngajinya gak dilanjutin...



Wafa sultan bilang: Islam bukankah agama. Islam itu ideologi politik.



-----
Surat yang dikirim oleh muhamad kepada Raja Khosrau II di Persia.



بسم الله الرحمن الرحيم
من محمد رسول الله الى كسرى عظيم الفارس . سلام على من اتبع الهدى و آمن بالله و رسوله و شهد ان لااله الا الله وحده لاشريك له و ان محمد عبده و رسوله. ادعوك بدعاء الله، فانى رسول الله الى الناس كافة لانذر من كان حيا و يحق القول على الكافرين. فاسلم تسلم . فان ابيت فان اثم المجوس عليك .

English translation:

In the name of Allah, Most Gracious, Ever Merciful
From Muhammad, Messenger of Allah, to Chosroes, Ruler of Persia. Peace be on him who follows the guidance, believes in Allah and His Messenger and bears witness that there is no one worthy of worship save Allah, the One, without associate, and that Muhammad is His Servant and Messenger. I invite you to the Call of Allah, as I am the Messenger of Allah to the whole of mankind, so that I may warn every living person and so that the truth may become clear and the judgment of God may overtake the infidels. I call upon you to accept Islam and thus make yourself secure. If you turn away, you will bear the sins of your Zoroastrian subjects.


Religion of piece eh peace.
Diubah oleh bhiineekaa
0 0
0
BERITA FOTO: Prosesi Jalan Salib di Sangalla dan Makale, Tana Toraja
02-04-2018 14:53
Quote:Original Posted By bhiineekaa



Wafa sultan bilang: Islam bukankah agama. Islam itu ideologi politik.



-----
Surat yang dikirim oleh muhamad kepada Raja Khosrau II di Persia.



بسم الله الرحمن الرحيم
من محمد رسول الله الى كسرى عظيم الفارس . سلام على من اتبع الهدى و آمن بالله و رسوله و شهد ان لااله الا الله وحده لاشريك له و ان محمد عبده و رسوله. ادعوك بدعاء الله، فانى رسول الله الى الناس كافة لانذر من كان حيا و يحق القول على الكافرين. فاسلم تسلم . فان ابيت فان اثم المجوس عليك .

English translation:

In the name of Allah, Most Gracious, Ever Merciful
From Muhammad, Messenger of Allah, to Chosroes, Ruler of Persia. Peace be on him who follows the guidance, believes in Allah and His Messenger and bears witness that there is no one worthy of worship save Allah, the One, without associate, and that Muhammad is His Servant and Messenger. I invite you to the Call of Allah, as I am the Messenger of Allah to the whole of mankind, so that I may warn every living person and so that the truth may become clear and the judgment of God may overtake the infidels. I call upon you to accept Islam and thus make yourself secure. If you turn away, you will bear the sins of your Zoroastrian subjects.


Religion of piece eh peace.


Ya, memang profesi Wafa Sultan untuk menyerang Islam... sama seperti politikus lain membela kubunya... dan, Islam bukan agama (ritual), tapi jalan hidup... mulai dari menghembuskan nafas dan berjalan sudah ada aturannya, sampai politik dan tata kemasyarakatan juga sudah dikodefikasi... naif kalp bilang Islam itu (cuma) agama...

Masalahnya, banyak yang belum mengerti bab bernafas dan berjalan, udah sok naik kelas mengatur bab politik pemerintahan... ini yang terjadi sekarang dan memang sudah digariskan tentang zaman ini dari dahulu kala...
0 0
0
BERITA FOTO: Prosesi Jalan Salib di Sangalla dan Makale, Tana Toraja
02-04-2018 15:06
Quote:Original Posted By bani.bahlool


Ya, memang profesi Wafa Sultan untuk menyerang Islam... sama seperti politikus lain membela kubunya... dan, Islam bukan agama (ritual), tapi jalan hidup... mulai dari menghembuskan nafas dan berjalan sudah ada aturannya, sampai politik dan tata kemasyarakatan juga sudah dikodefikasi... naif kalp bilang Islam itu (cuma) agama...



maksudmu idiologi politik ya?


Quote:Original Posted By bani.bahlool

Masalahnya, banyak yang belum mengerti bab bernafas dan berjalan, udah sok naik kelas mengatur bab politik pemerintahan... ini yang terjadi sekarang dan memang sudah digariskan tentang zaman ini dari dahulu kala...


setuju
Dulu Raja Khosrau II dari Sassanid juga belum mengerti bernafas dan berjalan DAN tiba2 mendapat surat "CINTA" dari muhammad yang isinya CONVERT TO ISLAM or WAR !

Kalau gak salah persia waktu itu sudah punya agama monotheis yg namanya Zoroaster
0 0
0
BERITA FOTO: Prosesi Jalan Salib di Sangalla dan Makale, Tana Toraja
02-04-2018 15:33
Quote:Original Posted By bhiineekaa


maksudmu idiologi politik ya?




setuju
Dulu Raja Khosrau II dari Sassanid juga belum mengerti bernafas dan berjalan DAN tiba2 mendapat surat "CINTA" dari muhammad yang isinya CONVERT TO ISLAM or WAR !

Kalau gak salah persia waktu itu sudah punya agama monotheis yg namanya Zoroaster


- Jalan hidup... apa nyari air, mandi, tidur, termasuk politik?... -

- berdosa bukan berarti perang... ini aja sudah tendensius... -
0 0
0
BERITA FOTO: Prosesi Jalan Salib di Sangalla dan Makale, Tana Toraja
02-04-2018 15:40
mengenang kekejaman Yahudi y
0 0
0
Halaman 4 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia