News
Batal
KATEGORI
link has been copied
99
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ac1a54ce052275a458b4573/ketika-paduan-suara-iain-salatiga-bernyanyi-di-perayaan-paskah
Salatiga - Kelompok paduan suara mahasiswa IAIN Salatiga membawakan lagu Day by Day dalam perayaan paskah di Gereja Kristen Jawa (GKJ) Sidomukti, Salatiga. Tampilnya mahasiswa ini mendapatkan apresiasi yang luar biasa. Apresiasi tersebut salah satunya disampaikan oleh salah satu jemaat, Wisnu T Hanggoro. Ia pun kemudian mengupload di akun Facebooknya sekitar pukul 10.00 WIB. "Secara pribadi,
Lapor Hansip
02-04-2018 10:36

Ketika Paduan Suara IAIN Salatiga Bernyanyi di Perayaan Paskah

Salatiga - Kelompok paduan suara mahasiswa IAIN Salatiga membawakan lagu Day by Day dalam perayaan paskah di Gereja Kristen Jawa (GKJ) Sidomukti, Salatiga. Tampilnya mahasiswa ini mendapatkan apresiasi yang luar biasa.

Apresiasi tersebut salah satunya disampaikan oleh salah satu jemaat, Wisnu T Hanggoro. Ia pun kemudian mengupload di akun Facebooknya sekitar pukul 10.00 WIB.

"Secara pribadi, saya menilai sangat positif kegiatan tersebut. Persembahan pujian itu merupakan contoh toleransi dan persahabatan antarumat yang patut diteladani masyarakat," kata Wisnu dalam pesan singkat, Minggu (1/4/2018).

Warga jemaat, katanya, sangat mengapresiasi, selain kualitas lagu yang bagus dan penampilan juga prima. Menurutnya, penampilan dari mahasiswa ini perlu dicarikan sponsor agar nanti bisa tampil di luar.

"Penampilan ini menunjukkan sikap toleransi, apalagi Kota Salatiga dikenal sebagai kota toleransi kedua di Indonesia setelah Manado," kata Wisnu yang juga aktivis gereja, itu.

Mantan Program Manager Southeast Asian Press Alliance (SEAPA) yang berkantor di Bangkok Thailand menambahkan, jika paduan suara yang dibawakan mahasiswa berjudul Day by Day yang diposting tersebut mendapatkan banyak respon.

"Sorenya saya delete setelah mendengar dari teman kalau pihak gereja meminta untuk tidak mempublish kegiatan internal gereja tersebut.
Saya berusaha konfirmasi ke pendetanya, tapi belum bisa dihubungi. Jadi, meskipun saya sangat mengapresiasi paduan suara tersebut, terpaksa saya me-delete dari FB saya," ujarnya.
(sip/sip)

https://news.detik.com/jawatengah/3948278/ketika-paduan-suara-iain-salatiga-bernyanyi-di-perayaan-paskah

Alhamdulillah ya rabb. Islam mengajarkan toleransi dan menghargai agama lain.

Islam mengajarkan menghormati pemimpin.

Islam melarang menghina pemimpin.

Muslim yg suka menghina agama lain dan menghina presidennya adalah muslim abal2.

Amitaba....
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 4 dari 6
Ketika Paduan Suara IAIN Salatiga Bernyanyi di Perayaan Paskah
02-04-2018 13:32
Quote:Original Posted By yuztha


lha kan buktinya gitu bray... emoticon-Hansip
btw lu daritadi komengnya kaya orang berilmu banget. hafal tasrif ga?


Masa sih gw kayak orang berilmu? Padahal itu cuma logika sederhana saja. Logika umum hahaha
0 0
0
Ketika Paduan Suara IAIN Salatiga Bernyanyi di Perayaan Paskah
02-04-2018 13:33
Quote:Original Posted By silents.
Masa sih gw kayak orang berilmu? Padahal itu cuma logika sederhana saja. Logika umum hahaha


naah itu gan, bisa makek logika itu namanya pinter gan. jadi hafal tasrif ga?
0 0
0
Ketika Paduan Suara IAIN Salatiga Bernyanyi di Perayaan Paskah
02-04-2018 13:33
Quote:Original Posted By antikritik.live


toulol menyerupai ibadah saja tidak boleh .. adzan pun dibedakan dengan kaum kristen yg pakai lonceng dan yahudi yg pake trompet .. apalagi soal ibadah ..

Sholatpun berbeda dgn ibadah umat yg lain


Ada ga larangan memeriahkan ibadah kristen? Klo ga ada ya udah toh nggak usah protes wakakaka
0 0
0
Ketika Paduan Suara IAIN Salatiga Bernyanyi di Perayaan Paskah
02-04-2018 13:38
Quote:Original Posted By yuztha


naah itu gan, bisa makek logika itu namanya pinter gan. jadi hafal tasrif ga?


Apa hubungannya?
0 0
0
Ketika Paduan Suara IAIN Salatiga Bernyanyi di Perayaan Paskah
02-04-2018 13:38
Quote:Original Posted By silents.
Ada ga larangan memeriahkan ibadah kristen? Klo ga ada ya udah toh nggak usah protes wakakaka


wakaka sudah pasti lu bukan muslim cuma ahoger jasjus yg seneng lihat perempuan bercadar cium anjing ..

Agamaku untuku adalah agammamu untukmu, yg jelas jelas beda, dari situ juga sudah bisa ngambil sikap mana yg boleh dan tidak
0 0
0
Ketika Paduan Suara IAIN Salatiga Bernyanyi di Perayaan Paskah
02-04-2018 13:39
Quote:Original Posted By antikritik.live


wakaka sudah pasti lu bukan muslim cuma ahoger jasjus yg seneng lihat perempuan bercadar cium anjing ..

Agamaku untuku adalah agammamu untukmu, yg jelas jelas beda, dari situ juga sudah bisa ngambil sikap mana yg boleh dan tidak


Jadi jelas tidak ada larangan bagi muslim untuk memeriahkan ibadah kristen.

Jd apa yg dilakukan mahasiswa IAIN yg pinter2 itu tidak dilarang.

0 0
0
Ketika Paduan Suara IAIN Salatiga Bernyanyi di Perayaan Paskah
02-04-2018 13:42
Quote:Original Posted By silents.
Apa hubungannya?


cuma nanya doang
0 0
0
Ketika Paduan Suara IAIN Salatiga Bernyanyi di Perayaan Paskah
02-04-2018 13:43
Quote:Original Posted By yuztha


cuma nanya doang


Oh....okok
0 0
0
Ketika Paduan Suara IAIN Salatiga Bernyanyi di Perayaan Paskah
02-04-2018 13:46
jadi hafal ga? ato malah kaga tau tasrif itu apa?emoticon-Matabelo
0 0
0
Ketika Paduan Suara IAIN Salatiga Bernyanyi di Perayaan Paskah
02-04-2018 13:52
Quote:Original Posted By silents.
Jadi jelas tidak ada larangan bagi muslim untuk memeriahkan ibadah kristen.

Jd apa yg dilakukan mahasiswa IAIN yg pinter2 itu tidak dilarang.


ah bahlul ni penyembah jasjus, itu ibadahnya umat jasjus kenapa musti di ikuti, menyerupai ibadah saja tidak boleh apalagi ikut ikutan.
0 0
0
Ketika Paduan Suara IAIN Salatiga Bernyanyi di Perayaan Paskah
02-04-2018 13:54
Quote:Original Posted By antikritik.live


ah bahlul ni penyembah jasjus, itu ibadahnya umat jasjus kenapa musti di ikuti, menyerupai ibadah saja tidak boleh apalagi ikut ikutan.


Sejak kapan memeriahkan ibadah kristen sama dengan menyerupai kristen?

Emang klo lu masuk garasi lu jadi menyerupai mobil? wakakaka
0 0
0
Ketika Paduan Suara IAIN Salatiga Bernyanyi di Perayaan Paskah
02-04-2018 14:14
Quote:Original Posted By silents.
Sejak kapan memeriahkan ibadah kristen sama dengan menyerupai kristen?

Emang klo lu masuk garasi lu jadi menyerupai mobil? wakakaka


kenapa Nga umat jasjus saja yang ikut meriahkan pengajian islam ada ngak ? Ikut sholat ied setelah mengucapkan syahadat biar nambah memeriahkan toleransi itu namanya ko malah ngajak ngajak umat lain ?. Wakaka

Kan kata lu masuk garasi lantas jadi garasi
Diubah oleh antikritik.live
0 0
0
Ketika Paduan Suara IAIN Salatiga Bernyanyi di Perayaan Paskah
02-04-2018 14:16
Quote:Original Posted By antikritik.live


kenapa Nga umat jasjus saja yang ikut meriahkan pengajian islam ada ngak ? Ikut sholat ied setelah mengucapkan syahadat biar nambah memeriahkan toleransi itu namanya ko malah ngajak ngajak umat lain ?. Wakaka

Kan kata lu masuk garasi lantas jadi garasi


Gw pernah kok ikut pengajian. Gw yg sediain konsumsi malah.

0 0
0
Ketika Paduan Suara IAIN Salatiga Bernyanyi di Perayaan Paskah
02-04-2018 14:28


Quote:Original Posted By hudahudu


Dalam islam selain alquran ada hadist..
Hadist hirarki nya dibawah alquran,.
Hadist bertujuan menjelaskan ayat2 dalam al-quran..

Katakanlah! Hai orang-orang yang kafir! Aku tidak akan menyembah apa yang kamu sembah. Dan kamu bukan penyembah Tuhan yang aku sembah. Dan aku tidak pernah menjadi penyembah apa yang kamu sembah. Dan kamu tidak pernah (pula) menjadi penyembah Tuhan yang aku sembah. Untukmulah agamamu dan untukkulah agamaku.(QS. Al-kafirun 1-6)

Ayat ini turun sebagai jawaban dari bujukan kaum quraisy kpd Nabi Muhammad agar bersedia menyembah tuhan mereka, sbgai gantinya mereka akan menyembah Allah swt,.
Dan jika dalam perjalanan waktu nanti menyembah Allah lebih baik, maka mereka akan meninggalkan tuhan mereka (berhala) dan beralih ke agama islam..

dan sebagai penjelasan dari ayat itu nabi muhammad bersabda:

"Barang siapa memgikuti suatu kaum, maka ia adalah bagian dari kaum tersebut"

Jadi jelas, jika ikut serta dalam prosesi agama lain adalah bentuk perilaku yg menyimpang dari akidah..




Quote:Original Posted By aseng39


Allah Ta’ala berfirman,

وَقَالُوا اتخَذَ الرحْمَنُ وَلَدًا (88) لَقَدْ جِئْتُمْ شَيْئًا إِدا (89) تَكَادُ السمَوَاتُ يَتَفَطرْنَ مِنْهُ وَتَنْشَق الْأَرْضُ وَتَخِر الْجِبَالُ هَدا (90) أَنْ دَعَوْا لِلرحْمَنِ وَلَدًا (91) وَمَا يَنْبَغِي لِلرحْمَنِ أَنْ يَتخِذَ وَلَدًا (92)

“Dan mereka berkata: “Tuhan Yang Maha Pemurah mengambil (mempunyai) anak.” Sesungguhnya kamu telah mendatangkan sesuatu perkara yang sangat mungkar, hampir-hampir langit pecah karena ucapan itu, dan bumi belah, dan gunung-gunung runtuh, karena mereka menda’wakan Allah Yang Maha Pemurah mempunyai anak. Dan tidak layak bagi Tuhan Yang Maha Pemurah mengambil (mempunyai) anak.” (QS. Maryam: 88-92)



Sumber : https://rumaysho.com/9960-mengatakan-allah-punya-anak-hampir-hampir-langit-terbelah.html


Quote:Original Posted By silents.


Itu kan beda pemahaman saja ttg tuhan punya anak atau tidak.

Tp tetap saja tuhan yg disembah tuhan yg sama, yaitu sang tuhan yg maha pemurah.



Quote:Original Posted By aseng39


Itukan kata lo, tapi kata Allah dalam alquran yg muslim imani, itu tidak layak dan merupakan penghinaan.

Baca lagi ayatnya, Allah bercerita disitu langit mw runtuh dan bumi belah gegara Allah didakwa mempunyai anak.

Tapi kalau lo gak mengimani ini ya tersah lo, kan gak ada pemaksaan,


Quote:Original Posted By silents.


Klo tuhannya sama ya memang blm tentu muslim. Tuhannya yahudi, yaitu tuhannya musa, nabi juga dalam islam, ya jelas sama. Meski orang yahudi itu non muslim.


1. Maaf bray. Tuhan kalian dan tuhan kami beda.. Tuhan kami adalah tuhannya abraham yg namanya jelas YHWH יהוה. Tuhan kalian adalah allah sebagimana kalian mengatakan tiada tuhan selain allah
Walaupun saya gak bilang tuhan mana yg benar apakah YHWH atau allah. Yang saya mau bilang bahwa tuhannya berbeda.
2. Kristen tidak tunduk pada tuhan kalian dan kapanpun tidak perlu tunduk pada tuhannya kristen
3. Setau gw allah itu adalah salah satu nama tuhan di kaabah yang memiliki anak namanya al-lat, al uzza dan manat.




Quote:Original Posted By antikritik.live


ah bahlul ni penyembah jasjus, itu ibadahnya umat jasjus kenapa musti di ikuti, menyerupai ibadah saja tidak boleh apalagi ikut ikutan.



Haji, umrah dan wudhu sudah dilakukan oleh polytheis di mekah jaman pra islam. Kenapa masih kalian lakukan sekarang? Kalian menyerupai politheis? Nama tuhannya sama (cuma bedanya kalian hilangkan al-lat al uzza dan manat), cara haji dan umrah nya sama. Kaabahnya sama. Berarti kalian sama dong?

Dan gak ada bukti abraham membangun kaabah. Mekah dan kanaan itu ribuan kilometer, masa abraham itu lebih dari 1.000 an tahun sebelum masehi bahkan jalan ke mekah gak bisa karena gak ada sumber air.

Bukti lain adalah bahwa ismail datang saat penguburan abraham. Bukti bahwa ismail tinggal di sekitar kanaan bukan di mekah.


Quote:Original Posted By hudahudu


Itu udah saya jelaskan diatas..
Kami orang islam punya garis merah yg tidak bisa di tawar2 dalam hal akidah,.
Prinsip kami jelas, haram hukumnya menganggu non muslim yg tidak menganggu orang islam, jika ada melanggar maka di akhirat nanti akan menjadi musuh Nabi muhammad saw, dan andai seberapa pun bencinya tp ttp adalah kewajiban kepada kami untuk berbuat adil kepada non muslim, begitulah aturannya, bahkan kami islam (sbg mayoritas) wajib melindungi non muslim dari gangguan dari pihak manapun terkait kebebasan beribadah mereka bahkan jika harus berhadap dgn sesama muslim...




Quote:Original Posted By hudahudu


Dan tindakan membakar itu bukanlah ajaran islam, harus diakui banyak orang islam yg tidak memahami agamanya secara menyeluruh, membaca alquran dan artinya tetapi tidak mengetahui ashabul nuzul (sebab musabab ayat itu turun), tidak membaca hadist2 penjelasan berkenaan dgn ayat2 tersebut,. Jadinya ya begitu, padahal jelas sekali dalam islam baik di dlm alquran dan hadist bahwa memerangi non muslim hanya dibolehkan dan wajib jika non muslim memerangi duluan orang islam "KARENA DIA BERAGAMA ISLAM",,kata2 huruf besar ini harus digaris bawahi biar tidak dibawa2 ke politik,.jadi ada beda antara perang agama dgn perang2 konvensional biasa yg berlatar non agama.

Ahmadiyah dan syiah itu berbeda lagi, justru kami harus lebih keras kepada mereka daripada kpd non muslim, ibarat kata mereka itu adalah musuh dalam selimut, mengatasnamakan islam tapi ajaran menyimpang dari islam, seperti yg ane utarakan diatas batas atau garis merah yg membedakan dan menjadi filter bagi kaum muslimin adalah akidah dan tauhid.
muhammadiah, NU dsb nya adalah islam, seakidah dan satu tauhidnya, walaupun ada perbedaan2 tetapi tidak ada satupun perbedaan jika menyangkut tauhid dan akidah, nah ahmadiyah dan syiah itu udah diluar akidah dan tauhid.
Namun demikian tetap harus mengutamakan dialog terlebih dahulu,.

Ibarat warna ada hitam dan putih, jika islam itu warna putih dan non islam itu hitam maka kontras bedanya, sedangkan ahmadiyah dan syoah itu abu2, dan utk memfilternya butuh akidah dan tauhid,.




Quote:Original Posted By antikritik.live


wakaka sudah pasti lu bukan muslim cuma ahoger jasjus yg seneng lihat perempuan bercadar cium anjing ..

Agamaku untuku adalah agammamu untukmu, yg jelas jelas beda, dari situ juga sudah bisa ngambil sikap mana yg boleh dan tidak


Coba baca sejarah bagaimana agama kalian tersebar ke persia?

🤣
Quote:Original Posted By bhiineekaa








Dulu kala di tahun 600 an masehi
Masih masa Byzantium, Persia dan Ethiopia dll.

Ada "pemerintahan" baru di mekah yang dipimpin oleh seorang yg bernama muhammad. Pemimpin ini kemudian mengirimkan utusannya Abdullah ibn Huzafah untuk menyampaikan surat ke Raja Khosrau II di kerajaan Sassanid/Persia.

Surat yang isinya sama kemudian dikirimkan ke kerajaan byzantium, Ethiopia dll.

Isi suratnya demikian:



بسم الله الرحمن الرحيم
من محمد رسول الله الى كسرى عظيم الفارس . سلام على من اتبع الهدى و آمن بالله و رسوله و شهد ان لااله الا الله وحده لاشريك له و ان محمد عبده و رسوله. ادعوك بدعاء الله، فانى رسول الله الى الناس كافة لانذر من كان حيا و يحق القول على الكافرين. فاسلم تسلم . فان ابيت فان اثم المجوس عليك .

English translation:

In the name of Allah, Most Gracious, Ever Merciful
From Muhammad, Messenger of Allah, to Chosroes, Ruler of Persia. Peace be on him who follows the guidance, believes in Allah and His Messenger and bears witness that there is no one worthy of worship save Allah, the One, without associate, and that Muhammad is His Servant and Messenger.

I invite you to the Call of Allah, as I am the Messenger of Allah to the whole of mankind,
so that I may warn every living person and so that the truth may become clear and the judgment of God may overtake the infidels.

I call upon you to accept Islam and thus make yourself secure. If you turn away, you will bear the sins of your Zoroastrian subjects.


----

Setelah itu terjadi penaklukan arab atas persia yang dikenal dengan arab conquest. Jadi setidaknya kita tau bagaimana Persia yang dulunya menhanut Zoroastrian kemudian menjadi agama lain.

Agama lain ini sering disebut (baca: menyebut diri) sebagai religion of peace.


0 0
0
Ketika Paduan Suara IAIN Salatiga Bernyanyi di Perayaan Paskah
02-04-2018 14:38
Quote:Original Posted By silents.


Klo tuhannya sama ya memang blm tentu muslim. Tuhannya yahudi, yaitu tuhannya musa, nabi juga dalam islam, ya jelas sama. Meski orang yahudi itu non muslim.


Tuhan nya nabi musa dan nabi2 yg lain berbeda dgn tuhannya non muslim terutama nasrani,.krn tuhan para nabi tersebut satu,.
Bagi kami tuhan tidak berana dan diperanak, bagi nasrani nabi isa bukan sekedar nabi, dari situ aja sudah jelas jauh berbeda secara ketauhidan,. Apalagi jika digali lebih dalam lagi terkait tauhid dan akidah.
kami beriman kpd kitab2 sebelum alquran, kami yakin dan percaya kitab itu ada dan diturunkan kpd nabi2 dimasanya dan menjadi pedoman pada masa itu,.
Tetapi alquran adalah kitab terakhir, setiap kitab yg diturunkan dan di ganti dgn kitab lain, maka kitab terdahulu tidak dipakai lagi, begitu injil turun maka kitab taurat tidak dipakai lagi..
Diubah oleh hudahudu
0 0
0
Ketika Paduan Suara IAIN Salatiga Bernyanyi di Perayaan Paskah
02-04-2018 14:38
Quote:Original Posted By bhiineekaa













1. Maaf bray. Tuhan kalian dan tuhan kami beda.. Tuhan kami adalah tuhannya abraham yg namanya jelas YHWH יהוה. Tuhan kalian adalah allah sebagimana kalian mengatakan tiada tuhan selain allah
Walaupun saya gak bilang tuhan mana yg benar apakah YHWH atau allah. Yang saya mau bilang bahwa tuhannya berbeda.
2. Kristen tidak tunduk pada tuhan kalian dan kapanpun tidak perlu tunduk pada tuhannya kristen
3. Setau gw allah itu adalah salah satu nama tuhan di kaabah yang memiliki anak namanya al-lat, al uzza dan manat.







Haji, umrah dan wudhu sudah dilakukan oleh polytheis di mekah jaman pra islam. Kenapa masih kalian lakukan sekarang? Kalian menyerupai politheis? Nama tuhannya sama (cuma bedanya kalian hilangkan al-lat al uzza dan manat), cara haji dan umrah nya sama. Kaabahnya sama. Berarti kalian sama dong?

Dan gak ada bukti abraham membangun kaabah. Mekah dan kanaan itu ribuan kilometer, masa abraham itu lebih dari 1.000 an tahun sebelum masehi bahkan jalan ke mekah gak bisa karena gak ada sumber air.

Bukti lain adalah bahwa ismail datang saat penguburan abraham. Bukti bahwa ismail tinggal di sekitar kanaan bukan di mekah.











Coba baca sejarah bagaimana agama kalian tersebar ke persia?

🤣




Beda nama blm tentu beda oknum.
Diubah oleh silents.
0 0
0
Ketika Paduan Suara IAIN Salatiga Bernyanyi di Perayaan Paskah
02-04-2018 14:41
Quote:Original Posted By hudahudu


Tuhan nya nabi musa dan nabi2 yg lain berbeda dgn tuhannya non muslim terutama nasrani,.
Bagi kami tuhan tidak berana dan diperanak, bagi nasrani nabi isa bukan sekedar nabi, dari situ aja sudah jelas jauh berbeda secara ketauhidan,. Apalagi jika digali lebih dalam lagi terkait tauhid dan akidah.
kami beriman kpd kitab2 sebelum alquran, kami yakin dan percaya kitab itu ada dan diturunkan kpd nabi2 dimasanya dan menjadi pedoman pada masa itu,.
Tetapi alquran adalah kitab terakhir, setiap kitab yg diturunkan dan di ganti dgn kitab lain, maka kitab terdahulu tidak dipakai lagi, begitu injil turun maka kitab taurat tidak dipakai lagi..


Bukan beda tuhan, tapi beda pemahaman ttg tuhan.

Bahwa ada beda2 pemahaman ttg alquran, tidak berarti ada banyak alquran kan? Alqurannya tetap satu, sama.
0 0
0
Ketika Paduan Suara IAIN Salatiga Bernyanyi di Perayaan Paskah
02-04-2018 14:47
semoga suatu saat jemaat kristiani bisa ikut memeriahkan ibadah kaum muslim...
Ikut baca alquran.. ikut qasidah.. dll
Diubah oleh samudra6969
0 0
0
Ketika Paduan Suara IAIN Salatiga Bernyanyi di Perayaan Paskah
02-04-2018 14:50
Quote:Original Posted By silents.


Bukan beda tuhan, tapi beda pemahaman ttg tuhan.

Bahwa ada beda2 pemahaman ttg alquran, tidak berarti ada banyak alquran kan? Alqurannya tetap satu, sama.


trus pemahaman lo tentang Tuhan apa?

emoticon-Wowcantik
0 0
0
Ketika Paduan Suara IAIN Salatiga Bernyanyi di Perayaan Paskah
02-04-2018 14:51
Quote:Original Posted By silents.


Beda nama blm tentu beda oknum.




1. Tuhannya abraham jelas menyebutkan namanya YHWH atau dalam bahasa Hebrew יהוה. YHWH ini adalah nama tuhan yg spesifik bukan tuhan secara umum. Namun karena bangsa israel dilarang menyebut kan nama tuhannya makanya YHWH dieja dengan ADONAI atau אנדי . ADONAI ini adalah tuhan secara umum.

2. Kata allah bisa berarti tuhan secara umum bisa juga berarti nama tuhan secara khusus. Moslwm mengatakan tiada tuhan selain allah, ini adalah allah secara khusus menunjukkan tuhan tertentu yg tidak sama dengan tuhan lain.

3. Setau saya kata 'allah' tidak pernah ada dalam alkitab bahasa aslinya. bahasa Hebrew yg dekat dengan arabic hanya mengenal kata "ALH" atau אלה yang artinya "pohon oak"
namun demikian ada beberapa terjemahan alkitab dalam bahasa arab dan bahasa indonesia yang menggunakan kata "allah" tapi yang dimaksud disini adalah tuhan secara umum.


Semoga membantu
Diubah oleh bhiineekaa
0 0
0
Halaman 4 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia